Sosiologi sastra untuk pembelajaran, Curriculum : 2020


Courser in EnglishLITERATURE SOCIOLOGY FOR LEARNING
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S2
SKS2 SKS
RPS1 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata Kuliah ini bertujuan mengembangkan pemahaman komprehensif dan kritis tentang peran
sosiologi sastra dalam konteks pendidikan dengan fokus pada pembelajaran secara aplikatif.
Kajian karya sastra yang memiliki keterkaitan dengan masyarakat atau social, baik konseptual,
teori maupun ragam pendekatan. Topik yang dibahas meliputi strukturalisme, genetic,
sosiokultural, sosiologi pengarang, pembaca, pengaruh social karya sastra, teori marxis,
hegemoni Gramsci, dan sastra popular dikoneksikan pada landasan filosofis dan empiris
pendidikan/pembelajaran sastra, fungsi sastra dalam pendidikan, ruang lingkup pengembangan
kompetensi peserta didik dalam pendidikan sastra, menyusun desain prototype, sastra untuk
pembelajaran, dan membangun konsep pelaksanaan produk sosiologi sastra untuk pendidikan
dan pembelaj

 

Learning Outcomes

1. S1 bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
2. S2 menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan
etika
3. S7 menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
4. S9 menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
5. KU1 mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian
ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang
memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun
konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis
atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang
telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional
6. KU3 mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan
berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat
akademik dan masyarakat luas
7. KK7 Terampil menerapkan metode penelitian pendidikan bahasa dan sastra untuk menghasilkan
penelitian dalam bentuk tesis
8. P3 Menguasai pengetahuan Ilmu sastra, dan folklore untuk menemukan produk inovatif dan
berkualitas bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang bermanfaat bagi kelompok
masyarakat tertentu dan atau masyarakat luas
9. P10 Menguasai pengetahuan teknik dan metode pelaksanaan konsultasi pendidikan bahasa dan sastra
Indonesia pada satuan pendidikan formal dan non formal yang diakui di tingkat lokal, nasional dan
atau internasional

 

References

-


Details ...