Courser in English | Psycholinguistics |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
SKS | 2 SKS |
RPS | 5 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai seluk beluk psikolinguistik, meliputi pengertian dan kedudukan psikolinguistik dalam kajian bahasa, sejarah perkembangan, objek, dan cakupan bidang kajian psikolinguistik, pemrosesan bahasa (model Garman dan Chomsky), pemerolehan bahasa pertama, perkembangan bahasa: bidang Fonologi, Leksikon, Semantik, Sintaksis, dan Pragmatik, bahasa dan otak: struktur dan fungsi serta perkembangannya pada otak laki-laki dan perempuan, memori, pikiran, dan bahasa, gangguan berbahasa, kesalahan berbahasa, teori pembelajaran bahasa (Psikolinguistik Edukasional), dan permasalahan dalam pembelajaran bahasa |
CPMK1 |
Menelaah hakikat pengertian dan kedudukan Psikolinguistik dalam kajian bahasa, sejarah perkembangan, objek, dan cakupan bidang kajian Psikolinguistik dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (KU1, P1, S1, S8) |
CPMK2 |
Menganalisis pemrosesan bahasa (Model Garman dan Chomsky), bahasa dan otak: struktur dan fungsi, perkembangan otak laki-laki dan perempuan, serta memori, pikiran, dan bahasa dengan penuh tanggung jawab (KU1, KU8, P1, S1, S5, S9) |
CPMK3 |
Menganalisis pemerolehan bahasa pertama dan membandingkan teori dengan situasi nyata serta perkembangannya pada bidang Fonologi, Leksikon, Semantik, Sintaksis dan Pragmatik dengan kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (KU1, KU4, KU5, KU6, P1, P4, KK1, KK5, KK7, KK14, S1, S6) |
CPMK4 |
Menelaah gangguan dan kesalahan berbahasa serta menganalisis kasus-kasus tersebut dalam kehidupan nyata dengan kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (KU1, KU2, KU4, KU5, KU6, P1, P4, KK1, KK5, KK7, KK14, S1, S5, S6) |
CPMK5 |
Menelaah teori pembelajaran bahasa dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dan menganalisis permasalahannya dalam pembelajaran bahasa sesuai situasi nyata dengan kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (KU1, KU2, KU5, KU6, P1, P2, P4 KK1, KK3, KK5, KK7, S1, S5, S6, S8) |
|
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai seluk beluk psikolinguistik, meliputi pengertian dan kedudukan psikolinguistik dalam kajian bahasa, sejarah perkembangan, objek, dan cakupan bidang kajian psikolinguistik, pemrosesan bahasa (model Garman dan Chomsky), pemerolehan bahasa pertama, perkembangan bahasa: bidang Fonologi, Leksikon, Semantik, Sintaksis, dan Pragmatik, bahasa dan otak: struktur dan fungsi serta perkembangannya pada otak laki-laki dan perempuan, memori, pikiran, dan bahasa, gangguan berbahasa, kesalahan berbahasa, teori pembelajaran bahasa (Psikolinguistik Edukasional), dan permasalahan dalam pembelajaran bahasa |
CPMK1 |
Menelaah hakikat pengertian dan kedudukan Psikolinguistik dalam kajian bahasa, sejarah perkembangan, objek, dan cakupan bidang kajian Psikolinguistik dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (KU1, P1, S1, S8) |
CPMK2 |
Menganalisis pemrosesan bahasa (Model Garman dan Chomsky), bahasa dan otak: struktur dan fungsi, perkembangan otak laki-laki dan perempuan, serta memori, pikiran, dan bahasa dengan penuh tanggung jawab (KU1, KU8, P1, S1, S5, S9) |
CPMK3 |
Menganalisis pemerolehan bahasa pertama dan membandingkan teori dengan situasi nyata serta perkembangannya pada bidang Fonologi, Leksikon, Semantik, Sintaksis dan Pragmatik dengan kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (KU1, KU4, KU5, KU6, P1, P4, KK1, KK5, KK7, KK14, S1, S6) |
CPMK4 |
Menelaah gangguan dan kesalahan berbahasa serta menganalisis kasus-kasus tersebut dalam kehidupan nyata dengan kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (KU1, KU2, KU4, KU5, KU6, P1, P4, KK1, KK5, KK7, KK14, S1, S5, S6) |
CPMK5 |
Menelaah teori pembelajaran bahasa dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dan menganalisis permasalahannya dalam pembelajaran bahasa sesuai situasi nyata dengan kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (KU1, KU2, KU5, KU6, P1, P2, P4 KK1, KK3, KK5, KK7, S1, S5, S6, S8) |
|
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai seluk beluk psikolinguistik, meliputi pengertian dan kedudukan psikolinguistik dalam kajian bahasa, sejarah perkembangan, objek, dan cakupan bidang kajian psikolinguistik, pemrosesan bahasa (model Garman dan Chomsky), pemerolehan bahasa pertama, perkembangan bahasa: bidang Fonologi, Leksikon, Semantik, Sintaksis, dan Pragmatik, bahasa dan otak: struktur dan fungsi serta perkembangannya pada otak laki-laki dan perempuan, memori, pikiran, dan bahasa, gangguan berbahasa, kesalahan berbahasa, teori pembelajaran bahasa (Psikolinguistik Edukasional), dan permasalahan dalam pembelajaran bahasa |
CPL-Prodi yang dibebankan pada MK |
|
CPL - 1 |
Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religious (S1) |
CPL - 2 |
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat, atau temuan orisinal orang lain (S5) |
CPL - 3 |
Kerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S6) |
CPL - 4 |
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8) |
CPL -5 |
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9) |
CPL - 6 |
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1) |
CPL - 7 |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU2) skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi (KU4) |
CPL - 8 |
Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk |
CPL - 9 |
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU5) |
CPL - 10 |
Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya (KU6) |
CPL -11 |
Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri (KU8) |
CPL - 12 |
Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, dan penelitian bahasa dan sastra Indonesia (P1) |
CPL - 13 |
Menguasai prinsip-prinsip pedagogi dan psikologi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia (P2) |
CPL - 14 |
Menguasai konsep, prinsip, teori dan aplikasi berbagai metode pembelajaran khusus yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill) (P4) |
CPL - 15 |
Terampil berbahasa dan bersastra Indonesia dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis (KK1) |
CPL - 16 |
Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia (KK3) |
CPL -17 |
Menguasai teori, konsep, pendekatan dalam bidang penelitian bahasa dan sastra Indonesia (KK5) |
CPL - 18 |
Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam bidang penelitian bahasa dan sastra Indonesia (KK7) |
CPL- 19 |
Mampu menghimpun informasi sebagai bahan tulisan (KK14) |
|
Details ...