Kurikulum PPKn, Curriculum : 2015


Courser in EnglishPANCASILA AND CIVICS EDUCATION CURRICULUM
ProgramPendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
SKS2 SKS
RPS9 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang :

Konsep dan Kedudukan Kurikulum dalam Pendidikan;Prinsip-prinsip dasar Pengembangan Kurikulum; Perkembangan Kurikulum di Indonesia (termasuk Kurikulum 2013); GBPP/Silabus  PPKn  SMP, SMA dan SMK sesuai dengan kurikulum yang sedang berlaku; Teori dan Analisis Kurikulum melalui GBPP/Silabus PPKn SMP, SMA dan SMK.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa akan dapat
 menganalisis kurikulum melalui GBPP/Silabus PPKn SMP,SMA/SMK berdasarkan kebijakan Pemerintah yang sedang berlaku.

References

  • Dakir, 2004. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum, Yogyakarta: Rineka Cipta
  • Hamalik, 1990. Pengembangan Kurikulum (Dasar-Dasar Dan Perkembangannya), Bandung: Mandar Maju
  • Ibrahim dan Karyadi, 1993. Pengembangan dan Inovasi Kurikulum, Jakarta: Departemen Pendidikan dan kebudayaan
  • Karo-Karo, 1983. Pengantar ke dalam kurikulum, Salatiga.
  • Wahab, 1986. Kurikulum dan Buku Teks PMP, Jakarta: Karunika Universitas Terbuka
  • Yulaelawati, 2004. Kurikulum dan Pembelajaran, Filosofis Teori dan Aplikasi
  • Literatur2/Sumber2 bahan lain yang terkait dengan kurikulum 2013
  • Kumpulan Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013, Jakarta 19 – 21 Juli 2013 PERMENDIKBUD KURIKULUM 2013
  • Regulasi tentang Merdeka Belajar, al:
  • Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019, tentang Penyederhanaan RPP
  •  Surat Edaran Nomer 15 Tahun 2020 Pedoman Pelaksanaan Belajar dari rumah selama darurat bencana  Covid-19 di Indonesia


Details ...
Course Descriptions

Pembelajaran pada Mata Kuliah ini berisi tentang hakikat kurikulum, prinsip-prinsip pengembangan kurikulum, menentukan tujuan pembelajaran yang diampu, menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diampu, memilih materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran, menata materi pembelajaran secara benar sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik peserta didik, mengembangkan indikator dan instrumen penilaian.

Learning Outcomes

Mengembangkan  kurikulum  yang  terkait  dengan  mata  pelajaran  yang  diampu  (lampiran  permendiknas  16  th  2007-Kompetensi  pedagogik  no.3 terdapat 6 indikator 3.1 s.d 3.6).

References

Hamalik, 1990. Pengembangan Kurikulum (Dasar-Dasar Dan Perkembangannya), Bandung: Mandar Maju. Karo-Karo, 1983. Pengantar ke dalam kurikulum, Salatiga.
Wahab, 1986. Kurikulum dan Buku Teks PMP, Jakarta: Karunika Universitas Terbuka. Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi PKn SMP/SMA/SMK
Permendikbud No. 68, 69 dan 70 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum PPKn SMP/SMA/SMK Permendikbud No. 65 A& B Th 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar & Menengah, beserta lampirannya Permendikbud No. 81a tentang Implementasi Kurikulum, terutama lampiran IV tentang Pedoman Umum Pembelajaran BSNP, 2006, Panduan Penyusunan KTSP Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.
Dirjen PDM, 2008, Panduan Pengembangan Materi Pembelajaran
Permendikbud No. 66 A & B Tahun 2013 Standar Penilaian Pendidikan & Lampirannya
Permendikbud No. 81a tentang Implementasi Kurikulum, terutama lampiran V tentang Pedoman Evaluasi Kurikulum. Permendikbud No. 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan
Permendikbud No. 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi. Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses. Permendikbud No. 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian.
Permendikbud No. 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar.


Details ...
Course Descriptions

Pembelajaran pada Mata Kuliah ini berisi tentang hakikat kurikulum, prinsip-prinsip pengembangan kurikulum, menentukan tujuan pembelajaran yang diampu, menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diampu, memilih materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran, menata materi pembelajaran secara benar sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik peserta didik, mengembangkan indikator dan instrumen penilaian.

Learning Outcomes

Mengembangkan  kurikulum  yang  terkait  dengan  mata  pelajaran  yang  diampu  (lampiran  permendiknas  16  th  2007-Kompetensi  pedagogik  no.3 terdapat 6 indikator 3.1 s.d 3.6).

References

Hamalik, 1990. Pengembangan Kurikulum (Dasar-Dasar Dan Perkembangannya), Bandung: Mandar Maju. Karo-Karo, 1983. Pengantar ke dalam kurikulum, Salatiga.
Wahab, 1986. Kurikulum dan Buku Teks PMP, Jakarta: Karunika Universitas Terbuka. Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi PKn SMP/SMA/SMK
Permendikbud No. 68, 69 dan 70 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum PPKn SMP/SMA/SMK Permendikbud No. 65 A& B Th 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar & Menengah, beserta lampirannya Permendikbud No. 81a tentang Implementasi Kurikulum, terutama lampiran IV tentang Pedoman Umum Pembelajaran BSNP, 2006, Panduan Penyusunan KTSP Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.
Dirjen PDM, 2008, Panduan Pengembangan Materi Pembelajaran
Permendikbud No. 66 A & B Tahun 2013 Standar Penilaian Pendidikan & Lampirannya
Permendikbud No. 81a tentang Implementasi Kurikulum, terutama lampiran V tentang Pedoman Evaluasi Kurikulum. Permendikbud No. 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan
Permendikbud No. 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi. Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses. Permendikbud No. 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian.
Permendikbud No. 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar.


Details ...
Course Descriptions

Pembelajaran pada Mata Kuliah ini berisi tentang hakikat kurikulum, prinsip-prinsip pengembangan kurikulum, menentukan tujuan pembelajaran yang diampu, menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diampu, memilih materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran, menata materi pembelajaran secara benar sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik peserta didik, mengembangkan indikator dan instrumen penilaian.

Learning Outcomes

Mengembangkan  kurikulum  yang  terkait  dengan  mata  pelajaran  yang  diampu  (lampiran  permendiknas  16  th  2007-Kompetensi  pedagogik  no.3 terdapat 6 indikator 3.1 s.d 3.6).

References

Hamalik, 1990. Pengembangan Kurikulum (Dasar-Dasar Dan Perkembangannya), Bandung: Mandar Maju. Karo-Karo, 1983. Pengantar ke dalam kurikulum, Salatiga.
Wahab, 1986. Kurikulum dan Buku Teks PMP, Jakarta: Karunika Universitas Terbuka. Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi PKn SMP/SMA/SMK
Permendikbud No. 68, 69 dan 70 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum PPKn SMP/SMA/SMK Permendikbud No. 65 A& B Th 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar & Menengah, beserta lampirannya Permendikbud No. 81a tentang Implementasi Kurikulum, terutama lampiran IV tentang Pedoman Umum Pembelajaran BSNP, 2006, Panduan Penyusunan KTSP Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.
Dirjen PDM, 2008, Panduan Pengembangan Materi Pembelajaran
Permendikbud No. 66 A & B Tahun 2013 Standar Penilaian Pendidikan & Lampirannya
Permendikbud No. 81a tentang Implementasi Kurikulum, terutama lampiran V tentang Pedoman Evaluasi Kurikulum. Permendikbud No. 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan
Permendikbud No. 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi. Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses. Permendikbud No. 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian.
Permendikbud No. 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar.


Details ...
Course Descriptions

Pembelajaran pada Mata Kuliah ini berisi tentang hakikat kurikulum, prinsip-prinsip pengembangan kurikulum, menentukan tujuan  pembelajaran yang diampu, menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diampu, memilih materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran, menata materi pembelajaran secara benar sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik peserta didik, mengembangkan indikator dan instrumen penilaian.

Learning Outcomes

Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu (lampiran permendiknas 16 th 2007-Kompetensi pedagogik no.3 terdapat 6 indikator 3.1 s.d 3.6).

References

  1. Hamalik, 1990. Pengembangan Kurikulum (Dasar-Dasar Dan Perkembangannya), Bandung: Mandar Maju.
  2. Karo-Karo, 1983. Pengantar ke dalam kurikulum, Salatiga.
  3. Wahab, 1986. Kurikulum dan Buku Teks PMP, Jakarta: Karunika Universitas Terbuka.
  4. Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi PKn SMP/SMA/SMK
  5. Permendikbud No. 68, 69 dan 70 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum PPKn SMP/SMA/SMK
  6. Permendikbud No. 65 A& B Th 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar & Menengah, beserta lampirannya 
  7. Permendikbud No. 81a tentang Implementasi Kurikulum, terutama lampiran IV tentang Pedoman Umum Pembelajaran
  8. BSNP, 2006, Panduan Penyusunan KTSP Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.
  9. Dirjen PDM, 2008, Panduan Pengembangan Materi Pembelajaran
  10. Permendikbud No. 66 A & B Tahun 2013 Standar Penilaian Pendidikan & Lampirannya
  11. Permendikbud No. 81a tentang Implementasi Kurikulum, terutama lampiran V tentang Pedoman Evaluasi Kurikulum.
  12. Permendikbud No. 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan
  13. Permendikbud No. 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi.
  14. Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses.
  15. Permendikbud No. 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian.
  16. Permendikbud No. 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar.


Details ...
Course Descriptions

Pembelajaran pada Mata Kuliah ini berisi tentang hakikat kurikulum, prinsip-prinsip pengembangan kurikulum, menentukan tujuan  pembelajaran yang diampu, menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diampu, memilih materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran, menata materi pembelajaran secara benar sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik peserta didik, mengembangkan indikator dan instrumen penilaian.

Learning Outcomes

Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu (lampiran permendiknas 16 th 2007-Kompetensi pedagogik no.3 terdapat 6 indikator 3.1 s.d 3.6).

References

  1. Hamalik, 1990. Pengembangan Kurikulum (Dasar-Dasar Dan Perkembangannya), Bandung: Mandar Maju.
  2. Karo-Karo, 1983. Pengantar ke dalam kurikulum, Salatiga.
  3. Wahab, 1986. Kurikulum dan Buku Teks PMP, Jakarta: Karunika Universitas Terbuka.
  4. Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi PKn SMP/SMA/SMK
  5. Permendikbud No. 68, 69 dan 70 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum PPKn SMP/SMA/SMK
  6. Permendikbud No. 65 A& B Th 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar & Menengah, beserta lampirannya 
  7. Permendikbud No. 81a tentang Implementasi Kurikulum, terutama lampiran IV tentang Pedoman Umum Pembelajaran
  8. BSNP, 2006, Panduan Penyusunan KTSP Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.
  9. Dirjen PDM, 2008, Panduan Pengembangan Materi Pembelajaran
  10. Permendikbud No. 66 A & B Tahun 2013 Standar Penilaian Pendidikan & Lampirannya
  11. Permendikbud No. 81a tentang Implementasi Kurikulum, terutama lampiran V tentang Pedoman Evaluasi Kurikulum.
  12. Permendikbud No. 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan
  13. Permendikbud No. 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi.
  14. Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses.
  15. Permendikbud No. 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian.
  16. Permendikbud No. 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang: 

I. Prinsip-prinsip pengembangan kurikulum, yang meliputi: (1) Konsep Kurikulum dan Pembelajaran (Pengertian Kurikulum; Komponen Kurikulum; Fungsi Kurikulum; Model Kurikulum; Bentuk Kurikulum; Evaluasi Kurikulum; Perkembangan Kurikulum di Indonesia); (2) Prinsip Dasar Pengembangan, Kurikulum, yang meliputi: Pengembangan Kurikulum dan Prinsip Dasar Pengembangan Kurikulum.

II.  Penentuan tujuan  pembelajaran PKn/PPKn, yang meliputi: (1) KI & KD dalam GBPP/SilabusPKn SMP  sesuaidenganKurikulum yang sedang berlaku; (2) KI & KD dalam GBPP/Silabus PKn SMA/SMKsesuaidenganKurikulum; (3) Analisis SK/KI dan KD; (4) Menentukan Indikator & Tujuan Pembelajaran

III. Penentuanpengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran PKn/PPKn, yang meliputi: (a) Pengertian Pengalaman Belajar; (b) Macam-macam Pengalaman Belajar; (c) Penentuan Pengalaman Belajar yang sesuai KD, Indikator & Tujuan pembelajaran PKn/PPKn.

IV. Pemilihan materi pembelajaran yang diampu (PKn/PPKn) yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran, yang meliputi: (a) Pengertian Materi Pembelajaran; (b) Materi Pembelajaran PPKn Secara Umum/khusus; (c) Macam2/Jenis2 Materi Pembelajaran; (d) Pemilihan Materi Pembelajaran yang sesuai pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran.

V. Penataan/pengorganisasian materi pembelajaran secara benar sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik peserta didik, yang meliputi: (a) Pengertian & jenis materi pembelajaran; (b) Prinsip2 pengembangan materi pembelajaran; (c) Strategi implementasi  materi pembelajaran.

VI.  Pengembangkan indikator dan instrumen penilaian, yang meliputi: (a) Penentuan Indikator Pembelajaran; (b) Pengembangan Instrumen Penilaian berdasarkan Indikator yang ditentukan

Learning Outcomes

-

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang: Konsepsi Kurikulum dan Pembelajaran; Prinsip-prinsip dasar Pengembangan      Kurikulum; Perkembangan Kurikulum di Indonesia; GBPP/Silabus  PKn  SMP, SMA dan SMK    sesuai dengan kurikulum yang sedang berlaku; Teori dan Analisis Kurikulum melalui GBPP/Silabus PPKn SMP, SMA dan SMK; Cara mengembangkan kurikulum (cara merumuskan, indikator, tujuan pembelajaran, memilih dan menentukan mater pembelajaran, menentukan pengalaman belajar, dan menyusun evaluasi pembelajaran)

Learning Outcomes

I. Sikap, Mahasiswa

   1. memiliki nasionalisme, rasa tanggungjawab

   2. Desiplin (menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik)

   3. Profesional  (menunjukkan   sikap   bertanggungjawab   atas   pekerjaan   di   bidang keahliannya secara mandiri)

II. Ketrampilan

  1. Umum:  Mahasiswa mampu mengimplementasikan  ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Khusus: Mahasiswa mengembangkan kurikulum PKn/PPKn SMP dan SMA/SMK

III. Pengetahuan

    Mahasiswa akan  mampu menganalisis  kurikulum PKn/PPKn SMP dan SMA/SMK

:

References

 Siskandar, 2012. Buku Ajar Pengembangan Kurikulum. Semarang: Unnes Press

Wahab, 1986. Kurikulum dan Buku Teks PMP, Jakarta: Karunika Universitas Terbuka

Permendikbud RI Nomor, 58,59,60, 103, 104 Tahun 2014


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang: Konsepsi Kurikulum dan Pembelajaran; Prinsip-prinsip dasar Pengembangan      Kurikulum; Perkembangan Kurikulum di Indonesia; GBPP/Silabus  PKn  SMP, SMA dan SMK    sesuai dengan kurikulum yang sedang berlaku; Teori dan Analisis Kurikulum melalui GBPP/Silabus PPKn SMP, SMA dan SMK; Cara mengembangkan kurikulum (cara merumuskan, indikator, tujuan pembelajaran, memilih dan menentukan mater pembelajaran, menentukan pengalaman belajar, dan menyusun evaluasi pembelajaran)

Learning Outcomes

I. Sikap, Mahasiswa

   1. memiliki nasionalisme, rasa tanggungjawab

   2. Desiplin (menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik)

   3. Profesional  (menunjukkan   sikap   bertanggungjawab   atas   pekerjaan   di   bidang keahliannya secara mandiri)

II. Ketrampilan

  1. Umum:  Mahasiswa mampu mengimplementasikan  ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Khusus: Mahasiswa mengembangkan kurikulum PKn/PPKn SMP dan SMA/SMK

III. Pengetahuan

    Mahasiswa akan  mampu menganalisis  kurikulum PKn/PPKn SMP dan SMA/SMK

:

References

 Siskandar, 2012. Buku Ajar Pengembangan Kurikulum. Semarang: Unnes Press

Wahab, 1986. Kurikulum dan Buku Teks PMP, Jakarta: Karunika Universitas Terbuka

Permendikbud RI Nomor, 58,59,60, 103, 104 Tahun 2014


Details ...