Komunikasi Efektif Orangtua dan Anak, Curriculum : 2010


Courser in EnglishEffective Communication between Parents and Children
ProgramPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SKS2 SKS
RPS8 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah komunikasi efektif membahas secara mendalam komunikasi yang efektif dengan anak usia dini. Isi pokok mata kuliah ini meliputi: (1) pengertian dan hakikat komunikasi, (2) komunikasi yang efektif dengan anak, (3) komunikasi orang tua dan anak, (4) teknik-teknik yang dilakukan saat berkomunikasi dengan anak, (5) permasalahan dan pemecahan masalahnyaMata kuliah komunikasi efektif membahas secara mendalam komunikasi yang efektif dengan anak usia dini. Isi pokok mata kuliah ini meliputi: (1) pengertian dan hakikat komunikasi, (2) komunikasi yang efektif dengan anak, (3) komunikasi orang tua dan anak, (4) teknik-teknik yang dilakukan saat berkomunikasi dengan anak, (5) permasalahan dan pemecahan masalahnya  

Learning Outcomes

  1. Sikap dan Tata Nilai : Mampu menunjukkan sikap bertanggungjawab dan percaya diri dalam   mempresentasikan dan mempraktikan  komunikasi efektif orang tua dan anak.
  2. Keterampilan Umum :Mampu menunjukan kinerja mandiri, bermutu dan terukur berkaitan dengan komunikasi efektif orang tua dan anak.
  3. Penguasaan pengetahuan
  • Mampu menganalisa pengertian dan hakikat komunikasi,
  • Mampu menerapkan dan memformulasikan komunikasi yang efektif dengan anak, komunikasi dalam pengasuhan, dan teknik-teknik yang dilakukan saat berkomunikasi dengan anak.
  • Keterampilan Khusus
  • Mampu mempraktikan cara berkomunikasi yang efektif kepada anak usia dini.

References

  1. Berger, Eugenia Hepworth. 1991. Parents as Partner in Education. Canada : Macmillan Publishing Company.
  2. Borden, Marian Edelman. 2001. Smart Start. Bandung : Kaifa.
  3. Bursteln, A Joseph. 1990. Petunjuk Lengkap Mendidik Anak. Jakarta : Mitra Utama.
  4. Dr.Sivia Rimm. 2003. Mendidik dan Menerapkan Disiplin pada Anak Prasekolah. Jakarta. PT.Gramedia Pustaka Utama.
  5. Griffin, EM. 2006. A First Look At Communication Theory. New York: McGraw-Hill Education.
  6. Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak Jilid 1, Terjemahan. Jakarta: Penerbit  Erlangga.
  7. Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak Jilid 2, Terjemahan. Jakarta : Penerbit  Erlangga.
  8. Kemendikbud, Dirjen PAUD, Nonformal dan Informal, Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD, Nonformal dan Informal. 2013. Komunikasi dalam Pengasuhan. Jakarta.
  9. Le Poire, Beth A. 2006. Family Communication “Nurturing and Control in a Changing World”. Sage Publications,Inc.
  10. Maccoby, E.1980. Social Development: Psychological Growth and the Parent Child Relationship. New York: Harcourt Brace Jovanovich,Inc.
  11. Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak Jilid 1, Terjemahan. Jakarta : Penerbit Erlangga.
  12. Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak Jilid 2, Terjemahan. Jakarta : Penerbit Erlangga.
  13. Soendjojo, Rahmitha P, Dra Psi. 2005. Membangun Komunikasi yang efektif dalam keluarga. Jakarta.
  14. Thomas Gordon. 2009. Menjadi Orang tua Efektif. Jakarta : PT.Gramedia.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah komunikasi efektif membahas secara mendalam komunikasi yang efektif dengan anak usia dini. Isi pokok mata kuliah ini meliputi: (1) pengertian dan hakikat komunikasi, (2) komunikasi yang efektif dengan anak, (3) komunikasi orang tua dan anak, (4) teknik-teknik yang dilakukan saat berkomunikasi dengan anak, (5) permasalahan dan pemecahan masalahnyaMata kuliah komunikasi efektif membahas secara mendalam komunikasi yang efektif dengan anak usia dini. Isi pokok mata kuliah ini meliputi: (1) pengertian dan hakikat komunikasi, (2) komunikasi yang efektif dengan anak, (3) komunikasi orang tua dan anak, (4) teknik-teknik yang dilakukan saat berkomunikasi dengan anak, (5) permasalahan dan pemecahan masalahnya  

Learning Outcomes

  1. Sikap dan Tata Nilai : Mampu menunjukkan sikap bertanggungjawab dan percaya diri dalam   mempresentasikan dan mempraktikan  komunikasi efektif orang tua dan anak.
  2. Keterampilan Umum :Mampu menunjukan kinerja mandiri, bermutu dan terukur berkaitan dengan komunikasi efektif orang tua dan anak.
  3. Penguasaan pengetahuan
  • Mampu menganalisa pengertian dan hakikat komunikasi,
  • Mampu menerapkan dan memformulasikan komunikasi yang efektif dengan anak, komunikasi dalam pengasuhan, dan teknik-teknik yang dilakukan saat berkomunikasi dengan anak.
  • Keterampilan Khusus
  • Mampu mempraktikan cara berkomunikasi yang efektif kepada anak usia dini.

References

  1. Berger, Eugenia Hepworth. 1991. Parents as Partner in Education. Canada : Macmillan Publishing Company.
  2. Borden, Marian Edelman. 2001. Smart Start. Bandung : Kaifa.
  3. Bursteln, A Joseph. 1990. Petunjuk Lengkap Mendidik Anak. Jakarta : Mitra Utama.
  4. Dr.Sivia Rimm. 2003. Mendidik dan Menerapkan Disiplin pada Anak Prasekolah. Jakarta. PT.Gramedia Pustaka Utama.
  5. Griffin, EM. 2006. A First Look At Communication Theory. New York: McGraw-Hill Education.
  6. Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak Jilid 1, Terjemahan. Jakarta: Penerbit  Erlangga.
  7. Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak Jilid 2, Terjemahan. Jakarta : Penerbit  Erlangga.
  8. Kemendikbud, Dirjen PAUD, Nonformal dan Informal, Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD, Nonformal dan Informal. 2013. Komunikasi dalam Pengasuhan. Jakarta.
  9. Le Poire, Beth A. 2006. Family Communication “Nurturing and Control in a Changing World”. Sage Publications,Inc.
  10. Maccoby, E.1980. Social Development: Psychological Growth and the Parent Child Relationship. New York: Harcourt Brace Jovanovich,Inc.
  11. Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak Jilid 1, Terjemahan. Jakarta : Penerbit Erlangga.
  12. Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak Jilid 2, Terjemahan. Jakarta : Penerbit Erlangga.
  13. Soendjojo, Rahmitha P, Dra Psi. 2005. Membangun Komunikasi yang efektif dalam keluarga. Jakarta.
  14. Thomas Gordon. 2009. Menjadi Orang tua Efektif. Jakarta : PT.Gramedia.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah komunikasi efektif membahas secara mendalam komunikasi yang efektif dengan anak usia dini. Isi pokok mata kuliah ini meliputi: (1) pengertian dan hakikat komunikasi, (2) komunikasi yang efektif dengan anak, (3) komunikasi orang tua dan anak, (4) teknik-teknik yang dilakukan saat berkomunikasi dengan anak, (5) permasalahan dan pemecahan masalahnyaMata kuliah komunikasi efektif membahas secara mendalam komunikasi yang efektif dengan anak usia dini. Isi pokok mata kuliah ini meliputi: (1) pengertian dan hakikat komunikasi, (2) komunikasi yang efektif dengan anak, (3) komunikasi orang tua dan anak, (4) teknik-teknik yang dilakukan saat berkomunikasi dengan anak, (5) permasalahan dan pemecahan masalahnya  

Learning Outcomes

  1. Sikap dan Tata Nilai : Mampu menunjukkan sikap bertanggungjawab dan percaya diri dalam   mempresentasikan dan mempraktikan  komunikasi efektif orang tua dan anak.
  2. Keterampilan Umum :Mampu menunjukan kinerja mandiri, bermutu dan terukur berkaitan dengan komunikasi efektif orang tua dan anak.
  3. Penguasaan pengetahuan
  • Mampu menganalisa pengertian dan hakikat komunikasi,
  • Mampu menerapkan dan memformulasikan komunikasi yang efektif dengan anak, komunikasi dalam pengasuhan, dan teknik-teknik yang dilakukan saat berkomunikasi dengan anak.
  • Keterampilan Khusus
  • Mampu mempraktikan cara berkomunikasi yang efektif kepada anak usia dini.

References

  1. Berger, Eugenia Hepworth. 1991. Parents as Partner in Education. Canada : Macmillan Publishing Company.
  2. Borden, Marian Edelman. 2001. Smart Start. Bandung : Kaifa.
  3. Bursteln, A Joseph. 1990. Petunjuk Lengkap Mendidik Anak. Jakarta : Mitra Utama.
  4. Dr.Sivia Rimm. 2003. Mendidik dan Menerapkan Disiplin pada Anak Prasekolah. Jakarta. PT.Gramedia Pustaka Utama.
  5. Griffin, EM. 2006. A First Look At Communication Theory. New York: McGraw-Hill Education.
  6. Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak Jilid 1, Terjemahan. Jakarta: Penerbit  Erlangga.
  7. Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak Jilid 2, Terjemahan. Jakarta : Penerbit  Erlangga.
  8. Kemendikbud, Dirjen PAUD, Nonformal dan Informal, Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD, Nonformal dan Informal. 2013. Komunikasi dalam Pengasuhan. Jakarta.
  9. Le Poire, Beth A. 2006. Family Communication “Nurturing and Control in a Changing World”. Sage Publications,Inc.
  10. Maccoby, E.1980. Social Development: Psychological Growth and the Parent Child Relationship. New York: Harcourt Brace Jovanovich,Inc.
  11. Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak Jilid 1, Terjemahan. Jakarta : Penerbit Erlangga.
  12. Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak Jilid 2, Terjemahan. Jakarta : Penerbit Erlangga.
  13. Soendjojo, Rahmitha P, Dra Psi. 2005. Membangun Komunikasi yang efektif dalam keluarga. Jakarta.
  14. Thomas Gordon. 2009. Menjadi Orang tua Efektif. Jakarta : PT.Gramedia.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah komunikasi efektif membahas secara mendalam komunikasi yang efektif dengan anak usia dini. Isi pokok mata kuliah ini meliputi: (1) pengertian dan hakikat komunikasi, (2) komunikasi yang efektif dengan anak, (3) komunikasi orang tua dan anak, (4) teknik-teknik yang dilakukan saat berkomunikasi dengan anak, (5) permasalahan dan pemecahan masalahnyaMata kuliah komunikasi efektif membahas secara mendalam komunikasi yang efektif dengan anak usia dini. Isi pokok mata kuliah ini meliputi: (1) pengertian dan hakikat komunikasi, (2) komunikasi yang efektif dengan anak, (3) komunikasi orang tua dan anak, (4) teknik-teknik yang dilakukan saat berkomunikasi dengan anak, (5) permasalahan dan pemecahan masalahnya  

Learning Outcomes

  1. Sikap dan Tata Nilai : Mampu menunjukkan sikap bertanggungjawab dan percaya diri dalam   mempresentasikan dan mempraktikan  komunikasi efektif orang tua dan anak.
  2. Keterampilan Umum :Mampu menunjukan kinerja mandiri, bermutu dan terukur berkaitan dengan komunikasi efektif orang tua dan anak.
  3. Penguasaan pengetahuan
  • Mampu menganalisa pengertian dan hakikat komunikasi,
  • Mampu menerapkan dan memformulasikan komunikasi yang efektif dengan anak, komunikasi dalam pengasuhan, dan teknik-teknik yang dilakukan saat berkomunikasi dengan anak.
  • Keterampilan Khusus
  • Mampu mempraktikan cara berkomunikasi yang efektif kepada anak usia dini.

References

  1. Berger, Eugenia Hepworth. 1991. Parents as Partner in Education. Canada : Macmillan Publishing Company.
  2. Borden, Marian Edelman. 2001. Smart Start. Bandung : Kaifa.
  3. Bursteln, A Joseph. 1990. Petunjuk Lengkap Mendidik Anak. Jakarta : Mitra Utama.
  4. Dr.Sivia Rimm. 2003. Mendidik dan Menerapkan Disiplin pada Anak Prasekolah. Jakarta. PT.Gramedia Pustaka Utama.
  5. Griffin, EM. 2006. A First Look At Communication Theory. New York: McGraw-Hill Education.
  6. Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak Jilid 1, Terjemahan. Jakarta: Penerbit  Erlangga.
  7. Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak Jilid 2, Terjemahan. Jakarta : Penerbit  Erlangga.
  8. Kemendikbud, Dirjen PAUD, Nonformal dan Informal, Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD, Nonformal dan Informal. 2013. Komunikasi dalam Pengasuhan. Jakarta.
  9. Le Poire, Beth A. 2006. Family Communication “Nurturing and Control in a Changing World”. Sage Publications,Inc.
  10. Maccoby, E.1980. Social Development: Psychological Growth and the Parent Child Relationship. New York: Harcourt Brace Jovanovich,Inc.
  11. Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak Jilid 1, Terjemahan. Jakarta : Penerbit Erlangga.
  12. Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak Jilid 2, Terjemahan. Jakarta : Penerbit Erlangga.
  13. Soendjojo, Rahmitha P, Dra Psi. 2005. Membangun Komunikasi yang efektif dalam keluarga. Jakarta.
  14. Thomas Gordon. 2009. Menjadi Orang tua Efektif. Jakarta : PT.Gramedia.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah komunikasi efektif membahas secara mendalam komunikasi yang efektif dengan anak usia dini. Isi pokok mata kuliah ini meliputi: (1) pengertian dan hakikat komunikasi, (2) komunikasi yang efektif dengan anak, (3) komunikasi orang tua dan anak, (4) teknik-teknik yang dilakukan saat berkomunikasi dengan anak, (5) permasalahan dan pemecahan masalahnyaMata kuliah komunikasi efektif membahas secara mendalam komunikasi yang efektif dengan anak usia dini. Isi pokok mata kuliah ini meliputi: (1) pengertian dan hakikat komunikasi, (2) komunikasi yang efektif dengan anak, (3) komunikasi orang tua dan anak, (4) teknik-teknik yang dilakukan saat berkomunikasi dengan anak, (5) permasalahan dan pemecahan masalahnya  

Learning Outcomes

  1. Sikap dan Tata Nilai : Mampu menunjukkan sikap bertanggungjawab dan percaya diri dalam   mempresentasikan dan mempraktikan  komunikasi efektif orang tua dan anak.
  2. Keterampilan Umum :Mampu menunjukan kinerja mandiri, bermutu dan terukur berkaitan dengan komunikasi efektif orang tua dan anak.
  3. Penguasaan pengetahuan
  • Mampu menganalisa pengertian dan hakikat komunikasi,
  • Mampu menerapkan dan memformulasikan komunikasi yang efektif dengan anak, komunikasi dalam pengasuhan, dan teknik-teknik yang dilakukan saat berkomunikasi dengan anak.
  • Keterampilan Khusus
  • Mampu mempraktikan cara berkomunikasi yang efektif kepada anak usia dini.

References

  1. Berger, Eugenia Hepworth. 1991. Parents as Partner in Education. Canada : Macmillan Publishing Company.
  2. Borden, Marian Edelman. 2001. Smart Start. Bandung : Kaifa.
  3. Bursteln, A Joseph. 1990. Petunjuk Lengkap Mendidik Anak. Jakarta : Mitra Utama.
  4. Dr.Sivia Rimm. 2003. Mendidik dan Menerapkan Disiplin pada Anak Prasekolah. Jakarta. PT.Gramedia Pustaka Utama.
  5. Griffin, EM. 2006. A First Look At Communication Theory. New York: McGraw-Hill Education.
  6. Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak Jilid 1, Terjemahan. Jakarta: Penerbit  Erlangga.
  7. Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak Jilid 2, Terjemahan. Jakarta : Penerbit  Erlangga.
  8. Kemendikbud, Dirjen PAUD, Nonformal dan Informal, Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD, Nonformal dan Informal. 2013. Komunikasi dalam Pengasuhan. Jakarta.
  9. Le Poire, Beth A. 2006. Family Communication “Nurturing and Control in a Changing World”. Sage Publications,Inc.
  10. Maccoby, E.1980. Social Development: Psychological Growth and the Parent Child Relationship. New York: Harcourt Brace Jovanovich,Inc.
  11. Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak Jilid 1, Terjemahan. Jakarta : Penerbit Erlangga.
  12. Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak Jilid 2, Terjemahan. Jakarta : Penerbit Erlangga.
  13. Soendjojo, Rahmitha P, Dra Psi. 2005. Membangun Komunikasi yang efektif dalam keluarga. Jakarta.
  14. Thomas Gordon. 2009. Menjadi Orang tua Efektif. Jakarta : PT.Gramedia.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mempelajari tentang pentingnya komunikasi yang tepat antara anak dengan orangtua, guru dan orang dewasa sekitar anak.selain itu juga dipelajari tentang cara berkomunikasi dengan tepat dan efektif,pemahaman perkembangan bahasa anak, hambatan dalam berkomunikasi, strategi pemecahan masalah komunikasi, praktek berkomunikasi dalam pembelajaran AUD.

Learning Outcomes

-

References

  1. Berger, Eugenia Hepworth. 1991. Parents as Partner in Education. Canada : Macmillan Publishing Company.
  2. Borden, Marian Edelman. 2001. Smart Start. Bandung : Kaifa.
  3. Bursteln, A Joseph. 1990. Petunjuk Lengkap Mendidik Anak. Jakarta : Mitra Utama.
  4. Dr.Sivia Rimm. 2003. Mendidik dan Menerapkan Disiplin pada Anak Prasekolah. Jakarta. PT.Gramedia Pustaka Utama.
  5. Griffin, EM. 2006. A First Look At Communication Theory. New York: McGraw-Hill Education.
  6. Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak Jilid 1, Terjemahan. Jakarta: Penerbit  Erlangga.
  7. Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak Jilid 2, Terjemahan. Jakarta : Penerbit  Erlangga.
  8. Kemendikbud, Dirjen PAUD, Nonformal dan Informal, Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD, Nonformal dan Informal. 2013. Komunikasi dalam Pengasuhan. Jakarta.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mempelajari tentang pentingnya komunikasi yang tepat antara anak dengan orangtua, guru dan orang dewasa sekitar anak.selain itu juga dipelajari tentang cara berkomunikasi dengan tepat dan efektif,pemahaman perkembangan bahasa anak, hambatan dalam berkomunikasi, strategi pemecahan masalah komunikasi, praktek berkomunikasi dalam pembelajaran AUD.

Learning Outcomes

-

References

  1. Berger, Eugenia Hepworth. 1991. Parents as Partner in Education. Canada : Macmillan Publishing Company.
  2. Borden, Marian Edelman. 2001. Smart Start. Bandung : Kaifa.
  3. Bursteln, A Joseph. 1990. Petunjuk Lengkap Mendidik Anak. Jakarta : Mitra Utama.
  4. Dr.Sivia Rimm. 2003. Mendidik dan Menerapkan Disiplin pada Anak Prasekolah. Jakarta. PT.Gramedia Pustaka Utama.
  5. Griffin, EM. 2006. A First Look At Communication Theory. New York: McGraw-Hill Education.
  6. Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak Jilid 1, Terjemahan. Jakarta: Penerbit  Erlangga.
  7. Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak Jilid 2, Terjemahan. Jakarta : Penerbit  Erlangga.
  8. Kemendikbud, Dirjen PAUD, Nonformal dan Informal, Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD, Nonformal dan Informal. 2013. Komunikasi dalam Pengasuhan. Jakarta.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mempelajari tentang pentingnya komunikasi yang tepat antara anak dengan orangtua, guru dan orang dewasa sekitar anak.selain itu juga dipelajari tentang cara berkomunikasi dengan tepat dan efektif,pemahaman perkembangan bahasa anak, hambatan dalam berkomunikasi, strategi pemecahan masalah komunikasi, praktek berkomunikasi dalam pembelajaran AUD.

Learning Outcomes

-

References

  1. Berger, Eugenia Hepworth. 1991. Parents as Partner in Education. Canada : Macmillan Publishing Company.
  2. Borden, Marian Edelman. 2001. Smart Start. Bandung : Kaifa.
  3. Bursteln, A Joseph. 1990. Petunjuk Lengkap Mendidik Anak. Jakarta : Mitra Utama.
  4. Dr.Sivia Rimm. 2003. Mendidik dan Menerapkan Disiplin pada Anak Prasekolah. Jakarta. PT.Gramedia Pustaka Utama.
  5. Griffin, EM. 2006. A First Look At Communication Theory. New York: McGraw-Hill Education.
  6. Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak Jilid 1, Terjemahan. Jakarta: Penerbit  Erlangga.
  7. Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak Jilid 2, Terjemahan. Jakarta : Penerbit  Erlangga.
  8. Kemendikbud, Dirjen PAUD, Nonformal dan Informal, Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD, Nonformal dan Informal. 2013. Komunikasi dalam Pengasuhan. Jakarta.


Details ...