Psikolinguistik, Curriculum : 2021


Courser in EnglishPsycholinguistics
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SKS2 SKS
RPS5 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai seluk beluk psikolinguistik, meliputi pengertian dan kedudukan psikolinguistik dalam kajian bahasa, sejarah perkembangan, objek, dan cakupan bidang kajian psikolinguistik, pemrosesan bahasa (model Garman dan Chomsky), pemerolehan bahasa pertama, perkembangan bahasa: bidang Fonologi, Leksikon, Semantik, Sintaksis, dan Pragmatik, bahasa dan otak: struktur dan fungsi serta perkembangannya pada otak laki-laki dan perempuan, memori, pikiran, dan bahasa, gangguan berbahasa, kesalahan berbahasa, teori pembelajaran bahasa (Psikolinguistik Edukasional), dan permasalahan dalam pembelajaran bahasa

Learning Outcomes

CPMK1

Menelaah hakikat pengertian dan kedudukan Psikolinguistik dalam kajian bahasa,            sejarah perkembangan, objek, dan cakupan bidang kajian Psikolinguistik dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (KU1, P1, S1, S8)

CPMK2

Menganalisis pemrosesan bahasa (Model Garman dan Chomsky), bahasa dan otak: struktur dan fungsi, perkembangan otak laki-laki dan perempuan, serta memori, pikiran, dan bahasa dengan penuh tanggung jawab (KU1, KU8, P1, S1, S5, S9)

CPMK3

Menganalisis pemerolehan bahasa pertama dan membandingkan teori dengan situasi nyata serta perkembangannya pada bidang Fonologi, Leksikon, Semantik, Sintaksis dan Pragmatik dengan kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (KU1, KU4, KU5, KU6, P1, P4, KK1, KK5, KK7, KK14, S1, S6)

CPMK4

Menelaah gangguan dan kesalahan berbahasa serta menganalisis kasus-kasus tersebut dalam kehidupan nyata dengan kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

(KU1, KU2, KU4, KU5, KU6, P1, P4, KK1, KK5, KK7, KK14, S1, S5, S6)

CPMK5

Menelaah teori pembelajaran bahasa dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dan menganalisis permasalahannya dalam pembelajaran bahasa sesuai situasi nyata dengan kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

 (KU1, KU2, KU5, KU6, P1, P2, P4 KK1, KK3, KK5, KK7, S1, S5, S6, S8)

References

  1. Dardjowidjojo, Soenjono. 2005. Psikolinguistik (Pengantar Memahami Bahasa Manusia). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
  2. Dardjowidjojo, Soenjono. 2000. Echa: Kisah Pemerolehan Bahasa Anak. Edisi Pertama. Jakarta: Grasindo.
  3. Musfiroh, Tadkiroatun. 2017. Psikolinguistik Edukasional: Psikolinguistik untuk Pendidikan Bahasa. Yogyakarta: Tiara Wacana.
  4. Indah, Rohmani Nur. 2012. Gangguan Berbahasa (Kajian Pengantar). Malang: UIN Maliki Press.
  5. Samsunuwiyati. 2009. Psikolinguistik (Suatu Pengantar). Jakarta: Rineka Cipta.
  6. Ahmadi, Anas dan Jauhar. 2015. Dasar-dasar Psikolinguistik. Jakarta: Prestasi Pustaka karya
  7. Indriati, Etty. 2011. Kesulitan Bicara Dan Berbahasa Pada Anak. Jakarta: Prenada Media Group
  8. Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik (Kajian Teoretik). Jakarta: Rineka Cipta.
  9. Tarigan, Henry Guntur. 1986. Psikolinguistik. Bandung:Angkasa.
  10. Santrock, Jhon W. 2007. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga
  11. Steinberg, Danny & Sciarini. 2006. An Introduction to Psycholinguistics (Second Edition). Britain: Pearson Education Limited.
  12. Gass, Susan & Selinker. 2008. Second Language Acquisition: An Introductory Course. New York: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.
  13. Sedivy, Julie. 2020. Language in Mind. New York: Oxford University Press.
  14. Cowles, Wind. 2011. Psycholinguistics 101. New York: Springer.
  15. Traxler, Mattew & Gernsbacher (Ed). 2006. Handbook of Psycholinguistics. London: Elsevier Inc.
  16. Sumber lainnya.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai seluk beluk psikolinguistik, meliputi pengertian dan kedudukan psikolinguistik dalam kajian bahasa, sejarah perkembangan, objek, dan cakupan bidang kajian psikolinguistik, pemrosesan bahasa (model Garman dan Chomsky), pemerolehan bahasa pertama, perkembangan bahasa: bidang Fonologi, Leksikon, Semantik, Sintaksis, dan Pragmatik, bahasa dan otak: struktur dan fungsi serta perkembangannya pada otak laki-laki dan perempuan, memori, pikiran, dan bahasa, gangguan berbahasa, kesalahan berbahasa, teori pembelajaran bahasa (Psikolinguistik Edukasional), dan permasalahan dalam pembelajaran bahasa

Learning Outcomes

CPMK1

Menelaah hakikat pengertian dan kedudukan Psikolinguistik dalam kajian bahasa,            sejarah perkembangan, objek, dan cakupan bidang kajian Psikolinguistik dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (KU1, P1, S1, S8)

CPMK2

Menganalisis pemrosesan bahasa (Model Garman dan Chomsky), bahasa dan otak: struktur dan fungsi, perkembangan otak laki-laki dan perempuan, serta memori, pikiran, dan bahasa dengan penuh tanggung jawab (KU1, KU8, P1, S1, S5, S9)

CPMK3

Menganalisis pemerolehan bahasa pertama dan membandingkan teori dengan situasi nyata serta perkembangannya pada bidang Fonologi, Leksikon, Semantik, Sintaksis dan Pragmatik dengan kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (KU1, KU4, KU5, KU6, P1, P4, KK1, KK5, KK7, KK14, S1, S6)

CPMK4

Menelaah gangguan dan kesalahan berbahasa serta menganalisis kasus-kasus tersebut dalam kehidupan nyata dengan kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

(KU1, KU2, KU4, KU5, KU6, P1, P4, KK1, KK5, KK7, KK14, S1, S5, S6)

CPMK5

Menelaah teori pembelajaran bahasa dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dan menganalisis permasalahannya dalam pembelajaran bahasa sesuai situasi nyata dengan kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

 (KU1, KU2, KU5, KU6, P1, P2, P4 KK1, KK3, KK5, KK7, S1, S5, S6, S8)

References

  1. Dardjowidjojo, Soenjono. 2005. Psikolinguistik (Pengantar Memahami Bahasa Manusia). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
  2. Dardjowidjojo, Soenjono. 2000. Echa: Kisah Pemerolehan Bahasa Anak. Edisi Pertama. Jakarta: Grasindo.
  3. Musfiroh, Tadkiroatun. 2017. Psikolinguistik Edukasional: Psikolinguistik untuk Pendidikan Bahasa. Yogyakarta: Tiara Wacana.
  4. Indah, Rohmani Nur. 2012. Gangguan Berbahasa (Kajian Pengantar). Malang: UIN Maliki Press.
  5. Samsunuwiyati. 2009. Psikolinguistik (Suatu Pengantar). Jakarta: Rineka Cipta.
  6. Ahmadi, Anas dan Jauhar. 2015. Dasar-dasar Psikolinguistik. Jakarta: Prestasi Pustaka karya
  7. Indriati, Etty. 2011. Kesulitan Bicara Dan Berbahasa Pada Anak. Jakarta: Prenada Media Group
  8. Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik (Kajian Teoretik). Jakarta: Rineka Cipta.
  9. Tarigan, Henry Guntur. 1986. Psikolinguistik. Bandung:Angkasa.
  10. Santrock, Jhon W. 2007. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga
  11. Steinberg, Danny & Sciarini. 2006. An Introduction to Psycholinguistics (Second Edition). Britain: Pearson Education Limited.
  12. Gass, Susan & Selinker. 2008. Second Language Acquisition: An Introductory Course. New York: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.
  13. Sedivy, Julie. 2020. Language in Mind. New York: Oxford University Press.
  14. Cowles, Wind. 2011. Psycholinguistics 101. New York: Springer.
  15. Traxler, Mattew & Gernsbacher (Ed). 2006. Handbook of Psycholinguistics. London: Elsevier Inc.
  16. Sumber lainnya.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai seluk beluk psikolinguistik, meliputi pengertian dan kedudukan psikolinguistik dalam kajian bahasa, sejarah perkembangan, objek, dan cakupan bidang kajian psikolinguistik, pemrosesan bahasa (model Garman dan Chomsky), pemerolehan bahasa pertama, perkembangan bahasa: bidang Fonologi, Leksikon, Semantik, Sintaksis, dan Pragmatik, bahasa dan otak: struktur dan fungsi serta perkembangannya pada otak laki-laki dan perempuan, memori, pikiran, dan bahasa, gangguan berbahasa, kesalahan berbahasa, teori pembelajaran bahasa (Psikolinguistik Edukasional), dan permasalahan dalam pembelajaran bahasa

Learning Outcomes

CPL-Prodi yang dibebankan pada MK

CPL - 1

Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religious (S1)

CPL - 2

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat, atau temuan orisinal orang lain (S5)

CPL - 3

Kerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S6)

CPL - 4

 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8)

CPL -5

Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9)

CPL - 6

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis  bagian  khusus  dalam  bidang  pengetahuan  tersebut  secara  mendalam,  serta  mampu memformulasikan  penyelesaian  masalah  prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1)

CPL - 7

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU2) skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi (KU4)

CPL - 8

Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk

CPL - 9

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU5)

CPL - 10

Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya (KU6)

CPL -11

Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri (KU8)

CPL - 12

  Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, dan penelitian bahasa dan sastra Indonesia (P1)

CPL - 13

Menguasai prinsip-prinsip pedagogi dan psikologi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia (P2)

CPL - 14

Menguasai konsep, prinsip, teori dan aplikasi berbagai metode pembelajaran khusus yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill) (P4)

CPL - 15

Terampil berbahasa dan bersastra Indonesia dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis (KK1)

CPL - 16

 Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia (KK3)

CPL -17

Menguasai teori, konsep, pendekatan dalam bidang penelitian bahasa dan sastra Indonesia (KK5)

CPL - 18

 Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam bidang penelitian bahasa dan sastra Indonesia (KK7)

CPL- 19

Mampu menghimpun informasi sebagai bahan tulisan (KK14)

References

  1. Dardjowidjojo, Soenjono. 2005. Psikolinguistik (Pengantar Memahami Bahasa Manusia). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
  2. Musfiroh, Tadkiroatun. 2017. Psikolinguistik Edukasional: Psikolinguistik untuk Pendidikan Bahasa. Yogyakarta: Tiara Wacana.
  3. Samsunuwiyati. 2005. Psikolinguistik (Suatu Pengantar). Bandung: Refika Aditama.
  4. Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik (Kajian Teoretik). Jakarta: Rineka Cipta.
  5. Steinberg, Danny. 2006. An Introduction to Psycholinguistics (Second Edition). Britain: Pearson Education Limited.
  6. Mattew dan Traxler. 2013. Introducing Psycholinguistics. New York: Cambridge University Press.
  7. Warren, Paul. 2012. Introduction to Psycholinguistics (Understanding Language Science). Oxford: Blackman Publishing.
  8. Sumber lainnya.


Details ...