Courser in English | PHILOSOPHY OF SCIENCE/LOGICS |
Program | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SKS | 2 SKS |
RPS | 19 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah Filsafat Ilmu/Logika ini, mahasiswa diharapkan mengetahui, memahami dan mampu mengimplementasikan konsep-konsep filsafat ilmu/logika dengan akar pengetahuan , berfikir logis dan rasional, berfikir deduktif dan induktif, metode ilmiah- kekuatan dan kelemahannya, proses, produk, dan sikap ilmiah dalam aktivitas pendidikan dan pengajaran untuk mencapai pendidikan dan pembelajaran secara efektif dan efisien dalam membahas tatacara pengambilan kesimpulan melalui silogisme, teori peluang matematis dan analisis statistik.
Learning OutcomesMenghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan melaksanakan pemahaman ilmu filsafat, berfikir logis dan rasional secara signifikan dalam melaksanakan proses pembelajaran di Satuan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD).
ReferencesBeerling, Kwee, Mooij, Van Peursen (2003) Pengantar Filsafat Ilmu, Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.
Bronowsky, Jacob (1998). The Accent of Man.
Jujun S. Suriasumantri (1995). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: yayasan obor Indonesia.
Jujun s suriasumantri, filsafat ilmu; sebuah pengantar populer, pustaka sinar harapan, jkt
..............ilmu dalam perspektif, gramedia, jkarta
Ahmad tafsir, filsafat ilmu, remaja rosdakarya, bandung
Cony semiawan dkk, dimensi kreatif dlm filsafat ilmu, rosdakarya bndung
Solly lubis, filsafat ilmu dan penelitian, mahdar maju, jkt
Additional reading:
Philosophers Index. http://users.ox.ac.uk/~worc0337/phil_journals_paper2.html#philosophers
Philosophy of science. http://en.wikipedia.org/wiki/Philosophy_of_Science_(journal)
Scientific Method. http://en.wikipedia.org/wiki/Scientific_method
Details ...
Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah Filsafat Ilmu/Logika ini, mahasiswa diharapkan mengetahui, memahami dan mampu mengimplementasikan konsep-konsep filsafat ilmu/logika dengan akar pengetahuan , berfikir logis dan rasional, berfikir deduktif dan induktif, metode ilmiah- kekuatan dan kelemahannya, proses, produk, dan sikap ilmiah dalam aktivitas pendidikan dan pengajaran untuk mencapai pendidikan dan pembelajaran secara efektif dan efisien dalam membahas tatacara pengambilan kesimpulan melalui silogisme, teori peluang matematis dan analisis statistik.v
Learning OutcomesMenghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan melaksanakan pemahaman ilmu filsafat, berfikir logis dan rasional secara signifikan dalam melaksanakan proses pembelajaran di Satuan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD).
Referencesv
- REFERENSI
Wajib:
Beerling, Kwee, Mooij, Van Peursen (2003) Pengantar Filsafat Ilmu, Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.
Bronowsky, Jacob (1998). The Accent of Man.
Jujun S. Suriasumantri (1995). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: yayasan obor Indonesia.
Jujun s suriasumantri, filsafat ilmu; sebuah pengantar populer, pustaka sinar harapan, jkt
..............ilmu dalam perspektif, gramedia, jkarta
Ahmad tafsir, filsafat ilmu, remaja rosdakarya, bandung
Cony semiawan dkk, dimensi kreatif dlm filsafat ilmu, rosdakarya bndung
Solly lubis, filsafat ilmu dan penelitian, mahdar maju, jkt
Additional reading:
Philosophers Index. http://users.ox.ac.uk/~worc0337/phil_journals_paper2.html#philosophers
Philosophy of science. http://en.wikipedia.org/wiki/Philosophy_of_Science_(journal)
Scientific Method. http://en.wikipedia.org/wiki/Scientific_method
Details ...
Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah Filsafat Ilmu/Logika ini, mahasiswa diharapkan mengetahui, memahami dan mampu mengimplementasikan konsep-konsep filsafat ilmu/logika dengan akar pengetahuan , berfikir logis dan rasional, berfikir deduktif dan induktif, metode ilmiah- kekuatan dan kelemahannya, proses, produk, dan sikap ilmiah dalam aktivitas pendidikan dan pengajaran untuk mencapai pendidikan dan pembelajaran secara efektif dan efisien dalam membahas tatacara pengambilan kesimpulan melalui silogisme, teori peluang matematis dan analisis statistik.
Learning OutcomesMenghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan melaksanakan pemahaman ilmu filsafat, berfikir logis dan rasional secara signifikan dalam melaksanakan proses pembelajaran di Satuan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD).Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan melaksanakan pemahaman ilmu filsafat, berfikir logis dan rasional secara signifikan dalam melaksanakan proses pembelajaran di Satuan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD).
ReferencesBeerling, Kwee, Mooij, Van Peursen (2003) Pengantar Filsafat Ilmu, Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.
Bronowsky, Jacob (1998). The Accent of Man.
Jujun S. Suriasumantri (1995). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: yayasan obor Indonesia.
Jujun s suriasumantri, filsafat ilmu; sebuah pengantar populer, pustaka sinar harapan, jkt
..............ilmu dalam perspektif, gramedia, jkarta
Ahmad tafsir, filsafat ilmu, remaja rosdakarya, bandung
Cony semiawan dkk, dimensi kreatif dlm filsafat ilmu, rosdakarya bndung
Solly lubis, filsafat ilmu dan penelitian, mahdar maju, jkt
Additional reading:
Philosophers Index. http://users.ox.ac.uk/~worc0337/phil_journals_paper2.html#philosophers
Philosophy of science. http://en.wikipedia.org/wiki/Philosophy_of_Science_(journal)
Scientific Method. http://en.wikipedia.org/wiki/Scientific_method
Details ...
Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah Filsafat Ilmu/Logika ini, mahasiswa diharapkan mengetahui, memahami dan mampu mengimplementasikan konsep-konsep filsafat ilmu/logika dengan akar pengetahuan , berfikir logis dan rasional, berfikir deduktif dan induktif, metode ilmiah- kekuatan dan kelemahannya, proses, produk, dan sikap ilmiah dalam aktivitas pendidikan dan pengajaran untuk mencapai pendidikan dan pembelajaran secara efektif dan efisien dalam membahas tatacara pengambilan kesimpulan melalui silogisme, teori peluang matematis dan analisis statistik.
Learning OutcomesMenghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan melaksanakan pemahaman ilmu filsafat, berfikir logis dan rasional secara signifikan dalam melaksanakan proses pembelajaran di Satuan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD).Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan melaksanakan pemahaman ilmu filsafat, berfikir logis dan rasional secara signifikan dalam melaksanakan proses pembelajaran di Satuan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD).
ReferencesBeerling, Kwee, Mooij, Van Peursen (2003) Pengantar Filsafat Ilmu, Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.
Bronowsky, Jacob (1998). The Accent of Man.
Jujun S. Suriasumantri (1995). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: yayasan obor Indonesia.
Jujun s suriasumantri, filsafat ilmu; sebuah pengantar populer, pustaka sinar harapan, jkt
..............ilmu dalam perspektif, gramedia, jkarta
Ahmad tafsir, filsafat ilmu, remaja rosdakarya, bandung
Cony semiawan dkk, dimensi kreatif dlm filsafat ilmu, rosdakarya bndung
Solly lubis, filsafat ilmu dan penelitian, mahdar maju, jkt
Additional reading:
Philosophers Index. http://users.ox.ac.uk/~worc0337/phil_journals_paper2.html#philosophers
Philosophy of science. http://en.wikipedia.org/wiki/Philosophy_of_Science_(journal)
Scientific Method. http://en.wikipedia.org/wiki/Scientific_method
Details ...
Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah Filsafat Ilmu/Logika ini, mahasiswa diharapkan mengetahui, memahami dan mampu mengimplementasikan konsep-konsep filsafat ilmu/logika dengan akar pengetahuan , berfikir logis dan rasional, berfikir deduktif dan induktif, metode ilmiah- kekuatan dan kelemahannya, proses, produk, dan sikap ilmiah dalam aktivitas pendidikan dan pengajaran untuk mencapai pendidikan dan pembelajaran secara efektif dan efisien dalam membahas tatacara pengambilan kesimpulan melalui silogisme, teori peluang matematis dan analisis statistik.
Learning OutcomesMenghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan melaksanakan pemahaman ilmu filsafat, berfikir logis dan rasional secara signifikan dalam melaksanakan proses pembelajaran di Satuan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD).Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan melaksanakan pemahaman ilmu filsafat, berfikir logis dan rasional secara signifikan dalam melaksanakan proses pembelajaran di Satuan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD).
ReferencesBeerling, Kwee, Mooij, Van Peursen (2003) Pengantar Filsafat Ilmu, Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.
Bronowsky, Jacob (1998). The Accent of Man.
Jujun S. Suriasumantri (1995). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: yayasan obor Indonesia.
Jujun s suriasumantri, filsafat ilmu; sebuah pengantar populer, pustaka sinar harapan, jkt
..............ilmu dalam perspektif, gramedia, jkarta
Ahmad tafsir, filsafat ilmu, remaja rosdakarya, bandung
Cony semiawan dkk, dimensi kreatif dlm filsafat ilmu, rosdakarya bndung
Solly lubis, filsafat ilmu dan penelitian, mahdar maju, jkt
Additional reading:
Philosophers Index. http://users.ox.ac.uk/~worc0337/phil_journals_paper2.html#philosophers
Philosophy of science. http://en.wikipedia.org/wiki/Philosophy_of_Science_(journal)
Scientific Method. http://en.wikipedia.org/wiki/Scientific_method
Details ...
Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah Filsafat Ilmu/Logika ini, mahasiswa diharapkan mengetahui, memahami dan mampu mengimplementasikan konsep-konsep filsafat ilmu/logika dengan akar pengetahuan , berfikir logis dan rasional, berfikir deduktif dan induktif, metode ilmiah- kekuatan dan kelemahannya, proses, produk, dan sikap ilmiah dalam aktivitas pendidikan dan pengajaran untuk mencapai pendidikan dan pembelajaran secara efektif dan efisien dalam membahas tatacara pengambilan kesimpulan melalui silogisme, teori peluang matematis dan analisis statistik.
Learning OutcomesMenghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan melaksanakan pemahaman ilmu filsafat, berfikir logis dan rasional secara signifikan dalam melaksanakan proses pembelajaran di Satuan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD).Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan melaksanakan pemahaman ilmu filsafat, berfikir logis dan rasional secara signifikan dalam melaksanakan proses pembelajaran di Satuan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD).
ReferencesBeerling, Kwee, Mooij, Van Peursen (2003) Pengantar Filsafat Ilmu, Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.
Bronowsky, Jacob (1998). The Accent of Man.
Jujun S. Suriasumantri (1995). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: yayasan obor Indonesia.
Jujun s suriasumantri, filsafat ilmu; sebuah pengantar populer, pustaka sinar harapan, jkt
..............ilmu dalam perspektif, gramedia, jkarta
Ahmad tafsir, filsafat ilmu, remaja rosdakarya, bandung
Cony semiawan dkk, dimensi kreatif dlm filsafat ilmu, rosdakarya bndung
Solly lubis, filsafat ilmu dan penelitian, mahdar maju, jkt
Additional reading:
Philosophers Index. http://users.ox.ac.uk/~worc0337/phil_journals_paper2.html#philosophers
Philosophy of science. http://en.wikipedia.org/wiki/Philosophy_of_Science_(journal)
Scientific Method. http://en.wikipedia.org/wiki/Scientific_method
Details ...
Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah Filsafat Ilmu/Logika ini, mahasiswa diharapkan mengetahui, memahami dan mampu mengimplementasikan konsep-konsep filsafat ilmu/logika dengan akar pengetahuan , berfikir logis dan rasional, berfikir deduktif dan induktif, metode ilmiah- kekuatan dan kelemahannya, proses, produk, dan sikap ilmiah dalam aktivitas pendidikan dan pengajaran untuk mencapai pendidikan dan pembelajaran secara efektif dan efisien dalam membahas tatacara pengambilan kesimpulan melalui silogisme, teori peluang matematis dan analisis statistik.
Learning OutcomesMenghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan melaksanakan pemahaman ilmu filsafat, berfikir logis dan rasional secara signifikan dalam melaksanakan proses pembelajaran di Satuan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD).Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan melaksanakan pemahaman ilmu filsafat, berfikir logis dan rasional secara signifikan dalam melaksanakan proses pembelajaran di Satuan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD).
ReferencesBeerling, Kwee, Mooij, Van Peursen (2003) Pengantar Filsafat Ilmu, Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.
Bronowsky, Jacob (1998). The Accent of Man.
Jujun S. Suriasumantri (1995). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: yayasan obor Indonesia.
Jujun s suriasumantri, filsafat ilmu; sebuah pengantar populer, pustaka sinar harapan, jkt
..............ilmu dalam perspektif, gramedia, jkarta
Ahmad tafsir, filsafat ilmu, remaja rosdakarya, bandung
Cony semiawan dkk, dimensi kreatif dlm filsafat ilmu, rosdakarya bndung
Solly lubis, filsafat ilmu dan penelitian, mahdar maju, jkt
Additional reading:
Philosophers Index. http://users.ox.ac.uk/~worc0337/phil_journals_paper2.html#philosophers
Philosophy of science. http://en.wikipedia.org/wiki/Philosophy_of_Science_(journal)
Scientific Method. http://en.wikipedia.org/wiki/Scientific_method
Details ...
Pemahaman tentang pengetahuan, ilmu pengetahuan yang meliputi sejarah ilmu pengetahuan, filsafat dan dasar-dasar ilmu pengetahuan, pengetahuan ilmu kebenaran, dan sarana ilmu pengetahuan, serta kajian epistemologi terhadap pendidikan sebagai ilmu pengetahuan.
Learning OutcomesMenguasai landasan pendidikan anak usia dini
References-
Details ...
Mata Kuliah Filsafat Ilmu/Logika memberikian pemahaman kepada mahasiswa tentang akar pengetahuan, berikir logis dan rasional, berpikir deduktif dan induktif, metode-metode ilmiah, kekuatan dan kelemahannya, roses, produk dan sikap ilmiah, para tokoh filsuf dan pemikirannya sepanjang sejarah peradaban manusia juga dibahas dalam mata kuliah i9ni, mata kuliah ini juga membahas tatacara pengambilan kesimpulan selalui silogisme, teori peluang matematis dan analisis statistik.
Learning OutcomesSetelah mengikuti pembelajaran mata kuliah Filsafat Ilmu/Logika ini, mahasiswa diharapkan mengetahui, memahami dan mampu mengimplementasikan kosnep-konsep filsafat ilmu/logika dengan akar pengetahuan, berpikir logis dan rasional, berpikir deduktif dan induktif, memahami metode ilmiah, kekuatan dan kelemahannya, proses, produk dan sikap ilmiah dalam aktivitas pendidikan dan pengajaran untuk mencapai pendidikan dan pembelajaran secara efektif dan efisien dalam membahas tatacara pengambilan kesimpulan melalui silogisme, teori peluang matematis dan analisis statistik.
ReferencesAhmad Tafsir, 2008. Filsafat Ilmu , Gramedia: Jakarta
Cony Semiawan, 2007. Dimensi Kreatif dalam Filsafat Ilmu, Rosdakarya Bandung.
Solly Lubis, 2005. Filsafat Ilmu dan Penelitian, Mahdar Maju: Jakarta.
Beerling, Kwee, Mooij, Van Peursen (2003) Pengantar Filsafat Ilmu, Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.
Bronowsky, Jacob (1998). The Accent of Man.
Jujun S. Suriasumantri (1995). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: yayasan obor Indonesia.
Jujun s suriasumantri, filsafat ilmu; sebuah pengantar populer, pustaka sinar harapan, jkt
..............ilmu dalam perspektif, gramedia, jkarta
Beerling, Kwee, Mooij, Van Peursen (2003) Pengantar Filsafat Ilmu, Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.
Bronowsky, Jacob (1998). The Accent of Man.
Jujun S. Suriasumantri (1995). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: yayasan obor Indonesia.
Jujun s suriasumantri, filsafat ilmu; sebuah pengantar populer, pustaka sinar harapan, jkt
..............ilmu dalam perspektif, gramedia, jkarta
Beerling, Kwee, Mooij, Van Peursen (2003) Pengantar Filsafat Ilmu, Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.
Bronowsky, Jacob (1998). The Accent of Man.
Jujun S. Suriasumantri (1995). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: yayasan obor Indonesia.
Jujun s suriasu
Beerling, Kwee, Mooij, Van Peursen (2003) Pengantar Filsafat Ilmu, Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.
Bronowsky, Jacob (1998). The Accent of Man.
Jujun S. Suriasumantri (1995). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: yayasan obor Indonesia.
Jujun s suriasumantri, filsafat ilmu; sebuah pengantar populer, pustaka sinar harapan, jkt
..............ilmu dalam perspektif, gramedia, jkarta
Beerling, Kwee, Mooij, Van Peursen (2003) Pengantar Filsafat Ilmu, Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.
Bronowsky, Jacob (1998). The Accent of Man.
Jujun S. Suriasumantri (1995). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: yayasan obor Indonesia.
Jujun s suriasumantri, filsafat ilmu; sebuah pengantar populer, pustaka sinar harapan, jkt
..............ilmu dalam perspektif, gramedia, jkarta
Beerling, Kwee, Mooij, Van Peursen (2003) Pengantar Filsafat Ilmu, Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.
Bronowsky, Jacob (1998). The Accent of Man.
Jujun S. Suriasumantri (1995). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: yayasan obor Indonesia.
Jujun s suriasumantri, filsafat ilmu; sebuah pengantar populer, pustaka sinar harapan, jkt
..............ilmu dalam perspektif, gramedia, jkarta
mantri, filsafat ilmu; sebuah pengantar populer, pustaka sinar harapan, jkt
..............ilmu dalam perspektif, gramedia, jkarta
Details ...
Mata Kuliah Filsafat Ilmu/Logika memberikian pemahaman kepada mahasiswa tentang akar pengetahuan, berikir logis dan rasional, berpikir deduktif dan induktif, metode-metode ilmiah, kekuatan dan kelemahannya, roses, produk dan sikap ilmiah, para tokoh filsuf dan pemikirannya sepanjang sejarah peradaban manusia juga dibahas dalam mata kuliah i9ni, mata kuliah ini juga membahas tatacara pengambilan kesimpulan selalui silogisme, teori peluang matematis dan analisis statistik.
Learning OutcomesSetelah mengikuti pembelajaran mata kuliah Filsafat Ilmu/Logika ini, mahasiswa diharapkan mengetahui, memahami dan mampu mengimplementasikan kosnep-konsep filsafat ilmu/logika dengan akar pengetahuan, berpikir logis dan rasional, berpikir deduktif dan induktif, memahami metode ilmiah, kekuatan dan kelemahannya, proses, produk dan sikap ilmiah dalam aktivitas pendidikan dan pengajaran untuk mencapai pendidikan dan pembelajaran secara efektif dan efisien dalam membahas tatacara pengambilan kesimpulan melalui silogisme, teori peluang matematis dan analisis statistik.
ReferencesAhmad Tafsir, 2008. Filsafat Ilmu , Gramedia: Jakarta
Cony Semiawan, 2007. Dimensi Kreatif dalam Filsafat Ilmu, Rosdakarya Bandung.
Solly Lubis, 2005. Filsafat Ilmu dan Penelitian, Mahdar Maju: Jakarta.
Beerling, Kwee, Mooij, Van Peursen (2003) Pengantar Filsafat Ilmu, Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.
Bronowsky, Jacob (1998). The Accent of Man.
Jujun S. Suriasumantri (1995). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: yayasan obor Indonesia.
Jujun s suriasumantri, filsafat ilmu; sebuah pengantar populer, pustaka sinar harapan, jkt
..............ilmu dalam perspektif, gramedia, jkarta
Beerling, Kwee, Mooij, Van Peursen (2003) Pengantar Filsafat Ilmu, Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.
Bronowsky, Jacob (1998). The Accent of Man.
Jujun S. Suriasumantri (1995). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: yayasan obor Indonesia.
Jujun s suriasumantri, filsafat ilmu; sebuah pengantar populer, pustaka sinar harapan, jkt
..............ilmu dalam perspektif, gramedia, jkarta
Beerling, Kwee, Mooij, Van Peursen (2003) Pengantar Filsafat Ilmu, Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.
Bronowsky, Jacob (1998). The Accent of Man.
Jujun S. Suriasumantri (1995). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: yayasan obor Indonesia.
Jujun s suriasu
Beerling, Kwee, Mooij, Van Peursen (2003) Pengantar Filsafat Ilmu, Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.
Bronowsky, Jacob (1998). The Accent of Man.
Jujun S. Suriasumantri (1995). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: yayasan obor Indonesia.
Jujun s suriasumantri, filsafat ilmu; sebuah pengantar populer, pustaka sinar harapan, jkt
..............ilmu dalam perspektif, gramedia, jkarta
Beerling, Kwee, Mooij, Van Peursen (2003) Pengantar Filsafat Ilmu, Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.
Bronowsky, Jacob (1998). The Accent of Man.
Jujun S. Suriasumantri (1995). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: yayasan obor Indonesia.
Jujun s suriasumantri, filsafat ilmu; sebuah pengantar populer, pustaka sinar harapan, jkt
..............ilmu dalam perspektif, gramedia, jkarta
Beerling, Kwee, Mooij, Van Peursen (2003) Pengantar Filsafat Ilmu, Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.
Bronowsky, Jacob (1998). The Accent of Man.
Jujun S. Suriasumantri (1995). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: yayasan obor Indonesia.
Jujun s suriasumantri, filsafat ilmu; sebuah pengantar populer, pustaka sinar harapan, jkt
..............ilmu dalam perspektif, gramedia, jkarta
mantri, filsafat ilmu; sebuah pengantar populer, pustaka sinar harapan, jkt
..............ilmu dalam perspektif, gramedia, jkarta
Details ...
Mata Kuliah Filsafat Ilmu/Logika memberikian pemahaman kepada mahasiswa tentang akar pengetahuan, berikir logis dan rasional, berpikir deduktif dan induktif, metode-metode ilmiah, kekuatan dan kelemahannya, roses, produk dan sikap ilmiah, para tokoh filsuf dan pemikirannya sepanjang sejarah peradaban manusia juga dibahas dalam mata kuliah i9ni, mata kuliah ini juga membahas tatacara pengambilan kesimpulan selalui silogisme, teori peluang matematis dan analisis statistik.
Learning OutcomesSetelah mengikuti pembelajaran mata kuliah Filsafat Ilmu/Logika ini, mahasiswa diharapkan mengetahui, memahami dan mampu mengimplementasikan kosnep-konsep filsafat ilmu/logika dengan akar pengetahuan, berpikir logis dan rasional, berpikir deduktif dan induktif, memahami metode ilmiah, kekuatan dan kelemahannya, proses, produk dan sikap ilmiah dalam aktivitas pendidikan dan pengajaran untuk mencapai pendidikan dan pembelajaran secara efektif dan efisien dalam membahas tatacara pengambilan kesimpulan melalui silogisme, teori peluang matematis dan analisis statistik.
ReferencesAhmad Tafsir, 2008. Filsafat Ilmu , Gramedia: Jakarta
Cony Semiawan, 2007. Dimensi Kreatif dalam Filsafat Ilmu, Rosdakarya Bandung.
Solly Lubis, 2005. Filsafat Ilmu dan Penelitian, Mahdar Maju: Jakarta.
Beerling, Kwee, Mooij, Van Peursen (2003) Pengantar Filsafat Ilmu, Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.
Bronowsky, Jacob (1998). The Accent of Man.
Jujun S. Suriasumantri (1995). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: yayasan obor Indonesia.
Jujun s suriasumantri, filsafat ilmu; sebuah pengantar populer, pustaka sinar harapan, jkt
..............ilmu dalam perspektif, gramedia, jkarta
Beerling, Kwee, Mooij, Van Peursen (2003) Pengantar Filsafat Ilmu, Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.
Bronowsky, Jacob (1998). The Accent of Man.
Jujun S. Suriasumantri (1995). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: yayasan obor Indonesia.
Jujun s suriasumantri, filsafat ilmu; sebuah pengantar populer, pustaka sinar harapan, jkt
..............ilmu dalam perspektif, gramedia, jkarta
Beerling, Kwee, Mooij, Van Peursen (2003) Pengantar Filsafat Ilmu, Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.
Bronowsky, Jacob (1998). The Accent of Man.
Jujun S. Suriasumantri (1995). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: yayasan obor Indonesia.
Jujun s suriasu
Beerling, Kwee, Mooij, Van Peursen (2003) Pengantar Filsafat Ilmu, Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.
Bronowsky, Jacob (1998). The Accent of Man.
Jujun S. Suriasumantri (1995). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: yayasan obor Indonesia.
Jujun s suriasumantri, filsafat ilmu; sebuah pengantar populer, pustaka sinar harapan, jkt
..............ilmu dalam perspektif, gramedia, jkarta
Beerling, Kwee, Mooij, Van Peursen (2003) Pengantar Filsafat Ilmu, Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.
Bronowsky, Jacob (1998). The Accent of Man.
Jujun S. Suriasumantri (1995). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: yayasan obor Indonesia.
Jujun s suriasumantri, filsafat ilmu; sebuah pengantar populer, pustaka sinar harapan, jkt
..............ilmu dalam perspektif, gramedia, jkarta
Beerling, Kwee, Mooij, Van Peursen (2003) Pengantar Filsafat Ilmu, Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.
Bronowsky, Jacob (1998). The Accent of Man.
Jujun S. Suriasumantri (1995). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: yayasan obor Indonesia.
Jujun s suriasumantri, filsafat ilmu; sebuah pengantar populer, pustaka sinar harapan, jkt
..............ilmu dalam perspektif, gramedia, jkarta
mantri, filsafat ilmu; sebuah pengantar populer, pustaka sinar harapan, jkt
..............ilmu dalam perspektif, gramedia, jkarta
Details ...
Mata Kuliah Filsafat Ilmu/Logika memberikian pemahaman kepada mahasiswa tentang akar pengetahuan, berikir logis dan rasional, berpikir deduktif dan induktif, metode-metode ilmiah, kekuatan dan kelemahannya, roses, produk dan sikap ilmiah, para tokoh filsuf dan pemikirannya sepanjang sejarah peradaban manusia juga dibahas dalam mata kuliah i9ni, mata kuliah ini juga membahas tatacara pengambilan kesimpulan selalui silogisme, teori peluang matematis dan analisis statistik.
Learning OutcomesSetelah mengikuti pembelajaran mata kuliah Filsafat Ilmu/Logika ini, mahasiswa diharapkan mengetahui, memahami dan mampu mengimplementasikan kosnep-konsep filsafat ilmu/logika dengan akar pengetahuan, berpikir logis dan rasional, berpikir deduktif dan induktif, memahami metode ilmiah, kekuatan dan kelemahannya, proses, produk dan sikap ilmiah dalam aktivitas pendidikan dan pengajaran untuk mencapai pendidikan dan pembelajaran secara efektif dan efisien dalam membahas tatacara pengambilan kesimpulan melalui silogisme, teori peluang matematis dan analisis statistik.
ReferencesAhmad Tafsir, 2008. Filsafat Ilmu , Gramedia: Jakarta
Cony Semiawan, 2007. Dimensi Kreatif dalam Filsafat Ilmu, Rosdakarya Bandung.
Solly Lubis, 2005. Filsafat Ilmu dan Penelitian, Mahdar Maju: Jakarta.
Beerling, Kwee, Mooij, Van Peursen (2003) Pengantar Filsafat Ilmu, Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.
Bronowsky, Jacob (1998). The Accent of Man.
Jujun S. Suriasumantri (1995). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: yayasan obor Indonesia.
Jujun s suriasumantri, filsafat ilmu; sebuah pengantar populer, pustaka sinar harapan, jkt
..............ilmu dalam perspektif, gramedia, jkarta
Beerling, Kwee, Mooij, Van Peursen (2003) Pengantar Filsafat Ilmu, Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.
Bronowsky, Jacob (1998). The Accent of Man.
Jujun S. Suriasumantri (1995). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: yayasan obor Indonesia.
Jujun s suriasumantri, filsafat ilmu; sebuah pengantar populer, pustaka sinar harapan, jkt
..............ilmu dalam perspektif, gramedia, jkarta
Beerling, Kwee, Mooij, Van Peursen (2003) Pengantar Filsafat Ilmu, Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.
Bronowsky, Jacob (1998). The Accent of Man.
Jujun S. Suriasumantri (1995). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: yayasan obor Indonesia.
Jujun s suriasu
Beerling, Kwee, Mooij, Van Peursen (2003) Pengantar Filsafat Ilmu, Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.
Bronowsky, Jacob (1998). The Accent of Man.
Jujun S. Suriasumantri (1995). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: yayasan obor Indonesia.
Jujun s suriasumantri, filsafat ilmu; sebuah pengantar populer, pustaka sinar harapan, jkt
..............ilmu dalam perspektif, gramedia, jkarta
Beerling, Kwee, Mooij, Van Peursen (2003) Pengantar Filsafat Ilmu, Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.
Bronowsky, Jacob (1998). The Accent of Man.
Jujun S. Suriasumantri (1995). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: yayasan obor Indonesia.
Jujun s suriasumantri, filsafat ilmu; sebuah pengantar populer, pustaka sinar harapan, jkt
..............ilmu dalam perspektif, gramedia, jkarta
Beerling, Kwee, Mooij, Van Peursen (2003) Pengantar Filsafat Ilmu, Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.
Bronowsky, Jacob (1998). The Accent of Man.
Jujun S. Suriasumantri (1995). Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: yayasan obor Indonesia.
Jujun s suriasumantri, filsafat ilmu; sebuah pengantar populer, pustaka sinar harapan, jkt
..............ilmu dalam perspektif, gramedia, jkarta
mantri, filsafat ilmu; sebuah pengantar populer, pustaka sinar harapan, jkt
..............ilmu dalam perspektif, gramedia, jkarta
Details ...