Courser in English | English Education |
Program | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SKS | 2 SKS |
RPS | 10 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini dirancang untuk memperkenalkan kepada mahasiswa PG-PAUD tentang konsep dasar penggunaan bahasa inggris, baik lisan maupun tulisan. Topik yang didiskusikan meliputi tata bahasa, seperti penggunaan tenses, kalimat positif, introgratif dan negatif, kalimat komparatif, dan fungsi tata bahasa lainnya, yang diaplikasikan pada komunikasi yang diterima dalam bahasa inggris. Mahasiswa calon pendidik PAUD juga akan diperkenalkan pada pandangan umum mengenai pembelajaran bahasa inggris bagi anak usia dini. Aktivitas pembelajaran bahasa inggris yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini akan diperkenalkan pada perkuliahan ini: seperti pembelajaran bahasa inggris melalui lagu, chants and rhytms, dongeng, dan seni. Pada setiap minggunya mahasiswa diwajibkan untuk mencari teks atau bacaan yang relevan yang sesuai dengan topik yang dibahas pada minggu selanjutnya serta dalam perkuliahan ini dibahas teori perkembangan bahasa anak, metode – metode pengajaran bahasa inggris, untuk anak, membuat lesson plan pengajaran bahasa inggris untuk anak, dan menggunakan metode – metode pengajaran bahasa inggris untuk anak.
Learning OutcomesMemanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang sesuai untuk kepentingan penyelenggaraan kegiatan pembelajaran
References-
Details ...
Mata kuliah ini dirancang untuk memperkenalkan kepada mahasiswa PG-PAUD tentang konsep dasar penggunaan bahasa inggris, baik lisan maupun tulisan. Topik yang didiskusikan meliputi tata bahasa, seperti penggunaan tenses, kalimat positif, introgratif dan negatif, kalimat komparatif, dan fungsi tata bahasa lainnya, yang diaplikasikan pada komunikasi yang diterima dalam bahasa inggris. Mahasiswa calon pendidik PAUD juga akan diperkenalkan pada pandangan umum mengenai pembelajaran bahasa inggris bagi anak usia dini. Aktivitas pembelajaran bahasa inggris yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini akan diperkenalkan pada perkuliahan ini: seperti pembelajaran bahasa inggris melalui lagu, chants and rhytms, dongeng, dan seni. Pada setiap minggunya mahasiswa diwajibkan untuk mencari teks atau bacaan yang relevan yang sesuai dengan topik yang dibahas pada minggu selanjutnya serta dalam perkuliahan ini dibahas teori perkembangan bahasa anak, metode – metode pengajaran bahasa inggris, untuk anak, membuat lesson plan pengajaran bahasa inggris untuk anak, dan menggunakan metode – metode pengajaran bahasa inggris untuk anak.
Learning OutcomesMemanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang sesuai untuk kepentingan penyelenggaraan kegiatan pembelajaran
References-
Details ...
Mata kuliah ini dirancang untuk memperkenalkan kepada mahasiswa PG-PAUD tentang konsep dasar penggunaan bahasa inggris, baik lisan maupun tulisan. Topik yang didiskusikan meliputi tata bahasa, seperti penggunaan tenses, kalimat positif, introgratif dan negatif, kalimat komparatif, dan fungsi tata bahasa lainnya, yang diaplikasikan pada komunikasi yang diterima dalam bahasa inggris. Mahasiswa calon pendidik PAUD juga akan diperkenalkan pada pandangan umum mengenai pembelajaran bahasa inggris bagi anak usia dini. Aktivitas pembelajaran bahasa inggris yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini akan diperkenalkan pada perkuliahan ini: seperti pembelajaran bahasa inggris melalui lagu, chants and rhytms, dongeng, dan seni. Pada setiap minggunya mahasiswa diwajibkan untuk mencari teks atau bacaan yang relevan yang sesuai dengan topik yang dibahas pada minggu selanjutnya. serta dalam perkuliahan ini dibahas teori perkembangan bahasa anak, metode – metode pengajaran bahasa inggris, untuk anak, mmebuat lesson plan pengajaran bahasa inggris untuk anak, dan menggunakan metode – metode pengajaran bahasa inggris untuk anak
Learning Outcomesmahasiswa mampu menguasai tenses bahasa inggris yang berkaitan dengan Pendidikan anak usia dini
ReferencesYusuf, Syamsu L.N. 2007. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Rosdakarya
Otto, Beverly. 2010. Language Development in Early Chidhood 3rd edition. Ohio: Merril
Murphy, Raymond. 1096. English Grammar in Use. USA: Cambridge University Press
Azar, Betty Schrampfer. 1992. Fundamental of English Grammar. UK: Prentice Hall
Mueller, Stephanie. 2005. Everyday Literacy. USA: Gryphon House
Hoff, Erika. 2005. Language Development 3rd edition. USA: Thomson Wadsworth
Details ...
Mata kuliah ini dirancang untuk memperkenalkan kepada mahasiswa PG-PAUD tentang konsep dasar penggunaan bahasa inggris, baik lisan maupun tulisan. Topik yang didiskusikan meliputi tata bahasa, seperti penggunaan tenses, kalimat positif, introgratif dan negatif, kalimat komparatif, dan fungsi tata bahasa lainnya, yang diaplikasikan pada komunikasi yang diterima dalam bahasa inggris. Mahasiswa calon pendidik PAUD juga akan diperkenalkan pada pandangan umum mengenai pembelajaran bahasa inggris bagi anak usia dini. Aktivitas pembelajaran bahasa inggris yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini akan diperkenalkan pada perkuliahan ini: seperti pembelajaran bahasa inggris melalui lagu, chants and rhytms, dongeng, dan seni. Pada setiap minggunya mahasiswa diwajibkan untuk mencari teks atau bacaan yang relevan yang sesuai dengan topik yang dibahas pada minggu selanjutnya. serta dalam perkuliahan ini dibahas teori perkembangan bahasa anak, metode – metode pengajaran bahasa inggris, untuk anak, mmebuat lesson plan pengajaran bahasa inggris untuk anak, dan menggunakan metode – metode pengajaran bahasa inggris untuk anak
Learning Outcomesmahasiswa mampu menguasai tenses bahasa inggris yang berkaitan dengan Pendidikan anak usia dini
ReferencesYusuf, Syamsu L.N. 2007. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Rosdakarya
Otto, Beverly. 2010. Language Development in Early Chidhood 3rd edition. Ohio: Merril
Murphy, Raymond. 1096. English Grammar in Use. USA: Cambridge University Press
Azar, Betty Schrampfer. 1992. Fundamental of English Grammar. UK: Prentice Hall
Mueller, Stephanie. 2005. Everyday Literacy. USA: Gryphon House
Hoff, Erika. 2005. Language Development 3rd edition. USA: Thomson Wadsworth
Details ...
Mata kuliah ini dirancang untuk memperkenalkan kepada mahasiswa PG-PAUD tentang konsep dasar penggunaan bahasa inggris, baik lisan maupun tulisan. Topik yang didiskusikan meliputi tata bahasa, seperti penggunaan tenses, kalimat positif, introgratif dan negatif, kalimat komparatif, dan fungsi tata bahasa lainnya, yang diaplikasikan pada komunikasi yang diterima dalam bahasa inggris. Mahasiswa calon pendidik PAUD juga akan diperkenalkan pada pandangan umum mengenai pembelajaran bahasa inggris bagi anak usia dini. Aktivitas pembelajaran bahasa inggris yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini akan diperkenalkan pada perkuliahan ini: seperti pembelajaran bahasa inggris melalui lagu, chants and rhytms, dongeng, dan seni. Pada setiap minggunya mahasiswa diwajibkan untuk mencari teks atau bacaan yang relevan yang sesuai dengan topik yang dibahas pada minggu selanjutnya serta dalam perkuliahan ini dibahas teori perkembangan bahasa anak, metode – metode pengajaran bahasa inggris, untuk anak, membuat lesson plan pengajaran bahasa inggris untuk anak, dan menggunakan metode – metode pengajaran bahasa inggris untuk anak.
Learning Outcomesmahasiswa mampu menguasai tenses bahasa inggris yang berkaitan dengan Pendidikan anak usia dini
ReferencesYusuf, Syamsu L.N. 2007. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Rosdakarya
Otto, Beverly. 2010. Language Development in Early Chidhood 3rd edition. Ohio: Merril
Murphy, Raymond. 1096. English Grammar in Use. USA: Cambridge University Press
Azar, Betty Schrampfer. 1992. Fundamental of English Grammar. UK: Prentice Hall
Mueller, Stephanie. 2005. Everyday Literacy. USA: Gryphon House
Hoff, Erika. 2005. Language Development 3rd edition. USA: Thomson Wadsworth
Details ...
Mata kuliah ini dirancang untuk memperkenalkan kepada mahasiswa PG-PAUD tentang konsep dasar penggunaan bahasa inggris, baik lisan maupun tulisan. Topik yang didiskusikan meliputi tata bahasa, seperti penggunaan tenses, kalimat positif, introgratif dan negatif, kalimat komparatif, dan fungsi tata bahasa lainnya, yang diaplikasikan pada komunikasi yang diterima dalam bahasa inggris. Mahasiswa calon pendidik PAUD juga akan diperkenalkan pada pandangan umum mengenai pembelajaran bahasa inggris bagi anak usia dini. Aktivitas pembelajaran bahasa inggris yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini akan diperkenalkan pada perkuliahan ini: seperti pembelajaran bahasa inggris melalui lagu, chants and rhytms, dongeng, dan seni. Pada setiap minggunya mahasiswa diwajibkan untuk mencari teks atau bacaan yang relevan yang sesuai dengan topik yang dibahas pada minggu selanjutnya serta dalam perkuliahan ini dibahas teori perkembangan bahasa anak, metode – metode pengajaran bahasa inggris, untuk anak, membuat lesson plan pengajaran bahasa inggris untuk anak, dan menggunakan metode – metode pengajaran bahasa inggris untuk anak.
Learning Outcomesmahasiswa mampu menguasai tenses bahasa inggris yang berkaitan dengan Pendidikan anak usia dini
ReferencesYusuf, Syamsu L.N. 2007. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Rosdakarya
Otto, Beverly. 2010. Language Development in Early Chidhood 3rd edition. Ohio: Merril
Murphy, Raymond. 1096. English Grammar in Use. USA: Cambridge University Press
Azar, Betty Schrampfer. 1992. Fundamental of English Grammar. UK: Prentice Hall
Mueller, Stephanie. 2005. Everyday Literacy. USA: Gryphon House
Hoff, Erika. 2005. Language Development 3rd edition. USA: Thomson Wadsworth
Details ...
Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan pengalaman kepada para mahasiswa PGSD tentang ketrampilan berbahasa secara terpadu dengan memperhatikan kepentingan mahasiswa PGSD sebagai calon sarjana berbasis pendidikan guru sekolah dasar. Mata kuliah ini meliputi pola-pola kalimat dasar dan utama yang mutlak harus dikuasai dalam bahasa Inggris, gramatika lanjutan, bacaan-bacaan yang mendukung profesi sebagai guru SD, peristilahan-peristilahan bahasa Inggris yang banyak dipakai dalam olah raga, kesehatan dan rekreasi, serta percakapan sederhana yang dipakai sehari-hari, terutama yang menunjang profesi kesarjanaannya.
Learning OutcomesCPMK-1 Mampu berkomunikasi dengan baik dalam menerapkan tata bahasa dan kaidah kebahasaan dalam dunia pendidikan dan kehidupan bermasyarakat.
CPMK-2 Mampu mengidentifikasi karakteristik kebahasaan peserta didik melalui pemerolehan bahasa.
CPMK-3 Mampu menghargai kehidupan melalui bahasa inggris
Sub-CPMK 1 |
Menguasai dasar-dasar dan kaidah-kaidah kebahasaan bahasa inggris (tenses present) |
Sub-CPMK 2 |
Memahami dasar-dasar dan kaidah-kaidah kebahasaan bahasa inggris (tenses past) |
Sub-CPMK 3 |
Memahami dasar-dasar dan kaidah-kaidah kebahasaan bahasa inggris (tenses future) |
Sub-CPMK 4 |
Memahami unsur kalimat berupa kelas kata, frase, klausa, serta menggunakannya dalam konteks mengenalkan diri dalam bahasa inggris |
Sub-CPMK 5 |
Memahami unsur kalimat berupa kelas kata, frase, klausa, serta menggunakannya dalam konteks mengenalkan orang lain dalam bahasa inggris |
Sub-CPMK 6 |
Memahami unsur kalimat berupa kelas kata, frase, klausa, serta menggunakannya dalam konteks membuat teks deskripsi |
Sub-CPMK 7 |
Memahami unsur kalimat berupa kelas kata, frase, klausa, serta menggunakannya dalam konteks membuat teks recount |
Sub-CPMK 8 |
Memahami unsur kalimat berupa kelas kata, frase, klausa, serta menggunakannya dalam konteks membuat teks prosedur |
Yan Haryanto, Endang Sulasbawiatini dan Johanna B.S. Pantow. 2007. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Inggris S-1 PGSD. Jakarta: Universitas Terbuka – Depdiknas.
Slamet Riyanto.2007.How to say it. Yogyakarta: Pustaka pelajar
Rohana Abdullah. 2007. Bahan Ajar Cetak: Bahasa Inggris (S-1 PJJ PGSD). Jakarta: Depdiknas–Ditjen Ketenagaan.
Ramelan, 1999. English phonetics, Semarang: IKIP Semarang Press
Frank, Marcella (1972). Modern English. Prentice Hall, Inc. Englewood Cliffs, New jersey.
Hornby, A.S. (1979). The teaching of Structural Words and Sentence Patterns.Oxford University Press, London.
Markstein, Linda; Hirasawa, Louise (1982). Expanding reading Skills. Newbury House Publishers, Inc. Rowley. London.
Quirk, Randolph; Baum, Sidney Green (1983) A University Grammar of English. Longman Group Limited, England.
Thomson, A.J. and A.V. Martinet (1986). A Practical English Grammar. Oxford University Press, London.
Wishon, George; Burks, Julia M. (1988). Le’s write English. American Book Company, New York.
Details ...
Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan pengalaman kepada para mahasiswa PGSD tentang ketrampilan berbahasa secara terpadu dengan memperhatikan kepentingan mahasiswa PGSD sebagai calon sarjana berbasis pendidikan guru sekolah dasar. Mata kuliah ini meliputi pola-pola kalimat dasar dan utama yang mutlak harus dikuasai dalam bahasa Inggris, gramatika lanjutan, bacaan-bacaan yang mendukung profesi sebagai guru SD, peristilahan-peristilahan bahasa Inggris yang banyak dipakai dalam olah raga, kesehatan dan rekreasi, serta percakapan sederhana yang dipakai sehari-hari, terutama yang menunjang profesi kesarjanaannya.
Learning OutcomesCPMK-1 Mampu berkomunikasi dengan baik dalam menerapkan tata bahasa dan kaidah kebahasaan dalam dunia pendidikan dan kehidupan bermasyarakat.
CPMK-2 Mampu mengidentifikasi karakteristik kebahasaan peserta didik melalui pemerolehan bahasa.
CPMK-3 Mampu menghargai kehidupan melalui bahasa inggris
Sub-CPMK 1 |
Menguasai dasar-dasar dan kaidah-kaidah kebahasaan bahasa inggris (tenses present) |
Sub-CPMK 2 |
Memahami dasar-dasar dan kaidah-kaidah kebahasaan bahasa inggris (tenses past) |
Sub-CPMK 3 |
Memahami dasar-dasar dan kaidah-kaidah kebahasaan bahasa inggris (tenses future) |
Sub-CPMK 4 |
Memahami unsur kalimat berupa kelas kata, frase, klausa, serta menggunakannya dalam konteks mengenalkan diri dalam bahasa inggris |
Sub-CPMK 5 |
Memahami unsur kalimat berupa kelas kata, frase, klausa, serta menggunakannya dalam konteks mengenalkan orang lain dalam bahasa inggris |
Sub-CPMK 6 |
Memahami unsur kalimat berupa kelas kata, frase, klausa, serta menggunakannya dalam konteks membuat teks deskripsi |
Sub-CPMK 7 |
Memahami unsur kalimat berupa kelas kata, frase, klausa, serta menggunakannya dalam konteks membuat teks recount |
Sub-CPMK 8 |
Memahami unsur kalimat berupa kelas kata, frase, klausa, serta menggunakannya dalam konteks membuat teks prosedur |
Yan Haryanto, Endang Sulasbawiatini dan Johanna B.S. Pantow. 2007. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Inggris S-1 PGSD. Jakarta: Universitas Terbuka – Depdiknas.
Slamet Riyanto.2007.How to say it. Yogyakarta: Pustaka pelajar
Rohana Abdullah. 2007. Bahan Ajar Cetak: Bahasa Inggris (S-1 PJJ PGSD). Jakarta: Depdiknas–Ditjen Ketenagaan.
Ramelan, 1999. English phonetics, Semarang: IKIP Semarang Press
Frank, Marcella (1972). Modern English. Prentice Hall, Inc. Englewood Cliffs, New jersey.
Hornby, A.S. (1979). The teaching of Structural Words and Sentence Patterns.Oxford University Press, London.
Markstein, Linda; Hirasawa, Louise (1982). Expanding reading Skills. Newbury House Publishers, Inc. Rowley. London.
Quirk, Randolph; Baum, Sidney Green (1983) A University Grammar of English. Longman Group Limited, England.
Thomson, A.J. and A.V. Martinet (1986). A Practical English Grammar. Oxford University Press, London.
Wishon, George; Burks, Julia M. (1988). Le’s write English. American Book Company, New York.
Details ...
Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan pengalaman kepada para mahasiswa PGSD tentang ketrampilan berbahasa secara terpadu dengan memperhatikan kepentingan mahasiswa PGSD sebagai calon sarjana berbasis pendidikan guru sekolah dasar. Mata kuliah ini meliputi pola-pola kalimat dasar dan utama yang mutlak harus dikuasai dalam bahasa Inggris, gramatika lanjutan, bacaan-bacaan yang mendukung profesi sebagai guru SD, peristilahan-peristilahan bahasa Inggris yang banyak dipakai dalam olah raga, kesehatan dan rekreasi, serta percakapan sederhana yang dipakai sehari-hari, terutama yang menunjang profesi kesarjanaannya.
Learning OutcomesCPMK-1 Mampu berkomunikasi dengan baik dalam menerapkan tata bahasa dan kaidah kebahasaan dalam dunia pendidikan dan kehidupan bermasyarakat.
CPMK-2 Mampu mengidentifikasi karakteristik kebahasaan peserta didik melalui pemerolehan bahasa.
CPMK-3 Mampu menghargai kehidupan melalui bahasa inggris
Sub-CPMK 1 |
Menguasai dasar-dasar dan kaidah-kaidah kebahasaan bahasa inggris (tenses present) |
Sub-CPMK 2 |
Memahami dasar-dasar dan kaidah-kaidah kebahasaan bahasa inggris (tenses past) |
Sub-CPMK 3 |
Memahami dasar-dasar dan kaidah-kaidah kebahasaan bahasa inggris (tenses future) |
Sub-CPMK 4 |
Memahami unsur kalimat berupa kelas kata, frase, klausa, serta menggunakannya dalam konteks mengenalkan diri dalam bahasa inggris |
Sub-CPMK 5 |
Memahami unsur kalimat berupa kelas kata, frase, klausa, serta menggunakannya dalam konteks mengenalkan orang lain dalam bahasa inggris |
Sub-CPMK 6 |
Memahami unsur kalimat berupa kelas kata, frase, klausa, serta menggunakannya dalam konteks membuat teks deskripsi |
Sub-CPMK 7 |
Memahami unsur kalimat berupa kelas kata, frase, klausa, serta menggunakannya dalam konteks membuat teks recount |
Sub-CPMK 8 |
Memahami unsur kalimat berupa kelas kata, frase, klausa, serta menggunakannya dalam konteks membuat teks prosedur |
Yan Haryanto, Endang Sulasbawiatini dan Johanna B.S. Pantow. 2007. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Inggris S-1 PGSD. Jakarta: Universitas Terbuka – Depdiknas.
Slamet Riyanto.2007.How to say it. Yogyakarta: Pustaka pelajar
Rohana Abdullah. 2007. Bahan Ajar Cetak: Bahasa Inggris (S-1 PJJ PGSD). Jakarta: Depdiknas–Ditjen Ketenagaan.
Ramelan, 1999. English phonetics, Semarang: IKIP Semarang Press
Frank, Marcella (1972). Modern English. Prentice Hall, Inc. Englewood Cliffs, New jersey.
Hornby, A.S. (1979). The teaching of Structural Words and Sentence Patterns.Oxford University Press, London.
Markstein, Linda; Hirasawa, Louise (1982). Expanding reading Skills. Newbury House Publishers, Inc. Rowley. London.
Quirk, Randolph; Baum, Sidney Green (1983) A University Grammar of English. Longman Group Limited, England.
Thomson, A.J. and A.V. Martinet (1986). A Practical English Grammar. Oxford University Press, London.
Wishon, George; Burks, Julia M. (1988). Le’s write English. American Book Company, New York.
Details ...
Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan pengalaman kepada para mahasiswa PGSD tentang ketrampilan berbahasa secara terpadu dengan memperhatikan kepentingan mahasiswa PGSD sebagai calon sarjana berbasis pendidikan guru sekolah dasar. Mata kuliah ini meliputi pola-pola kalimat dasar dan utama yang mutlak harus dikuasai dalam bahasa Inggris, gramatika lanjutan, bacaan-bacaan yang mendukung profesi sebagai guru SD, peristilahan-peristilahan bahasa Inggris yang banyak dipakai dalam olah raga, kesehatan dan rekreasi, serta percakapan sederhana yang dipakai sehari-hari, terutama yang menunjang profesi kesarjanaannya.
Learning OutcomesCPMK-1 Mampu berkomunikasi dengan baik dalam menerapkan tata bahasa dan kaidah kebahasaan dalam dunia pendidikan dan kehidupan bermasyarakat.
CPMK-2 Mampu mengidentifikasi karakteristik kebahasaan peserta didik melalui pemerolehan bahasa.
CPMK-3 Mampu menghargai kehidupan melalui bahasa inggris
Sub-CPMK 1 |
Menguasai dasar-dasar dan kaidah-kaidah kebahasaan bahasa inggris (tenses present) |
Sub-CPMK 2 |
Memahami dasar-dasar dan kaidah-kaidah kebahasaan bahasa inggris (tenses past) |
Sub-CPMK 3 |
Memahami dasar-dasar dan kaidah-kaidah kebahasaan bahasa inggris (tenses future) |
Sub-CPMK 4 |
Memahami unsur kalimat berupa kelas kata, frase, klausa, serta menggunakannya dalam konteks mengenalkan diri dalam bahasa inggris |
Sub-CPMK 5 |
Memahami unsur kalimat berupa kelas kata, frase, klausa, serta menggunakannya dalam konteks mengenalkan orang lain dalam bahasa inggris |
Sub-CPMK 6 |
Memahami unsur kalimat berupa kelas kata, frase, klausa, serta menggunakannya dalam konteks membuat teks deskripsi |
Sub-CPMK 7 |
Memahami unsur kalimat berupa kelas kata, frase, klausa, serta menggunakannya dalam konteks membuat teks recount |
Sub-CPMK 8 |
Memahami unsur kalimat berupa kelas kata, frase, klausa, serta menggunakannya dalam konteks membuat teks prosedur |
Yan Haryanto, Endang Sulasbawiatini dan Johanna B.S. Pantow. 2007. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Inggris S-1 PGSD. Jakarta: Universitas Terbuka – Depdiknas.
Slamet Riyanto.2007.How to say it. Yogyakarta: Pustaka pelajar
Rohana Abdullah. 2007. Bahan Ajar Cetak: Bahasa Inggris (S-1 PJJ PGSD). Jakarta: Depdiknas–Ditjen Ketenagaan.
Ramelan, 1999. English phonetics, Semarang: IKIP Semarang Press
Frank, Marcella (1972). Modern English. Prentice Hall, Inc. Englewood Cliffs, New jersey.
Hornby, A.S. (1979). The teaching of Structural Words and Sentence Patterns.Oxford University Press, London.
Markstein, Linda; Hirasawa, Louise (1982). Expanding reading Skills. Newbury House Publishers, Inc. Rowley. London.
Quirk, Randolph; Baum, Sidney Green (1983) A University Grammar of English. Longman Group Limited, England.
Thomson, A.J. and A.V. Martinet (1986). A Practical English Grammar. Oxford University Press, London.
Wishon, George; Burks, Julia M. (1988). Le’s write English. American Book Company, New York.
Details ...