Psikologi Pendidikan, Curriculum : 2015


Courser in EnglishEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
ProgramBimbingan dan Konseling
SKS2 SKS
RPS17 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini mempelajari tentang pengertian konsep-konsep, ciri-ciri, prinsip-prinsip skiologi pendidikan, dan penerapannya dalam proses pembelajaran serta faktor-faktor yang mempengaruhi individu dalam proses belajar, bentuk-bentuk gejala pskis, perbedaan individu, belajar dan pembelajaran, evaluasi hasil belajar serta diagnostik kesulitan belajar.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu memahami tentang pengertian konsep-konsep, ciri-ciri, prinsip-prinsip skiologi pendidikan, dan penerapannya dalam proses pembelajaran serta faktor-faktor yang mempengaruhi individu dalam proses belajar, bentuk-bentuk gejala pskis, perbedaan individu, belajar dan pembelajaran, evaluasi hasil belajar serta diagnostik kesulitan belajar.

References

Dewa Ketut Sukardi,(1996). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta. PT Rineka Cipta

Dewa Ketut Sukardi,(2000). Pengantar Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta. PT Rineka Cipta

Prayitno dan Erman Anti,(1999). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konselig. Jakarta. PT Rineka Cipta

Sumadi Suryabrata,(1987). Psikologi Pendidikan. Jakarta: CVnRajawali

Sumadi Suryabrata,(2004). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT raja Grafindo Persada


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mempelajari tentang pengertian konsep-konsep, ciri-ciri, prinsip-prinsip skiologi pendidikan, dan penerapannya dalam proses pembelajaran serta faktor-faktor yang mempengaruhi individu dalam proses belajar, bentuk-bentuk gejala pskis, perbedaan individu, belajar dan pembelajaran, evaluasi hasil belajar serta diagnostik kesulitan belajar.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu memahami tentang pengertian konsep-konsep, ciri-ciri, prinsip-prinsip skiologi pendidikan, dan penerapannya dalam proses pembelajaran serta faktor-faktor yang mempengaruhi individu dalam proses belajar, bentuk-bentuk gejala pskis, perbedaan individu, belajar dan pembelajaran, evaluasi hasil belajar serta diagnostik kesulitan belajar.

References

Dewa Ketut Sukardi,(1996). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta. PT Rineka Cipta

Dewa Ketut Sukardi,(2000). Pengantar Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta. PT Rineka Cipta

Prayitno dan Erman Anti,(1999). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konselig. Jakarta. PT Rineka Cipta

Sumadi Suryabrata,(1987). Psikologi Pendidikan. Jakarta: CVnRajawali

Sumadi Suryabrata,(2004). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT raja Grafindo Persada


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mempelajari tentang pengertian konsep-konsep, ciri-ciri, prinsip-prinsip skiologi pendidikan, dan penerapannya dalam proses pembelajaran serta faktor-faktor yang mempengaruhi individu dalam proses belajar, bentuk-bentuk gejala pskis, perbedaan individu, belajar dan pembelajaran, evaluasi hasil belajar serta diagnostik kesulitan belajar.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu memahami tentang pengertian konsep-konsep, ciri-ciri, prinsip-prinsip skiologi pendidikan, dan penerapannya dalam proses pembelajaran serta faktor-faktor yang mempengaruhi individu dalam proses belajar, bentuk-bentuk gejala pskis, perbedaan individu, belajar dan pembelajaran, evaluasi hasil belajar serta diagnostik kesulitan belajar.

References

Dewa Ketut Sukardi,(1996). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta. PT Rineka Cipta

Dewa Ketut Sukardi,(2000). Pengantar Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta. PT Rineka Cipta

Prayitno dan Erman Anti,(1999). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konselig. Jakarta. PT Rineka Cipta

Sumadi Suryabrata,(1987). Psikologi Pendidikan. Jakarta: CVnRajawali

Sumadi Suryabrata,(2004). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT raja Grafindo Persada


Details ...
Course Descriptions

Perkuliahan Psikologi Pendidikan membahas konsep dasar psikologi pendidikan, peran psikologi pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan, peran faktor perkembangan peserta didik dalam aktivitas belajar, permasalahan yang terjadi dalam penyelenggaraan pendidikan, pengembangan atribut psikologis peserta didik, ragam layanan pendidikan, perbedaan individu dan pendidikan berkebutuhan khusus, karakteristik guru efektif dalam perspektif psikologi pendidikan, motivasi, strategi pengelolaan kelas, evaluasi hasil belajar dan isu pendidikan terkini.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan Psikologi Pendidikan, diharapkan mahasiswa :

  1. dapat menjelaskan hakikat psikologi pendidikan.
  2. memahami peran psikologi pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan.
  3. terampil dalam merencanakan penyelenggaraan pendidikan berdasarkan tahap perkembangan peserta didik.
  4. kompeten dalam mengenali, menganalisis dan merancang pengembangan atribut psikologis peserta didik, serta penanganan permasalahan belajar.
  5. memahami ragam layanan pendidikan dan tujuan penyelenggaraannya.
  6. terampil mengaplikasikan beragam teori psikologi dalam proses belajar maupun dalam penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling.
  7. dapat merancang pengelolaan kelas yang produktif.
  8. mampu memahami peran evaluasi hasil belajar bagi pengembangan diri peserta didik.
  9. memahami isu pendidikan terkini.

References

  • Dalyono. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta.
  • Djamarah, Syaiful Bhari dan Zain, Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
  • Hamalik, Oemar. 2009. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung : Sinar baru Algesindo Offset.
  • Irham, Muhamad dan Wiyani, Novan Ardy. 2013. Psikologi Pendidikan : Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta : AR-RUZZ Media.
  • Ormrod, J. E. 2008. Psikologi Pendidikan: Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang (Edisi ke-6: Jilid 1 & 2). Terjemahan Amitya Kumara. 2009. Jakarta: Erlangga.
  • Purwanto, Ngalim M. 2011. Psikologi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
  • Santrock, J. W. 2004. Psikologi Pendidikan (Edisi ke-2: Jilid 1 & 2). Terjemahan Tri Wibowo B. S. 2007. Jakarta: Kencan
  • Slavin, R. 2011. Psikologi Pendidikan : Teori dan Praktik. Jakarta : PT Indeks.
  • Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset.


Details ...
Course Descriptions

Perkuliahan Psikologi Pendidikan membahas konsep dasar psikologi pendidikan, peran psikologi pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan, peran faktor perkembangan peserta didik dalam aktivitas belajar, permasalahan yang terjadi dalam penyelenggaraan pendidikan, pengembangan atribut psikologis peserta didik, ragam layanan pendidikan, perbedaan individu dan pendidikan berkebutuhan khusus, karakteristik guru efektif dalam perspektif psikologi pendidikan, motivasi, strategi pengelolaan kelas, evaluasi hasil belajar dan isu pendidikan terkini.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan Psikologi Pendidikan, diharapkan mahasiswa :

  1. dapat menjelaskan hakikat psikologi pendidikan.
  2. memahami peran psikologi pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan.
  3. terampil dalam merencanakan penyelenggaraan pendidikan berdasarkan tahap perkembangan peserta didik.
  4. kompeten dalam mengenali, menganalisis dan merancang pengembangan atribut psikologis peserta didik, serta penanganan permasalahan belajar.
  5. memahami ragam layanan pendidikan dan tujuan penyelenggaraannya.
  6. terampil mengaplikasikan beragam teori psikologi dalam proses belajar maupun dalam penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling.
  7. dapat merancang pengelolaan kelas yang produktif.
  8. mampu memahami peran evaluasi hasil belajar bagi pengembangan diri peserta didik.
  9. memahami isu pendidikan terkini.

References

  • Dalyono. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta.
  • Djamarah, Syaiful Bhari dan Zain, Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
  • Hamalik, Oemar. 2009. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung : Sinar baru Algesindo Offset.
  • Irham, Muhamad dan Wiyani, Novan Ardy. 2013. Psikologi Pendidikan : Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta : AR-RUZZ Media.
  • Ormrod, J. E. 2008. Psikologi Pendidikan: Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang (Edisi ke-6: Jilid 1 & 2). Terjemahan Amitya Kumara. 2009. Jakarta: Erlangga.
  • Purwanto, Ngalim M. 2011. Psikologi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
  • Santrock, J. W. 2004. Psikologi Pendidikan (Edisi ke-2: Jilid 1 & 2). Terjemahan Tri Wibowo B. S. 2007. Jakarta: Kencan
  • Slavin, R. 2011. Psikologi Pendidikan : Teori dan Praktik. Jakarta : PT Indeks.
  • Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset.


Details ...
Course Descriptions

Perkuliahan Psikologi Pendidikan membahas konsep dasar psikologi pendidikan, peran psikologi pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan, peran faktor perkembangan peserta didik dalam aktivitas belajar, permasalahan yang terjadi dalam penyelenggaraan pendidikan, pengembangan atribut psikologis peserta didik, ragam layanan pendidikan, perbedaan individu dan pendidikan berkebutuhan khusus, karakteristik guru efektif dalam perspektif psikologi pendidikan, motivasi, strategi pengelolaan kelas, evaluasi hasil belajar dan isu pendidikan terkini.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan Psikologi Pendidikan, diharapkan mahasiswa :

  1. dapat menjelaskan hakikat psikologi pendidikan.
  2. memahami peran psikologi pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan.
  3. terampil dalam merencanakan penyelenggaraan pendidikan berdasarkan tahap perkembangan peserta didik.
  4. kompeten dalam mengenali, menganalisis dan merancang pengembangan atribut psikologis peserta didik, serta penanganan permasalahan belajar.
  5. memahami ragam layanan pendidikan dan tujuan penyelenggaraannya.
  6. terampil mengaplikasikan beragam teori psikologi dalam proses belajar maupun dalam penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling.
  7. dapat merancang pengelolaan kelas yang produktif.
  8. mampu memahami peran evaluasi hasil belajar bagi pengembangan diri peserta didik.
  9. memahami isu pendidikan terkini.

References

  1. Dalyono. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta.
  2. Djamarah, Syaiful Bhari dan Zain, Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
  3. Hamalik, Oemar. 2009. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung : Sinar baru Algesindo Offset.
  4. Irham, Muhamad dan Wiyani, Novan Ardy. 2013. Psikologi Pendidikan : Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta : AR-RUZZ Media.
  5. Ormrod, J. E. 2008. Psikologi Pendidikan: Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang (Edisi ke-6: Jilid 1 & 2). Terjemahan Amitya Kumara. 2009. Jakarta: Erlangga.
  6. Purwanto, Ngalim M. 2011. Psikologi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
  7. Santrock, J. W. 2004. Psikologi Pendidikan (Edisi ke-2: Jilid 1 & 2). Terjemahan Tri Wibowo B. S. 2007. Jakarta: Kencan
  8. Slavin, R. 2011. Psikologi Pendidikan : Teori dan Praktik. Jakarta : PT Indeks.
  9. Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset.


Details ...
Course Descriptions

Perkuliahan Psikologi Pendidikan membahas konsep dasar psikologi pendidikan, peran psikologi pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan, peran faktor perkembangan peserta didik dalam aktivitas belajar, permasalahan yang terjadi dalam penyelenggaraan pendidikan, pengembangan atribut psikologis peserta didik, ragam layanan pendidikan, perbedaan individu dan pendidikan berkebutuhan khusus, karakteristik guru efektif dalam perspektif psikologi pendidikan, motivasi, strategi pengelolaan kelas, evaluasi hasil belajar dan isu pendidikan terkini.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan Psikologi Pendidikan, diharapkan mahasiswa :

  1. dapat menjelaskan hakikat psikologi pendidikan.
  2. memahami peran psikologi pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan.
  3. terampil dalam merencanakan penyelenggaraan pendidikan berdasarkan tahap perkembangan peserta didik.
  4. kompeten dalam mengenali, menganalisis dan merancang pengembangan atribut psikologis peserta didik, serta penanganan permasalahan belajar.
  5. memahami ragam layanan pendidikan dan tujuan penyelenggaraannya.
  6. terampil mengaplikasikan beragam teori psikologi dalam proses belajar maupun dalam penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling.
  7. dapat merancang pengelolaan kelas yang produktif.
  8. mampu memahami peran evaluasi hasil belajar bagi pengembangan diri peserta didik.
  9. memahami isu pendidikan terkini.

References

  1. Dalyono. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta.
  2. Djamarah, Syaiful Bhari dan Zain, Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
  3. Hamalik, Oemar. 2009. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung : Sinar baru Algesindo Offset.
  4. Irham, Muhamad dan Wiyani, Novan Ardy. 2013. Psikologi Pendidikan : Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta : AR-RUZZ Media.
  5. Ormrod, J. E. 2008. Psikologi Pendidikan: Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang (Edisi ke-6: Jilid 1 & 2). Terjemahan Amitya Kumara. 2009. Jakarta: Erlangga.
  6. Purwanto, Ngalim M. 2011. Psikologi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
  7. Santrock, J. W. 2004. Psikologi Pendidikan (Edisi ke-2: Jilid 1 & 2). Terjemahan Tri Wibowo B. S. 2007. Jakarta: Kencan
  8. Slavin, R. 2011. Psikologi Pendidikan : Teori dan Praktik. Jakarta : PT Indeks.
  9. Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset.


Details ...