Courser in English | EDUCATIONAL MANAGEMENT |
Program | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
SKS | 2 SKS |
RPS | 1 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah Manajemen Pendidikan merupakan mata kuliah wajib tempuh bagi mahasiswa program studi PPKn dengan bobot 2 SKS. Melalui mata kuliah ini akan dibahas tentang konsep dasar, peranan, dan ruang lingkup manajemen pendidikan, dilanjutkan dengan kajian tentang pengelolaan bidang garapan manajemen pendidikan, yang meliputi: peserta didik, kurikulum, tenaga kependidikan, fasilitas pendidikan, pembiayaan pendidikan, ketatalaksanaan lembaga pendidikan dan hubungan lembaga pendidikan dengan masyarakat, serta kepemimpinan pendidikan dan supervisi pendidikan.Mata kuliah Manajemen Pendidikan merupakan mata kuliah wajib tempuh bagi mahasiswa program studi PPKn dengan bobot 2 SKS. Melalui mata kuliah ini akan dibahas tentang konsep dasar, peranan, dan ruang lingkup manajemen pendidikan, dilanjutkan dengan kajian tentang pengelolaan bidang garapan manajemen pendidikan, yang meliputi: peserta didik, kurikulum, tenaga kependidikan, fasilitas pendidikan, pembiayaan pendidikan, ketatalaksanaan lembaga pendidikan dan hubungan lembaga pendidikan dengan masyarakat, serta kepemimpinan pendidikan dan supervisi pendidikan.
Learning OutcomesSetelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa akan memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap profesionalisme manajemen pendidikan.
Kemampuan akhir yang diharapkan adalah mahasiswa mampu:
a. menguasai konsep dasar, peranan dan ruang lingkup manajemen pendidikan yang mencakup manajemen: peserta didik, kurikulum, tenaga kependidikan, fasilitas pendidikan, pembiayaan pendidikan, ketatalaksanaan lembaga pendidikan dan hubungan lembaga pendidikan dengan masyarakat, serta kepemimpinan pendidikan dan supervisi pendidikan.
b. mengaplikasikan fungsi manajemen pendidikan dalam pengelolaan lembaga pendidikan yang mencakup manajemen: peserta didik, kurikulum, tenaga kependidikan, fasilitas pendidikan, pembiayaan pendidikan, ketatalaksanaan lembaga pendidikan dan hubungan lembaga pendidikan dengan masyarakat, serta kepemimpinan pendidikan dan supervisi pendidikan.
ReferencesB. Suryosubroto. (2004). Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
Donald E. Orlosky. et al. (1984). Educational Administration Today. Columbus: Charles E.
Merrill Publishing Company.
Hadari Nawawi. (1981). Administrasi Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung. Hadari Nawawi, dkk. (1986). Administrasi Sekolah. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Hartati Sukirman, dkk. (1998). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: UPP IKIP Yogyakarta.
Hoy, Wayne K. & Miskel, Cecil G. (2008). Educational Administration; Theory, Research,and
Practice. New York: McGraw-Hill International.
Jon Wiles & Joseph Bondi. (1986). Supervision: A Guide to Practice. 2nd. Columbus: Charles E.
Merrill Publishing Company.
Keith A. Acheson & Meredith Damien Gall. (1992). Techniques in The Clinical Supervision of
Teachers. New York: Longman.
Made Pidarta. (1986). Pemikiran tentang Supervisi Pendidikan. Surabaya: Sarana Press. Nanang Fattah. (2000). Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Oteng Sutisna. (1989). Administrasi Pendidikan: Dasar Teoretis untuk Praktek Profesional.
Bandung: Angkasa.
Soekarto Indrafachrudi. (1994). Mengantar Bagaimana Memimpin Sekolah yang Baik. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Soewadji Lazaruth. (1988). Kepala Sekolah dan Tanggung Jawabnya.Yogyakarta: Kanisius. Stephen Murgatroyd & Colin Morgan. (1993). Total Management and The School. Buckingham-
Philadelphia; Open University Press.
Suharsimi Arikunto. (1986). Pengelolaan Kelas dan Siswa: Sebuah Pendekatan Evaluatif.
Jakarta: Rajawali.
Thomas J. Sergiovanni. (1988). Supervision of Teaching. USA: ASCD.
William G. Monahan & Herbert. R. Hengst. (1982). Contemporary Educational Administration.
New York: McMillan Publishing Co. Inc.
Details ...