Courser in English | Lab Work of Group Guidance |
Program | Bimbingan dan Konseling |
SKS | 2 SKS |
RPS | 6 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata Kuliah ini berisi Pengantar, Kontrak Perkuliahan, Refresh BKp, pembentukan kelompok, Mengidentifikasi dan mengembangkan tema-tema BKp berdasarkan hasil assessment (bidang pribadi, sosial, belajar, karir), Membuat rancangan BKp tugas dan dan BKp bebas, Praktik BKp tugas dan dan BKp bebas, Menyusun Laporan, dan evaluasi.
Learning OutcomesSikap dan Tata Nilai
a. menghargai anggota kelompok
b. memahami tugas sebagai pemimpin kelompok
2. Keterampilan Umum
a. memahami bimbingan kelompok
b. memiliki keterampilan sebagai pemimpin kelompok
3. Penguasaan pengetahuan
a. menguasai konsep dasar bimbingan kelompok
b. dst
4. Keterampilan Khusus
a. mampu mempraktikan/mensimulasikan BKp
b. dst
ReferencesPrayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nurihsan, Juntika Ahmad. 2005. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Refika Aditama.
-----------, (2001). Panduan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
-----------, (2004). Seri Layanan Konseling Layanan Bimbingan Konseling Kelompok. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas IlmuPendidikan Universitas Negeri Padang.
Romlah, Tatiek. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
Sukardi, Ketut Dewa. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Quantum Teaching.
Winkel W.S dan Sri Hastuti. Bimbingan dan Konseling di Institusi pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Wibowo, Eddy Mungin. 2004. Modul Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Semarang: LPMP
Details ...
Mata Kuliah ini berisi Pengantar, Kontrak Perkuliahan, Refresh BKp, pembentukan kelompok, Mengidentifikasi dan mengembangkan tema-tema BKp berdasarkan hasil assessment (bidang pribadi, sosial, belajar, karir), Membuat rancangan BKp tugas dan dan BKp bebas, Praktik BKp tugas dan dan BKp bebas, Menyusun Laporan, dan evaluasi.
Learning OutcomesSikap dan Tata Nilai
a. menghargai anggota kelompok
b. memahami tugas sebagai pemimpin kelompok
2. Keterampilan Umum
a. memahami bimbingan kelompok
b. memiliki keterampilan sebagai pemimpin kelompok
3. Penguasaan pengetahuan
a. menguasai konsep dasar bimbingan kelompok
b. dst
4. Keterampilan Khusus
a. mampu mempraktikan/mensimulasikan BKp
b. dst
ReferencesPrayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nurihsan, Juntika Ahmad. 2005. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Refika Aditama.
-----------, (2001). Panduan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
-----------, (2004). Seri Layanan Konseling Layanan Bimbingan Konseling Kelompok. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas IlmuPendidikan Universitas Negeri Padang.
Romlah, Tatiek. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
Sukardi, Ketut Dewa. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Quantum Teaching.
Winkel W.S dan Sri Hastuti. Bimbingan dan Konseling di Institusi pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Wibowo, Eddy Mungin. 2004. Modul Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Semarang: LPMP
Details ...
Mata Kuliah ini berisi Pengantar, Kontrak Perkuliahan, Refresh BKp, pembentukan kelompok, Mengidentifikasi dan mengembangkan tema-tema BKp berdasarkan hasil assessment (bidang pribadi, sosial, belajar, karir), Membuat rancangan BKp tugas dan dan BKp bebas, Praktik BKp tugas dan dan BKp bebas, Menyusun Laporan, dan evaluasi
Learning Outcomes
Sikap dan Tata Nilai
a. menghargai anggota kelompok
b. memahami tugas sebagai pemimpin kelompok
2. Keterampilan Umum
a.memahami bimbingan kelompok
b. memiliki keterampilan sebagai pemimpin kelompok
3. Penguasaan pengetahuan
a. Menguasai konsep dasar bimbingan kelompok
b. dst
4. Keterampilan Khusus
a. mampu mempraktikan/mensimulasikan BKp
References
Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia.
-----------, (2001). Panduan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
-----------, (2004). Seri Layanan Konseling Layanan Bimbingan Konseling Kelompok. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas IlmuPendidikan Universitas Negeri Padang.
Nurihsan, Juntika Ahmad. 2005. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Refika Aditama.
Romlah, Tatiek. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
Sukardi, Ketut Dewa. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Quantum Teaching.
Winkel W.S dan Sri Hastuti. Bimbingan dan Konseling di Institusi pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Wibowo, Eddy Mungin. 2004. Modul Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Semarang: LPMP
Details ...
Mata Kuliah ini berisi Pengantar, Kontrak Perkuliahan, Refresh BKp, pembentukan kelompok, Mengidentifikasi dan mengembangkan tema-tema BKp berdasarkan hasil assessment (bidang pribadi, sosial, belajar, karir), Membuat rancangan BKp tugas dan dan BKp bebas, Praktik BKp tugas dan dan BKp bebas, Menyusun Laporan, dan evaluasi
Sikap dan Tata Nilai
a. menghargai anggota kelompok
b. memahami tugas sebagai pemimpin kelompok
2. Keterampilan Umum
a.memahami bimbingan kelompok
b. memiliki keterampilan sebagai pemimpin kelompok
3. Penguasaan pengetahuan
a. Menguasai konsep dasar bimbingan kelompok
b. dst
4. Keterampilan Khusus
a. mampu mempraktikan/mensimulasikan BKp
Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia.
-----------, (2001). Panduan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
-----------, (2004). Seri Layanan Konseling Layanan Bimbingan Konseling Kelompok. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas IlmuPendidikan Universitas Negeri Padang.
Nurihsan, Juntika Ahmad. 2005. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Refika Aditama.
Romlah, Tatiek. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
Sukardi, Ketut Dewa. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Quantum Teaching.
Winkel W.S dan Sri Hastuti. Bimbingan dan Konseling di Institusi pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Wibowo, Eddy Mungin. 2004. Modul Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Semarang: LPMP
Details ...
Mata Kuliah ini berisi Pengantar, Kontrak Perkuliahan, Refresh BKp, pembentukan kelompok, Mengidentifikasi dan mengembangkan tema-tema BKp berdasarkan hasil assessment (bidang pribadi, sosial, belajar, karir), Membuat rancangan BKp tugas dan dan BKp bebas, Praktik BKp tugas dan dan BKp bebas, Menyusun Laporan, dan evaluasi
Learning Outcomes
Sikap dan Tata Nilai
a. menghargai anggota kelompok
b. memahami tugas sebagai pemimpin kelompok
2. Keterampilan Umum
a.memahami bimbingan kelompok
b. memiliki keterampilan sebagai pemimpin kelompok
3. Penguasaan pengetahuan
a. Menguasai konsep dasar bimbingan kelompok
b. dst
4. Keterampilan Khusus
a. mampu mempraktikan/mensimulasikan BKp
References
Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia.
-----------, (2001). Panduan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
-----------, (2004). Seri Layanan Konseling Layanan Bimbingan Konseling Kelompok. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas IlmuPendidikan Universitas Negeri Padang.
Nurihsan, Juntika Ahmad. 2005. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Refika Aditama.
Romlah, Tatiek. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
Sukardi, Ketut Dewa. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Quantum Teaching.
Winkel W.S dan Sri Hastuti. Bimbingan dan Konseling di Institusi pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Wibowo, Eddy Mungin. 2004. Modul Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Semarang: LPMP
Details ...
Mata Kuliah ini berisi Pengantar, Kontrak Perkuliahan, Refresh BKp, pembentukan kelompok, Mengidentifikasi dan mengembangkan tema-tema BKp berdasarkan hasil assessment (bidang pribadi, sosial, belajar, karir), Membuat rancangan BKp tugas dan dan BKp bebas, Praktik BKp tugas dan dan BKp bebas, Menyusun Laporan, dan evaluasi
Learning Outcomes
Sikap dan Tata Nilai
a. menghargai anggota kelompok
b. memahami tugas sebagai pemimpin kelompok
2. Keterampilan Umum
a.memahami bimbingan kelompok
b. memiliki keterampilan sebagai pemimpin kelompok
3. Penguasaan pengetahuan
a. Menguasai konsep dasar bimbingan kelompok
b. dst
4. Keterampilan Khusus
a. mampu mempraktikan/mensimulasikan BKp
References
Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia.
-----------, (2001). Panduan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
-----------, (2004). Seri Layanan Konseling Layanan Bimbingan Konseling Kelompok. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas IlmuPendidikan Universitas Negeri Padang.
Nurihsan, Juntika Ahmad. 2005. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Refika Aditama.
Romlah, Tatiek. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
Sukardi, Ketut Dewa. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Quantum Teaching.
Winkel W.S dan Sri Hastuti. Bimbingan dan Konseling di Institusi pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Wibowo, Eddy Mungin. 2004. Modul Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Semarang: LPMP
Details ...