Manajemen Pendidikan, Curriculum : 2014


Courser in EnglishEDUCATIONAL MANAGEMENT
ProgramPendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
SKS2 SKS
RPS1 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata  kuliah  Manajemen  Pendidikan  merupakan  mata  kuliah wajib tempuh bagi mahasiswa program studi PPKn dengan bobot 2 SKS. Melalui mata kuliah ini akan  dibahas tentang konsep dasar, peranan, dan ruang lingkup manajemen pendidikan, dilanjutkan dengan kajian tentang pengelolaan bidang garapan manajemen pendidikan, yang meliputi: peserta  didik,  kurikulum,  tenaga  kependidikan,  fasilitas pendidikan, pembiayaan pendidikan, ketatalaksanaan lembaga pendidikan dan hubungan lembaga pendidikan dengan masyarakat, serta kepemimpinan pendidikan dan supervisi pendidikan.Mata  kuliah  Manajemen  Pendidikan  merupakan  mata  kuliah wajib tempuh bagi mahasiswa program studi PPKn dengan bobot 2 SKS. Melalui mata kuliah ini akan  dibahas tentang konsep dasar, peranan, dan ruang lingkup manajemen pendidikan, dilanjutkan dengan kajian tentang pengelolaan bidang garapan manajemen pendidikan, yang meliputi: peserta  didik,  kurikulum,  tenaga  kependidikan,  fasilitas pendidikan, pembiayaan pendidikan, ketatalaksanaan lembaga pendidikan dan hubungan lembaga pendidikan dengan masyarakat, serta kepemimpinan pendidikan dan supervisi pendidikan.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa  akan memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap profesionalisme manajemen pendidikan.

 

Kemampuan akhir yang diharapkan adalah mahasiswa mampu:   

a.   menguasai   konsep   dasar,   peranan   dan   ruang   lingkup manajemen pendidikan yang mencakup manajemen: peserta didik, kurikulum, tenaga kependidikan, fasilitas pendidikan, pembiayaan pendidikan,  ketatalaksanaan lembaga  pendidikan  dan  hubungan lembaga pendidikan dengan masyarakat, serta kepemimpinan pendidikan dan supervisi pendidikan.

b.  mengaplikasikan fungsi manajemen pendidikan dalam pengelolaan lembaga pendidikan yang mencakup manajemen: peserta  didik,  kurikulum,  tenaga  kependidikan,  fasilitas pendidikan, pembiayaan pendidikan, ketatalaksanaan lembaga pendidikan dan hubungan lembaga pendidikan dengan masyarakat, serta kepemimpinan pendidikan dan supervisi pendidikan.

References

B. Suryosubroto. (2004). Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Donald E. Orlosky. et al. (1984). Educational Administration Today. Columbus: Charles E.

Merrill Publishing Company.

Hadari Nawawi. (1981). Administrasi Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung. Hadari Nawawi, dkk. (1986). Administrasi Sekolah. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Hartati Sukirman, dkk. (1998). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: UPP IKIP Yogyakarta.

Hoy, Wayne K. & Miskel, Cecil G. (2008). Educational Administration; Theory, Research,and

Practice. New York: McGraw-Hill International.

Jon Wiles & Joseph Bondi. (1986). Supervision: A Guide to Practice. 2nd. Columbus: Charles E.

Merrill Publishing Company.

Keith A. Acheson & Meredith Damien Gall. (1992). Techniques in The Clinical Supervision of

Teachers. New York: Longman.

Made Pidarta. (1986). Pemikiran tentang Supervisi Pendidikan. Surabaya: Sarana Press. Nanang Fattah. (2000). Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Oteng Sutisna. (1989). Administrasi Pendidikan: Dasar Teoretis untuk Praktek Profesional.

Bandung: Angkasa.

Soekarto Indrafachrudi. (1994). Mengantar Bagaimana Memimpin Sekolah yang Baik. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Soewadji Lazaruth. (1988). Kepala Sekolah dan Tanggung Jawabnya.Yogyakarta: Kanisius. Stephen Murgatroyd & Colin Morgan. (1993). Total Management and The School. Buckingham-

Philadelphia; Open University Press.

 

Suharsimi  Arikunto.  (1986).  Pengelolaan  Kelas  dan  Siswa:  Sebuah  Pendekatan  Evaluatif.

Jakarta: Rajawali.

Thomas J. Sergiovanni. (1988). Supervision of Teaching. USA: ASCD.

William G. Monahan & Herbert. R. Hengst. (1982). Contemporary Educational Administration.

New York: McMillan Publishing Co. Inc.

 

 

 


Details ...