Analisis Wacana, Curriculum : 2010


Courser in EnglishDiscourse Analysis
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SKS2 SKS
RPS2 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mahasiswa dapat berkomunikasi dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tertulis, dapat menganalisis berbagai teks/wacana dengan memahami prinsip-prinsip kewacanaan.

Learning Outcomes

  1. Sikap  : Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang wacana secara mandiri;
  2. KU     : Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang                       wacana, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  3. KK     : Terampil berbahasa dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara  lisan                      maupun tulis.
  4. PP     : Menguasai konsep-konsep dasar wacana dan penelitian wacana bahasa Indonesia.

References

Alwi, Hasan dkk. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa dan Balai Pustaka.

Aminuddin, dkk. 2002. Analisis Wacana. Yogyakarta: Kanal.

Brown, G. Dan G Yule. 1996. Analisis Wacana, Terjemahan 1, Soetikno. Jakarta: PT Gramedia.

Eriyanto. 2001. Analisis Wacana. Yogyakarta: LKIS.

Halliday, M.A.K. 1992. Bahasa, Konteks, dan Teks. Yogyakarta: UGM Press.

Keraf, Gorys. 1981. Eksposisi dan Deskripsi. Ende, Flores: Nusa Indah.

Keraf, Gorys. 1985. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia.

Nesi, Antonius dan Sarwoyo, Ventianus. 2012. Analisis Wacana: Logis Berwacana dan Santun Bertutur. Ende: Nusa 

         Indah.

Samsuri. 1988. Analisis Wacana. Malang: PPS IKIP Malang. 

Syamsudin AR. 1992. Pengajaran Wacana. Bandung: Angkasa.

Sobur, Alex. 2004. Analisis Teks Media. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tarigan, H.G. 1987. Pengajaran Wacana. Bandung: Angkasa.


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa dapat berkomunikasi dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tertulis, dapat menganalisis berbagai teks/wacana dengan memahami prinsip-prinsip kewacanaan.

Learning Outcomes

  1. Sikap  : Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang wacana secara mandiri;
  2. KU     : Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang                       wacana, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  3. KK     : Terampil berbahasa dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara  lisan                      maupun tulis.
  4. PP     : Menguasai konsep-konsep dasar wacana dan penelitian wacana bahasa Indonesia.

References

Alwi, Hasan dkk. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa dan Balai Pustaka.

Aminuddin, dkk. 2002. Analisis Wacana. Yogyakarta: Kanal.

Brown, G. Dan G Yule. 1996. Analisis Wacana, Terjemahan 1, Soetikno. Jakarta: PT Gramedia.

Eriyanto. 2001. Analisis Wacana. Yogyakarta: LKIS.

Halliday, M.A.K. 1992. Bahasa, Konteks, dan Teks. Yogyakarta: UGM Press.

Keraf, Gorys. 1981. Eksposisi dan Deskripsi. Ende, Flores: Nusa Indah.

Keraf, Gorys. 1985. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia.

Nesi, Antonius dan Sarwoyo, Ventianus. 2012. Analisis Wacana: Logis Berwacana dan Santun Bertutur. Ende: Nusa 

         Indah.

Samsuri. 1988. Analisis Wacana. Malang: PPS IKIP Malang. 

Syamsudin AR. 1992. Pengajaran Wacana. Bandung: Angkasa.

Sobur, Alex. 2004. Analisis Teks Media. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tarigan, H.G. 1987. Pengajaran Wacana. Bandung: Angkasa.


Details ...