Courser in English | CONCEPTS AND LEARNING OF ELEMENTARY SCHOOL SOCAIL SCIENCES |
Program | Pendidikan Dasar |
SKS | 3 SKS |
RPS | 4 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini membahas dimensi teoritik kurikulum IPS, meliputi: Konsep dasar kurikulum, Landasan pengembangan kurikulum,Prinsip-prinsip pengembangan kurikulum, Model-model pengembangan, Anatomi dan desain kurikulum, Peran guru dan tenaga kependidikan dalam pengembangan kurikulum, IPS dalam struktur kurikulum, Pengembangan Materi Pembelajaran IPS, Model-model Pembelajaran IPS, Pembelajaran terpadu IPS, Penilaian Pembelajaran IPS, Pengembangan Silabus IPS, Pengembangan RPP IPS, Evaluasi Desain Pengembangan kurikulum IPS. Untuk pendalaman setiap kompetensi dasar dilakukan diskusi dan penugasan secara bertahap, dengan menerapkan pendekatan Saintifik/Scientific (M5), dan hasilnya dihimpun dalam bentuk portofolio sebagai laporan individual/kelompok.
Learning OutcomesMemahami dimensi teoretik pengembangan kurikulum, implementasinya dalam pengembangan kurikulum IPS serta pengembangannya dalam silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), khususnya terkait dengan paradigma/trend yang berkembang.
ReferencesReferensi:
- Purnamasari, I. & Mushafanah, Q. 2019. Pengembangan Konsep Dasar IPS; Teori dan Aplikasi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Magnum Pustaka.
- Aziz, A. 2008. Metode dan Model-model Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: Alfabeta
- Sapriya. (2008). Konsep Dasar IPS. Bandung: Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan.
- Daldjoeni (1997). Dasar-Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung : Alumni
- Kuper, A., & Kuper, J .2000. Social Science Encyclopedia. New York : Rowan & Littlefield Education.
Details ...
Mata kuliah ini membahas dimensi teoritik kurikulum IPS, meliputi: Konsep dasar kurikulum, Landasan pengembangan kurikulum,Prinsip-prinsip pengembangan kurikulum, Model-model pengembangan, Anatomi dan desain kurikulum, Peran guru dan tenaga kependidikan dalam pengembangan kurikulum, IPS dalam struktur kurikulum, Pengembangan Materi Pembelajaran IPS, Model-model Pembelajaran IPS, Pembelajaran terpadu IPS, Penilaian Pembelajaran IPS, Pengembangan Silabus IPS, Pengembangan RPP IPS, Evaluasi Desain Pengembangan kurikulum IPS. Untuk pendalaman setiap kompetensi dasar dilakukan diskusi dan penugasan secara bertahap, dengan menerapkan pendekatan Saintifik/Scientific (M5), dan hasilnya dihimpun dalam bentuk portofolio sebagai laporan individual/kelompok
Learning OutcomesMemahami dimensi teoretik pengembangan kurikulum, implementasinya dalam pengembangan kurikulum IPS serta pengembangannya dalam silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), khususnya terkait dengan paradigma/trend yang berkembang
References- Purnamasari, I. & Mushafanah, Q. 2019. Pengembangan Konsep Dasar IPS; Teori dan Aplikasi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Magnum Pustaka.
- Aziz, A. 2008. Metode dan Model-model Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: Alfabeta
- Sapriya. (2008). Konsep Dasar IPS. Bandung: Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan.
- Daldjoeni (1997). Dasar-Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung : Alumni
- Kuper, A., & Kuper, J .2000. Social Science Encyclopedia. New York : Rowan & Littlefield Education.
Details ...
Mata kuliah ini membahas dimensi teoritik kurikulum IPS, meliputi: Konsep dasar kurikulum, Landasan pengembangan kurikulum,Prinsip-prinsip pengembangan kurikulum, Model-model pengembangan, Anatomi dan desain kurikulum, Peran guru dan tenaga kependidikan dalam pengembangan kurikulum, IPS dalam struktur kurikulum, Pengembangan Materi Pembelajaran IPS, Model-model Pembelajaran IPS, Pembelajaran terpadu IPS, Penilaian Pembelajaran IPS, Pengembangan Silabus IPS, Pengembangan RPP IPS, Evaluasi Desain Pengembangan kurikulum IPS. Untuk pendalaman setiap kompetensi dasar dilakukan diskusi dan penugasan secara bertahap, dengan menerapkan pendekatan Saintifik/Scientific (M5), dan hasilnya dihimpun dalam bentuk portofolio sebagai laporan individual/kelompok
Learning OutcomesMemahami dimensi teoretik pengembangan kurikulum, implementasinya dalam pengembangan kurikulum IPS serta pengembangannya dalam silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), khususnya terkait dengan paradigma/trend yang berkembang
References- Purnamasari, I. & Mushafanah, Q. 2019. Pengembangan Konsep Dasar IPS; Teori dan Aplikasi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Magnum Pustaka.
- Aziz, A. 2008. Metode dan Model-model Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: Alfabeta
- Sapriya. (2008). Konsep Dasar IPS. Bandung: Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan.
- Daldjoeni (1997). Dasar-Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung : Alumni
- Kuper, A., & Kuper, J .2000. Social Science Encyclopedia. New York : Rowan & Littlefield Education.
Details ...
Mata kuliah ini membahas dimensi teoritik kurikulum IPS, meliputi: Konsep dasar kurikulum, Landasan pengembangan kurikulum,Prinsip-prinsip pengembangan kurikulum, Model-model pengembangan, Anatomi dan desain kurikulum, Peran guru dan tenaga kependidikan dalam pengembangan kurikulum, IPS dalam struktur kurikulum, Pengembangan Materi Pembelajaran IPS, Model-model Pembelajaran IPS, Pembelajaran terpadu IPS, Penilaian Pembelajaran IPS, Pengembangan Silabus IPS, Pengembangan RPP IPS, Evaluasi Desain Pengembangan kurikulum IPS. Untuk pendalaman setiap kompetensi dasar dilakukan diskusi dan penugasan secara bertahap, dengan menerapkan pendekatan Saintifik/Scientific (M5), dan hasilnya dihimpun dalam bentuk portofolio sebagai laporan individual/kelompok
Learning OutcomesMemahami dimensi teoretik pengembangan kurikulum, implementasinya dalam pengembangan kurikulum IPS serta pengembangannya dalam silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), khususnya terkait dengan paradigma/trend yang berkembang
References- Purnamasari, I. & Mushafanah, Q. 2019. Pengembangan Konsep Dasar IPS; Teori dan Aplikasi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Magnum Pustaka.
- Aziz, A. 2008. Metode dan Model-model Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: Alfabeta
- Sapriya. (2008). Konsep Dasar IPS. Bandung: Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan.
- Daldjoeni (1997). Dasar-Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung : Alumni
- Kuper, A., & Kuper, J .2000. Social Science Encyclopedia. New York : Rowan & Littlefield Education.
Details ...