Perkembangan Peserta Didik, Curriculum : 2017


Courser in EnglishLEARNER DEVELOPMENT
ProgramPendidikan Ekonomi
SKS2 SKS
RPS2 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata Kuliah  Perkembangan Peserta Didik merupakan mata kuliah dasar kependidikan pada program S1 kependidikan. Mata kuliah ini berisi sepuluh (10) pokok bahasan yaitu, (1) hakikat dan makna perkembangan peserta didik, (2) karakteristik tahapan perkembangan peserta didik  (aspek kognitif, aspek afektif, aspek psikomotor, aspek sosial), (3) faktor- faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan, (4) konsep dan tugas perkembangan, (5) perkembangan dan tugas perkembangan pada masa prenatal, (6)  perkembangan dan tugas perkembangan pada masa bayi, (7) perkembangan dan tugas perkembangan peserta didik pada masa kanak-kanak, (8) perkembangan dan tugas perkembangan peserta didik pada masa remaja, (9) perkembangan dan tugas perkembangan peserta didik pada masa dewasa, (10) Isu dan permasalahan peserta didik  serta implikasinya dalam pendidikan

Learning Outcomes

  1. Ranah  Sikap
  1. Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa serta mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegaram dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keberagaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. Ranah ketrampilan umum
  6. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  7. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
  8. Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal.

 

  1. Ranah  Keterampilan Umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu mengelola pembelajaran secara mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
  4. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesauan pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
  5. Mampu melakukan evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  6. Mampu mendokumnetasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi dengan memanfaatkan teknologi informasi.

 

  1. Ranah  Ketrampilan Khusus
  1. Mampu menganalisis hakikat dan makna perkembangan peserta didik
  2. Mampu mengenali karakteristik tahapan perkembangan peserta didik  (aspek kognitif, aspek afektif, aspek psikomotor, aspek sosial).
  3. Mampu menunjukkan faktor- faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan.
  4. Mampu mengidentifikasi konsep dan tugas perkembangan peserta didik.
  5. Mampu mengidentifikasi perkembangan dan tugas perkembangan pada masa prenatal.
  6. Mampu mengidentifikasi perkembangan dan tugas perkembangan pada masa bayi.
  7. Mampu mengidentifikasi perkembangan dan tugas perkembangan peserta didik pada masa kanak-kanak.
  8. Mampu mengidentifikasi perkembangan dan tugas perkembangan peserta didik pada masa remaja.
  9. Mampu mengidentifikasi perkembangan dan tugas perkembangan peserta didik pada masa dewasa.
  10. Mampu menganalisis isu dan permasalahan peserta didik  serta implikasinya dalam pendidikan.

 

  1. Ranah  Pengetahuan
  1. Menguasai konsep teoritis tentang hakikat dan makna perkembangan peserta didik.
  2. Menguasai konsep teoritis tentang karakteristik tahapan perkembangan peserta didik  (aspek kognitif, aspek afektif, aspek psikomotor, aspek sosial)
  3. Menguasai konsep teoritis tentang faktor- faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan.
  4. Menguasai pengetahuan tentang  konsep dan tugas perkembangan peserta didik.
  5. Menguasai pengetahuan tentang  perkembangan dan tugas perkembangan pada masa prenatal.
  6. Menguasai  pengetahuan tentang perkembangan dan tugas perkembangan pada masa bayi.
  7. Menguasai pengetahuan tentang perkembangan dan tugas perkembangan peserta didik pada masa kanak-kanak.
  8. Menguasai pengetahuan tentang perkembangan dan tugas perkembangan peserta didik pada masa remaja.
  9. Menguasai pengetahuan tentang  perkembangan dan tugas perkembangan peserta didik pada masa dewasa.   
  10. Menguasai pengetahuan tentang isu dan permasalahan peserta didik  serta implikasinya dalam pendidikan.

References

  • Abin Syamsuddin M. 2001. Psikologi Kependidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  • Havighaurst. R.I. 1972. Developmental Task and Education. New York.
  • Hurlock. E.B. 1980. Developmental Psychology, Mekay A Life Span Approach. New Delhi: Tata McGraw-Hill Publishing Co. Ltd.
  • Idad Suhada. 2017. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  • Lingdern. H.C. 1972. Educational Psychology in the Classroom. Third Edition. New York: John Wiley Son. Ltd.
  • Lemer. R.M. 1983. Human Development: A Life Span Perspective. New York: McGraw-Hill. Inc.
  • Syamsu Yusuf. 2005. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah  Perkembangan Peserta Didik merupakan mata kuliah dasar kependidikan pada program S1 kependidikan. Mata kuliah ini berisi sepuluh (10) pokok bahasan yaitu, (1) hakikat dan makna perkembangan peserta didik, (2) karakteristik tahapan perkembangan peserta didik  (aspek kognitif, aspek afektif, aspek psikomotor, aspek sosial), (3) faktor- faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan, (4) konsep dan tugas perkembangan, (5) perkembangan dan tugas perkembangan pada masa prenatal, (6)  perkembangan dan tugas perkembangan pada masa bayi, (7) perkembangan dan tugas perkembangan peserta didik pada masa kanak-kanak, (8) perkembangan dan tugas perkembangan peserta didik pada masa remaja, (9) perkembangan dan tugas perkembangan peserta didik pada masa dewasa, (10) Isu dan permasalahan peserta didik  serta implikasinya dalam pendidikan

Learning Outcomes

  1. Ranah  Sikap
  1. Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa serta mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegaram dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keberagaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. Ranah ketrampilan umum
  6. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  7. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
  8. Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal.

 

  1. Ranah  Keterampilan Umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu mengelola pembelajaran secara mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
  4. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesauan pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
  5. Mampu melakukan evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  6. Mampu mendokumnetasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi dengan memanfaatkan teknologi informasi.

 

  1. Ranah  Ketrampilan Khusus
  1. Mampu menganalisis hakikat dan makna perkembangan peserta didik
  2. Mampu mengenali karakteristik tahapan perkembangan peserta didik  (aspek kognitif, aspek afektif, aspek psikomotor, aspek sosial).
  3. Mampu menunjukkan faktor- faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan.
  4. Mampu mengidentifikasi konsep dan tugas perkembangan peserta didik.
  5. Mampu mengidentifikasi perkembangan dan tugas perkembangan pada masa prenatal.
  6. Mampu mengidentifikasi perkembangan dan tugas perkembangan pada masa bayi.
  7. Mampu mengidentifikasi perkembangan dan tugas perkembangan peserta didik pada masa kanak-kanak.
  8. Mampu mengidentifikasi perkembangan dan tugas perkembangan peserta didik pada masa remaja.
  9. Mampu mengidentifikasi perkembangan dan tugas perkembangan peserta didik pada masa dewasa.
  10. Mampu menganalisis isu dan permasalahan peserta didik  serta implikasinya dalam pendidikan.

 

  1. Ranah  Pengetahuan
  1. Menguasai konsep teoritis tentang hakikat dan makna perkembangan peserta didik.
  2. Menguasai konsep teoritis tentang karakteristik tahapan perkembangan peserta didik  (aspek kognitif, aspek afektif, aspek psikomotor, aspek sosial)
  3. Menguasai konsep teoritis tentang faktor- faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan.
  4. Menguasai pengetahuan tentang  konsep dan tugas perkembangan peserta didik.
  5. Menguasai pengetahuan tentang  perkembangan dan tugas perkembangan pada masa prenatal.
  6. Menguasai  pengetahuan tentang perkembangan dan tugas perkembangan pada masa bayi.
  7. Menguasai pengetahuan tentang perkembangan dan tugas perkembangan peserta didik pada masa kanak-kanak.
  8. Menguasai pengetahuan tentang perkembangan dan tugas perkembangan peserta didik pada masa remaja.
  9. Menguasai pengetahuan tentang  perkembangan dan tugas perkembangan peserta didik pada masa dewasa.   
  10. Menguasai pengetahuan tentang isu dan permasalahan peserta didik  serta implikasinya dalam pendidikan.

References

  • Abin Syamsuddin M. 2001. Psikologi Kependidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  • Havighaurst. R.I. 1972. Developmental Task and Education. New York.
  • Hurlock. E.B. 1980. Developmental Psychology, Mekay A Life Span Approach. New Delhi: Tata McGraw-Hill Publishing Co. Ltd.
  • Idad Suhada. 2017. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  • Lingdern. H.C. 1972. Educational Psychology in the Classroom. Third Edition. New York: John Wiley Son. Ltd.
  • Lemer. R.M. 1983. Human Development: A Life Span Perspective. New York: McGraw-Hill. Inc.
  • Syamsu Yusuf. 2005. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.


Details ...