Courser in English | E-COMMERCE ECONOMICS |
Program | Manajemen |
SKS | 2 SKS |
RPS | 7 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Matakuliah ini membahas tentang prinsip dan penerapan e-commerce
Learning OutcomesMahasiswa dapat menerapkan e-commerce dalam usaha
References1. Dave Chaffey, E-Business and E-Commerce Management
2. Dave Chaffey, Digital Business dan E-Commerce Management
Details ...
Mata kuliah ini mengenalkan dan mengajarkan mengenai penggunaan platform digital dalam pengembangan sistem manajerial baik dalam sektor operasional, sumber daya manusia, keuangan dan pemasaran. Fokus pengembangan dari e-commerce ini sendiri akan cenderung lebih dekat kepada divisi pemasaran, selaku unit yang berhubungan langsung dengan segmentasi pasar.
E-Commerce atau eCommerce, adalah perdagangan atau fasilitasi perdagangan produk-produk atau jasa dengan menggunakan jaringan komputer, seperti internet atau jaringan sosial online.
Electronic commerce mengacu pada teknologi seperti mobile commerce, transfer dana elektronik, manajemen rantai pasokan, pemasaran Internet, proses transaksi online, pertukaran data elektronik (EDI), sistem manajemen persediaan, dan sistem pengumpulan data otomatis. perdagangan elektronik modern biasanya menggunakan World Wide Web setidaknya satu bagian dari siklus hidup transaksi ini meskipun juga dapat menggunakan teknologi lain seperti e-mail.
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami, menggunakan, dan memaksimalkan konsep E-Commerce dalam usaha efisiensi pencapaian target pekerjaan.
Sikap
- menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
- berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
- menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
- menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
KETRAMPILAN UMUM
- mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
- mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
- mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
PENGETAHUAN
- Mampu menerapkan dan menganalisis pengetahuan pemasaran dalam suatu unit kerja/usaha dan perusahaan/instansi pemerintahan/lembaga nirlaba dalam bentuk strategi pemasaran untuk pencapaian pemasaran maksimal
- Mampu menerapkan pengetahuan dan mentransformasi input menjadi output dalam kegiatan operasi/produksi pada unit kerja/usaha dan perusahaan/instansi pemerintah/lembaga nirlaba melalui proses efektif, efisien dan produktif untuk menghasilkan nilai tambah
- Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dalam menyelesaikan masalah-masalah manajemen (pemasaran, keuangan, produksi operasi dan SDM) secara terintegrasi dan pendekatan riset pada unit kerja /usaha dan perusahaan/instansi pemerintah/lembaga nirlaba
- Mampu menggunakan perangkat kerja manajemen untuk menganalisis dan menginterpretasikan di bidang kajian manajemen
- Mengevaluasi diri, mengelola pembelajaran sendiri secara efektif mengkomunikasikan informasi dan ide dalam berbagai bentuk media ke masyarakat yang sesuai dengan bidangnya atau masyarakat umum
- Bertanggung jawab pada pekerjaan dan dapat memberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok, komunikatif, estetis, etis, apresiatif, dan partisipatif
- Memiliki kemampuan leadership dan kreativitas
E-Commerce - Menciptakan Daya Saing Melalui Teknologi Informasi, Rinto Ranthe Rerung, 2018
E-Commerce - Disertai Aplikasi dan pembuatannnya, Drs. Didik Tristianto, S.Kom., M.Kom,2014
E-Business dan E-Commerce, Candra Ahmadi dan Dadang Hermawan, 2013
Manajemen E-Commerce, Rahmat Makmur, 2018
Details ...
Mata kuliah ini mengenalkan dan mengajarkan mengenai penggunaan platform digital dalam pengembangan sistem manajerial baik dalam sektor operasional, sumber daya manusia, keuangan dan pemasaran. Fokus pengembangan dari e-commerce ini sendiri akan cenderung lebih dekat kepada divisi pemasaran, selaku unit yang berhubungan langsung dengan segmentasi pasar.
E-Commerce atau eCommerce, adalah perdagangan atau fasilitasi perdagangan produk-produk atau jasa dengan menggunakan jaringan komputer, seperti internet atau jaringan sosial online.
Electronic commerce mengacu pada teknologi seperti mobile commerce, transfer dana elektronik, manajemen rantai pasokan, pemasaran Internet, proses transaksi online, pertukaran data elektronik (EDI), sistem manajemen persediaan, dan sistem pengumpulan data otomatis. perdagangan elektronik modern biasanya menggunakan World Wide Web setidaknya satu bagian dari siklus hidup transaksi ini meskipun juga dapat menggunakan teknologi lain seperti e-mail.
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami, menggunakan, dan memaksimalkan konsep E-Commerce dalam usaha efisiensi pencapaian target pekerjaan.
Sikap
- menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
- berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
- menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
- menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
KETRAMPILAN UMUM
- mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
- mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
- mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
PENGETAHUAN
- Mampu menerapkan dan menganalisis pengetahuan pemasaran dalam suatu unit kerja/usaha dan perusahaan/instansi pemerintahan/lembaga nirlaba dalam bentuk strategi pemasaran untuk pencapaian pemasaran maksimal
- Mampu menerapkan pengetahuan dan mentransformasi input menjadi output dalam kegiatan operasi/produksi pada unit kerja/usaha dan perusahaan/instansi pemerintah/lembaga nirlaba melalui proses efektif, efisien dan produktif untuk menghasilkan nilai tambah
- Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dalam menyelesaikan masalah-masalah manajemen (pemasaran, keuangan, produksi operasi dan SDM) secara terintegrasi dan pendekatan riset pada unit kerja /usaha dan perusahaan/instansi pemerintah/lembaga nirlaba
- Mampu menggunakan perangkat kerja manajemen untuk menganalisis dan menginterpretasikan di bidang kajian manajemen
- Mengevaluasi diri, mengelola pembelajaran sendiri secara efektif mengkomunikasikan informasi dan ide dalam berbagai bentuk media ke masyarakat yang sesuai dengan bidangnya atau masyarakat umum
- Bertanggung jawab pada pekerjaan dan dapat memberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok, komunikatif, estetis, etis, apresiatif, dan partisipatif
- Memiliki kemampuan leadership dan kreativitas
E-Commerce - Menciptakan Daya Saing Melalui Teknologi Informasi, Rinto Ranthe Rerung, 2018
E-Commerce - Disertai Aplikasi dan pembuatannnya, Drs. Didik Tristianto, S.Kom., M.Kom,2014
E-Business dan E-Commerce, Candra Ahmadi dan Dadang Hermawan, 2013
Manajemen E-Commerce, Rahmat Makmur, 2018
Details ...
Mata kuliah ini mengenalkan dan mengajarkan mengenai penggunaan platform digital dalam pengembangan sistem manajerial baik dalam sektor operasional, sumber daya manusia, keuangan dan pemasaran. Fokus pengembangan dari e-commerce ini sendiri akan cenderung lebih dekat kepada divisi pemasaran, selaku unit yang berhubungan langsung dengan segmentasi pasar.
E-Commerce atau eCommerce, adalah perdagangan atau fasilitasi perdagangan produk-produk atau jasa dengan menggunakan jaringan komputer, seperti internet atau jaringan sosial online.
Electronic commerce mengacu pada teknologi seperti mobile commerce, transfer dana elektronik, manajemen rantai pasokan, pemasaran Internet, proses transaksi online, pertukaran data elektronik (EDI), sistem manajemen persediaan, dan sistem pengumpulan data otomatis. perdagangan elektronik modern biasanya menggunakan World Wide Web setidaknya satu bagian dari siklus hidup transaksi ini meskipun juga dapat menggunakan teknologi lain seperti e-mail.
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami, menggunakan, dan memaksimalkan konsep E-Commerce dalam usaha efisiensi pencapaian target pekerjaan.
Sikap
- menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
- berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
- menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
- menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
KETRAMPILAN UMUM
- mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
- mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
- mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
PENGETAHUAN
- Mampu menerapkan dan menganalisis pengetahuan pemasaran dalam suatu unit kerja/usaha dan perusahaan/instansi pemerintahan/lembaga nirlaba dalam bentuk strategi pemasaran untuk pencapaian pemasaran maksimal
- Mampu menerapkan pengetahuan dan mentransformasi input menjadi output dalam kegiatan operasi/produksi pada unit kerja/usaha dan perusahaan/instansi pemerintah/lembaga nirlaba melalui proses efektif, efisien dan produktif untuk menghasilkan nilai tambah
- Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dalam menyelesaikan masalah-masalah manajemen (pemasaran, keuangan, produksi operasi dan SDM) secara terintegrasi dan pendekatan riset pada unit kerja /usaha dan perusahaan/instansi pemerintah/lembaga nirlaba
- Mampu menggunakan perangkat kerja manajemen untuk menganalisis dan menginterpretasikan di bidang kajian manajemen
- Mengevaluasi diri, mengelola pembelajaran sendiri secara efektif mengkomunikasikan informasi dan ide dalam berbagai bentuk media ke masyarakat yang sesuai dengan bidangnya atau masyarakat umum
- Bertanggung jawab pada pekerjaan dan dapat memberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok, komunikatif, estetis, etis, apresiatif, dan partisipatif
- Memiliki kemampuan leadership dan kreativitas
E-Commerce - Menciptakan Daya Saing Melalui Teknologi Informasi, Rinto Ranthe Rerung, 2018
E-Commerce - Disertai Aplikasi dan pembuatannnya, Drs. Didik Tristianto, S.Kom., M.Kom,2014
E-Business dan E-Commerce, Candra Ahmadi dan Dadang Hermawan, 2013
Manajemen E-Commerce, Rahmat Makmur, 2018
Details ...
Mata kuliah ini mengenalkan dan mengajarkan mengenai penggunaan platform digital dalam pengembangan sistem manajerial baik dalam sektor operasional, sumber daya manusia, keuangan dan pemasaran. Fokus pengembangan dari e-commerce ini sendiri akan cenderung lebih dekat kepada divisi pemasaran, selaku unit yang berhubungan langsung dengan segmentasi pasar.
E-Commerce atau eCommerce, adalah perdagangan atau fasilitasi perdagangan produk-produk atau jasa dengan menggunakan jaringan komputer, seperti internet atau jaringan sosial online.
Electronic commerce mengacu pada teknologi seperti mobile commerce, transfer dana elektronik, manajemen rantai pasokan, pemasaran Internet, proses transaksi online, pertukaran data elektronik (EDI), sistem manajemen persediaan, dan sistem pengumpulan data otomatis. perdagangan elektronik modern biasanya menggunakan World Wide Web setidaknya satu bagian dari siklus hidup transaksi ini meskipun juga dapat menggunakan teknologi lain seperti e-mail.
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami, menggunakan, dan memaksimalkan konsep E-Commerce dalam usaha efisiensi pencapaian target pekerjaan.
Sikap
- menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
- berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
- menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
- menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
KETRAMPILAN UMUM
- mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
- mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
- mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
PENGETAHUAN
- Mampu menerapkan dan menganalisis pengetahuan pemasaran dalam suatu unit kerja/usaha dan perusahaan/instansi pemerintahan/lembaga nirlaba dalam bentuk strategi pemasaran untuk pencapaian pemasaran maksimal
- Mampu menerapkan pengetahuan dan mentransformasi input menjadi output dalam kegiatan operasi/produksi pada unit kerja/usaha dan perusahaan/instansi pemerintah/lembaga nirlaba melalui proses efektif, efisien dan produktif untuk menghasilkan nilai tambah
- Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dalam menyelesaikan masalah-masalah manajemen (pemasaran, keuangan, produksi operasi dan SDM) secara terintegrasi dan pendekatan riset pada unit kerja /usaha dan perusahaan/instansi pemerintah/lembaga nirlaba
- Mampu menggunakan perangkat kerja manajemen untuk menganalisis dan menginterpretasikan di bidang kajian manajemen
- Mengevaluasi diri, mengelola pembelajaran sendiri secara efektif mengkomunikasikan informasi dan ide dalam berbagai bentuk media ke masyarakat yang sesuai dengan bidangnya atau masyarakat umum
- Bertanggung jawab pada pekerjaan dan dapat memberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok, komunikatif, estetis, etis, apresiatif, dan partisipatif
- Memiliki kemampuan leadership dan kreativitas
E-Commerce - Menciptakan Daya Saing Melalui Teknologi Informasi, Rinto Ranthe Rerung, 2018
E-Commerce - Disertai Aplikasi dan pembuatannnya, Drs. Didik Tristianto, S.Kom., M.Kom,2014
E-Business dan E-Commerce, Candra Ahmadi dan Dadang Hermawan, 2013
Manajemen E-Commerce, Rahmat Makmur, 2018
Details ...
Mata kuliah ini mengenalkan dan mengajarkan mengenai penggunaan platform digital dalam pengembangan sistem manajerial baik dalam sektor operasional, sumber daya manusia, keuangan dan pemasaran. Fokus pengembangan dari e-commerce ini sendiri akan cenderung lebih dekat kepada divisi pemasaran, selaku unit yang berhubungan langsung dengan segmentasi pasar.
E-Commerce atau eCommerce, adalah perdagangan atau fasilitasi perdagangan produk-produk atau jasa dengan menggunakan jaringan komputer, seperti internet atau jaringan sosial online.
Electronic commerce mengacu pada teknologi seperti mobile commerce, transfer dana elektronik, manajemen rantai pasokan, pemasaran Internet, proses transaksi online, pertukaran data elektronik (EDI), sistem manajemen persediaan, dan sistem pengumpulan data otomatis. perdagangan elektronik modern biasanya menggunakan World Wide Web setidaknya satu bagian dari siklus hidup transaksi ini meskipun juga dapat menggunakan teknologi lain seperti e-mail.
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami, menggunakan, dan memaksimalkan konsep E-Commerce dalam usaha efisiensi pencapaian target pekerjaan.
Sikap
- menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
- berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
- menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
- menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
KETRAMPILAN UMUM
- mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
- mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
- mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
PENGETAHUAN
- Mampu menerapkan dan menganalisis pengetahuan pemasaran dalam suatu unit kerja/usaha dan perusahaan/instansi pemerintahan/lembaga nirlaba dalam bentuk strategi pemasaran untuk pencapaian pemasaran maksimal
- Mampu menerapkan pengetahuan dan mentransformasi input menjadi output dalam kegiatan operasi/produksi pada unit kerja/usaha dan perusahaan/instansi pemerintah/lembaga nirlaba melalui proses efektif, efisien dan produktif untuk menghasilkan nilai tambah
- Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dalam menyelesaikan masalah-masalah manajemen (pemasaran, keuangan, produksi operasi dan SDM) secara terintegrasi dan pendekatan riset pada unit kerja /usaha dan perusahaan/instansi pemerintah/lembaga nirlaba
- Mampu menggunakan perangkat kerja manajemen untuk menganalisis dan menginterpretasikan di bidang kajian manajemen
- Mengevaluasi diri, mengelola pembelajaran sendiri secara efektif mengkomunikasikan informasi dan ide dalam berbagai bentuk media ke masyarakat yang sesuai dengan bidangnya atau masyarakat umum
- Bertanggung jawab pada pekerjaan dan dapat memberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok, komunikatif, estetis, etis, apresiatif, dan partisipatif
- Memiliki kemampuan leadership dan kreativitas
E-Commerce - Menciptakan Daya Saing Melalui Teknologi Informasi, Rinto Ranthe Rerung, 2018
E-Commerce - Disertai Aplikasi dan pembuatannnya, Drs. Didik Tristianto, S.Kom., M.Kom,2014
E-Business dan E-Commerce, Candra Ahmadi dan Dadang Hermawan, 2013
Manajemen E-Commerce, Rahmat Makmur, 2018
Details ...
Mata kuliah ini mengenalkan dan mengajarkan mengenai penggunaan platform digital dalam pengembangan sistem manajerial baik dalam sektor operasional, sumber daya manusia, keuangan dan pemasaran. Fokus pengembangan dari e-commerce ini sendiri akan cenderung lebih dekat kepada divisi pemasaran, selaku unit yang berhubungan langsung dengan segmentasi pasar.
E-Commerce atau eCommerce, adalah perdagangan atau fasilitasi perdagangan produk-produk atau jasa dengan menggunakan jaringan komputer, seperti internet atau jaringan sosial online.
Electronic commerce mengacu pada teknologi seperti mobile commerce, transfer dana elektronik, manajemen rantai pasokan, pemasaran Internet, proses transaksi online, pertukaran data elektronik (EDI), sistem manajemen persediaan, dan sistem pengumpulan data otomatis. perdagangan elektronik modern biasanya menggunakan World Wide Web setidaknya satu bagian dari siklus hidup transaksi ini meskipun juga dapat menggunakan teknologi lain seperti e-mail.
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami, menggunakan, dan memaksimalkan konsep E-Commerce dalam usaha efisiensi pencapaian target pekerjaan.
Sikap
- menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
- berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
- menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
- menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
KETRAMPILAN UMUM
- mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
- mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
- mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
PENGETAHUAN
- Mampu menerapkan dan menganalisis pengetahuan pemasaran dalam suatu unit kerja/usaha dan perusahaan/instansi pemerintahan/lembaga nirlaba dalam bentuk strategi pemasaran untuk pencapaian pemasaran maksimal
- Mampu menerapkan pengetahuan dan mentransformasi input menjadi output dalam kegiatan operasi/produksi pada unit kerja/usaha dan perusahaan/instansi pemerintah/lembaga nirlaba melalui proses efektif, efisien dan produktif untuk menghasilkan nilai tambah
- Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dalam menyelesaikan masalah-masalah manajemen (pemasaran, keuangan, produksi operasi dan SDM) secara terintegrasi dan pendekatan riset pada unit kerja /usaha dan perusahaan/instansi pemerintah/lembaga nirlaba
- Mampu menggunakan perangkat kerja manajemen untuk menganalisis dan menginterpretasikan di bidang kajian manajemen
- Mengevaluasi diri, mengelola pembelajaran sendiri secara efektif mengkomunikasikan informasi dan ide dalam berbagai bentuk media ke masyarakat yang sesuai dengan bidangnya atau masyarakat umum
- Bertanggung jawab pada pekerjaan dan dapat memberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok, komunikatif, estetis, etis, apresiatif, dan partisipatif
- Memiliki kemampuan leadership dan kreativitas
E-Commerce - Menciptakan Daya Saing Melalui Teknologi Informasi, Rinto Ranthe Rerung, 2018
E-Commerce - Disertai Aplikasi dan pembuatannnya, Drs. Didik Tristianto, S.Kom., M.Kom,2014
E-Business dan E-Commerce, Candra Ahmadi dan Dadang Hermawan, 2013
Manajemen E-Commerce, Rahmat Makmur, 2018
Details ...