Courser in English | Agribusiness |
Program | Pendidikan Biologi |
SKS | 2 SKS |
RPS | 3 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah agribisnis dilaksanakan secara daring melalui SPADA UPGRIS. Mata kuliah agribisnis membahas tentang ilmu berbisnis atau berwirausaha berbasis usaha pertanian atau bidang lain yang mendukungnya. Adapun topik pembahasan dalam perkuliahan adalah sistem agribisnis, manajemen agribisnis hingga hingga evaluasi agribisnis melalui SWOT.
Proses pembelajaran dilaksanakan dengan metode diskusi kelompok, diskusi kelas, dan proyek individu serta kelompok. Mahasiswa melakukan observasi mandiri terhadap usaha-usaha agribisnis yang ada di daerah tempat tinggal masing-masing yang selanjutnya hasil observasi dibahas dalam diskusi kelas sesuai dengan topik pembahasan pada perkuliahan. Mahasiswa diwajibkan mengikuti seminar daring yang bertema wira usaha dan agribisnis yang diselenggarakan oleh pihak manapun.
Adapun luaran mata kuliah agribisnis ini adalah laporan hasil analisis terhadap manajemen usaha dan rancangan inovasi agribisnis berdasarkan materi seminar daring yang diikuti (disertai dengan scan/foto sertifikat peserta seminar).
Learning Outcomes
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Agribisnis, mahasiswa mampu: |
|
CPMK1 |
Melakukan pendalaman bidang kajian sesuai dengan lingkungan dan perkembangan jaman sesuai etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri (KK9, S12) |
CPMK2 |
Menerapkan pengetahuan tentang dasar pengelolaan kewirausahaan dan strategi pengelolaan semua sumber daya secara efektif dan efisien dengan menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan (KK9,S8) |
CPMK3 |
Menguasai dan menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan dan menerapkan pengetahuan pengelolaan kewirausahaan yang berorientasi kearifan lokal dan berwawasan berkelanjutan dengan menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan (KK1, P9, S8) |
CPMK4 |
Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk mendukung penerapan pengetahuan pengelolaan kewirausahaan yang berorientasi kearifan lokal dan berwawasan berkelanjutan serta menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (KK5, P9, S9) |
Bahan Kajian/Materi Pembelajaran |
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Teknik Asesmen Kaitannya dengan CPMK |
|
- Hadi, Sudharto P. 2007. Perilaku Konsumen. Badan Penerbit Undip Semarang.
- Mubyarto, 1997. Pengantar Ekonomi Pertanian. LP3ES, Jakarta
- Soekartawi.199 Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian Teori dan Aplikasi,. Rajagrafindo Persada,. Jakarta
- Anindita, Ratya. 200 Pemasaran Hasil Pertanian. Papyrus. Surabaya.
- Kotler, Philip. 1984. Manajemen Pemasaran. Penerbit Erlangga. Jakarta.
- Masyrofie. 1994. Pemasaran Hasil Pertanian. Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya. Malang.
- Soekartawi. 1989. Prinsip Dasar Manajemen Pemasaran Hasil – Hasil Pertanian Teori dan Aplikasinya. Rajawali Press. Jakarta.
- Shinta, Agustina. 2011. Manajemen Pemasaran. UB Press.
Widia, Wayan dkk.201. Model Bisnis Dalam Sistem Agribisnis Modern. Modul Pelatihan Calon Agrotechnopreneur. UNUD
Details ...
Mata kuliah agribisnis dilaksanakan secara daring melalui SPADA UPGRIS. Mata kuliah agribisnis membahas tentang ilmu berbisnis atau berwirausaha berbasis usaha pertanian atau bidang lain yang mendukungnya. Adapun topik pembahasan dalam perkuliahan adalah sistem agribisnis, manajemen agribisnis hingga hingga evaluasi agribisnis melalui SWOT.
Proses pembelajaran dilaksanakan dengan metode diskusi kelompok, diskusi kelas, dan proyek individu serta kelompok. Mahasiswa melakukan observasi mandiri terhadap usaha-usaha agribisnis yang ada di daerah tempat tinggal masing-masing yang selanjutnya hasil observasi dibahas dalam diskusi kelas sesuai dengan topik pembahasan pada perkuliahan. Mahasiswa diwajibkan mengikuti seminar daring yang bertema wira usaha dan agribisnis yang diselenggarakan oleh pihak manapun.
Adapun luaran mata kuliah agribisnis ini adalah laporan hasil analisis terhadap manajemen usaha dan rancangan inovasi agribisnis berdasarkan materi seminar daring yang diikuti (disertai dengan scan/foto sertifikat peserta seminar).
Learning Outcomes
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Agribisnis, mahasiswa mampu: |
|
CPMK1 |
Melakukan pendalaman bidang kajian sesuai dengan lingkungan dan perkembangan jaman sesuai etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri (KK9, S12) |
CPMK2 |
Menerapkan pengetahuan tentang dasar pengelolaan kewirausahaan dan strategi pengelolaan semua sumber daya secara efektif dan efisien dengan menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan (KK9,S8) |
CPMK3 |
Menguasai dan menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan dan menerapkan pengetahuan pengelolaan kewirausahaan yang berorientasi kearifan lokal dan berwawasan berkelanjutan dengan menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan (KK1, P9, S8) |
CPMK4 |
Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk mendukung penerapan pengetahuan pengelolaan kewirausahaan yang berorientasi kearifan lokal dan berwawasan berkelanjutan serta menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (KK5, P9, S9) |
Bahan Kajian/Materi Pembelajaran |
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Teknik Asesmen Kaitannya dengan CPMK |
|
- Hadi, Sudharto P. 2007. Perilaku Konsumen. Badan Penerbit Undip Semarang.
- Mubyarto, 1997. Pengantar Ekonomi Pertanian. LP3ES, Jakarta
- Soekartawi.199 Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian Teori dan Aplikasi,. Rajagrafindo Persada,. Jakarta
- Anindita, Ratya. 200 Pemasaran Hasil Pertanian. Papyrus. Surabaya.
- Kotler, Philip. 1984. Manajemen Pemasaran. Penerbit Erlangga. Jakarta.
- Masyrofie. 1994. Pemasaran Hasil Pertanian. Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya. Malang.
- Soekartawi. 1989. Prinsip Dasar Manajemen Pemasaran Hasil – Hasil Pertanian Teori dan Aplikasinya. Rajawali Press. Jakarta.
- Shinta, Agustina. 2011. Manajemen Pemasaran. UB Press.
Widia, Wayan dkk.201. Model Bisnis Dalam Sistem Agribisnis Modern. Modul Pelatihan Calon Agrotechnopreneur. UNUD
Details ...
Mata kuliah agribisnis dilaksanakan secara daring melalui SPADA UPGRIS. Mata kuliah agribisnis membahas tentang ilmu berbisnis atau berwirausaha berbasis usaha pertanian atau bidang lain yang mendukungnya. Adapun topik pembahasan dalam perkuliahan adalah sistem agribisnis, manajemen agribisnis hingga hingga evaluasi agribisnis melalui SWOT.
Proses pembelajaran dilaksanakan dengan metode diskusi kelompok, diskusi kelas, dan proyek individu serta kelompok. Mahasiswa melakukan observasi mandiri terhadap usaha-usaha agribisnis yang ada di daerah tempat tinggal masing-masing yang selanjutnya hasil observasi dibahas dalam diskusi kelas sesuai dengan topik pembahasan pada perkuliahan. Mahasiswa diwajibkan mengikuti seminar daring yang bertema wira usaha dan agribisnis yang diselenggarakan oleh pihak manapun.
Adapun luaran mata kuliah agribisnis ini adalah laporan hasil analisis terhadap manajemen usaha dan rancangan inovasi agribisnis berdasarkan materi seminar daring yang diikuti (disertai dengan scan/foto sertifikat peserta seminar).
Learning Outcomes
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Agribisnis, mahasiswa mampu: |
|
CPMK1 |
Melakukan pendalaman bidang kajian sesuai dengan lingkungan dan perkembangan jaman sesuai etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri (KK9, S12) |
CPMK2 |
Menerapkan pengetahuan tentang dasar pengelolaan kewirausahaan dan strategi pengelolaan semua sumber daya secara efektif dan efisien dengan menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan (KK9,S8) |
CPMK3 |
Menguasai dan menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan dan menerapkan pengetahuan pengelolaan kewirausahaan yang berorientasi kearifan lokal dan berwawasan berkelanjutan dengan menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan (KK1, P9, S8) |
CPMK4 |
Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk mendukung penerapan pengetahuan pengelolaan kewirausahaan yang berorientasi kearifan lokal dan berwawasan berkelanjutan serta menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (KK5, P9, S9) |
Bahan Kajian/Materi Pembelajaran |
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Teknik Asesmen Kaitannya dengan CPMK |
|
- Hadi, Sudharto P. 2007. Perilaku Konsumen. Badan Penerbit Undip Semarang.
- Mubyarto, 1997. Pengantar Ekonomi Pertanian. LP3ES, Jakarta
- Soekartawi.199 Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian Teori dan Aplikasi,. Rajagrafindo Persada,. Jakarta
- Anindita, Ratya. 200 Pemasaran Hasil Pertanian. Papyrus. Surabaya.
- Kotler, Philip. 1984. Manajemen Pemasaran. Penerbit Erlangga. Jakarta.
- Masyrofie. 1994. Pemasaran Hasil Pertanian. Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya. Malang.
- Soekartawi. 1989. Prinsip Dasar Manajemen Pemasaran Hasil – Hasil Pertanian Teori dan Aplikasinya. Rajawali Press. Jakarta.
- Shinta, Agustina. 2011. Manajemen Pemasaran. UB Press.
Widia, Wayan dkk.201. Model Bisnis Dalam Sistem Agribisnis Modern. Modul Pelatihan Calon Agrotechnopreneur. UNUD
Details ...