Courser in English | PANCASILA AND CIVICS EDUCATION CURRICULUM |
Program | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
SKS | 2 SKS |
RPS | 9 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini berisi tentang :
Konsep dan Kedudukan Kurikulum dalam Pendidikan;Prinsip-prinsip dasar Pengembangan Kurikulum; Perkembangan Kurikulum di Indonesia (termasuk Kurikulum 2013); GBPP/Silabus PPKn SMP, SMA dan SMK sesuai dengan kurikulum yang sedang berlaku; Teori dan Analisis Kurikulum melalui GBPP/Silabus PPKn SMP, SMA dan SMK.
Learning OutcomesSetelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa akan dapat
menganalisis kurikulum melalui GBPP/Silabus PPKn SMP,SMA/SMK berdasarkan kebijakan Pemerintah yang sedang berlaku.
- Dakir, 2004. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum, Yogyakarta: Rineka Cipta
- Hamalik, 1990. Pengembangan Kurikulum (Dasar-Dasar Dan Perkembangannya), Bandung: Mandar Maju
- Ibrahim dan Karyadi, 1993. Pengembangan dan Inovasi Kurikulum, Jakarta: Departemen Pendidikan dan kebudayaan
- Karo-Karo, 1983. Pengantar ke dalam kurikulum, Salatiga.
- Wahab, 1986. Kurikulum dan Buku Teks PMP, Jakarta: Karunika Universitas Terbuka
- Yulaelawati, 2004. Kurikulum dan Pembelajaran, Filosofis Teori dan Aplikasi
- Literatur2/Sumber2 bahan lain yang terkait dengan kurikulum 2013
- Kumpulan Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013, Jakarta 19 – 21 Juli 2013 PERMENDIKBUD KURIKULUM 2013
- Regulasi tentang Merdeka Belajar, al:
- Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019, tentang Penyederhanaan RPP
- Surat Edaran Nomer 15 Tahun 2020 Pedoman Pelaksanaan Belajar dari rumah selama darurat bencana Covid-19 di Indonesia
Details ...
Pembelajaran pada Mata Kuliah ini berisi tentang hakikat kurikulum, prinsip-prinsip pengembangan kurikulum, menentukan tujuan pembelajaran yang diampu, menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diampu, memilih materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran, menata materi pembelajaran secara benar sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik peserta didik, mengembangkan indikator dan instrumen penilaian.
Learning OutcomesMengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu (lampiran permendiknas 16 th 2007-Kompetensi pedagogik no.3 terdapat 6 indikator 3.1 s.d 3.6).
ReferencesHamalik, 1990. Pengembangan Kurikulum (Dasar-Dasar Dan Perkembangannya), Bandung: Mandar Maju. Karo-Karo, 1983. Pengantar ke dalam kurikulum, Salatiga.
Wahab, 1986. Kurikulum dan Buku Teks PMP, Jakarta: Karunika Universitas Terbuka. Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi PKn SMP/SMA/SMK
Permendikbud No. 68, 69 dan 70 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum PPKn SMP/SMA/SMK Permendikbud No. 65 A& B Th 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar & Menengah, beserta lampirannya Permendikbud No. 81a tentang Implementasi Kurikulum, terutama lampiran IV tentang Pedoman Umum Pembelajaran BSNP, 2006, Panduan Penyusunan KTSP Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.
Dirjen PDM, 2008, Panduan Pengembangan Materi Pembelajaran
Permendikbud No. 66 A & B Tahun 2013 Standar Penilaian Pendidikan & Lampirannya
Permendikbud No. 81a tentang Implementasi Kurikulum, terutama lampiran V tentang Pedoman Evaluasi Kurikulum. Permendikbud No. 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan
Permendikbud No. 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi. Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses. Permendikbud No. 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian.
Permendikbud No. 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar.
Details ...
Pembelajaran pada Mata Kuliah ini berisi tentang hakikat kurikulum, prinsip-prinsip pengembangan kurikulum, menentukan tujuan pembelajaran yang diampu, menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diampu, memilih materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran, menata materi pembelajaran secara benar sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik peserta didik, mengembangkan indikator dan instrumen penilaian.
Learning OutcomesMengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu (lampiran permendiknas 16 th 2007-Kompetensi pedagogik no.3 terdapat 6 indikator 3.1 s.d 3.6).
ReferencesHamalik, 1990. Pengembangan Kurikulum (Dasar-Dasar Dan Perkembangannya), Bandung: Mandar Maju. Karo-Karo, 1983. Pengantar ke dalam kurikulum, Salatiga.
Wahab, 1986. Kurikulum dan Buku Teks PMP, Jakarta: Karunika Universitas Terbuka. Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi PKn SMP/SMA/SMK
Permendikbud No. 68, 69 dan 70 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum PPKn SMP/SMA/SMK Permendikbud No. 65 A& B Th 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar & Menengah, beserta lampirannya Permendikbud No. 81a tentang Implementasi Kurikulum, terutama lampiran IV tentang Pedoman Umum Pembelajaran BSNP, 2006, Panduan Penyusunan KTSP Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.
Dirjen PDM, 2008, Panduan Pengembangan Materi Pembelajaran
Permendikbud No. 66 A & B Tahun 2013 Standar Penilaian Pendidikan & Lampirannya
Permendikbud No. 81a tentang Implementasi Kurikulum, terutama lampiran V tentang Pedoman Evaluasi Kurikulum. Permendikbud No. 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan
Permendikbud No. 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi. Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses. Permendikbud No. 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian.
Permendikbud No. 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar.
Details ...
Pembelajaran pada Mata Kuliah ini berisi tentang hakikat kurikulum, prinsip-prinsip pengembangan kurikulum, menentukan tujuan pembelajaran yang diampu, menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diampu, memilih materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran, menata materi pembelajaran secara benar sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik peserta didik, mengembangkan indikator dan instrumen penilaian.
Learning OutcomesMengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu (lampiran permendiknas 16 th 2007-Kompetensi pedagogik no.3 terdapat 6 indikator 3.1 s.d 3.6).
ReferencesHamalik, 1990. Pengembangan Kurikulum (Dasar-Dasar Dan Perkembangannya), Bandung: Mandar Maju. Karo-Karo, 1983. Pengantar ke dalam kurikulum, Salatiga.
Wahab, 1986. Kurikulum dan Buku Teks PMP, Jakarta: Karunika Universitas Terbuka. Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi PKn SMP/SMA/SMK
Permendikbud No. 68, 69 dan 70 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum PPKn SMP/SMA/SMK Permendikbud No. 65 A& B Th 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar & Menengah, beserta lampirannya Permendikbud No. 81a tentang Implementasi Kurikulum, terutama lampiran IV tentang Pedoman Umum Pembelajaran BSNP, 2006, Panduan Penyusunan KTSP Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.
Dirjen PDM, 2008, Panduan Pengembangan Materi Pembelajaran
Permendikbud No. 66 A & B Tahun 2013 Standar Penilaian Pendidikan & Lampirannya
Permendikbud No. 81a tentang Implementasi Kurikulum, terutama lampiran V tentang Pedoman Evaluasi Kurikulum. Permendikbud No. 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan
Permendikbud No. 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi. Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses. Permendikbud No. 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian.
Permendikbud No. 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar.
Details ...
Pembelajaran pada Mata Kuliah ini berisi tentang hakikat kurikulum, prinsip-prinsip pengembangan kurikulum, menentukan tujuan pembelajaran yang diampu, menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diampu, memilih materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran, menata materi pembelajaran secara benar sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik peserta didik, mengembangkan indikator dan instrumen penilaian.
Learning OutcomesMengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu (lampiran permendiknas 16 th 2007-Kompetensi pedagogik no.3 terdapat 6 indikator 3.1 s.d 3.6).
References- Hamalik, 1990. Pengembangan Kurikulum (Dasar-Dasar Dan Perkembangannya), Bandung: Mandar Maju.
- Karo-Karo, 1983. Pengantar ke dalam kurikulum, Salatiga.
- Wahab, 1986. Kurikulum dan Buku Teks PMP, Jakarta: Karunika Universitas Terbuka.
- Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi PKn SMP/SMA/SMK
- Permendikbud No. 68, 69 dan 70 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum PPKn SMP/SMA/SMK
- Permendikbud No. 65 A& B Th 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar & Menengah, beserta lampirannya
- Permendikbud No. 81a tentang Implementasi Kurikulum, terutama lampiran IV tentang Pedoman Umum Pembelajaran
- BSNP, 2006, Panduan Penyusunan KTSP Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.
- Dirjen PDM, 2008, Panduan Pengembangan Materi Pembelajaran
- Permendikbud No. 66 A & B Tahun 2013 Standar Penilaian Pendidikan & Lampirannya
- Permendikbud No. 81a tentang Implementasi Kurikulum, terutama lampiran V tentang Pedoman Evaluasi Kurikulum.
- Permendikbud No. 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan
- Permendikbud No. 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi.
- Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses.
- Permendikbud No. 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian.
- Permendikbud No. 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar.
Details ...
Pembelajaran pada Mata Kuliah ini berisi tentang hakikat kurikulum, prinsip-prinsip pengembangan kurikulum, menentukan tujuan pembelajaran yang diampu, menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diampu, memilih materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran, menata materi pembelajaran secara benar sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik peserta didik, mengembangkan indikator dan instrumen penilaian.
Learning OutcomesMengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu (lampiran permendiknas 16 th 2007-Kompetensi pedagogik no.3 terdapat 6 indikator 3.1 s.d 3.6).
References- Hamalik, 1990. Pengembangan Kurikulum (Dasar-Dasar Dan Perkembangannya), Bandung: Mandar Maju.
- Karo-Karo, 1983. Pengantar ke dalam kurikulum, Salatiga.
- Wahab, 1986. Kurikulum dan Buku Teks PMP, Jakarta: Karunika Universitas Terbuka.
- Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi PKn SMP/SMA/SMK
- Permendikbud No. 68, 69 dan 70 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum PPKn SMP/SMA/SMK
- Permendikbud No. 65 A& B Th 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar & Menengah, beserta lampirannya
- Permendikbud No. 81a tentang Implementasi Kurikulum, terutama lampiran IV tentang Pedoman Umum Pembelajaran
- BSNP, 2006, Panduan Penyusunan KTSP Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.
- Dirjen PDM, 2008, Panduan Pengembangan Materi Pembelajaran
- Permendikbud No. 66 A & B Tahun 2013 Standar Penilaian Pendidikan & Lampirannya
- Permendikbud No. 81a tentang Implementasi Kurikulum, terutama lampiran V tentang Pedoman Evaluasi Kurikulum.
- Permendikbud No. 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan
- Permendikbud No. 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi.
- Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses.
- Permendikbud No. 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian.
- Permendikbud No. 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar.
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang:
I. Prinsip-prinsip pengembangan kurikulum, yang meliputi: (1) Konsep Kurikulum dan Pembelajaran (Pengertian Kurikulum; Komponen Kurikulum; Fungsi Kurikulum; Model Kurikulum; Bentuk Kurikulum; Evaluasi Kurikulum; Perkembangan Kurikulum di Indonesia); (2) Prinsip Dasar Pengembangan, Kurikulum, yang meliputi: Pengembangan Kurikulum dan Prinsip Dasar Pengembangan Kurikulum.
II. Penentuan tujuan pembelajaran PKn/PPKn, yang meliputi: (1) KI & KD dalam GBPP/SilabusPKn SMP sesuaidenganKurikulum yang sedang berlaku; (2) KI & KD dalam GBPP/Silabus PKn SMA/SMKsesuaidenganKurikulum; (3) Analisis SK/KI dan KD; (4) Menentukan Indikator & Tujuan Pembelajaran
III. Penentuanpengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran PKn/PPKn, yang meliputi: (a) Pengertian Pengalaman Belajar; (b) Macam-macam Pengalaman Belajar; (c) Penentuan Pengalaman Belajar yang sesuai KD, Indikator & Tujuan pembelajaran PKn/PPKn.
IV. Pemilihan materi pembelajaran yang diampu (PKn/PPKn) yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran, yang meliputi: (a) Pengertian Materi Pembelajaran; (b) Materi Pembelajaran PPKn Secara Umum/khusus; (c) Macam2/Jenis2 Materi Pembelajaran; (d) Pemilihan Materi Pembelajaran yang sesuai pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran.
V. Penataan/pengorganisasian materi pembelajaran secara benar sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik peserta didik, yang meliputi: (a) Pengertian & jenis materi pembelajaran; (b) Prinsip2 pengembangan materi pembelajaran; (c) Strategi implementasi materi pembelajaran.
VI. Pengembangkan indikator dan instrumen penilaian, yang meliputi: (a) Penentuan Indikator Pembelajaran; (b) Pengembangan Instrumen Penilaian berdasarkan Indikator yang ditentukan
Learning Outcomes-
References-
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang: Konsepsi Kurikulum dan Pembelajaran; Prinsip-prinsip dasar Pengembangan Kurikulum; Perkembangan Kurikulum di Indonesia; GBPP/Silabus PKn SMP, SMA dan SMK sesuai dengan kurikulum yang sedang berlaku; Teori dan Analisis Kurikulum melalui GBPP/Silabus PPKn SMP, SMA dan SMK; Cara mengembangkan kurikulum (cara merumuskan, indikator, tujuan pembelajaran, memilih dan menentukan mater pembelajaran, menentukan pengalaman belajar, dan menyusun evaluasi pembelajaran)
•
Learning OutcomesI. Sikap, Mahasiswa
1. memiliki nasionalisme, rasa tanggungjawab
2. Desiplin (menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik)
3. Profesional (menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri)
II. Ketrampilan
- Umum: Mahasiswa mampu mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
- Khusus: Mahasiswa mengembangkan kurikulum PKn/PPKn SMP dan SMA/SMK
III. Pengetahuan
Mahasiswa akan mampu menganalisis kurikulum PKn/PPKn SMP dan SMA/SMK
:
ReferencesSiskandar, 2012. Buku Ajar Pengembangan Kurikulum. Semarang: Unnes Press
Wahab, 1986. Kurikulum dan Buku Teks PMP, Jakarta: Karunika Universitas Terbuka
Permendikbud RI Nomor, 58,59,60, 103, 104 Tahun 2014
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang: Konsepsi Kurikulum dan Pembelajaran; Prinsip-prinsip dasar Pengembangan Kurikulum; Perkembangan Kurikulum di Indonesia; GBPP/Silabus PKn SMP, SMA dan SMK sesuai dengan kurikulum yang sedang berlaku; Teori dan Analisis Kurikulum melalui GBPP/Silabus PPKn SMP, SMA dan SMK; Cara mengembangkan kurikulum (cara merumuskan, indikator, tujuan pembelajaran, memilih dan menentukan mater pembelajaran, menentukan pengalaman belajar, dan menyusun evaluasi pembelajaran)
•
Learning OutcomesI. Sikap, Mahasiswa
1. memiliki nasionalisme, rasa tanggungjawab
2. Desiplin (menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik)
3. Profesional (menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri)
II. Ketrampilan
- Umum: Mahasiswa mampu mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
- Khusus: Mahasiswa mengembangkan kurikulum PKn/PPKn SMP dan SMA/SMK
III. Pengetahuan
Mahasiswa akan mampu menganalisis kurikulum PKn/PPKn SMP dan SMA/SMK
:
ReferencesSiskandar, 2012. Buku Ajar Pengembangan Kurikulum. Semarang: Unnes Press
Wahab, 1986. Kurikulum dan Buku Teks PMP, Jakarta: Karunika Universitas Terbuka
Permendikbud RI Nomor, 58,59,60, 103, 104 Tahun 2014
Details ...