Filsafat ilmu/logika , Curriculum : 2015


Courser in EnglishPHILOSOPHY OF SCIENCE/LOGICS
ProgramPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SKS2 SKS
RPS19 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah Filsafat Ilmu/Logika ini, mahasiswa diharapkan mengetahui, memahami dan mampu mengimplementasikan konsep-konsep filsafat ilmu/logika dengan akar pengetahuan , berfikir logis dan rasional, berfikir deduktif dan induktif, metode ilmiah- kekuatan dan kelemahannya, proses, produk, dan sikap ilmiah dalam aktivitas pendidikan dan pengajaran untuk mencapai pendidikan dan pembelajaran secara efektif dan efisien dalam membahas tatacara pengambilan kesimpulan melalui silogisme, teori peluang matematis dan analisis statistik.

Learning Outcomes

Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan melaksanakan  pemahaman ilmu filsafat, berfikir logis dan rasional secara signifikan  dalam melaksanakan proses pembelajaran di Satuan Pendidikan Guru  Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD).

References

Beerling, Kwee, Mooij, Van Peursen (2003) Pengantar Filsafat Ilmu, Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.

 

Bronowsky, Jacob (1998). The Accent of Man.

 

  Jujun S. Suriasumantri (1995). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: yayasan obor      Indonesia.

  Jujun  s suriasumantri, filsafat ilmu; sebuah pengantar populer, pustaka sinar   harapan,      jkt

 ..............ilmu dalam perspektif, gramedia, jkarta

  Ahmad tafsir, filsafat ilmu, remaja rosdakarya, bandung

  Cony semiawan dkk, dimensi kreatif dlm filsafat ilmu, rosdakarya bndung

  Solly lubis, filsafat ilmu dan penelitian, mahdar maju, jkt

 

 

Additional reading:

 

Philosophers Index. http://users.ox.ac.uk/~worc0337/phil_journals_paper2.html#philosophers

 

Philosophy of science. http://en.wikipedia.org/wiki/Philosophy_of_Science_(journal)

 

Scientific Method. http://en.wikipedia.org/wiki/Scientific_method


Details ...
Course Descriptions

Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah Filsafat Ilmu/Logika ini, mahasiswa diharapkan mengetahui, memahami dan mampu mengimplementasikan konsep-konsep filsafat ilmu/logika dengan akar pengetahuan , berfikir logis dan rasional, berfikir deduktif dan induktif, metode ilmiah- kekuatan dan kelemahannya, proses, produk, dan sikap ilmiah dalam aktivitas pendidikan dan pengajaran untuk mencapai pendidikan dan pembelajaran secara efektif dan efisien dalam membahas tatacara pengambilan kesimpulan melalui silogisme, teori peluang matematis dan analisis statistik.v

Learning Outcomes

Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan melaksanakan  pemahaman ilmu filsafat, berfikir logis dan rasional secara signifikan  dalam melaksanakan proses pembelajaran di Satuan Pendidikan Guru  Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD).

References

v

  1. REFERENSI

         Wajib:

         Beerling, Kwee, Mooij, Van Peursen (2003) Pengantar Filsafat Ilmu, Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.

 

Bronowsky, Jacob (1998). The Accent of Man.

 

  Jujun S. Suriasumantri (1995). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: yayasan obor      Indonesia.

  Jujun  s suriasumantri, filsafat ilmu; sebuah pengantar populer, pustaka sinar   harapan,      jkt

 ..............ilmu dalam perspektif, gramedia, jkarta

  Ahmad tafsir, filsafat ilmu, remaja rosdakarya, bandung

  Cony semiawan dkk, dimensi kreatif dlm filsafat ilmu, rosdakarya bndung

  Solly lubis, filsafat ilmu dan penelitian, mahdar maju, jkt

 

 

Additional reading:

 

Philosophers Index. http://users.ox.ac.uk/~worc0337/phil_journals_paper2.html#philosophers

 

Philosophy of science. http://en.wikipedia.org/wiki/Philosophy_of_Science_(journal)

 

Scientific Method. http://en.wikipedia.org/wiki/Scientific_method


Details ...
Course Descriptions

Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah Filsafat Ilmu/Logika ini, mahasiswa diharapkan mengetahui, memahami dan mampu mengimplementasikan konsep-konsep filsafat ilmu/logika dengan akar pengetahuan , berfikir logis dan rasional, berfikir deduktif dan induktif, metode ilmiah- kekuatan dan kelemahannya, proses, produk, dan sikap ilmiah dalam aktivitas pendidikan dan pengajaran untuk mencapai pendidikan dan pembelajaran secara efektif dan efisien dalam membahas tatacara pengambilan kesimpulan melalui silogisme, teori peluang matematis dan analisis statistik.

Learning Outcomes

Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan melaksanakan  pemahaman ilmu filsafat, berfikir logis dan rasional secara signifikan  dalam melaksanakan proses pembelajaran di Satuan Pendidikan Guru  Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD).Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan melaksanakan  pemahaman ilmu filsafat, berfikir logis dan rasional secara signifikan  dalam melaksanakan proses pembelajaran di Satuan Pendidikan Guru  Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD).

References

Beerling, Kwee, Mooij, Van Peursen (2003) Pengantar Filsafat Ilmu, Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.

 

Bronowsky, Jacob (1998). The Accent of Man.

 

  Jujun S. Suriasumantri (1995). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: yayasan obor      Indonesia.

  Jujun  s suriasumantri, filsafat ilmu; sebuah pengantar populer, pustaka sinar   harapan,      jkt

 ..............ilmu dalam perspektif, gramedia, jkarta

  Ahmad tafsir, filsafat ilmu, remaja rosdakarya, bandung

  Cony semiawan dkk, dimensi kreatif dlm filsafat ilmu, rosdakarya bndung

  Solly lubis, filsafat ilmu dan penelitian, mahdar maju, jkt

 

 

Additional reading:

 

Philosophers Index. http://users.ox.ac.uk/~worc0337/phil_journals_paper2.html#philosophers

 

Philosophy of science. http://en.wikipedia.org/wiki/Philosophy_of_Science_(journal)

 

Scientific Method. http://en.wikipedia.org/wiki/Scientific_method


Details ...
Course Descriptions

Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah Filsafat Ilmu/Logika ini, mahasiswa diharapkan mengetahui, memahami dan mampu mengimplementasikan konsep-konsep filsafat ilmu/logika dengan akar pengetahuan , berfikir logis dan rasional, berfikir deduktif dan induktif, metode ilmiah- kekuatan dan kelemahannya, proses, produk, dan sikap ilmiah dalam aktivitas pendidikan dan pengajaran untuk mencapai pendidikan dan pembelajaran secara efektif dan efisien dalam membahas tatacara pengambilan kesimpulan melalui silogisme, teori peluang matematis dan analisis statistik.

Learning Outcomes

Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan melaksanakan  pemahaman ilmu filsafat, berfikir logis dan rasional secara signifikan  dalam melaksanakan proses pembelajaran di Satuan Pendidikan Guru  Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD).Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan melaksanakan  pemahaman ilmu filsafat, berfikir logis dan rasional secara signifikan  dalam melaksanakan proses pembelajaran di Satuan Pendidikan Guru  Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD).

References

Beerling, Kwee, Mooij, Van Peursen (2003) Pengantar Filsafat Ilmu, Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.

 

Bronowsky, Jacob (1998). The Accent of Man.

 

  Jujun S. Suriasumantri (1995). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: yayasan obor      Indonesia.

  Jujun  s suriasumantri, filsafat ilmu; sebuah pengantar populer, pustaka sinar   harapan,      jkt

 ..............ilmu dalam perspektif, gramedia, jkarta

  Ahmad tafsir, filsafat ilmu, remaja rosdakarya, bandung

  Cony semiawan dkk, dimensi kreatif dlm filsafat ilmu, rosdakarya bndung

  Solly lubis, filsafat ilmu dan penelitian, mahdar maju, jkt

 

 

Additional reading:

 

Philosophers Index. http://users.ox.ac.uk/~worc0337/phil_journals_paper2.html#philosophers

 

Philosophy of science. http://en.wikipedia.org/wiki/Philosophy_of_Science_(journal)

 

Scientific Method. http://en.wikipedia.org/wiki/Scientific_method


Details ...
Course Descriptions

Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah Filsafat Ilmu/Logika ini, mahasiswa diharapkan mengetahui, memahami dan mampu mengimplementasikan konsep-konsep filsafat ilmu/logika dengan akar pengetahuan , berfikir logis dan rasional, berfikir deduktif dan induktif, metode ilmiah- kekuatan dan kelemahannya, proses, produk, dan sikap ilmiah dalam aktivitas pendidikan dan pengajaran untuk mencapai pendidikan dan pembelajaran secara efektif dan efisien dalam membahas tatacara pengambilan kesimpulan melalui silogisme, teori peluang matematis dan analisis statistik.

Learning Outcomes

Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan melaksanakan  pemahaman ilmu filsafat, berfikir logis dan rasional secara signifikan  dalam melaksanakan proses pembelajaran di Satuan Pendidikan Guru  Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD).Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan melaksanakan  pemahaman ilmu filsafat, berfikir logis dan rasional secara signifikan  dalam melaksanakan proses pembelajaran di Satuan Pendidikan Guru  Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD).

References

Beerling, Kwee, Mooij, Van Peursen (2003) Pengantar Filsafat Ilmu, Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.

 

Bronowsky, Jacob (1998). The Accent of Man.

 

  Jujun S. Suriasumantri (1995). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: yayasan obor      Indonesia.

  Jujun  s suriasumantri, filsafat ilmu; sebuah pengantar populer, pustaka sinar   harapan,      jkt

 ..............ilmu dalam perspektif, gramedia, jkarta

  Ahmad tafsir, filsafat ilmu, remaja rosdakarya, bandung

  Cony semiawan dkk, dimensi kreatif dlm filsafat ilmu, rosdakarya bndung

  Solly lubis, filsafat ilmu dan penelitian, mahdar maju, jkt

 

 

Additional reading:

 

Philosophers Index. http://users.ox.ac.uk/~worc0337/phil_journals_paper2.html#philosophers

 

Philosophy of science. http://en.wikipedia.org/wiki/Philosophy_of_Science_(journal)

 

Scientific Method. http://en.wikipedia.org/wiki/Scientific_method


Details ...
Course Descriptions

Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah Filsafat Ilmu/Logika ini, mahasiswa diharapkan mengetahui, memahami dan mampu mengimplementasikan konsep-konsep filsafat ilmu/logika dengan akar pengetahuan , berfikir logis dan rasional, berfikir deduktif dan induktif, metode ilmiah- kekuatan dan kelemahannya, proses, produk, dan sikap ilmiah dalam aktivitas pendidikan dan pengajaran untuk mencapai pendidikan dan pembelajaran secara efektif dan efisien dalam membahas tatacara pengambilan kesimpulan melalui silogisme, teori peluang matematis dan analisis statistik.

Learning Outcomes

Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan melaksanakan  pemahaman ilmu filsafat, berfikir logis dan rasional secara signifikan  dalam melaksanakan proses pembelajaran di Satuan Pendidikan Guru  Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD).Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan melaksanakan  pemahaman ilmu filsafat, berfikir logis dan rasional secara signifikan  dalam melaksanakan proses pembelajaran di Satuan Pendidikan Guru  Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD).

References

Beerling, Kwee, Mooij, Van Peursen (2003) Pengantar Filsafat Ilmu, Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.

 

Bronowsky, Jacob (1998). The Accent of Man.

 

  Jujun S. Suriasumantri (1995). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: yayasan obor      Indonesia.

  Jujun  s suriasumantri, filsafat ilmu; sebuah pengantar populer, pustaka sinar   harapan,      jkt

 ..............ilmu dalam perspektif, gramedia, jkarta

  Ahmad tafsir, filsafat ilmu, remaja rosdakarya, bandung

  Cony semiawan dkk, dimensi kreatif dlm filsafat ilmu, rosdakarya bndung

  Solly lubis, filsafat ilmu dan penelitian, mahdar maju, jkt

 

 

Additional reading:

 

Philosophers Index. http://users.ox.ac.uk/~worc0337/phil_journals_paper2.html#philosophers

 

Philosophy of science. http://en.wikipedia.org/wiki/Philosophy_of_Science_(journal)

 

Scientific Method. http://en.wikipedia.org/wiki/Scientific_method


Details ...
Course Descriptions

Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah Filsafat Ilmu/Logika ini, mahasiswa diharapkan mengetahui, memahami dan mampu mengimplementasikan konsep-konsep filsafat ilmu/logika dengan akar pengetahuan , berfikir logis dan rasional, berfikir deduktif dan induktif, metode ilmiah- kekuatan dan kelemahannya, proses, produk, dan sikap ilmiah dalam aktivitas pendidikan dan pengajaran untuk mencapai pendidikan dan pembelajaran secara efektif dan efisien dalam membahas tatacara pengambilan kesimpulan melalui silogisme, teori peluang matematis dan analisis statistik.

Learning Outcomes

Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan melaksanakan  pemahaman ilmu filsafat, berfikir logis dan rasional secara signifikan  dalam melaksanakan proses pembelajaran di Satuan Pendidikan Guru  Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD).Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan melaksanakan  pemahaman ilmu filsafat, berfikir logis dan rasional secara signifikan  dalam melaksanakan proses pembelajaran di Satuan Pendidikan Guru  Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD).

References

Beerling, Kwee, Mooij, Van Peursen (2003) Pengantar Filsafat Ilmu, Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.

 

Bronowsky, Jacob (1998). The Accent of Man.

 

  Jujun S. Suriasumantri (1995). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: yayasan obor      Indonesia.

  Jujun  s suriasumantri, filsafat ilmu; sebuah pengantar populer, pustaka sinar   harapan,      jkt

 ..............ilmu dalam perspektif, gramedia, jkarta

  Ahmad tafsir, filsafat ilmu, remaja rosdakarya, bandung

  Cony semiawan dkk, dimensi kreatif dlm filsafat ilmu, rosdakarya bndung

  Solly lubis, filsafat ilmu dan penelitian, mahdar maju, jkt

 

 

Additional reading:

 

Philosophers Index. http://users.ox.ac.uk/~worc0337/phil_journals_paper2.html#philosophers

 

Philosophy of science. http://en.wikipedia.org/wiki/Philosophy_of_Science_(journal)

 

Scientific Method. http://en.wikipedia.org/wiki/Scientific_method


Details ...
Course Descriptions

Pemahaman tentang pengetahuan, ilmu pengetahuan yang meliputi sejarah ilmu pengetahuan, filsafat dan dasar-dasar ilmu  pengetahuan, pengetahuan ilmu kebenaran, dan sarana ilmu pengetahuan, serta kajian epistemologi terhadap pendidikan sebagai ilmu pengetahuan.

Learning Outcomes

Menguasai landasan pendidikan anak usia dini

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Filsafat Ilmu/Logika memberikian pemahaman kepada mahasiswa tentang akar pengetahuan, berikir logis dan rasional, berpikir deduktif dan induktif, metode-metode ilmiah, kekuatan dan kelemahannya, roses, produk dan sikap ilmiah, para tokoh filsuf dan pemikirannya sepanjang sejarah peradaban manusia juga dibahas dalam mata kuliah i9ni, mata kuliah ini juga membahas tatacara pengambilan kesimpulan selalui silogisme, teori peluang matematis dan analisis statistik.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah Filsafat Ilmu/Logika ini, mahasiswa diharapkan mengetahui, memahami dan mampu mengimplementasikan kosnep-konsep filsafat ilmu/logika dengan akar pengetahuan, berpikir logis dan rasional, berpikir deduktif dan induktif, memahami metode ilmiah, kekuatan dan kelemahannya, proses, produk dan sikap ilmiah dalam aktivitas pendidikan dan pengajaran untuk mencapai pendidikan dan pembelajaran secara efektif dan efisien dalam membahas tatacara pengambilan kesimpulan melalui silogisme, teori peluang matematis dan analisis statistik.

References

Ahmad Tafsir, 2008. Filsafat Ilmu , Gramedia: Jakarta

Cony Semiawan, 2007. Dimensi Kreatif dalam Filsafat Ilmu, Rosdakarya Bandung.

Solly Lubis, 2005. Filsafat Ilmu dan Penelitian, Mahdar Maju: Jakarta.

Beerling, Kwee, Mooij, Van Peursen (2003) Pengantar Filsafat Ilmu, Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.

Bronowsky, Jacob (1998). The Accent of Man.

  Jujun S. Suriasumantri (1995). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: yayasan obor      Indonesia.

  Jujun  s suriasumantri, filsafat ilmu; sebuah pengantar populer, pustaka sinar   harapan,      jkt

 ..............ilmu dalam perspektif, gramedia, jkarta

Beerling, Kwee, Mooij, Van Peursen (2003) Pengantar Filsafat Ilmu, Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.

Bronowsky, Jacob (1998). The Accent of Man.

  Jujun S. Suriasumantri (1995). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: yayasan obor      Indonesia.

  Jujun  s suriasumantri, filsafat ilmu; sebuah pengantar populer, pustaka sinar   harapan,      jkt

 ..............ilmu dalam perspektif, gramedia, jkarta

Beerling, Kwee, Mooij, Van Peursen (2003) Pengantar Filsafat Ilmu, Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.

Bronowsky, Jacob (1998). The Accent of Man.

  Jujun S. Suriasumantri (1995). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: yayasan obor      Indonesia.

  Jujun  s suriasu

Beerling, Kwee, Mooij, Van Peursen (2003) Pengantar Filsafat Ilmu, Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.

Bronowsky, Jacob (1998). The Accent of Man.

  Jujun S. Suriasumantri (1995). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: yayasan obor      Indonesia.

  Jujun  s suriasumantri, filsafat ilmu; sebuah pengantar populer, pustaka sinar   harapan,      jkt

 ..............ilmu dalam perspektif, gramedia, jkarta

Beerling, Kwee, Mooij, Van Peursen (2003) Pengantar Filsafat Ilmu, Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.

Bronowsky, Jacob (1998). The Accent of Man.

  Jujun S. Suriasumantri (1995). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: yayasan obor      Indonesia.

  Jujun  s suriasumantri, filsafat ilmu; sebuah pengantar populer, pustaka sinar   harapan,      jkt

 ..............ilmu dalam perspektif, gramedia, jkarta

Beerling, Kwee, Mooij, Van Peursen (2003) Pengantar Filsafat Ilmu, Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.

Bronowsky, Jacob (1998). The Accent of Man.

  Jujun S. Suriasumantri (1995). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: yayasan obor      Indonesia.

  Jujun  s suriasumantri, filsafat ilmu; sebuah pengantar populer, pustaka sinar   harapan,      jkt

 ..............ilmu dalam perspektif, gramedia, jkarta

mantri, filsafat ilmu; sebuah pengantar populer, pustaka sinar   harapan,      jkt

 ..............ilmu dalam perspektif, gramedia, jkarta

 


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Filsafat Ilmu/Logika memberikian pemahaman kepada mahasiswa tentang akar pengetahuan, berikir logis dan rasional, berpikir deduktif dan induktif, metode-metode ilmiah, kekuatan dan kelemahannya, roses, produk dan sikap ilmiah, para tokoh filsuf dan pemikirannya sepanjang sejarah peradaban manusia juga dibahas dalam mata kuliah i9ni, mata kuliah ini juga membahas tatacara pengambilan kesimpulan selalui silogisme, teori peluang matematis dan analisis statistik.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah Filsafat Ilmu/Logika ini, mahasiswa diharapkan mengetahui, memahami dan mampu mengimplementasikan kosnep-konsep filsafat ilmu/logika dengan akar pengetahuan, berpikir logis dan rasional, berpikir deduktif dan induktif, memahami metode ilmiah, kekuatan dan kelemahannya, proses, produk dan sikap ilmiah dalam aktivitas pendidikan dan pengajaran untuk mencapai pendidikan dan pembelajaran secara efektif dan efisien dalam membahas tatacara pengambilan kesimpulan melalui silogisme, teori peluang matematis dan analisis statistik.

References

Ahmad Tafsir, 2008. Filsafat Ilmu , Gramedia: Jakarta

Cony Semiawan, 2007. Dimensi Kreatif dalam Filsafat Ilmu, Rosdakarya Bandung.

Solly Lubis, 2005. Filsafat Ilmu dan Penelitian, Mahdar Maju: Jakarta.

Beerling, Kwee, Mooij, Van Peursen (2003) Pengantar Filsafat Ilmu, Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.

Bronowsky, Jacob (1998). The Accent of Man.

  Jujun S. Suriasumantri (1995). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: yayasan obor      Indonesia.

  Jujun  s suriasumantri, filsafat ilmu; sebuah pengantar populer, pustaka sinar   harapan,      jkt

 ..............ilmu dalam perspektif, gramedia, jkarta

Beerling, Kwee, Mooij, Van Peursen (2003) Pengantar Filsafat Ilmu, Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.

Bronowsky, Jacob (1998). The Accent of Man.

  Jujun S. Suriasumantri (1995). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: yayasan obor      Indonesia.

  Jujun  s suriasumantri, filsafat ilmu; sebuah pengantar populer, pustaka sinar   harapan,      jkt

 ..............ilmu dalam perspektif, gramedia, jkarta

Beerling, Kwee, Mooij, Van Peursen (2003) Pengantar Filsafat Ilmu, Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.

Bronowsky, Jacob (1998). The Accent of Man.

  Jujun S. Suriasumantri (1995). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: yayasan obor      Indonesia.

  Jujun  s suriasu

Beerling, Kwee, Mooij, Van Peursen (2003) Pengantar Filsafat Ilmu, Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.

Bronowsky, Jacob (1998). The Accent of Man.

  Jujun S. Suriasumantri (1995). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: yayasan obor      Indonesia.

  Jujun  s suriasumantri, filsafat ilmu; sebuah pengantar populer, pustaka sinar   harapan,      jkt

 ..............ilmu dalam perspektif, gramedia, jkarta

Beerling, Kwee, Mooij, Van Peursen (2003) Pengantar Filsafat Ilmu, Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.

Bronowsky, Jacob (1998). The Accent of Man.

  Jujun S. Suriasumantri (1995). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: yayasan obor      Indonesia.

  Jujun  s suriasumantri, filsafat ilmu; sebuah pengantar populer, pustaka sinar   harapan,      jkt

 ..............ilmu dalam perspektif, gramedia, jkarta

Beerling, Kwee, Mooij, Van Peursen (2003) Pengantar Filsafat Ilmu, Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.

Bronowsky, Jacob (1998). The Accent of Man.

  Jujun S. Suriasumantri (1995). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: yayasan obor      Indonesia.

  Jujun  s suriasumantri, filsafat ilmu; sebuah pengantar populer, pustaka sinar   harapan,      jkt

 ..............ilmu dalam perspektif, gramedia, jkarta

mantri, filsafat ilmu; sebuah pengantar populer, pustaka sinar   harapan,      jkt

 ..............ilmu dalam perspektif, gramedia, jkarta

 


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Filsafat Ilmu/Logika memberikian pemahaman kepada mahasiswa tentang akar pengetahuan, berikir logis dan rasional, berpikir deduktif dan induktif, metode-metode ilmiah, kekuatan dan kelemahannya, roses, produk dan sikap ilmiah, para tokoh filsuf dan pemikirannya sepanjang sejarah peradaban manusia juga dibahas dalam mata kuliah i9ni, mata kuliah ini juga membahas tatacara pengambilan kesimpulan selalui silogisme, teori peluang matematis dan analisis statistik.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah Filsafat Ilmu/Logika ini, mahasiswa diharapkan mengetahui, memahami dan mampu mengimplementasikan kosnep-konsep filsafat ilmu/logika dengan akar pengetahuan, berpikir logis dan rasional, berpikir deduktif dan induktif, memahami metode ilmiah, kekuatan dan kelemahannya, proses, produk dan sikap ilmiah dalam aktivitas pendidikan dan pengajaran untuk mencapai pendidikan dan pembelajaran secara efektif dan efisien dalam membahas tatacara pengambilan kesimpulan melalui silogisme, teori peluang matematis dan analisis statistik.

References

Ahmad Tafsir, 2008. Filsafat Ilmu , Gramedia: Jakarta

Cony Semiawan, 2007. Dimensi Kreatif dalam Filsafat Ilmu, Rosdakarya Bandung.

Solly Lubis, 2005. Filsafat Ilmu dan Penelitian, Mahdar Maju: Jakarta.

Beerling, Kwee, Mooij, Van Peursen (2003) Pengantar Filsafat Ilmu, Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.

Bronowsky, Jacob (1998). The Accent of Man.

  Jujun S. Suriasumantri (1995). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: yayasan obor      Indonesia.

  Jujun  s suriasumantri, filsafat ilmu; sebuah pengantar populer, pustaka sinar   harapan,      jkt

 ..............ilmu dalam perspektif, gramedia, jkarta

Beerling, Kwee, Mooij, Van Peursen (2003) Pengantar Filsafat Ilmu, Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.

Bronowsky, Jacob (1998). The Accent of Man.

  Jujun S. Suriasumantri (1995). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: yayasan obor      Indonesia.

  Jujun  s suriasumantri, filsafat ilmu; sebuah pengantar populer, pustaka sinar   harapan,      jkt

 ..............ilmu dalam perspektif, gramedia, jkarta

Beerling, Kwee, Mooij, Van Peursen (2003) Pengantar Filsafat Ilmu, Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.

Bronowsky, Jacob (1998). The Accent of Man.

  Jujun S. Suriasumantri (1995). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: yayasan obor      Indonesia.

  Jujun  s suriasu

Beerling, Kwee, Mooij, Van Peursen (2003) Pengantar Filsafat Ilmu, Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.

Bronowsky, Jacob (1998). The Accent of Man.

  Jujun S. Suriasumantri (1995). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: yayasan obor      Indonesia.

  Jujun  s suriasumantri, filsafat ilmu; sebuah pengantar populer, pustaka sinar   harapan,      jkt

 ..............ilmu dalam perspektif, gramedia, jkarta

Beerling, Kwee, Mooij, Van Peursen (2003) Pengantar Filsafat Ilmu, Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.

Bronowsky, Jacob (1998). The Accent of Man.

  Jujun S. Suriasumantri (1995). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: yayasan obor      Indonesia.

  Jujun  s suriasumantri, filsafat ilmu; sebuah pengantar populer, pustaka sinar   harapan,      jkt

 ..............ilmu dalam perspektif, gramedia, jkarta

Beerling, Kwee, Mooij, Van Peursen (2003) Pengantar Filsafat Ilmu, Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.

Bronowsky, Jacob (1998). The Accent of Man.

  Jujun S. Suriasumantri (1995). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: yayasan obor      Indonesia.

  Jujun  s suriasumantri, filsafat ilmu; sebuah pengantar populer, pustaka sinar   harapan,      jkt

 ..............ilmu dalam perspektif, gramedia, jkarta

mantri, filsafat ilmu; sebuah pengantar populer, pustaka sinar   harapan,      jkt

 ..............ilmu dalam perspektif, gramedia, jkarta

 


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Filsafat Ilmu/Logika memberikian pemahaman kepada mahasiswa tentang akar pengetahuan, berikir logis dan rasional, berpikir deduktif dan induktif, metode-metode ilmiah, kekuatan dan kelemahannya, roses, produk dan sikap ilmiah, para tokoh filsuf dan pemikirannya sepanjang sejarah peradaban manusia juga dibahas dalam mata kuliah i9ni, mata kuliah ini juga membahas tatacara pengambilan kesimpulan selalui silogisme, teori peluang matematis dan analisis statistik.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah Filsafat Ilmu/Logika ini, mahasiswa diharapkan mengetahui, memahami dan mampu mengimplementasikan kosnep-konsep filsafat ilmu/logika dengan akar pengetahuan, berpikir logis dan rasional, berpikir deduktif dan induktif, memahami metode ilmiah, kekuatan dan kelemahannya, proses, produk dan sikap ilmiah dalam aktivitas pendidikan dan pengajaran untuk mencapai pendidikan dan pembelajaran secara efektif dan efisien dalam membahas tatacara pengambilan kesimpulan melalui silogisme, teori peluang matematis dan analisis statistik.

References

Ahmad Tafsir, 2008. Filsafat Ilmu , Gramedia: Jakarta

Cony Semiawan, 2007. Dimensi Kreatif dalam Filsafat Ilmu, Rosdakarya Bandung.

Solly Lubis, 2005. Filsafat Ilmu dan Penelitian, Mahdar Maju: Jakarta.

Beerling, Kwee, Mooij, Van Peursen (2003) Pengantar Filsafat Ilmu, Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.

Bronowsky, Jacob (1998). The Accent of Man.

  Jujun S. Suriasumantri (1995). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: yayasan obor      Indonesia.

  Jujun  s suriasumantri, filsafat ilmu; sebuah pengantar populer, pustaka sinar   harapan,      jkt

 ..............ilmu dalam perspektif, gramedia, jkarta

Beerling, Kwee, Mooij, Van Peursen (2003) Pengantar Filsafat Ilmu, Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.

Bronowsky, Jacob (1998). The Accent of Man.

  Jujun S. Suriasumantri (1995). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: yayasan obor      Indonesia.

  Jujun  s suriasumantri, filsafat ilmu; sebuah pengantar populer, pustaka sinar   harapan,      jkt

 ..............ilmu dalam perspektif, gramedia, jkarta

Beerling, Kwee, Mooij, Van Peursen (2003) Pengantar Filsafat Ilmu, Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.

Bronowsky, Jacob (1998). The Accent of Man.

  Jujun S. Suriasumantri (1995). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: yayasan obor      Indonesia.

  Jujun  s suriasu

Beerling, Kwee, Mooij, Van Peursen (2003) Pengantar Filsafat Ilmu, Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.

Bronowsky, Jacob (1998). The Accent of Man.

  Jujun S. Suriasumantri (1995). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: yayasan obor      Indonesia.

  Jujun  s suriasumantri, filsafat ilmu; sebuah pengantar populer, pustaka sinar   harapan,      jkt

 ..............ilmu dalam perspektif, gramedia, jkarta

Beerling, Kwee, Mooij, Van Peursen (2003) Pengantar Filsafat Ilmu, Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.

Bronowsky, Jacob (1998). The Accent of Man.

  Jujun S. Suriasumantri (1995). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: yayasan obor      Indonesia.

  Jujun  s suriasumantri, filsafat ilmu; sebuah pengantar populer, pustaka sinar   harapan,      jkt

 ..............ilmu dalam perspektif, gramedia, jkarta

Beerling, Kwee, Mooij, Van Peursen (2003) Pengantar Filsafat Ilmu, Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.

Bronowsky, Jacob (1998). The Accent of Man.

  Jujun S. Suriasumantri (1995). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: yayasan obor      Indonesia.

  Jujun  s suriasumantri, filsafat ilmu; sebuah pengantar populer, pustaka sinar   harapan,      jkt

 ..............ilmu dalam perspektif, gramedia, jkarta

mantri, filsafat ilmu; sebuah pengantar populer, pustaka sinar   harapan,      jkt

 ..............ilmu dalam perspektif, gramedia, jkarta

 


Details ...