Courser in English | LITERATURE SOCIOLOGY FOR LEARNING |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S2 |
SKS | 2 SKS |
RPS | 1 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Course Descriptions
Details ...
Mata Kuliah ini bertujuan mengembangkan pemahaman komprehensif dan kritis tentang peran sosiologi sastra dalam konteks pendidikan dengan fokus pada pembelajaran secara aplikatif. Kajian karya sastra yang memiliki keterkaitan dengan masyarakat atau social, baik konseptual, teori maupun ragam pendekatan. Topik yang dibahas meliputi strukturalisme, genetic, sosiokultural, sosiologi pengarang, pembaca, pengaruh social karya sastra, teori marxis, hegemoni Gramsci, dan sastra popular dikoneksikan pada landasan filosofis dan empiris pendidikan/pembelajaran sastra, fungsi sastra dalam pendidikan, ruang lingkup pengembangan kompetensi peserta didik dalam pendidikan sastra, menyusun desain prototype, sastra untuk pembelajaran, dan membangun konsep pelaksanaan produk sosiologi sastra untuk pendidikan dan pembelaj |
Learning Outcomes
1. S1 bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius 2. S2 menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika 3. S7 menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik 4. S9 menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. 5. KU1 mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional 6. KU3 mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas 7. KK7 Terampil menerapkan metode penelitian pendidikan bahasa dan sastra untuk menghasilkan penelitian dalam bentuk tesis 8. P3 Menguasai pengetahuan Ilmu sastra, dan folklore untuk menemukan produk inovatif dan berkualitas bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang bermanfaat bagi kelompok masyarakat tertentu dan atau masyarakat luas 9. P10 Menguasai pengetahuan teknik dan metode pelaksanaan konsultasi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia pada satuan pendidikan formal dan non formal yang diakui di tingkat lokal, nasional dan atau internasional |
References
-
Details ...