Courser in English | - |
Program | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
SKS | 2 SKS |
RPS | 2 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini secara konstruktif memberikan pengalaman belajar, mengkondisikan untuk melakukan pengkajian dan tindakan terbimbing dalam upaya pemilikan wawasan dasar kependidikan yang dapat dijadikan titik pijak dalam melaksanakan aktifitas pendidikan. Ruang lingkup matakuliah ini meliputi: konsep pendidikan, konsep ilmu pendidikan, keterkaitan manusia dengan pendidikan, landasan, azas dan prinsip-prinsip pendidikan, perjalanan sejarah pendidikan di indonesia, serta permasalahan pendidikan dalam praktek pendidikan.
Learning OutcomesMata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami, menjelaskan, membedakan, memberikan contoh, menganalisis serta, mengkritisi konsep pendidikan, dan mengkaitkannya dengan realitas pendidikan sehari-hari
References- B. Suryosubroto. Beberapa Aspek Dasar-Dasar Kependidikan. Rineka Cipta, Jakarta, 2010
- Hamdani, Dasar-Dasar Kependidikan, Pustaka Setia, Bandung, 2011
- Husnan Bey Fananie. Pedoman Pendidikan Modern, Tinta Medina, 2011
- M. Fuad Ihsan. Dasar-Dasar Kependidikan. Rineka Cipta, 2011
- M. Suardi,Pengantar Pendidikan Teori dan Aplikasi, PT Indeks, Jakarta, 2012
- M. Ngalim Purwanto, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung, 2007
- Redja Mudyahardjo, Pengantar Pendidikan. Sebuah Studi awal tentang dasar-dasar pendidikan. Grafindo, Jakarta, 2014.
- Sudarwan Danim. Pengantar Kependidikan, Alfabeta, Bandung, 2010
- Sutirta dan Samsudin Asep 2015. Landasan Kependidikan, Bandung: Refika Aditama
- Tatang S. Ilmu Pendidikan, Pustaka Setia, Bandung 2012
- Thalib Kasan, Dasar-Dasar Pendidikan, Studia Pres, Jakarta, 2009
- Umar Tirtarahardja dan S.L. La Sulo, Pengantar Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta, 2008
- Undang-undang No. 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional serta peraturan terkait lainnya.
- Waini Rasyidin, pedagogik teoritis dan praktis, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.
- Zahara Idris dan Lisma Jamal. Pengantar pendidikan. Jakarta: PT. Gramedia,
Details ...
Mata kuliah ini secara konstruktif memberikan pengalaman belajar, mengkondisikan untuk melakukan pengkajian dan tindakan terbimbing dalam upaya pemilikan wawasan dasar kependidikan yang dapat dijadikan titik pijak dalam melaksanakan aktifitas pendidikan. Ruang lingkup matakuliah ini meliputi: konsep pendidikan, konsep ilmu pendidikan, keterkaitan manusia dengan pendidikan, landasan, azas dan prinsip-prinsip pendidikan, perjalanan sejarah pendidikan di indonesia, serta permasalahan pendidikan dalam praktek pendidikan.
Learning Outcomes
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami, menjelaskan, membedakan, memberikan contoh, menganalisis serta, mengkritisi konsep pendidikan, dan mengkaitkannya dengan realitas pendidikan sehari-hari
References- B. Suryosubroto. Beberapa Aspek Dasar-Dasar Kependidikan. Rineka Cipta, Jakarta, 2010
- Hamdani, Dasar-Dasar Kependidikan, Pustaka Setia, Bandung, 2011
- Husnan Bey Fananie. Pedoman Pendidikan Modern, Tinta Medina, 2011
- M. Fuad Ihsan. Dasar-Dasar Kependidikan. Rineka Cipta, 2011
- M. Suardi,Pengantar Pendidikan Teori dan Aplikasi, PT Indeks, Jakarta, 2012
- M. Ngalim Purwanto, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung, 2007
- Redja Mudyahardjo, Pengantar Pendidikan. Sebuah Studi awal tentang dasar-dasar pendidikan. Grafindo, Jakarta, 2014.
- Sudarwan Danim. Pengantar Kependidikan, Alfabeta, Bandung, 2010
- Sutirta dan Samsudin Asep 2015. Landasan Kependidikan, Bandung: Refika Aditama
- Tatang S. Ilmu Pendidikan, Pustaka Setia, Bandung 2012
- Thalib Kasan, Dasar-Dasar Pendidikan, Studia Pres, Jakarta, 2009
- Umar Tirtarahardja dan S.L. La Sulo, Pengantar Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta, 2008
- Undang-undang No. 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional serta peraturan terkait lainnya.
- Waini Rasyidin, pedagogik teoritis dan praktis, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.
- Zahara Idris dan Lisma Jamal. Pengantar pendidikan. Jakarta: PT. Gramedia,
Details ...