Courser in English | Educational Research Methodology |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah |
SKS | 2 SKS |
RPS | 1 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Dalam mata kuliah ini dibahas tentang: (1) Hakikat penelitian pendidikan dan penelitian bahasa dan sastra Jawa, (2) Hakikat pendekatan kua-litatif dan pendekatan kuantitatif, (3) Jenis-jenis metode penelitian: (a) Jenis-jenis Metode Penelitian Pendidikn,, (b) Karakteristik dari masing-masing jenis metode penelitian pendidikn, (c) Prosedur Penelitian Pendidikn sesuai dengan jenis metode penelitiannya, (d) Desain masing-masing jenis metode penelitian; (4) Metode Penelitian Eksperimen(5) Metode Penelitian Non Eksperimen (Deskriptif, (6) Penelitian Tindakan Kelas: (a) Hakikat PTK, (b) Karakteristik PTK, (c) Langkah-langkah PTK; (7) Metode-metode Penelitian Kualitatif; (8) UTS, (9) Merancang proposal penelitian: merumuskan masalah penelitian dan menentukan variabel penelitian; (10) Merancang proposal penelitian: merumuskan anggapan dasar dan merumuskan hipotesis; (11) Merancang proposal penelitian: merumuskan berbagai teknik pengumpulan data dan menentukan data dan sumber data (12) Merancang instrumen penelitian: instrumen tes dan instrumen nontes; (13) Merumuskan teknik pengolahan data penelitian: teknik statistik dan teknik deskriptif-kualitatif (14) Sistematika laporan peneiitian, (15) Bahasa dan teknik penulilan ilmiah dalam menulis laporan penelitian, (16) UAS
Learning OutcomesSetelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami konsepkonsep penelitian pendidikan, khususnya penelitian pendidikan bahasa dan sastra Jawa serta dapat mengimplementasikan konsep-konsep dimaksud ke dalam praktik penyusunan proposal penelitian guna memenuhi persyaratan akademik dalam menyelesaikan studi pada jenjang S-1.
References1) Arikunto, S. (1993). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. 2) Arikunto, S. (1993). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. 3) Arikunto, S., dkk (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara 4) Ary, D. J.(et.all). (1977). Introduction to Research in Education. New York: Holt Rinehart and Winston. 5) Bogdan, R.C. & Biklen, S.K. (1982). Methods of Social Research. Boston: Allyn and Bacon Inc. 6) Cohen, L. & L. Manion. (1989). Research Methods in Education. London:Routledge. 7) Creswell, J.W. Research Design: Qualitative & Quantitative Approaches. London: SAGE Publicationa 8) Daryanto. (2011). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Gava Media 9) Elliot, J. (1991). Action Research for Educational Change. Philadelphia: Milton Keynes
10)Fraenkel, J.R. & Wallen, N.E. (1993). How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill. 11)Furqon. (1997). Statistika Terapan untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. 12)Isaac, S. & W.B. Michael. (1985). Handbook in Research and Evaluation.California: EdiTS. 13)Komaidi, D. & Wahyu Wijayati. (2011). Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Sabda 14)Mahsun, M.S. (2005). Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: Rajagrafindo Persada. 15)McMillan, J. & Schumacher, S. (2001). Research in Education. New York: Longman. 16)Nunan, D. (1992). Research Methods in Language Learning. New York: Cambridge 17)Riduwan. (2002). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta 18)Riyanto, Y. (2001). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya:SIC 19)Soewarno, B.(1987). Metode Kuantitatif dalam Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial ddan Pendidikan. Bandung: Sekolah Pascasarjana IKIP Bandung. 20)Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta. 21)Sunanto, J., dkk. (2006). Penelitian dengan Subyek Tunggal. Bandung: UPI Press. 22)Sukardi (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara. 23)Syamsuddin A.R. & Damaianti, V.S. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Rosda 24)Wiriaatmadja, R. (2007). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Kerja sama PPS UPI dan Remaja Rosdakarya
Details ...