Aplikasi Pemahaman Individu Non Tes , Curriculum : 2015


Courser in EnglishLABWORK OF NON-TEST INDIVIDUAL UNDERSTANDING
ProgramBimbingan dan Konseling
SKS4 SKS
RPS16 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah Aplikasi Pemahaman Individu Non Tes mempraktekan jenis-jenis asesmen yang digunakan di dalam layanan bimbingan konseling yaitu skala, DCM, IKMS, sosiometri dan AKPD.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu membuat, menganalis dan mengimplementasikan dalam layanan BK dan penyusunan program BK jenis-jenis asesmen yang digunakan di dalam layanan bimbingan konseling yaitu skala, DCM, IKMS, sosiometri, serta dapat merancang asesmen sendiri yang digunakan untuk keperluan home visit, studi kasus, dan konferensi kasus. Mahasiswa juga mampu mengaplikasikan software asesmen yang telah ada seperti IKMS, DCM, sosiometri dan AKPD

References

Amir, Taufiq. 2015. Merancang kuesioner konsep dan panduan untuk penelitian sikap, kepribadian dan perilaku. Jakarta: Prenadamedia group
Azwar, Saifuddin. 2008. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Azwar, Saifuddin. 2012. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Komalasari, Gantina dkk. 2011. Asesmen teknik non tes dalam perspektif BK komprehensif. Jakarta: PT Indeks
Sutoyo, Anwar. 2014. Pemahaman Individu Observasi, Checklist, Interviu, Kuesioner, Sosiometri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sumber lain yang berkaitan


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Aplikasi Pemahaman Individu Non Tes mempraktekan jenis-jenis asesmen yang digunakan di dalam layanan bimbingan konseling yaitu skala, DCM, IKMS, sosiometri dan AKPD.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu membuat, menganalis dan mengimplementasikan dalam layanan BK dan penyusunan program BK jenis-jenis asesmen yang digunakan di dalam layanan bimbingan konseling yaitu skala, DCM, IKMS, sosiometri, serta dapat merancang asesmen sendiri yang digunakan untuk keperluan home visit, studi kasus, dan konferensi kasus. Mahasiswa juga mampu mengaplikasikan software asesmen yang telah ada seperti IKMS, DCM, sosiometri dan AKPD

References

Amir, Taufiq. 2015. Merancang kuesioner konsep dan panduan untuk penelitian sikap, kepribadian dan perilaku. Jakarta: Prenadamedia group
Azwar, Saifuddin. 2008. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Azwar, Saifuddin. 2012. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Komalasari, Gantina dkk. 2011. Asesmen teknik non tes dalam perspektif BK komprehensif. Jakarta: PT Indeks
Sutoyo, Anwar. 2014. Pemahaman Individu Observasi, Checklist, Interviu, Kuesioner, Sosiometri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sumber lain yang berkaitan


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Aplikasi Pemahaman Individu Non Tes mempraktekan jenis-jenis asesmen yang digunakan di dalam layanan bimbingan konseling yaitu skala, DCM, IKMS, sosiometri dan AKPD.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu membuat, menganalis dan mengimplementasikan dalam layanan BK dan penyusunan program BK jenis-jenis asesmen yang digunakan di dalam layanan bimbingan konseling yaitu skala, DCM, IKMS, sosiometri, serta dapat merancang asesmen sendiri yang digunakan untuk keperluan home visit, studi kasus, dan konferensi kasus. Mahasiswa juga mampu mengaplikasikan software asesmen yang telah ada seperti IKMS, DCM, sosiometri dan AKPD

References

Amir, Taufiq. 2015. Merancang kuesioner konsep dan panduan untuk penelitian sikap, kepribadian dan perilaku. Jakarta: Prenadamedia group
Azwar, Saifuddin. 2008. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Azwar, Saifuddin. 2012. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Komalasari, Gantina dkk. 2011. Asesmen teknik non tes dalam perspektif BK komprehensif. Jakarta: PT Indeks
Sutoyo, Anwar. 2014. Pemahaman Individu Observasi, Checklist, Interviu, Kuesioner, Sosiometri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sumber lain yang berkaitan


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Aplikasi Pemahaman Individu Non Tes mempraktekan jenis-jenis asesmen yang digunakan di dalam layanan bimbingan konseling yaitu skala, DCM, IKMS, sosiometri dan AKPD.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu membuat, menganalis dan mengimplementasikan dalam layanan BK dan penyusunan program BK jenis-jenis asesmen yang digunakan di dalam layanan bimbingan konseling yaitu skala, DCM, IKMS, sosiometri, serta dapat merancang asesmen sendiri yang digunakan untuk keperluan home visit, studi kasus, dan konferensi kasus. Mahasiswa juga mampu mengaplikasikan software asesmen yang telah ada seperti IKMS, DCM, sosiometri dan AKPD

References

Amir, Taufiq. 2015. Merancang kuesioner konsep dan panduan untuk penelitian sikap, kepribadian dan perilaku. Jakarta: Prenadamedia group
Azwar, Saifuddin. 2008. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Azwar, Saifuddin. 2012. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Komalasari, Gantina dkk. 2011. Asesmen teknik non tes dalam perspektif BK komprehensif. Jakarta: PT Indeks
Sutoyo, Anwar. 2014. Pemahaman Individu Observasi, Checklist, Interviu, Kuesioner, Sosiometri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sumber lain yang berkaitan


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Aplikasi Pemahaman Individu Non Tes mempraktekan jenis-jenis asesmen yang digunakan di dalam layanan bimbingan konseling yaitu skala, DCM, IKMS, sosiometri dan AKPD.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu membuat, menganalis dan mengimplementasikan dalam layanan BK dan penyusunan program BK jenis-jenis asesmen yang digunakan di dalam layanan bimbingan konseling yaitu skala, DCM, IKMS, sosiometri, serta dapat merancang asesmen sendiri yang digunakan untuk keperluan home visit, studi kasus, dan konferensi kasus. Mahasiswa juga mampu mengaplikasikan software asesmen yang telah ada seperti IKMS, DCM, sosiometri dan AKPD

References

  1. Amir, Taufiq. 2015. Merancang kuesioner konsep dan panduan untuk penelitian sikap, kepribadian dan perilaku. Jakarta: Prenadamedia group
  2. Azwar, Saifuddin. 2008. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  3. Azwar, Saifuddin. 2012. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  4. Komalasari, Gantina dkk. 2011. Asesmen teknik non tes dalam perspektif BK komprehensif. Jakarta: PT Indeks
  5. Sutoyo, Anwar. 2014. Pemahaman Individu Observasi, Checklist, Interviu, Kuesioner, Sosiometri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  6. Sumber lain yang berkaitan


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Aplikasi Pemahaman Individu Non Tes mempraktekan jenis-jenis asesmen yang digunakan di dalam layanan bimbingan konseling yaitu skala, DCM, IKMS, sosiometri dan AKPD.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu membuat, menganalis dan mengimplementasikan dalam layanan BK dan penyusunan program BK jenis-jenis asesmen yang digunakan di dalam layanan bimbingan konseling yaitu skala, DCM, IKMS, sosiometri, serta dapat merancang asesmen sendiri yang digunakan untuk keperluan home visit, studi kasus, dan konferensi kasus. Mahasiswa juga mampu mengaplikasikan software asesmen yang telah ada seperti IKMS, DCM, sosiometri dan AKPD

References

  1. Amir, Taufiq. 2015. Merancang kuesioner konsep dan panduan untuk penelitian sikap, kepribadian dan perilaku. Jakarta: Prenadamedia group
  2. Azwar, Saifuddin. 2008. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  3. Azwar, Saifuddin. 2012. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  4. Komalasari, Gantina dkk. 2011. Asesmen teknik non tes dalam perspektif BK komprehensif. Jakarta: PT Indeks
  5. Sutoyo, Anwar. 2014. Pemahaman Individu Observasi, Checklist, Interviu, Kuesioner, Sosiometri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  6. Sumber lain yang berkaitan


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Aplikasi Pemahaman Individu Non Tes mempraktekan jenis-jenis asesmen yang digunakan di dalam layanan bimbingan konseling yaitu skala, DCM, IKMS, sosiometri dan AKPD.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu membuat, menganalis dan mengimplementasikan dalam layanan BK dan penyusunan program BK jenis-jenis asesmen yang digunakan di dalam layanan bimbingan konseling yaitu skala, DCM, IKMS, sosiometri, serta dapat merancang asesmen sendiri yang digunakan untuk keperluan home visit, studi kasus, dan konferensi kasus. Mahasiswa juga mampu mengaplikasikan software asesmen yang telah ada seperti IKMS, DCM, sosiometri dan AKPD

References

  1. Amir, Taufiq. 2015. Merancang kuesioner konsep dan panduan untuk penelitian sikap, kepribadian dan perilaku. Jakarta: Prenadamedia group
  2. Azwar, Saifuddin. 2008. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  3. Azwar, Saifuddin. 2012. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  4. Komalasari, Gantina dkk. 2011. Asesmen teknik non tes dalam perspektif BK komprehensif. Jakarta: PT Indeks
  5. Sutoyo, Anwar. 2014. Pemahaman Individu Observasi, Checklist, Interviu, Kuesioner, Sosiometri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  6. Sumber lain yang berkaitan


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Aplikasi Pemahaman Individu Non Tes mempraktekan jenis-jenis asesmen yang digunakan di dalam layanan bimbingan konseling yaitu skala, DCM, IKMS, sosiometri dan AKPD.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu membuat, menganalis dan mengimplementasikan dalam layanan BK dan penyusunan program BK jenis-jenis asesmen yang digunakan di dalam layanan bimbingan konseling yaitu skala, DCM, IKMS, sosiometri, serta dapat merancang asesmen sendiri yang digunakan untuk keperluan home visit, studi kasus, dan konferensi kasus. Mahasiswa juga mampu mengaplikasikan software asesmen yang telah ada seperti IKMS, DCM, sosiometri dan AKPD

References

  1. Amir, Taufiq. 2015. Merancang kuesioner konsep dan panduan untuk penelitian sikap, kepribadian dan perilaku. Jakarta: Prenadamedia group
  2. Azwar, Saifuddin. 2008. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  3. Azwar, Saifuddin. 2012. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  4. Komalasari, Gantina dkk. 2011. Asesmen teknik non tes dalam perspektif BK komprehensif. Jakarta: PT Indeks
  5. Sutoyo, Anwar. 2014. Pemahaman Individu Observasi, Checklist, Interviu, Kuesioner, Sosiometri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  6. Sumber lain yang berkaitan


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Aplikasi Pemahaman Individu Non Tes mempraktekan jenis-jenis asesmen yang digunakan di dalam layanan bimbingan konseling yaitu skala, DCM, IKMS, sosiometri

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu membuat, menganalis dan mengimplementasikan dalam layanan BK dan penyusunan program BK jenis-jenis asesmen yang digunakan di dalam layanan bimbingan konseling yaitu skala, DCM, IKMS, sosiometri, serta dapat merancang asesmen sendiri yang digunakan untuk keperluan home visit, studi kasus, dan konferensi kasus. Mahasiswa juga mampu mengaplikasikan software asesmen yang telah ada seperti IKMS, DCM dan sosiometri

References

  1. Amir, Taufiq. 2015. Merancang kuesioner konsep dan panduan untuk penelitian sikap, kepribadian dan perilaku. Jakarta: Prenadamedia group
  2. Azwar, Saifuddin. 2008. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  3. Azwar, Saifuddin. 2012. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  4. Komalasari, Gantina dkk. 2011. Asesmen teknik non tes dalam perspektif BK komprehensif. Jakarta: PT Indeks
  5. Sutoyo, Anwar. 2014. Pemahaman Individu Observasi, Checklist, Interviu, Kuesioner, Sosiometri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  6. Sumber lain yang berkaitan


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Aplikasi Pemahaman Individu Non Tes mempraktekan jenis-jenis asesmen yang digunakan di dalam layanan bimbingan konseling yaitu skala, DCM, IKMS, sosiometri

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu membuat, menganalis dan mengimplementasikan dalam layanan BK dan penyusunan program BK jenis-jenis asesmen yang digunakan di dalam layanan bimbingan konseling yaitu skala, DCM, IKMS, sosiometri, serta dapat merancang asesmen sendiri yang digunakan untuk keperluan home visit, studi kasus, dan konferensi kasus. Mahasiswa juga mampu mengaplikasikan software asesmen yang telah ada seperti IKMS, DCM dan sosiometri

References

  1. Amir, Taufiq. 2015. Merancang kuesioner konsep dan panduan untuk penelitian sikap, kepribadian dan perilaku. Jakarta: Prenadamedia group
  2. Azwar, Saifuddin. 2008. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  3. Azwar, Saifuddin. 2012. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  4. Komalasari, Gantina dkk. 2011. Asesmen teknik non tes dalam perspektif BK komprehensif. Jakarta: PT Indeks
  5. Sutoyo, Anwar. 2014. Pemahaman Individu Observasi, Checklist, Interviu, Kuesioner, Sosiometri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  6. Sumber lain yang berkaitan


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan aplikasi atau praktek dari teori pemahaman individu non tes. Materi yang diaplikasikan adalah penyusunan skala psikologis, DCM, IKMS dan Sosiometri dalam layanan BK dan penerapannya dalam penyusunan program BK.

Learning Outcomes

Mahasisma mampu:

1. Menyusun skala, uji validitas dan reliabilitas skala, menganalisis dan intepretasi hasil data skala dan mampu menerapkan skala dalam need asessment untuk layanan BK.

2. Menyusun, menggunakan dan menintepretasi DCM baik yang software maupun manual

3. Mengaplikasikan IKMS dalam penyusunan program BK dan penggunaan dalam layanan BK

4. Mengaplikasikan software sosiometri dan membuat sosiometri manual untuk kepentingan layanan BK

References

1. Amir, Taufiq. 2015. Merancang kuesioner konsep dan panduan untuk penelitian sikap, kepribadian dan perilaku. Jakarta: Prenadamedia group

2. Azwar, S. 2005. Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya. Edisi 2. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

3. Azwar, S. 2008. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

4. Azwar, S. 2012. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

5. Komalasari, Gantina dkk. 2011. Asesmen teknik non tes dalam perspektif BK komprehensif. Jakarta: PT Indeks

6. Sutoyo, Anwar. 2014. Pemahaman Individu Observasi, Checklist, Interviu, Kuesioner, Sosiometri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

7. Sumber lain yang berkaitan


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan aplikasi atau praktek dari teori pemahaman individu non tes. Materi yang diaplikasikan adalah penyusunan skala psikologis, DCM, IKMS dan Sosiometri dalam layanan BK dan penerapannya dalam penyusunan program BK.

Learning Outcomes

Mahasisma mampu:

1. Menyusun skala, uji validitas dan reliabilitas skala, menganalisis dan intepretasi hasil data skala dan mampu menerapkan skala dalam need asessment untuk layanan BK.

2. Menyusun, menggunakan dan menintepretasi DCM baik yang software maupun manual

3. Mengaplikasikan IKMS dalam penyusunan program BK dan penggunaan dalam layanan BK

4. Mengaplikasikan software sosiometri dan membuat sosiometri manual untuk kepentingan layanan BK

References

1. Amir, Taufiq. 2015. Merancang kuesioner konsep dan panduan untuk penelitian sikap, kepribadian dan perilaku. Jakarta: Prenadamedia group

2. Azwar, S. 2005. Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya. Edisi 2. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

3. Azwar, S. 2008. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

4. Azwar, S. 2012. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

5. Komalasari, Gantina dkk. 2011. Asesmen teknik non tes dalam perspektif BK komprehensif. Jakarta: PT Indeks

6. Sutoyo, Anwar. 2014. Pemahaman Individu Observasi, Checklist, Interviu, Kuesioner, Sosiometri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

7. Sumber lain yang berkaitan


Details ...