Manajemen Mutu Pendidikan, Curriculum : 2016


Courser in EnglishEDUCATIONAL QUALITY MANAGEMENT
ProgramPendidikan Ekonomi
SKS3 SKS
RPS3 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Dunia pendidikan saat ini menghadapi paradigma baru yaitu upaya peningkatan kualitas pendidikan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menghadapi paradigma tersebut adalah melalui pengembangan Manajemen mutu pendidikan (SIP)/education managemant information system (EMIS). Pengembangan sistem informasi tersebut digunakan untuk mengatasi beberapa masalah diantaranya, (1) kesalahan pelaporan, (2) ketidak akuratan data, (3) ketidak konsistenan informasi, serta (4) misinterpretasi informasi. Sehingga semakin kecil indikator di atas, maka kualitas data akan semakin baik yang akan membawa dampak pada peningkatan kualitas informasi. Peningkatan kualitas informasi tersebut merupakan salah satu indikator terjadinya peningkatan kualitas pendidikan. Melalui mata kuliah ini, mahaMahasiswa diharapkan memiliki kemampuan dalam mengembangkan Manajemen mutu pendidikan sesuai dengan standar nasional. Kemampuan tersebut diajarkan dalam 3 tahap yaitu, (1) pemahaman konsep SIP, (2) pemahaman mengenai sistem pendidikan nasional dan standar nasional pendidikan, serta (3) Merancang dan mengembangkan EMIS Sesuai standar nasional pendidikan.

Learning Outcomes

Capaian pembelajaran :

Sikap (sesuai visi misi PT dan Prodi)

Keterampilan umum (sesuai kesepakatan prodi)

 

Keterampilan khusus    :

Melalui perkuliahan ini, mahaMahasiswa dapat memiliki kemampuan dalam (1) mengambil keputusan dalam pembelajaran menyelesaikan permasalahan kualitas data dan informasi serta dukungan sistem manajemen, (2)  mengenal partisipasi masyarakat serta bentuk komunikasinya, (3) meningkatkan kualitas pendidikan, (4) memahami sistem pendidikan nasional, (5) memahami standar nasional pendidikan

Pengetahuan                 :

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam merencanakan pembelajaran secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.                

References

Edward Sallis. 2008. Total Quality Management In Education. Manajemen Mutu Pendidikan. Jogjakarta : IRCiSoD


Details ...
Course Descriptions

Dunia pendidikan saat ini menghadapi paradigma baru yaitu upaya peningkatan kualitas pendidikan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menghadapi paradigma tersebut adalah melalui pengembangan Manajemen mutu pendidikan (SIP)/education managemant information system (EMIS). Pengembangan sistem informasi tersebut digunakan untuk mengatasi beberapa masalah diantaranya, (1) kesalahan pelaporan, (2) ketidak akuratan data, (3) ketidak konsistenan informasi, serta (4) misinterpretasi informasi. Sehingga semakin kecil indikator di atas, maka kualitas data akan semakin baik yang akan membawa dampak pada peningkatan kualitas informasi. Peningkatan kualitas informasi tersebut merupakan salah satu indikator terjadinya peningkatan kualitas pendidikan. Melalui mata kuliah ini, mahaMahasiswa diharapkan memiliki kemampuan dalam mengembangkan Manajemen mutu pendidikan sesuai dengan standar nasional. Kemampuan tersebut diajarkan dalam 3 tahap yaitu, (1) pemahaman konsep SIP, (2) pemahaman mengenai sistem pendidikan nasional dan standar nasional pendidikan, serta (3) Merancang dan mengembangkan EMIS Sesuai standar nasional pendidikan.

Learning Outcomes

Capaian pembelajaran :

Sikap (sesuai visi misi PT dan Prodi)

Keterampilan umum (sesuai kesepakatan prodi)

 

Keterampilan khusus    :

Melalui perkuliahan ini, mahaMahasiswa dapat memiliki kemampuan dalam (1) mengambil keputusan dalam pembelajaran menyelesaikan permasalahan kualitas data dan informasi serta dukungan sistem manajemen, (2)  mengenal partisipasi masyarakat serta bentuk komunikasinya, (3) meningkatkan kualitas pendidikan, (4) memahami sistem pendidikan nasional, (5) memahami standar nasional pendidikan

Pengetahuan                 :

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam merencanakan pembelajaran secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.                

References

Edward Sallis. 2008. Total Quality Management In Education. Manajemen Mutu Pendidikan. Jogjakarta : IRCiSoD


Details ...
Course Descriptions

Dunia pendidikan saat ini menghadapi paradigma baru yaitu upaya peningkatan kualitas pendidikan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menghadapi paradigma tersebut adalah melalui pengembangan Manajemen mutu pendidikan (SIP)/education managemant information system (EMIS). Pengembangan sistem informasi tersebut digunakan untuk mengatasi beberapa masalah diantaranya, (1) kesalahan pelaporan, (2) ketidak akuratan data, (3) ketidak konsistenan informasi, serta (4) misinterpretasi informasi. Sehingga semakin kecil indikator di atas, maka kualitas data akan semakin baik yang akan membawa dampak pada peningkatan kualitas informasi. Peningkatan kualitas informasi tersebut merupakan salah satu indikator terjadinya peningkatan kualitas pendidikan. Melalui mata kuliah ini, mahaMahasiswa diharapkan memiliki kemampuan dalam mengembangkan Manajemen mutu pendidikan sesuai dengan standar nasional. Kemampuan tersebut diajarkan dalam 3 tahap yaitu, (1) pemahaman konsep SIP, (2) pemahaman mengenai sistem pendidikan nasional dan standar nasional pendidikan, serta (3) Merancang dan mengembangkan EMIS Sesuai standar nasional pendidikan.

Learning Outcomes

Capaian pembelajaran :

Sikap (sesuai visi misi PT dan Prodi)

Keterampilan umum (sesuai kesepakatan prodi)

 

Keterampilan khusus    :

Melalui perkuliahan ini, mahaMahasiswa dapat memiliki kemampuan dalam (1) mengambil keputusan dalam pembelajaran menyelesaikan permasalahan kualitas data dan informasi serta dukungan sistem manajemen, (2)  mengenal partisipasi masyarakat serta bentuk komunikasinya, (3) meningkatkan kualitas pendidikan, (4) memahami sistem pendidikan nasional, (5) memahami standar nasional pendidikan

Pengetahuan                 :

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam merencanakan pembelajaran secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.                

References

Edward Sallis. 2008. Total Quality Management In Education. Manajemen Mutu Pendidikan. Jogjakarta : IRCiSoD


Details ...