Courser in English | - |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
SKS | 2 SKS |
RPS | 4 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata Kuliah ini berisi tentang penanaman dan pengembangan sikap profesional seorang calon guru. Sikap profesional ini dapat dibangun melalui pemahaman hakikat etika profesi kependidikan; sikap profesional guru; kedudukan dan peran guru dalam pendidikan sekolah; permasalahan dan kebutuhan guru dalam pengembangan profesi dan tugas pembelajaran; peran guru dalam administrasi dan supervisi pendidikan.
Mata Kuliah (MK) Kode Rumpun MK Bobot (SKS) Semester Tgl. Penyusunan
Etika Profesi Kependidikan 4122221602 Fakultair 2 2 30 Agustus 2023
CPMK1
Mendiskripsikan hakikat etika profesi kependidikan; sikap profesional guru; kedudukan dan peran guru dalam pendidikan sekolah; peran guru dalam administrasi dan supervisi pendidikan (S8-9, KU2, P1, KK8)..
CPMK2
Menganalisis peran guru dalam administrasi dan supervisi pendidikan (S8-9, KU2-4, P1, KK8).
CPMK3
Menganalisis permasalahan dan kebutuhan guru dalam pengembangan profesi dan tugas pembelajaran (S8-9, KU2, P6, KK8).
CPMK4
Mengimplementasikan etika profesi kependidikan dan sikap profesional guru dengan dilandasi nilai-nilai akademik (S8-9, P1, KU2, KK8).
1. Arifin. & Barnawi. 2012. Etika dan Profesi Kependidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
2. Arifin. & Barnawi. 2014. Perkembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru. Yogyakarta: Gava Media
3. Arifin. & Barnawi. 2012. Kinerja Guru Profesional. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
4. Danim, Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan.Bandung:Pustaka Setia.
5. Danim, Sudarwan. 2013. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung : Alfabeta.
6. Djamarah, & Saiful. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
7. Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
8. Suhardan. 2010. Supervisi Profesional. Bandung : Alfabeta.
9. Soegeng. 2015. Etika Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
10. Perundang-undangan: UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas;UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen ;PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan ;Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi ;Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi dan Kompetensi Guru ;Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian ; Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses ; Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya
11. Perund
."Exploring the Practice of Teacher-Students Classroom Interaction in Speaking Subject at Higher Educatiaon
angan-undangan sehubungan dengan kurikulum 2013
12. Pengembangan Keprofesionalan Guru berkelanjutan (Buku I sampai V).
13. Kunandar. 2003. Guru Profesional. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
14. Alma, Buchari, dkk. 2008. Guru Profesional. Bandung: Alfabeta
15. Asmani, J.M. 2009. Tujuh Kompetensi Guru Menyenangkan dan Profesional. Jogjakarta: Power Book
16. Uno, B. Hamzah. 2007. Profsi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
17. Uzer, U.M. 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Osdakary Offset
18. Sehertian, A.P. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
19. Danim, Sudarwan. 2011. Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabet Soetjipto dan Kosasi, R. 2009.Profesi Keguruan.Jakarta: Rineka Cipta
20. Muhammad, A dan Ilyas, A. 2007. Bahan Ajar Profesi Pendidikan. Padang: Universitas Negeri Padang
21. Saud, S.U. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta
22. Mahsunah, Dian, dkk.. 2012. Kebijakan Pengembangan Profesi Guru (Modul PLPG). FKIP Unila.
23. Samana. 1994. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta: Kanisius. Bangko, Maret 2013
24. Ngatmini. 2019 . Journal of Physics.
Details ...
Mata Kuliah ini berisi tentang penanaman dan pengembangan sikap profesional seorang calon guru. Sikap profesional ini dapat dibangun melalui pemahaman hakikat etika profesi kependidikan; sikap profesional guru; kedudukan dan peran guru dalam pendidikan sekolah; permasalahan dan kebutuhan guru dalam pengembangan profesi dan tugas pembelajaran; peran guru dalam administrasi dan supervisi pendidikan.
Mata Kuliah (MK) Kode Rumpun MK Bobot (SKS) Semester Tgl. Penyusunan
Etika Profesi Kependidikan 4122221602 Fakultair 2 2 30 Agustus 2023
CPMK1
Mendiskripsikan hakikat etika profesi kependidikan; sikap profesional guru; kedudukan dan peran guru dalam pendidikan sekolah; peran guru dalam administrasi dan supervisi pendidikan (S8-9, KU2, P1, KK8)..
CPMK2
Menganalisis peran guru dalam administrasi dan supervisi pendidikan (S8-9, KU2-4, P1, KK8).
CPMK3
Menganalisis permasalahan dan kebutuhan guru dalam pengembangan profesi dan tugas pembelajaran (S8-9, KU2, P6, KK8).
CPMK4
Mengimplementasikan etika profesi kependidikan dan sikap profesional guru dengan dilandasi nilai-nilai akademik (S8-9, P1, KU2, KK8).
1. Arifin. & Barnawi. 2012. Etika dan Profesi Kependidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
2. Arifin. & Barnawi. 2014. Perkembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru. Yogyakarta: Gava Media
3. Arifin. & Barnawi. 2012. Kinerja Guru Profesional. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
4. Danim, Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan.Bandung:Pustaka Setia.
5. Danim, Sudarwan. 2013. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung : Alfabeta.
6. Djamarah, & Saiful. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
7. Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
8. Suhardan. 2010. Supervisi Profesional. Bandung : Alfabeta.
9. Soegeng. 2015. Etika Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
10. Perundang-undangan: UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas;UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen ;PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan ;Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi ;Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi dan Kompetensi Guru ;Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian ; Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses ; Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya
11. Perund
."Exploring the Practice of Teacher-Students Classroom Interaction in Speaking Subject at Higher Educatiaon
angan-undangan sehubungan dengan kurikulum 2013
12. Pengembangan Keprofesionalan Guru berkelanjutan (Buku I sampai V).
13. Kunandar. 2003. Guru Profesional. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
14. Alma, Buchari, dkk. 2008. Guru Profesional. Bandung: Alfabeta
15. Asmani, J.M. 2009. Tujuh Kompetensi Guru Menyenangkan dan Profesional. Jogjakarta: Power Book
16. Uno, B. Hamzah. 2007. Profsi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
17. Uzer, U.M. 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Osdakary Offset
18. Sehertian, A.P. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
19. Danim, Sudarwan. 2011. Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabet Soetjipto dan Kosasi, R. 2009.Profesi Keguruan.Jakarta: Rineka Cipta
20. Muhammad, A dan Ilyas, A. 2007. Bahan Ajar Profesi Pendidikan. Padang: Universitas Negeri Padang
21. Saud, S.U. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta
22. Mahsunah, Dian, dkk.. 2012. Kebijakan Pengembangan Profesi Guru (Modul PLPG). FKIP Unila.
23. Samana. 1994. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta: Kanisius. Bangko, Maret 2013
24. Ngatmini. 2019 . Journal of Physics.
Details ...