Landasan Kependidikan, Curriculum : 2021


Courser in EnglishEducational Foundation
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SKS2 SKS
RPS2 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mahasiswa terlibat dan berperan aktif dalam perkuliahan dengan pokok bahasan memahami mendidik dan ilmu pendidikan,  memahami  landasan dan ilmu bantu pendidikan,  tujuan pendidikan subyek dan obyek pendidikan,  lingkungan dan lembaga pendidikan, alat pendidikan,  isi dan metode pendidikan, masalah pendidikan, isi dan maksud pendidikan karakter, pancasila sebagai pendidikan karakter, etika dan budi pekerti,  nilai-nilai: kebaikan dan keutamaan; kebebasan dan tanggung jawab; hak dan kewajiaban, dan prinsip pendidikan moral dengan metode pembelajaran inkuiri, diskusi, tanya jawab, dan presentasi.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat memahami  Pengertian pendidikan: Pendidikan sebagai ilmu Landasan dan Ilmu bantu pendidikan. Tujuan pendidikan. Subyek dan obyek pendidikan. Lingkungan dan lembaga pendidikan,. Alat pendidikan. Isi dan metode pendidikan. Masalah pendidikan. Isi dan maksud pendidikan karakter. Pancasila sebagai pendidikan karakter. Etika dan budi pekertiNilai-nilai: kebaikan dan keutamaan; kebebasan dan tanggung jawab;  hak dan kewajiban. Prinsip pendidikan moral.

References

Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur.  2001.  Ilmu Pendidikan.  Jakarta:  Rineka Cipta. Halam 1-97.

Drijarkara.  1961 “Prasaran pada Seminar Majelis Luhur Ilmu Pengetahuan Indonesia (MIPI) di Bogor, Tanggal 25 s/d 28 Agustus 1961. Dalam Kumpulan Karangan, Halaman 239-270.

Drost. SJ., J. 2000. Reformasi Pengajaran: Salah Asuhan Orangtua? Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia. Halaman 1, 15, 21.

Finger, Matthias & Jose Manuel Asun. 2004. Quo Vadis Pendidikan Orang Dewasa. Yogyakarta: Pustaka Kendi. Halaman 1-14.  

Komar,  H. Oong.  2006.  Filsafat Pendidikan Nonformal.  Bandung:  Pustaka Setia. Halam 23-56.

Moor, T.W. 1982. Philosophy of Education: An Introduction. Library of the Philosophy of Education. London: Routledge & Kegan Paul. Halaman 1-20.

Mudyahardjo, Redja.  2002.  Filsafat Ilmu Pendidikan:  Suatu Pengantar.  Bandung:  PT Remaja Risdakarya. Halaman 3-40.

Muhadjir, H. Noeng.  2003.  Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif.  Yogyakarta: Rake Sarasin. Halaman 1-32.

Munib, Ahmad. T.t. Pengantar Ilu Pendidikan. Semarang: UNNES Press. Halaman 23-54.

Pidarta, Made. T.t. Landasan Kependiidkan: Stimulus Ilmu Pendiidkan Bercorak Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta. Halaman 1-38.

Purwanto, M. Ngalim.  2004.  Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis.  Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Halaman 3-17.

Sadulloh, Uyoh.  2006.  Pengantar Filsafat Pendidikan.  Bandung:  Penerbit Alfabeta. Halamn 1-15.

Suwarno, Wiji. 2006. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz. Halaman 1-15.

Tanlain, Wens dkk.  1989.  Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Buku Panduan Mahasiswa.  Jakarta:  APTIK – Penerbit PT Gramedia. Halaman 3-11.

Tirtarahardja, Umar & SL. La Sulo. 2005. Pengantar Pendidikan. Edisi Revisi. Jakarta: Depdiknas-Rineka Cipta. Halaman 32-80


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa terlibat dan berperan aktif dalam perkuliahan dengan pokok bahasan memahami mendidik dan ilmu pendidikan,  memahami  landasan dan ilmu bantu pendidikan,  tujuan pendidikan subyek dan obyek pendidikan,  lingkungan dan lembaga pendidikan, alat pendidikan,  isi dan metode pendidikan, masalah pendidikan, isi dan maksud pendidikan karakter, pancasila sebagai pendidikan karakter, etika dan budi pekerti,  nilai-nilai: kebaikan dan keutamaan; kebebasan dan tanggung jawab; hak dan kewajiaban, dan prinsip pendidikan moral dengan metode pembelajaran inkuiri, diskusi, tanya jawab, dan presentasi.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat memahami  Pengertian pendidikan: Pendidikan sebagai ilmu Landasan dan Ilmu bantu pendidikan. Tujuan pendidikan. Subyek dan obyek pendidikan. Lingkungan dan lembaga pendidikan,. Alat pendidikan. Isi dan metode pendidikan. Masalah pendidikan. Isi dan maksud pendidikan karakter. Pancasila sebagai pendidikan karakter. Etika dan budi pekertiNilai-nilai: kebaikan dan keutamaan; kebebasan dan tanggung jawab;  hak dan kewajiban. Prinsip pendidikan moral.

References

Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur.  2001.  Ilmu Pendidikan.  Jakarta:  Rineka Cipta. Halam 1-97.

Drijarkara.  1961 “Prasaran pada Seminar Majelis Luhur Ilmu Pengetahuan Indonesia (MIPI) di Bogor, Tanggal 25 s/d 28 Agustus 1961. Dalam Kumpulan Karangan, Halaman 239-270.

Drost. SJ., J. 2000. Reformasi Pengajaran: Salah Asuhan Orangtua? Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia. Halaman 1, 15, 21.

Finger, Matthias & Jose Manuel Asun. 2004. Quo Vadis Pendidikan Orang Dewasa. Yogyakarta: Pustaka Kendi. Halaman 1-14.  

Komar,  H. Oong.  2006.  Filsafat Pendidikan Nonformal.  Bandung:  Pustaka Setia. Halam 23-56.

Moor, T.W. 1982. Philosophy of Education: An Introduction. Library of the Philosophy of Education. London: Routledge & Kegan Paul. Halaman 1-20.

Mudyahardjo, Redja.  2002.  Filsafat Ilmu Pendidikan:  Suatu Pengantar.  Bandung:  PT Remaja Risdakarya. Halaman 3-40.

Muhadjir, H. Noeng.  2003.  Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif.  Yogyakarta: Rake Sarasin. Halaman 1-32.

Munib, Ahmad. T.t. Pengantar Ilu Pendidikan. Semarang: UNNES Press. Halaman 23-54.

Pidarta, Made. T.t. Landasan Kependiidkan: Stimulus Ilmu Pendiidkan Bercorak Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta. Halaman 1-38.

Purwanto, M. Ngalim.  2004.  Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis.  Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Halaman 3-17.

Sadulloh, Uyoh.  2006.  Pengantar Filsafat Pendidikan.  Bandung:  Penerbit Alfabeta. Halamn 1-15.

Suwarno, Wiji. 2006. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz. Halaman 1-15.

Tanlain, Wens dkk.  1989.  Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Buku Panduan Mahasiswa.  Jakarta:  APTIK – Penerbit PT Gramedia. Halaman 3-11.

Tirtarahardja, Umar & SL. La Sulo. 2005. Pengantar Pendidikan. Edisi Revisi. Jakarta: Depdiknas-Rineka Cipta. Halaman 32-80


Details ...