Problematik Pendidikan, Curriculum : 2010


Courser in EnglishEducational Problems
ProgramManajemen Pendidikan
SKS2 SKS
RPS1 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan mengembangkan pemahaman mahasiswa dan wawasannya tentang pendidikan yang luas, baik situasi normal maupun situasi problematik dengan membahas masalah umum pendidikan dan masalah khusus pengajaran. Kuliah tingkat lanjut ini meliputi segi-segi problematik teoretik dan praktik lapangan (di sekolah). Pokok-pokok masalah meliputi kebijaksanaan dan pengembangan serta arah kecenderungan dalam tinjauan masa depan. Mahasiswa secara perorangan mengusulkan topik (kasus) masalah dan berlatih membahas hakikat dan segi-segi permasalahannya serta meninjau kemungkinan pemecahannya.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu merencanakan, mengelola dan mengidentifikasi problematika pendidikan berdasar teori, konsep, dan prinsip manajemen pendidikan untuk mememecahkan masalah-masalah pada institusi pendidikan/ satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan

  1. Sikap : Menjunjung tinggi nilai kemanusian dan bertanggung jawab atas pekerjaannya sesuai bidang keahlian secara mandiri serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat berdasarkan Pancasila
  2. Keterampilan Umum : Mampu mengidentifikasi dan dan mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah  pendidikan secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.
  3. Keterampilan Khusus : Mampu mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan

Pengetahuan : Mengembangkan teori, konsep, dan  pengambilan keputusan, manajemen peningkatan mutu pendidikan, kebijakan pendidikan untuk mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan secara sistematis.

References

  1. Weiler, H.N. (ed.). 1980. Educational Planning  and Social Change. Paris Unesco
  2. Witkin, B.R. 1984. Assessing Needs in Educationnal ang Social Programs San Francisco, California Jossey-Bass Publishers
  3. Sunaryo: Isu pendidikan
  4. Sudarwan Danim: Agenda Pembaharuan Sisdiknas
  5. Aqib,Zaenal : Sekolah Ramah Anak; Mencegah Kekerasan dalam Sekolah
  6. Tim Kreatif LKM UNJ : Restorasi Pendidikan Indonesia
  7. Mu’arif : Liberalisasi Pendidikan
  8. Suyanto (2006): Dibelantara pendidikan Bermoral, Percetakan UNY Jogjakarta
  9. Suryadi, Ace dkk (2014); Pendidikan untuk transformasi Bangsa: Arah baru pendidikan untuk perubahan mental Bangsa.Kompas
  10. Drajat, Hari Untoro (ed) (2011); Multikulturalisme dan integrasi Bangsa, Penerbit Kembudpar


Details ...