Etika Profesi Kependidikan, Curriculum : 2015


Courser in EnglishETHICS OF EDUCATIONAL PROFESSION
ProgramPendidikan Fisika
SKS2 SKS
RPS6 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Pembelajaran pada Mata Kuliah Etika Profesi Kependidikan berisi tentang penanaman dan pengembangan sikap profesional seorang calon guru. Sikap profesional ini dapat dibangun melalui pemahaman hakikat etika profesi kependidikan; sikap profesional guru; kedudukan dan peran guru dalam pendidikan sekolah; permasalahan dan kebutuhan guru dalam pengembangan profesi dan tugas pembelajaran;  peran guru dalam  administrasi dan supervisi pendidikan.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menunjukkan sikap dan perilaku calon guru yang profesional sesuai dengan etika profesi seorang guru

References

  1. Arifin. & Barnawi. 2012. Etika dan Profesi Kependidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
  2. Arifin. & Barnawi. 2014. Perkembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru. Yogyakarta: Gava Media
  3. Arifin. & Barnawi. 2012. Kinerja Guru Profesional. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
  4. Danim, Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan.Bandung:Pustaka Setia.
  5. Danim, Sudarwan. 2013. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung : Alfabeta.
  6. Djamarah, & Saiful. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
  7. Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
  8. Suhardan. 2010. Supervisi Profesional. Bandung : Alfabeta.
  9. Soegeng. 2015. Etika Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
  10. Perundang-undangan: UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas;UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen ;PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan ;Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi ;Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi dan Kompetensi Guru ;Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian ; Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses ; Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya 
  11. Perundangan-undangan sehubungan dengan kurikulum 2013
  12. Pengembangan Keprofesionalan Guru berkelanjutan (Buku I sampai V).
  13. Kunandar. 2003. Guru Profesional. Jakarta: Raja- Grafindo Persada. 
  14. Alma, Buchari, dkk. 2008. Guru Profesional.- Bandung: Alfabeta 
  15. Asmani, J.M. 2009. Tujuh Kompetensi Guru- Menyenangkan dan Profesional. Jogjakarta: Power Book 
  16. Uno, B.- Hamzah. 2007. Profsi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara. 
  17. Uzer, U.M.- 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Osdakary Offset
  18. Sehertian, A.P. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. 
  19. Danim, Sudarwan. 2011. Profesi- Kependidikan. Bandung: Alfabet  Soetjipto dan Kosasi, R. 2009.Profesi- Keguruan.Jakarta: Rineka Cipta 
  20. Muhammad, A dan Ilyas, A. 2007. Bahan- Ajar Profesi Pendidikan. Padang: Universitas Negeri Padang 
  21. Saud,- S.U. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta
  22.  Mahsunah,- Dian, dkk.. 2012. Kebijakan Pengembangan Profesi Guru (Modul PLPG). FKIP Unila.
  23.  Samana. 1994. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta:- Kanisius. Bangko, Maret 2013
  24. Sudarwan Danim, 2015, Pengembangan profesi guru dari prajabatan, induksi, ke profesional madani. Jakarta: Prenamedia Group
  25. Muhammad Saroni, 2011, Personal Branding Guru Meningkatkan Kualitas dan Profesionalitas Guru, Jogjakarta: Ar-Ruz Media

 


Details ...
Course Descriptions

Pembelajaran pada Mata Kuliah ini berisi tentang penanaman dan pengembangan sikap profesional seorang calon guru. Sikap profesional ini dapat dibangun melalui pemahaman hakikat etika profesi kependidikan; sikap profesional guru; kedudukan dan peran guru dalam pendidikan sekolah; permasalahan dan kebutuhan guru dalam pengembangan profesi dan tugas pembelajaran;  peran guru dalam  administrasi dan supervisi pendidikan.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menunjukkan sikap dan perilaku calon guru yang profesional

References

DAFTAR PUSTAKA

  1. Arifin. & Barnawi. 2012. Etika dan Profesi Kependidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
  2. Arifin. & Barnawi. 2014. Perkembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru. Yogyakarta: Gava Media
  3. Arifin. & Barnawi. 2012. Kinerja Guru Profesional. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
  1. Danim, Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan.Bandung:Pustaka Setia.
  2.                                        Danim, Sudarwan. 2013. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung : Alfabeta.
  1. Djamarah, & Saiful. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
  2. Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
  3. Suhardan. 2010. Supervisi Profesional. Bandung : Alfabeta.
  4. Soegeng. 2015. Etika Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
  5. Perundang-undangan: UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas;UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen ;PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan ;Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi ;Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi dan Kompetensi Guru ;Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian ; Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses ; Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya 
  6. Perundangan-undangan sehubungan dengan kurikulum 2013
  7. Pengembangan Keprofesionalan Guru berkelanjutan (Buku I sampai V).
  8. Kunandar. 2003. Guru Profesional. Jakarta: Raja- Grafindo Persada. 
  9. Alma, Buchari, dkk. 2008. Guru Profesional.- Bandung: Alfabeta 
  10. Asmani, J.M. 2009. Tujuh Kompetensi Guru- Menyenangkan dan Profesional. Jogjakarta: Power Book 
  11. Uno, B.- Hamzah. 2007. Profsi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara. 
  12. Uzer, U.M.- 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Osdakary Offset
  13. Sehertian, A.P. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. 
  14. Danim, Sudarwan. 2011. Profesi- Kependidikan. Bandung: Alfabet  Soetjipto dan Kosasi, R. 2009.Profesi- Keguruan.Jakarta: Rineka Cipta 
  15. Muhammad, A dan Ilyas, A. 2007. Bahan- Ajar Profesi Pendidikan. Padang: Universitas Negeri Padang 
  16. Saud,- S.U. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta
  17.  Mahsunah,- Dian, dkk.. 2012. Kebijakan Pengembangan Profesi Guru (Modul PLPG). FKIP Unila.
  18.  Samana. 1994. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta:- Kanisius. Bangko, Maret 2013
  19. Sudarwan Danim, 2015, Pengembangan profesi guru dari prajabatan, induksi, ke profesional madani. Jakarta: Prenamedia Group
  20. Muhammad Saroni, 2011, Personal Branding Guru Meningkatkan Kualitas dan Profesionalitas Guru, Jogjakarta: Ar-Ruz Media


Details ...
Course Descriptions

 

 
 
 

Mata Kuliah ini berisi tentang penanaman dan pengembangan sikap profesional seorang calon guru. Sikap profesional ini dapadibangun melalui pemahaman hakikat etika profesi kependidikan; sikap profesional guru; kedudukan dan peran guru dalam pendidikan sekolah; permasalahan dan kebutuhan guru dalam pengembangan profesi dan tugas pembelajaran; peran guru dalam administrasi dan supervisi pendidikan.

 
 
 

 

Learning Outcomes

                   
Mahasiswa mampu menunjukkan sikap dan perilaku calon guru yang profesional
 
 
                   
 
 
                 
 
 
                 
 

References

Arifin. & Barnawi. 2012. Etika dan Profesi Kependidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media

Arifin. & Barnawi. 2014. Perkembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru. Yogyakarta: Gava Media

Arifin. & Barnawi. 2012. Kinerja Guru Profesional. Jogjakarta Ar-Ruzz Media

Danim, Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan.Bandung:Pustaka Setia. Danim, Sudarwan. 2013. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung : Alfabeta.

Djamarah, & Saiful. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media Suhardan. 2010. Supervisi Profesional. Bandung : Alfabeta.

Soegeng. 2015. Etika Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama

Perundang-undangan: UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas;UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen ;PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan ;Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi ;Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi dan Kompetensi Guru ;Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian ; Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses ; Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya

Perundangan-undangan sehubungan dengan kurikulum 2013 Pengembangan Keprofesionalan Guru berkelanjutan (Buku I sampai V). Kunandar. 2003. Guru Profesional. Jakarta: Raja- Grafindo Persada. Alma, Buchari, dkk. 2008. Guru Profesional.- Bandung: Alfabeta

Asmani, J.M. 2009. Tujuh Kompetensi Guru- Menyenangkan dan Profesional. Jogjakarta: Power Book Uno, B.- Hamzah. 2007. Profsi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Uzer, U.M.- 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Osdakary Offset

Sehertian, A.P. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Danim, Sudarwan. 2011. Profesi- Kependidikan. Bandung: Alfabet Soetjipto dan Kosasi, R. 2009.Profesi- Keguruan.Jakarta: Rineka Cipta Muhammad, A dan Ilyas, A. 2007. Bahan- Ajar Profesi Pendidikan. Padang: Universitas Negeri Padang

Saud,- S.U. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta

 
 
 
 


Details ...
Course Descriptions

Pembelajaran pada Mata Kuliah ini berisi tentang penanaman dan pengembangan sikap profesional seorang calon guru. Sikap profesional ini dapat dibangun melalui pemahaman hakikat etika profesi kependidikan; sikap profesional guru; kedudukan dan peran guru dalam pendidikan sekolah; permasalahan dan kebutuhan guru dalam pengembangan profesi dan tugas pembelajaran;  peran guru dalam  administrasi dan supervisi pendidikan.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menunjukkan sikap dan perilaku calon guru yang profesional

References

  1. Arifin. & Barnawi. 2012. Etika dan Profesi Kependidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
  2. Arifin. & Barnawi. 2014. Perkembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru. Yogyakarta: Gava Media
  3. Arifin. & Barnawi. 2012. Kinerja Guru Profesional. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
  1. Danim, Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan.Bandung:Pustaka Setia.
  2. Danim, Sudarwan. 2013. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung : Alfabeta.
  3. Djamarah, & Saiful. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
  4. Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
  5. Suhardan. 2010. Supervisi Profesional. Bandung : Alfabeta.
  6. Soegeng. 2015. Etika Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
  7. Perundang-undangan: UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas;UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen ;PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan ;Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi ;Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi dan Kompetensi Guru ;Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian ; Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses ; Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya 
  8. Perundangan-undangan sehubungan dengan kurikulum 2013
  9. Pengembangan Keprofesionalan Guru berkelanjutan (Buku I sampai V).
  10. Kunandar. 2003. Guru Profesional. Jakarta: Raja- Grafindo Persada. 
  11. Alma, Buchari, dkk. 2008. Guru Profesional.- Bandung: Alfabeta 
  12. Asmani, J.M. 2009. Tujuh Kompetensi Guru- Menyenangkan dan Profesional. Jogjakarta: Power Book 
  13. Uno, B.- Hamzah. 2007. Profsi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara. 
  14. Uzer, U.M.- 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Osdakary Offset
  15. Sehertian, A.P. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. 
  16. Danim, Sudarwan. 2011. Profesi- Kependidikan. Bandung: Alfabet  Soetjipto dan Kosasi, R. 2009.Profesi- Keguruan.Jakarta: Rineka Cipta 
  17. Muhammad, A dan Ilyas, A. 2007. Bahan- Ajar Profesi Pendidikan. Padang: Universitas Negeri Padang 
  18. Saud,- S.U. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta
  19.  Mahsunah,- Dian, dkk.. 2012. Kebijakan Pengembangan Profesi Guru (Modul PLPG). FKIP Unila.
  20.  Samana. 1994. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta:- Kanisius. Bangko, Maret 2013

 


Details ...
Course Descriptions

Pembelajaran pada Mata Kuliah ini berisi tentang penanaman dan pengembangan sikap profesional seorang calon guru. Sikap profesional ini dapat dibangun melalui pemahaman hakikat etika profesi kependidikan; sikap profesional guru; kedudukan dan peran guru dalam pendidikan sekolah; permasalahan dan kebutuhan guru dalam pengembangan profesi dan tugas pembelajaran;  peran guru dalam  administrasi dan supervisi pendidikan.

 

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menunjukkan sikap dan perilaku calon guru yang profesional

References

DAFTAR PUSTAKA

  1. Arifin. & Barnawi. 2012. Etika dan Profesi Kependidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
  2. Arifin. & Barnawi. 2014. Perkembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru. Yogyakarta: Gava Media
  3. Arifin. & Barnawi. 2012. Kinerja Guru Profesional. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
  1. Danim, Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan.Bandung:Pustaka Setia.
  2. Danim, Sudarwan. 2013. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung : Alfabeta.
  3. Djamarah, & Saiful. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
  4. Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
  5. Suhardan. 2010. Supervisi Profesional. Bandung : Alfabeta.
  6. Soegeng. 2015. Etika Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
  7. Perundang-undangan: UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas;UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen ;PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan ;Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi ;Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi dan Kompetensi Guru ;Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian ; Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses ; Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya 
  8. Perundangan-undangan sehubungan dengan kurikulum 2013
  9. Pengembangan Keprofesionalan Guru berkelanjutan (Buku I sampai V).
  10. Kunandar. 2003. Guru Profesional. Jakarta: Raja- Grafindo Persada. 
  11. Alma, Buchari, dkk. 2008. Guru Profesional.- Bandung: Alfabeta 
  12. Asmani, J.M. 2009. Tujuh Kompetensi Guru- Menyenangkan dan Profesional. Jogjakarta: Power Book 
  13. Uno, B.- Hamzah. 2007. Profsi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara. 
  14. Uzer, U.M.- 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Osdakary Offset
  15. Sehertian, A.P. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. 
  16. Danim, Sudarwan. 2011. Profesi- Kependidikan. Bandung: Alfabet  Soetjipto dan Kosasi, R. 2009.Profesi- Keguruan.Jakarta: Rineka Cipta 
  17. Muhammad, A dan Ilyas, A. 2007. Bahan- Ajar Profesi Pendidikan. Padang: Universitas Negeri Padang 
  18. Saud,- S.U. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta
  19.  Mahsunah,- Dian, dkk.. 2012. Kebijakan Pengembangan Profesi Guru (Modul PLPG). FKIP Unila.
  20.  Samana. 1994. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta:- Kanisius. Bangko, Maret 2013

 


Details ...
Course Descriptions

Pembelajaran pada Mata Kuliah ini berisi tentang penanaman dan pengembangan sikap profesional seorang calon guru. Sikap profesional ini dapat dibangun melalui pemahaman hakikat etika profesi kependidikan; sikap profesional guru; kedudukan dan peran guru dalam pendidikan sekolah; permasalahan dan kebutuhan guru dalam pengembangan profesi dan tugas pembelajaran;  peran guru dalam  administrasi dan supervisi pendidikan.

 

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menunjukkan sikap dan perilaku calon guru yang profesional

References

DAFTAR PUSTAKA

  1. Arifin. & Barnawi. 2012. Etika dan Profesi Kependidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
  2. Arifin. & Barnawi. 2014. Perkembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru. Yogyakarta: Gava Media
  3. Arifin. & Barnawi. 2012. Kinerja Guru Profesional. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
  1. Danim, Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan.Bandung:Pustaka Setia.
  2. Danim, Sudarwan. 2013. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung : Alfabeta.
  3. Djamarah, & Saiful. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
  4. Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
  5. Suhardan. 2010. Supervisi Profesional. Bandung : Alfabeta.
  6. Soegeng. 2015. Etika Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
  7. Perundang-undangan: UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas;UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen ;PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan ;Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi ;Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi dan Kompetensi Guru ;Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian ; Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses ; Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya 
  8. Perundangan-undangan sehubungan dengan kurikulum 2013
  9. Pengembangan Keprofesionalan Guru berkelanjutan (Buku I sampai V).
  10. Kunandar. 2003. Guru Profesional. Jakarta: Raja- Grafindo Persada. 
  11. Alma, Buchari, dkk. 2008. Guru Profesional.- Bandung: Alfabeta 
  12. Asmani, J.M. 2009. Tujuh Kompetensi Guru- Menyenangkan dan Profesional. Jogjakarta: Power Book 
  13. Uno, B.- Hamzah. 2007. Profsi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara. 
  14. Uzer, U.M.- 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Osdakary Offset
  15. Sehertian, A.P. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. 
  16. Danim, Sudarwan. 2011. Profesi- Kependidikan. Bandung: Alfabet  Soetjipto dan Kosasi, R. 2009.Profesi- Keguruan.Jakarta: Rineka Cipta 
  17. Muhammad, A dan Ilyas, A. 2007. Bahan- Ajar Profesi Pendidikan. Padang: Universitas Negeri Padang 
  18. Saud,- S.U. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta
  19.  Mahsunah,- Dian, dkk.. 2012. Kebijakan Pengembangan Profesi Guru (Modul PLPG). FKIP Unila.
  20.  Samana. 1994. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta:- Kanisius. Bangko, Maret 2013

 


Details ...