Etika Profesi Kependidikan, Curriculum : 2022


Courser in English-
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SKS2 SKS
RPS4 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata Kuliah ini berisi tentang penanaman dan pengembangan sikap profesional seorang calon guru. Sikap profesional ini dapat dibangun melalui pemahaman hakikat etika profesi kependidikan; sikap profesional guru; kedudukan dan peran guru dalam pendidikan sekolah; permasalahan dan kebutuhan guru dalam pengembangan profesi dan tugas pembelajaran; peran guru dalam administrasi dan supervisi pendidikan.
Mata Kuliah (MK) Kode Rumpun MK Bobot (SKS) Semester Tgl. Penyusunan
Etika Profesi Kependidikan 4122221602 Fakultair 2 2 30 Agustus 2023

Learning Outcomes

CPMK1
Mendiskripsikan hakikat etika profesi kependidikan; sikap profesional guru; kedudukan dan peran guru dalam pendidikan sekolah; peran guru dalam administrasi dan supervisi pendidikan (S8-9, KU2, P1, KK8)..
CPMK2
Menganalisis peran guru dalam administrasi dan supervisi pendidikan (S8-9, KU2-4, P1, KK8).
CPMK3
Menganalisis permasalahan dan kebutuhan guru dalam pengembangan profesi dan tugas pembelajaran (S8-9, KU2, P6, KK8).
CPMK4
Mengimplementasikan etika profesi kependidikan dan sikap profesional guru dengan dilandasi nilai-nilai akademik (S8-9, P1, KU2, KK8).
 

References

1. Arifin. & Barnawi. 2012. Etika dan Profesi Kependidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
2. Arifin. & Barnawi. 2014. Perkembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru. Yogyakarta: Gava Media
3. Arifin. & Barnawi. 2012. Kinerja Guru Profesional. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
4. Danim, Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan.Bandung:Pustaka Setia.
5. Danim, Sudarwan. 2013. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung : Alfabeta.
6. Djamarah, & Saiful. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
7. Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
8. Suhardan. 2010. Supervisi Profesional. Bandung : Alfabeta.
9. Soegeng. 2015. Etika Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
10. Perundang-undangan: UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas;UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen ;PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan ;Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi ;Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi dan Kompetensi Guru ;Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian ; Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses ; Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya

11. Perund
."Exploring the Practice of Teacher-Students Classroom Interaction in Speaking Subject at Higher Educatiaon
angan-undangan sehubungan dengan kurikulum 2013

12. Pengembangan Keprofesionalan Guru berkelanjutan (Buku I sampai V).

13. Kunandar. 2003. Guru Profesional. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

14. Alma, Buchari, dkk. 2008. Guru Profesional. Bandung: Alfabeta

15. Asmani, J.M. 2009. Tujuh Kompetensi Guru Menyenangkan dan Profesional. Jogjakarta: Power Book

16. Uno, B. Hamzah. 2007. Profsi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

17. Uzer, U.M. 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Osdakary Offset

18. Sehertian, A.P. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

19. Danim, Sudarwan. 2011. Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabet Soetjipto dan Kosasi, R. 2009.Profesi Keguruan.Jakarta: Rineka Cipta

20. Muhammad, A dan Ilyas, A. 2007. Bahan Ajar Profesi Pendidikan. Padang: Universitas Negeri Padang

21. Saud, S.U. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta

22. Mahsunah, Dian, dkk.. 2012. Kebijakan Pengembangan Profesi Guru (Modul PLPG). FKIP Unila.

23. Samana. 1994. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta: Kanisius. Bangko, Maret 2013
24. Ngatmini. 2019 . Journal of Physics.


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini berisi tentang penanaman dan pengembangan sikap profesional seorang calon guru. Sikap profesional ini dapat dibangun melalui pemahaman hakikat etika profesi kependidikan; sikap profesional guru; kedudukan dan peran guru dalam pendidikan sekolah; permasalahan dan kebutuhan guru dalam pengembangan profesi dan tugas pembelajaran; peran guru dalam administrasi dan supervisi pendidikan.
Mata Kuliah (MK) Kode Rumpun MK Bobot (SKS) Semester Tgl. Penyusunan
Etika Profesi Kependidikan 4122221602 Fakultair 2 2 30 Agustus 2023

Learning Outcomes

CPMK1
Mendiskripsikan hakikat etika profesi kependidikan; sikap profesional guru; kedudukan dan peran guru dalam pendidikan sekolah; peran guru dalam administrasi dan supervisi pendidikan (S8-9, KU2, P1, KK8)..
CPMK2
Menganalisis peran guru dalam administrasi dan supervisi pendidikan (S8-9, KU2-4, P1, KK8).
CPMK3
Menganalisis permasalahan dan kebutuhan guru dalam pengembangan profesi dan tugas pembelajaran (S8-9, KU2, P6, KK8).
CPMK4
Mengimplementasikan etika profesi kependidikan dan sikap profesional guru dengan dilandasi nilai-nilai akademik (S8-9, P1, KU2, KK8).
 

References

1. Arifin. & Barnawi. 2012. Etika dan Profesi Kependidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
2. Arifin. & Barnawi. 2014. Perkembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru. Yogyakarta: Gava Media
3. Arifin. & Barnawi. 2012. Kinerja Guru Profesional. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
4. Danim, Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan.Bandung:Pustaka Setia.
5. Danim, Sudarwan. 2013. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung : Alfabeta.
6. Djamarah, & Saiful. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
7. Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
8. Suhardan. 2010. Supervisi Profesional. Bandung : Alfabeta.
9. Soegeng. 2015. Etika Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
10. Perundang-undangan: UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas;UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen ;PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan ;Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi ;Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi dan Kompetensi Guru ;Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian ; Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses ; Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya

11. Perund
."Exploring the Practice of Teacher-Students Classroom Interaction in Speaking Subject at Higher Educatiaon
angan-undangan sehubungan dengan kurikulum 2013

12. Pengembangan Keprofesionalan Guru berkelanjutan (Buku I sampai V).

13. Kunandar. 2003. Guru Profesional. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

14. Alma, Buchari, dkk. 2008. Guru Profesional. Bandung: Alfabeta

15. Asmani, J.M. 2009. Tujuh Kompetensi Guru Menyenangkan dan Profesional. Jogjakarta: Power Book

16. Uno, B. Hamzah. 2007. Profsi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

17. Uzer, U.M. 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Osdakary Offset

18. Sehertian, A.P. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

19. Danim, Sudarwan. 2011. Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabet Soetjipto dan Kosasi, R. 2009.Profesi Keguruan.Jakarta: Rineka Cipta

20. Muhammad, A dan Ilyas, A. 2007. Bahan Ajar Profesi Pendidikan. Padang: Universitas Negeri Padang

21. Saud, S.U. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta

22. Mahsunah, Dian, dkk.. 2012. Kebijakan Pengembangan Profesi Guru (Modul PLPG). FKIP Unila.

23. Samana. 1994. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta: Kanisius. Bangko, Maret 2013
24. Ngatmini. 2019 . Journal of Physics.


Details ...