Courser in English | DANCE AND DRAMA EDUCATION |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 50 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
mata kuliah ini mempelajari mengenai seni tari dan drama dalam ruang lingkup pendidikan formal. mahasiswa akan belajar pengetahuan dasar tari dan drama, konsep dasar pendidikan seni tari dan drama, apresiasi seni tari dan drama, dan kreativitas seni tari dan drama. perkuliahan dilakukan secara tatap muka, tugas terstruktur, dan tugas mandiri baik secara individu maupun kelompok. tujuan mata kulliah pendidikan seni tari dan drama yaitu setelah mahasiswa menyelesaikan proses perkuliahan, mahasiswa mampu menguasai konsep dasar pendidikan seni tari dan drama di sekolah dasar, mampu mengembangkan seni tari dan drama sebagai materi pembelajaran di sekolah dasar, dan media pengembangan karakter siswa sekolah dasar.
Learning Outcomesmahasiswa mampu menguasai konsep dasar pendidikan seni tari dan drama di sekolah dasar, terampil dalam mengembangkan seni tari dan drama sebagai materi pembelajaran dan media penguatan karakter siswa sekolah dasar
ReferencesEndraswara, Suwardi. 2014. Metode Pembelajaran Drama. Yogyakarta: CAPS.
Jazuli, M. 2008. Paradigma Kontekstual Pendidikan Seni. Surabaya: Unesa University Press.
Jazuli, M. 2016. Peta Dunia Seni Tari. Sukoharjo: CV.Farishma Indonesia.
M.Jazuli, M. 2007. Pendidikan Seni Budaya. Surabaya: Unesa Press
Masunah, Juju dan Tati Narawati. 2003. Seni dan Pendidikan Seni. Bandung: P4ST UPI.
Meri, La. 1986. Elemen-elemen Dasar Komposisi Tari. Penerjemah Soedarsono. Yogyakarta: Lagaligo.
Murgiyanto, Sal. 1992. Koreografi. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Rokhyatmo, Amir. 1986. Pengetahuan Tari Sebuah Pengantar dalam Pengetahuan Elementer Tari dan Beberapa Masalah Tari. Jakarta: Direktorat Kesenian Proyek Pengembangan Kesenian Jakarta Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Sedyawati, Edi. 1984. Tari. Jakarta: PT. Dunia Pustaka Jaya.
Soedarsono. 1978. Pengantar Pengetahuan dan Komposisi Tari. Yogyakarta: Akademi Seni Tari Indonesia.
Soedarsono. 1992. Pengantar Apresiasi Seni. Jakarta: Balai Pustaka.
Soehardjo, A.J. 2012. Pendidikan Seni dari konsep sampai program (buku satu). Malang: Bayumedia Publishing.
Soehardjo,A.J. 2017. Pendidikan Seni dari konsep sampai program (buku dua). Malang: Balai Kajian Seni dan Desain Universitas Negeri Malang.
Sutiyono. 2012. Paradigma Pendidikan Seni di Indonesia. Yogyakarta: UNY PRESS.
Details ...
Mata Kuliah Pendidikan Seni Tari dan Drama merupakan mata kuliah yang membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan pemahaman tentang
berbagai teori dan konsep tari, serta keterampilan dalam menciptakan dan menyajikan tarian untuk anak-anak sekolah dasar.
Mahasiswa calon guru dapat mengetahui dan memahami berbagai teori dan konsep yang berhubungan dengan seni tari dan drama, dan diharapkan
mampu dengan terampil menciptakan dan menyajikan tarian untuk anak-anak sekolah dasar, serta mampu mengajarkan kembali pada peserta
didiknya sesuai dengan tujuan pendidikan.
1. Soedarsono. 1978. Pengantar Pengetahuan dan Komposisi Tari. Yogyakarta: Akademi Seni Tari Indonesia.
2. Meri, La, dan Soedarsono (penj). 1975. Komposisi Tari Elemen-Elemen Dasar. Yogyakarta: Akademi Seni Tari Indonesia.
3. Cahyono, Agus. 2006. Seni Pertunjukan Arak-arakan dalam Upacara Tradisional Dugdheran di Kota Semarang dalam Harmonia: Jurnal
Pengetahuan dan Pemikiran Seni, Vol. 08 No. 03/Sep-Des. Semarang: Sendratasik FBS UNNES.
4. Sedyawati, Edi. 1984. Tari. Jakarta: PT. Dunia Pustaka Jaya.
5. Rokhyatmo, Amir. 1986. “ Pengetahuan Tari Sebuah Pengantar” dalam Pengetahuan Elementer Tari dan Beberapa
Masalah Tari. Jakarta: Direktorat Kesenian Proyek Pengembangan Kesenian Jakarta Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Details ...