Courser in English | SWIMMING I |
Program | Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi |
SKS | 2 SKS |
RPS | 20 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Renang 1 memberikan penguasaan keterampilan dasar gerak renang yang terdiri dari dua gaya dan penyelamatan air untuk mendapatkan gerak yang efektif dan efisien.
Learning OutcomesSetelah mengikuti perkulihan ini, diharapkan mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai tentang renang gaya bebas, gaya dada dan penyelamatan air beserta nilai-nilai yang terkandung didalamnya
ReferencesDavid G Thomas. 2006. Renang Tingkat Pemula. Jakarta: Rajagrafindo.
Sismadiyanto. 2008. Dasar Gerak Renang. Yogyakarta: UNY Press
Details ...
Renang 1 memberikan penguasaan keterampilan dasar gerak renang yang terdiri dari dua gaya dan penyelamatan air untuk mendapatkan gerak yang efektif dan efisien.
Learning OutcomesSetelah mengikuti perkulihan ini, diharapkan mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai tentang renang gaya bebas, gaya dada dan penyelamatan air beserta nilai-nilai yang terkandung didalamnya
ReferencesDavid G Thomas. 2006. Renang Tingkat Pemula. Jakarta: Rajagrafindo.
Sismadiyanto. 2008. Dasar Gerak Renang. Yogyakarta: UNY Press
Details ...
Renang 1 memberikan penguasaan keterampilan dasar gerak renang yang terdiri dari dua gaya dan penyelamatan air untuk mendapatkan gerak yang efektif dan efisien.
Learning OutcomesSetelah mengikuti perkulihan ini, diharapkan mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai tentang renang gaya bebas, gaya dada dan penyelamatan air beserta nilai-nilai yang terkandung didalamnya
ReferencesDavid G Thomas. 2006. Renang Tingkat Pemula. Jakarta: Rajagrafindo.
Sismadiyanto. 2008. Dasar Gerak Renang. Yogyakarta: UNY Press
Details ...
Renang 1 memberikan penguasaan keterampilan dasar gerak renang yang terdiri dari dua gaya dan penyelamatan air untuk mendapatkan gerak yang efektif dan efisien.
Learning OutcomesSetelah mengikuti perkulihan ini, diharapkan mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai tentang renang gaya bebas, gaya dada dan penyelamatan air beserta nilai-nilai yang terkandung didalamnya
ReferencesDavid G Thomas. 2006. Renang Tingkat Pemula. Jakarta: Rajagrafindo.
Sismadiyanto. 2008. Dasar Gerak Renang. Yogyakarta: UNY Press
Details ...
Pada perkuliahan ini dibahas berbagai pendekatan/model bukan saja mengenai penguasaan keterampilan dasar gerak mengapung di air (survive), dapat memperagakan renang gaya bebas dan gaya punggung, namun juga mengupas tataran pengetahuan, pemahaman secara teoretis dan filosofis. Pada perkuliahan ini juga mengkaji isu-isu dan masalah-masalah yang dihadapi dalam penerapan berbagai model/pendekatan pembelajaran yang mutahir serta kreatif dan aspiratif dalam mensiasati/modifikasi media pembelajaran yang terbatas.
Learning OutcomesSetelah mengikuti perkuliahan mata kuliah ini mahasiswa memiliki pengetahuan, sikap, dan terampil beradaptasi dilingkungan/media air, dapat memperagakan keterampilan mengapung di air (survive ), serta terampil memperagakan renang gaya bebas dan gaya punggung. Diharapkan mampu mengaplikasikannya dalam kegiatan keterampilan pribadi maupun untuk kepentingan proses belajar mengajar, serta mampu menyerap ide-ide secara kreatif dalam mengikuti isu-isu terkini yang terkait bagi perkembangan kemajuan pendidikan jasmani di dunia.
ReferencesDavies,Sharon, (1996). Leam Swimming in a Weekend,, Dorling Kindersley, London, UK. Maglischo, Ernest, ( 1982),. Swimming Faster, A Comprehensive Guide to the Science of Swimming, My Field Publishing Company, USA.
Maglischo,Constill and Richardson, (1992), Swimming, Blackwell Scientific, USA.
Sukintoko,(1993), Renang dan metodik, Depdikbud, Jakarta.
Thomas, David, (1989), Swimming, Steps to Sucsess, Leisure Press, Champaign, IL, USA.
Abdullah, Arma,. (1981 ), Olahraga untuk Perguruan Tinggi, Sastra Budaya, Yogyakarta.
C. Rob,Ort dan Jene B. Tyler.,(2000) .Dasar-dasarRenang, Angkasa. Bandung.
Elder,Terri. (1995), Water Fun and Fitness, Human Kinetics, Champaign,IL, USA.
Kurnia, Dadeng,.(1984), Cara Praktis Belajar renang, Prakarsa Belia, Jakarta.
Thomas, David,(1989), Swimming,Steps to Sucsess,Leisure Press, Champaign, IL, USA.
Details ...
Pada perkuliahan ini dibahas berbagai pendekatan/model bukan saja mengenai penguasaan keterampilan dasar gerak mengapung di air (survive), dapat memperagakan renang gaya bebas dan gaya punggung, namun juga mengupas tataran pengetahuan, pemahaman secara teoretis dan filosofis. Pada perkuliahan ini juga mengkaji isu-isu dan masalah-masalah yang dihadapi dalam penerapan berbagai model/pendekatan pembelajaran yang mutahir serta kreatif dan aspiratif dalam mensiasati/modifikasi media pembelajaran yang terbatas.
Learning OutcomesSetelah mengikuti perkuliahan mata kuliah ini mahasiswa memiliki pengetahuan, sikap, dan terampil beradaptasi dilingkungan/media air, dapat memperagakan keterampilan mengapung di air (survive ), serta terampil memperagakan renang gaya bebas dan gaya punggung. Diharapkan mampu mengaplikasikannya dalam kegiatan keterampilan pribadi maupun untuk kepentingan proses belajar mengajar, serta mampu menyerap ide-ide secara kreatif dalam mengikuti isu-isu terkini yang terkait bagi perkembangan kemajuan pendidikan jasmani di dunia.
ReferencesDavies,Sharon, (1996). Leam Swimming in a Weekend,, Dorling Kindersley, London, UK. Maglischo, Ernest, ( 1982),. Swimming Faster, A Comprehensive Guide to the Science of Swimming, My Field Publishing Company, USA.
Maglischo,Constill and Richardson, (1992), Swimming, Blackwell Scientific, USA.
Sukintoko,(1993), Renang dan metodik, Depdikbud, Jakarta.
Thomas, David, (1989), Swimming, Steps to Sucsess, Leisure Press, Champaign, IL, USA.
Abdullah, Arma,. (1981 ), Olahraga untuk Perguruan Tinggi, Sastra Budaya, Yogyakarta.
C. Rob,Ort dan Jene B. Tyler.,(2000) .Dasar-dasarRenang, Angkasa. Bandung.
Elder,Terri. (1995), Water Fun and Fitness, Human Kinetics, Champaign,IL, USA.
Kurnia, Dadeng,.(1984), Cara Praktis Belajar renang, Prakarsa Belia, Jakarta.
Thomas, David,(1989), Swimming,Steps to Sucsess,Leisure Press, Champaign, IL, USA.
Details ...
Pada perkuliahan ini dibahas berbagai pendekatan/model bukan saja mengenai penguasaan keterampilan dasar gerak mengapung di air (survive), dapat memperagakan renang gaya bebas dan gaya punggung, namun juga mengupas tataran pengetahuan, pemahaman secara teoretis dan filosofis. Pada perkuliahan ini juga mengkaji isu-isu dan masalah-masalah yang dihadapi dalam penerapan berbagai model/pendekatan pembelajaran yang mutahir serta kreatif dan aspiratif dalam mensiasati/modifikasi media pembelajaran yang terbatas.
Learning OutcomesSetelah mengikuti perkuliahan mata kuliah ini mahasiswa memiliki pengetahuan, sikap, dan terampil beradaptasi dilingkungan/media air, dapat memperagakan keterampilan mengapung di air (survive ), serta terampil memperagakan renang gaya bebas dan gaya punggung. Diharapkan mampu mengaplikasikannya dalam kegiatan keterampilan pribadi maupun untuk kepentingan proses belajar mengajar, serta mampu menyerap ide-ide secara kreatif dalam mengikuti isu-isu terkini yang terkait bagi perkembangan kemajuan pendidikan jasmani di dunia.
ReferencesDavies,Sharon, (1996). Leam Swimming in a Weekend,, Dorling Kindersley, London, UK. Maglischo, Ernest, ( 1982),. Swimming Faster, A Comprehensive Guide to the Science of Swimming, My Field Publishing Company, USA.
Maglischo,Constill and Richardson, (1992), Swimming, Blackwell Scientific, USA.
Sukintoko,(1993), Renang dan metodik, Depdikbud, Jakarta.
Thomas, David, (1989), Swimming, Steps to Sucsess, Leisure Press, Champaign, IL, USA.
Abdullah, Arma,. (1981 ), Olahraga untuk Perguruan Tinggi, Sastra Budaya, Yogyakarta.
C. Rob,Ort dan Jene B. Tyler.,(2000) .Dasar-dasarRenang, Angkasa. Bandung.
Elder,Terri. (1995), Water Fun and Fitness, Human Kinetics, Champaign,IL, USA.
Kurnia, Dadeng,.(1984), Cara Praktis Belajar renang, Prakarsa Belia, Jakarta.
Thomas, David,(1989), Swimming,Steps to Sucsess,Leisure Press, Champaign, IL, USA.
Details ...
Pada perkuliahan ini dibahas berbagai pendekatan/model bukan saja mengenai penguasaan keterampilan dasar gerak mengapung di air (survive), dapat memperagakan renang gaya bebas dan gaya punggung, namun juga mengupas tataran pengetahuan, pemahaman secara teoretis dan filosofis. Pada perkuliahan ini juga mengkaji isu-isu dan masalah-masalah yang dihadapi dalam penerapan berbagai model/pendekatan pembelajaran yang mutahir serta kreatif dan aspiratif dalam mensiasati/modifikasi media pembelajaran yang terbatas.
Learning OutcomesSetelah mengikuti perkuliahan mata kuliah ini mahasiswa memiliki pengetahuan, sikap, dan terampil beradaptasi dilingkungan/media air, dapat memperagakan keterampilan mengapung di air (survive ), serta terampil memperagakan renang gaya bebas dan gaya punggung. Diharapkan mampu mengaplikasikannya dalam kegiatan keterampilan pribadi maupun untuk kepentingan proses belajar mengajar, serta mampu menyerap ide-ide secara kreatif dalam mengikuti isu-isu terkini yang terkait bagi perkembangan kemajuan pendidikan jasmani di dunia.
ReferencesDavies,Sharon, (1996). Leam Swimming in a Weekend,, Dorling Kindersley, London, UK. Maglischo, Ernest, ( 1982),. Swimming Faster, A Comprehensive Guide to the Science of Swimming, My Field Publishing Company, USA.
Maglischo,Constill and Richardson, (1992), Swimming, Blackwell Scientific, USA.
Sukintoko,(1993), Renang dan metodik, Depdikbud, Jakarta.
Thomas, David, (1989), Swimming, Steps to Sucsess, Leisure Press, Champaign, IL, USA.
Abdullah, Arma,. (1981 ), Olahraga untuk Perguruan Tinggi, Sastra Budaya, Yogyakarta.
C. Rob,Ort dan Jene B. Tyler.,(2000) .Dasar-dasarRenang, Angkasa. Bandung.
Elder,Terri. (1995), Water Fun and Fitness, Human Kinetics, Champaign,IL, USA.
Kurnia, Dadeng,.(1984), Cara Praktis Belajar renang, Prakarsa Belia, Jakarta.
Thomas, David,(1989), Swimming,Steps to Sucsess,Leisure Press, Champaign, IL, USA.
Details ...