Dasar-Dasar Menulis, Curriculum : 2015


Courser in EnglishBASIC WRITING
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SKS2 SKS
RPS17 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa semester 1 Progdi PBSI dengan bobot 2 sks. Melalui mata kuliah diberikan sebagai dasar keterampilan menulis melalui penguasaan ejaan bahasa Indonesia, mulai dari penulisan huruf, kata, kata baku, gabungan kata, sampai dengan tanda baca. Diharapkan melalui mata kuliah ini mahasiswa dapat menulis, tidak hanya dengan gagasan yang baik, tetapi juga dengan bahasa yag baik sesuai dengan kaidah yang ditaati dalam tata bahasa baku bahasa Indonesia.

Learning Outcomes

1.    Sikap                              : Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan dalam bidang keterampilan menulis secara mandiri;
2.    Keterampilan Umum     : Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keterampilan menulis.
3.    Keterampilan Khusus     : Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran dasar-dasar menulis.
4.    Penguasaan Pengetahuan :Menguasai konsep teori pengembangan dasar-dasar menulis.

References

Alwi, Hasan, dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Keempat. Jakarta: PT Gramedia. 
Tim Visi Yustisia. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Visimedia Pustaka.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa semester 1 Progdi PBSI dengan bobot 2 sks. Melalui mata kuliah diberikan sebagai dasar keterampilan menulis melalui penguasaan ejaan bahasa Indonesia, mulai dari penulisan huruf, kata, kata baku, gabungan kata, sampai dengan tanda baca. Diharapkan melalui mata kuliah ini mahasiswa dapat menulis, tidak hanya dengan gagasan yang baik, tetapi juga dengan bahasa yag baik sesuai dengan kaidah yang ditaati dalam tata bahasa baku bahasa Indonesia.

Learning Outcomes

1.    Sikap                              : Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan dalam bidang keterampilan menulis secara mandiri;
2.    Keterampilan Umum     : Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keterampilan menulis.
3.    Keterampilan Khusus     : Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran dasar-dasar menulis.
4.    Penguasaan Pengetahuan :Menguasai konsep teori pengembangan dasar-dasar menulis.

References

Alwi, Hasan, dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Keempat. Jakarta: PT Gramedia. 
Tim Visi Yustisia. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Visimedia Pustaka.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa semester 1 Progdi PBSI dengan bobot 2 sks. Melalui mata kuliah diberikan sebagai dasar keterampilan menulis melalui penguasaan ejaan bahasa Indonesia, mulai dari penulisan huruf, kata, kata baku, gabungan kata, sampai dengan tanda baca. Diharapkan melalui mata kuliah ini mahasiswa dapat menulis, tidak hanya dengan gagasan yang baik, tetapi juga dengan bahasa yag baik sesuai dengan kaidah yang ditaati dalam tata bahasa baku bahasa Indonesia.

Learning Outcomes

1.    Sikap                              : Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan dalam bidang keterampilan menulis secara mandiri;
2.    Keterampilan Umum     : Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keterampilan menulis.
3.    Keterampilan Khusus     : Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran dasar-dasar menulis.
4.    Penguasaan Pengetahuan :Menguasai konsep teori pengembangan dasar-dasar menulis.

References

Alwi, Hasan, dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Keempat. Jakarta: PT Gramedia. 
Tim Visi Yustisia. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Visimedia Pustaka.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa semester 1 Progdi PBSI dengan bobot 2 sks. Melalui mata kuliah diberikan sebagai dasar keterampilan menulis melalui penguasaan ejaan bahasa Indonesia, mulai dari penulisan huruf, kata, kata baku, gabungan kata, sampai dengan tanda baca. Diharapkan melalui mata kuliah ini mahasiswa dapat menulis, tidak hanya dengan gagasan yang baik, tetapi juga dengan bahasa yag baik sesuai dengan kaidah yang ditaati dalam tata bahasa baku bahasa Indonesia.

Learning Outcomes

1.    Sikap                              : Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan dalam bidang keterampilan menulis secara mandiri;
2.    Keterampilan Umum     : Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keterampilan menulis.
3.    Keterampilan Khusus     : Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran dasar-dasar menulis.
4.    Penguasaan Pengetahuan :Menguasai konsep teori pengembangan dasar-dasar menulis.
 

References

Alwi, Hasan, dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Keempat. Jakarta: PT Gramedia. 
Tim Visi Yustisia. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Visimedia Pustaka.
 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa semester 1 Progdi PBSI dengan bobot 2 sks. Melalui mata kuliah diberikan sebagai dasar keterampilan menulis melalui penguasaan ejaan bahasa Indonesia, mulai dari penulisan huruf, kata, kata baku, gabungan kata, sampai dengan tanda baca. Diharapkan melalui mata kuliah ini mahasiswa dapat menulis, tidak hanya dengan gagasan yang baik, tetapi juga dengan bahasa yag baik sesuai dengan kaidah yang ditaati dalam tata bahasa baku bahasa Indonesia.

Learning Outcomes

1.    Sikap                              : Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan dalam bidang keterampilan menulis secara mandiri;
2.    Keterampilan Umum     : Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keterampilan menulis.
3.    Keterampilan Khusus     : Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran dasar-dasar menulis.
4.    Penguasaan Pengetahuan :Menguasai konsep teori pengembangan dasar-dasar menulis.
 

References

Alwi, Hasan, dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Keempat. Jakarta: PT Gramedia. 
Tim Visi Yustisia. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Visimedia Pustaka.
 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa semester 1 Progdi PBSI dengan bobot 2 sks. Melalui mata kuliah diberikan sebagai dasar keterampilan menulis melalui penguasaan ejaan bahasa Indonesia, mulai dari penulisan huruf, kata, kata baku, gabungan kata, sampai dengan tanda baca. Diharapkan melalui mata kuliah ini mahasiswa dapat menulis, tidak hanya dengan gagasan yang baik, tetapi juga dengan bahasa yag baik sesuai dengan kaidah yang ditaati dalam tata bahasa baku bahasa Indonesia.

Learning Outcomes

1.    Sikap                              : Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan dalam bidang keterampilan menulis secara mandiri;
2.    Keterampilan Umum     : Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keterampilan menulis.
3.    Keterampilan Khusus     : Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran dasar-dasar menulis.
4.    Penguasaan Pengetahuan :Menguasai konsep teori pengembangan dasar-dasar menulis.
 

References

Alwi, Hasan, dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Keempat. Jakarta: PT Gramedia. 
Tim Visi Yustisia. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Visimedia Pustaka.
 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa semester 1 Progdi PBSI dengan bobot 2 sks. Melalui mata kuliah diberikan sebagai dasar keterampilan menulis melalui penguasaan ejaan bahasa Indonesia, mulai dari penulisan huruf, kata, kata baku, gabungan kata, sampai dengan tanda baca. Diharapkan melalui mata kuliah ini mahasiswa dapat menulis, tidak hanya dengan gagasan yang baik, tetapi juga dengan bahasa yag baik sesuai dengan kaidah yang ditaati dalam tata bahasa baku bahasa Indonesia.

Learning Outcomes

1.    Sikap                              : Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan dalam bidang keterampilan menulis secara mandiri;
2.    Keterampilan Umum     : Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keterampilan menulis.
3.    Keterampilan Khusus     : Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran dasar-dasar menulis.
4.    Penguasaan Pengetahuan :Menguasai konsep teori pengembangan dasar-dasar menulis.
 

References

Alwi, Hasan, dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Keempat. Jakarta: PT Gramedia. 
Tim Visi Yustisia. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Visimedia Pustaka.
 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa semester 1 Progdi PBSI dengan bobot 2 sks. Melalui mata kuliah diberikan sebagai dasar keterampilan menulis melalui penguasaan ejaan bahasa Indonesia, mulai dari penulisan huruf, kata, kata baku, gabungan kata, sampai dengan tanda baca. Diharapkan melalui mata kuliah ini mahasiswa dapat menulis, tidak hanya dengan gagasan yang baik, tetapi juga dengan bahasa yag baik sesuai dengan kaidah yang ditaati dalam tata bahasa baku bahasa Indonesia.

Learning Outcomes

  1. Sikap                              : Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan dalam bidang keterampilan menulis secara mandiri;
  2. Keterampilan Umum     : Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keterampilan menulis.
  3. Keterampilan Khusus     : Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran dasar-dasar menulis.
  4. Penguasaan Pengetahuan :Menguasai konsep teori pengembangan dasar-dasar menulis.

References

Alwi, Hasan, dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Keempat. Jakarta: PT Gramedia. 

Tim Visi Yustisia. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Visimedia Pustaka.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa semester 1 Progdi PBSI dengan bobot 2 sks. Melalui mata kuliah diberikan sebagai dasar keterampilan menulis melalui penguasaan ejaan bahasa Indonesia, mulai dari penulisan huruf, kata, kata baku, gabungan kata, sampai dengan tanda baca. Diharapkan melalui mata kuliah ini mahasiswa dapat menulis, tidak hanya dengan gagasan yang baik, tetapi juga dengan bahasa yag baik sesuai dengan kaidah yang ditaati dalam tata bahasa baku bahasa Indonesia.

Learning Outcomes

  1. Sikap                              : Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan dalam bidang keterampilan menulis secara mandiri;
  2. Keterampilan Umum     : Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keterampilan menulis.
  3. Keterampilan Khusus     : Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran dasar-dasar menulis.
  4. Penguasaan Pengetahuan :Menguasai konsep teori pengembangan dasar-dasar menulis.

References

Alwi, Hasan, dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Keempat. Jakarta: PT Gramedia. 

Tim Visi Yustisia. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Visimedia Pustaka.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa semester 1Progdi PBSI dengan bobot 2 SKS. Melalui mata kuliah diberikan sebagai dasar keterampilan menulis melalui penguasaan ejaan Bahasa Indonesia. Diharapkan melalui mata kuliah  ini mahasiswa dapat menulis, tidak hanya dengan gagasan tetapi juga dengan bahasa yang baik sesuai dengan kaidah yang ditaati dalam tatabahasa baku bahasa Indonesia

Learning Outcomes

1. Sikap  : Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan dalam bidang keterampilan menulis secara mandiri

2. Keterampilan Umum : Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keterampilan menulis.

3. Keterampilan Khusus : Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran dasar-dasar menulis.

4. Penguasaan Pengetahuan: Menguasai konsep teori pengemangan daras-dasar menulis.

References

DAFTAR PUSTAKA

Akhadiah, Sukarti, dkk. 1989. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Keraf, Gorys. 1980. Komposisi Sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa. Ende-Flores: Nusa Indah.

-----------------1981. Eksposisi dan Deskripsi. Ende Flores: Nusa Indah.

-----------------1982. Argumentasi dan Narasi: Komposisi Lanjutan III. Jakarta: Gramedia

Razak, Abdul. 1990. Kalimat Efektif: Struktur Gaya dan Variasi. Jakarta: Gramedia.

Sudjana, Nana. 1988. Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah. Bandung: Sinar Baru.

Sudjito. 1988. Kalimat Efektif. Bandung: Remadja Karya C.V.

----------------1992. Kosa Kata Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

----------------1981. Eksposisi dan Deskripsi. Ende-Flores: Nusa Indah.

Tim Visi Yudistisia. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Visimedia.

 

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa semester 1Progdi PBSI dengan bobot 2 SKS. Melalui mata kuliah diberikan sebagai dasar keterampilan menulis melalui penguasaan ejaan Bahasa Indonesia. Diharapkan melalui mata kuliah  ini mahasiswa dapat menulis, tidak hanya dengan gagasan tetapi juga dengan bahasa yang baik sesuai dengan kaidah yang ditaati dalam tatabahasa baku bahasa Indonesia

Learning Outcomes

1. Sikap  : Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan dalam bidang keterampilan menulis secara mandiri

2. Keterampilan Umum : Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keterampilan menulis.

3. Keterampilan Khusus : Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran dasar-dasar menulis.

4. Penguasaan Pengetahuan: Menguasai konsep teori pengemangan daras-dasar menulis.

References

DAFTAR PUSTAKA

Akhadiah, Sukarti, dkk. 1989. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Keraf, Gorys. 1980. Komposisi Sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa. Ende-Flores: Nusa Indah.

-----------------1981. Eksposisi dan Deskripsi. Ende Flores: Nusa Indah.

-----------------1982. Argumentasi dan Narasi: Komposisi Lanjutan III. Jakarta: Gramedia

Razak, Abdul. 1990. Kalimat Efektif: Struktur Gaya dan Variasi. Jakarta: Gramedia.

Sudjana, Nana. 1988. Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah. Bandung: Sinar Baru.

Sudjito. 1988. Kalimat Efektif. Bandung: Remadja Karya C.V.

----------------1992. Kosa Kata Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

----------------1981. Eksposisi dan Deskripsi. Ende-Flores: Nusa Indah.

Tim Visi Yudistisia. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Visimedia.

 

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa semester 1 Progdi PBSI dengan bobot 2 sks. Melalui mata kuliah diberikan sebagai dasar keterampilan menulis melalui penguasaan ejaan bahasa Indonesia, mulai dari penulisan huruf, kata, kata baku, gabungan kata, sampai dengan tanda baca. Diharapkan melalui mata kuliah ini mahasiswa dapat menulis, tidak hanya dengan gagasan yang baik, tetapi juga dengan bahasa yag baik sesuai dengan kaidah yang ditaati dalam tata bahasa baku bahasa Indonesia.

Learning Outcomes

  1. Sikap                              : Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan dalam bidang keterampilan menulis secara mandiri;
  2. Keterampilan Umum     : Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keterampilan menulis.
  3. Keterampilan Khusus     : Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran dasar-dasar menulis.
  4. Penguasaan Pengetahuan :Menguasai konsep teori pengembangan dasar-dasar menulis.

References

Alwi, Hasan, dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Keempat. Jakarta: PT Gramedia. 

Tim Visi Yustisia. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Visimedia Pustaka.


Details ...