Courser in English | STATISTICAL METHODS |
Program | Pendidikan Matematika |
SKS | 3 SKS |
RPS | 28 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
-
Learning Outcomes1. Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik serta menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya serta mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
3. Mampu mengaplikasikan metode statistika dalam penelitian pendidikan serta mampu memanfaatkan IPTEKS untuk mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi dan data dalam rangka menyelesaikan masalah di bidang pendidikan matematika.
4. Mampu menguasai metode statistika dalam penelitian pendidikan serta mampu menguasai konsep teoritis tentang pengolahan data
References[1] Budiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.
[2] Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
[3] Walpole, R. E. dan Myers R. 1995. Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan. Terjemahan R. K. Sembiring. Bandung: Penerbit ITB.
Details ...
-
Learning Outcomes1. Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik serta menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya serta mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
3. Mampu mengaplikasikan metode statistika dalam penelitian pendidikan serta mampu memanfaatkan IPTEKS untuk mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi dan data dalam rangka menyelesaikan masalah di bidang pendidikan matematika.
4. Mampu menguasai metode statistika dalam penelitian pendidikan serta mampu menguasai konsep teoritis tentang pengolahan data
References[1] Budiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.
[2] Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
[3] Walpole, R. E. dan Myers R. 1995. Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan. Terjemahan R. K. Sembiring. Bandung: Penerbit ITB.
Details ...
-
Learning Outcomes1. Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik serta menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya serta mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
3. Mampu mengaplikasikan metode statistika dalam penelitian pendidikan serta mampu memanfaatkan IPTEKS untuk mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi dan data dalam rangka menyelesaikan masalah di bidang pendidikan matematika.
4. Mampu menguasai metode statistika dalam penelitian pendidikan serta mampu menguasai konsep teoritis tentang pengolahan data
References[1] Budiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.
[2] Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
[3] Walpole, R. E. dan Myers R. 1995. Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan. Terjemahan R. K. Sembiring. Bandung: Penerbit ITB.
Details ...
-
Learning Outcomes1. Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik serta menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya serta mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
3. Mampu mengaplikasikan metode statistika dalam penelitian pendidikan serta mampu memanfaatkan IPTEKS untuk mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi dan data dalam rangka menyelesaikan masalah di bidang pendidikan matematika.
4. Mampu menguasai metode statistika dalam penelitian pendidikan serta mampu menguasai konsep teoritis tentang pengolahan data
References[1] Budiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.
[2] Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
[3] Walpole, R. E. dan Myers R. 1995. Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan. Terjemahan R. K. Sembiring. Bandung: Penerbit ITB.
Details ...
Mata kuliah ini akan mempelajari metode atau teknik statistika dalam pengolahan dan analisis data hasil penelitian pendidikan, baik data kuantitatif maupun data kualitatif. Pokok bahasan meliputi statistik inferensi, pengujian hipotesis, analisis regresi, analisis korelasi, SPSS, pengujian data dengan excel.
Learning OutcomesCapaiam Pembelajaran Umum :
Mahasiswa diharapkan mampu memahami dan menggunakan metode statistika dalam mengumpulkan, menyajikan dan menganalisis data berkaitan dengan hasil penelitian, sehingga dapat menarik kesimpulan dan membuat keputusan yang benar.
Capaian Pembelajaran Khusus :
- Mahasiswa memiliki kemampuan memahami konsep dasar statistika (pengertian statistika, statistik, parameter, populasi, sampel, variabel dan macamnya; data dan macamnya serta cara pengumpulannya) data menggunakan untuk penyelesaian permasalahan yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari yang relevan
- Mahasiswa dapat mengetahui dan mahir dan dapat mengolah data statistik inferensial
- Mahasiswa dapat mengetahui dan mahir dan dapat mengolah data dengan ANAVA, analisis korelasi, analisis regresi
- Mahasiswa dapat mengetahui dan mahir menggunakan program SPSS dan Exel dalam mengolah data
Referensi
[1] Budiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.
[2] Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
[3] Walpole, R. E. dan Myers R. 1995. Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan. Terjemahan R. K. Sembiring. Bandung: Penerbit ITB.
Details ...
Mata kuliah ini akan mempelajari metode atau teknik statistika dalam pengolahan dan analisis data hasil penelitian pendidikan, baik data kuantitatif maupun data kualitatif. Pokok bahasan meliputi statistik inferensi, pengujian hipotesis, analisis regresi, analisis korelasi, SPSS, pengujian data dengan excel.
Learning OutcomesCapaiam Pembelajaran Umum :
Mahasiswa diharapkan mampu memahami dan menggunakan metode statistika dalam mengumpulkan, menyajikan dan menganalisis data berkaitan dengan hasil penelitian, sehingga dapat menarik kesimpulan dan membuat keputusan yang benar.
Capaian Pembelajaran Khusus :
- Mahasiswa memiliki kemampuan memahami konsep dasar statistika (pengertian statistika, statistik, parameter, populasi, sampel, variabel dan macamnya; data dan macamnya serta cara pengumpulannya) data menggunakan untuk penyelesaian permasalahan yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari yang relevan
- Mahasiswa dapat mengetahui dan mahir dan dapat mengolah data statistik inferensial
- Mahasiswa dapat mengetahui dan mahir dan dapat mengolah data dengan ANAVA, analisis korelasi, analisis regresi
- Mahasiswa dapat mengetahui dan mahir menggunakan program SPSS dan Exel dalam mengolah data
Referensi
[1] Budiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.
[2] Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
[3] Walpole, R. E. dan Myers R. 1995. Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan. Terjemahan R. K. Sembiring. Bandung: Penerbit ITB.
Details ...
Mata kuliah ini akan mempelajari metode atau teknik statistika dalam pengolahan dan analisis data hasil penelitian pendidikan, baik data kuantitatif maupun data kualitatif. Pokok bahasan meliputi statistik inferensi, pengujian hipotesis, analisis regresi, analisis korelasi, SPSS, pengujian data dengan excel.
Learning OutcomesCapaiam Pembelajaran Umum :
Mahasiswa diharapkan mampu memahami dan menggunakan metode statistika dalam mengumpulkan, menyajikan dan menganalisis data berkaitan dengan hasil penelitian, sehingga dapat menarik kesimpulan dan membuat keputusan yang benar.
Capaian Pembelajaran Khusus :
- Mahasiswa memiliki kemampuan memahami konsep dasar statistika (pengertian statistika, statistik, parameter, populasi, sampel, variabel dan macamnya; data dan macamnya serta cara pengumpulannya) data menggunakan untuk penyelesaian permasalahan yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari yang relevan
- Mahasiswa dapat mengetahui dan mahir dan dapat mengolah data statistik inferensial
- Mahasiswa dapat mengetahui dan mahir dan dapat mengolah data dengan ANAVA, analisis korelasi, analisis regresi
- Mahasiswa dapat mengetahui dan mahir menggunakan program SPSS dan Exel dalam mengolah data
Referensi
[1] Budiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.
[2] Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
[3] Walpole, R. E. dan Myers R. 1995. Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan. Terjemahan R. K. Sembiring. Bandung: Penerbit ITB.
Details ...
Mata kuliah ini akan mempelajari metode atau teknik statistika dalam pengolahan dan analisis data hasil penelitian pendidikan, baik data kuantitatif maupun data kualitatif. Pokok bahasan meliputi statistik inferensi, pengujian hipotesis, analisis regresi, analisis korelasi, SPSS, pengujian data dengan excel.
Learning OutcomesCapaiam Pembelajaran Umum :
Mahasiswa diharapkan mampu memahami dan menggunakan metode statistika dalam mengumpulkan, menyajikan dan menganalisis data berkaitan dengan hasil penelitian, sehingga dapat menarik kesimpulan dan membuat keputusan yang benar.
Capaian Pembelajaran Khusus :
- Mahasiswa memiliki kemampuan memahami konsep dasar statistika (pengertian statistika, statistik, parameter, populasi, sampel, variabel dan macamnya; data dan macamnya serta cara pengumpulannya) data menggunakan untuk penyelesaian permasalahan yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari yang relevan
- Mahasiswa dapat mengetahui dan mahir dan dapat mengolah data statistik inferensial
- Mahasiswa dapat mengetahui dan mahir dan dapat mengolah data dengan ANAVA, analisis korelasi, analisis regresi
- Mahasiswa dapat mengetahui dan mahir menggunakan program SPSS dan Exel dalam mengolah data
Referensi
[1] Budiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.
[2] Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
[3] Walpole, R. E. dan Myers R. 1995. Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan. Terjemahan R. K. Sembiring. Bandung: Penerbit ITB.
Details ...
Mata kuliah ini akan mempelajari metode atau teknik statistika dalam pengolahan dan analisis data hasil penelitian pendidikan, baik data kuantitatif maupun data kualitatif. Pokok bahasan meliputi statistik inferensi, pengujian hipotesis, analisis regresi, analisis korelasi, SPSS, pengujian data dengan excel.
Learning OutcomesCapaiam Pembelajaran Umum :
Mahasiswa diharapkan mampu memahami dan menggunakan metode statistika dalam mengumpulkan, menyajikan dan menganalisis data berkaitan dengan hasil penelitian, sehingga dapat menarik kesimpulan dan membuat keputusan yang benar.
Capaian Pembelajaran Khusus :
- Mahasiswa memiliki kemampuan memahami konsep dasar statistika (pengertian statistika, statistik, parameter, populasi, sampel, variabel dan macamnya; data dan macamnya serta cara pengumpulannya) data menggunakan untuk penyelesaian permasalahan yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari yang relevan
- Mahasiswa dapat mengetahui dan mahir dan dapat mengolah data statistik inferensial
- Mahasiswa dapat mengetahui dan mahir dan dapat mengolah data dengan ANAVA, analisis korelasi, analisis regresi
- Mahasiswa dapat mengetahui dan mahir menggunakan program SPSS dan Exel dalam mengolah data
Referensi
[1] Budiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.
[2] Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
[3] Walpole, R. E. dan Myers R. 1995. Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan. Terjemahan R. K. Sembiring. Bandung: Penerbit ITB.
Details ...
Mata kuliah ini akan mempelajari metode atau teknik statistika dalam pengolahan dan analisis data hasil penelitian pendidikan, baik data kuantitatif maupun data kualitatif. Pokok bahasan meliputi statistik inferensi, pengujian hipotesis, analisis regresi, analisis korelasi, SPSS, pengujian data dengan excel.
Learning Outcomes
Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik serta menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya serta mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
3. Mampu mengaplikasikan metode statistika dalam penelitian pendidikan serta mampu memanfaatkan IPTEKS untuk mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi dan data dalam rangka menyelesaikan masalah di bidang pendidikan matematika.
4. Mampu menguasai metode statistika dalam penelitian pendidikan serta mampu menguasai konsep teoritis tentang pengolahan data.
References[1] Budiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.
[2] Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
[3] Walpole, R. E. dan Myers R. 1995. Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan. Terjemahan R. K. Sembiring. Bandung: Penerbit ITB.
Details ...
Mata kuliah ini akan mempelajari metode atau teknik statistika dalam pengolahan dan analisis data hasil penelitian pendidikan, baik data kuantitatif maupun data kualitatif. Pokok bahasan meliputi statistik inferensi, pengujian hipotesis, analisis regresi, analisis korelasi, SPSS, pengujian data dengan excel.
Learning Outcomes
Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik serta menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya serta mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
3. Mampu mengaplikasikan metode statistika dalam penelitian pendidikan serta mampu memanfaatkan IPTEKS untuk mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi dan data dalam rangka menyelesaikan masalah di bidang pendidikan matematika.
4. Mampu menguasai metode statistika dalam penelitian pendidikan serta mampu menguasai konsep teoritis tentang pengolahan data.
References[1] Budiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.
[2] Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
[3] Walpole, R. E. dan Myers R. 1995. Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan. Terjemahan R. K. Sembiring. Bandung: Penerbit ITB.
Details ...
Mata kuliah ini akan mempelajari metode atau teknik statistika dalam pengolahan dan analisis data hasil penelitian pendidikan, baik data kuantitatif maupun data kualitatif. Pokok bahasan meliputi statistik inferensi, pengujian hipotesis, analisis regresi, analisis korelasi, SPSS, pengujian data dengan excel.
Learning Outcomes
Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik serta menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya serta mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
3. Mampu mengaplikasikan metode statistika dalam penelitian pendidikan serta mampu memanfaatkan IPTEKS untuk mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi dan data dalam rangka menyelesaikan masalah di bidang pendidikan matematika.
4. Mampu menguasai metode statistika dalam penelitian pendidikan serta mampu menguasai konsep teoritis tentang pengolahan data.
References[1] Budiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.
[2] Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
[3] Walpole, R. E. dan Myers R. 1995. Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan. Terjemahan R. K. Sembiring. Bandung: Penerbit ITB.
Details ...