Menulis, Curriculum : 2022


Courser in EnglishWRITING
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SKS2 SKS
RPS5 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah Menulis diberikan pada mahasiswa PBSI semester 1 dengan beban 2 sks. Mata kuliah ini diberikan dengan tujuan membekali mahasiswa pengetahuan dasar menulis yang dapat diaplikasikan dalam kegiatan menulis dalam konteks ilmiah. Dalam mata kuliah ini ada berbagai teori yang dibahas meliputi konsep menulis dasar, kaidah kepenulisan, kaidah ejaan, kaidah penulisan kalimat dan paragraf, serta etika menulis ilmiah berupa penulisan kutipan

Learning Outcomes

CPL-Prodi yang dibebankan pada MK
CPL – 1
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8)
CPL – 2
Memiliki sikap etis dan estetis, komunikatif, adaptif, dan apresiatif (S11)
CPL – 3
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. Menerapkan
pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1)
CPL – 4
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU2)
CPL – 5
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi,
gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi (KU3)

CPL – 6
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU5)
CPL – 7
Terampil menyusun struktur tulisan yang baik (KK15)
CPL – 8
Terampil berbahasa Indonesia secara tertulis (KK12)
CPL – 9
Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, dan penelitian bahasa dan sastra Indonesia (P1)
Terampil berbahasa Indonesia secara tertulis (KK12)
CPL – 9
Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, dan penelitian bahasa dan sastra Indonesia (P1)


CPLCapaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
CPMK1
Mahasiswa mampu menelaah konsep dasar menulis dan kaidah dalam bahasa tulis secara komunikatif dan sesuai dengan konsep dasar teoretis kebahasan (S11, KU1, P1)

CPMK2
Mahasiswa mampu menerapkan penggunaan ejaan bahasa Indonesia dalam tulisannya sesuai etika akademik dan konsep teoretis dasar kebahasaan.
(S8, KU1, P1)
CPMK3
Mahasiswa mampu menganalisis berbagai kesalahan ejaan bahasa Indonesia yang ditemukan pada karya tulis dalam kehidupan sehari-hari secara etis dan sesuai etika akademik dan konsep teoretis dasar kebahasaan, serta mandiri, bermutu, dan terukur.
(S8, KU1, KU2, KU5, P1)
CPMK4
Mahasiswa mampu menyusun kalimat dengan memperhatikan kaidah kalimat efektif secara etis dan sesuai etika akademik serta konsep dasar kebahasaan
(S8, S11, KU1, KU2, K12, K15, P1)
CPMK5
Mahasiswa mampu memproduksi karya tulis dengan memperhatikan aturan penyusnan paragraf yang kohesi dan koherensi secara estetis dan sesuai etika akademik serta konsep dasar kebahasaan.
(S8, S11, KU1, KU2, KU3, KU12, KU15, P1)
CPMK6
Mahasiswa mampu menerapkan kaidah antiplagiasi dalam karya tulis sesuai etika akademik dan konsep teoretis kebahasaan
(S8, S11, KU1, KU2, KU5, P1)
CPMK7
Memproduksi karya tulis secara etis sesuai etika akademik dan konsep teroetis kebahasaan
(S8, S11, KU1, KU2, KU3, KU12, KU15, P1)
Diskripsi
Singkat

References

Alwi, Hasan dkk. 2004. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Pusat Bahasa. 2007.                                                      Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.
Mualafina, Rawinda F. dkk. 2022. Menulis Ilmiah Berbasis Kasus. Semarang: UPGRIS Press.
Tim Penyusun. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbud RI.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Menulis diberikan pada mahasiswa PBSI semester 1 dengan beban 2 sks. Mata kuliah ini diberikan dengan tujuan membekali mahasiswa pengetahuan dasar menulis yang dapat diaplikasikan dalam kegiatan menulis dalam konteks ilmiah. Dalam mata kuliah ini ada berbagai teori yang dibahas meliputi konsep menulis dasar, kaidah kepenulisan, kaidah ejaan, kaidah penulisan kalimat dan paragraf, serta etika menulis ilmiah berupa penulisan kutipan

Learning Outcomes

CPL-Prodi yang dibebankan pada MK
CPL – 1
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8)
CPL – 2
Memiliki sikap etis dan estetis, komunikatif, adaptif, dan apresiatif (S11)
CPL – 3
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. Menerapkan
pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1)
CPL – 4
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU2)
CPL – 5
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi,
gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi (KU3)

CPL – 6
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU5)
CPL – 7
Terampil menyusun struktur tulisan yang baik (KK15)
CPL – 8
Terampil berbahasa Indonesia secara tertulis (KK12)
CPL – 9
Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, dan penelitian bahasa dan sastra Indonesia (P1)
Terampil berbahasa Indonesia secara tertulis (KK12)
CPL – 9
Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, dan penelitian bahasa dan sastra Indonesia (P1)


CPLCapaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
CPMK1
Mahasiswa mampu menelaah konsep dasar menulis dan kaidah dalam bahasa tulis secara komunikatif dan sesuai dengan konsep dasar teoretis kebahasan (S11, KU1, P1)

CPMK2
Mahasiswa mampu menerapkan penggunaan ejaan bahasa Indonesia dalam tulisannya sesuai etika akademik dan konsep teoretis dasar kebahasaan.
(S8, KU1, P1)
CPMK3
Mahasiswa mampu menganalisis berbagai kesalahan ejaan bahasa Indonesia yang ditemukan pada karya tulis dalam kehidupan sehari-hari secara etis dan sesuai etika akademik dan konsep teoretis dasar kebahasaan, serta mandiri, bermutu, dan terukur.
(S8, KU1, KU2, KU5, P1)
CPMK4
Mahasiswa mampu menyusun kalimat dengan memperhatikan kaidah kalimat efektif secara etis dan sesuai etika akademik serta konsep dasar kebahasaan
(S8, S11, KU1, KU2, K12, K15, P1)
CPMK5
Mahasiswa mampu memproduksi karya tulis dengan memperhatikan aturan penyusnan paragraf yang kohesi dan koherensi secara estetis dan sesuai etika akademik serta konsep dasar kebahasaan.
(S8, S11, KU1, KU2, KU3, KU12, KU15, P1)
CPMK6
Mahasiswa mampu menerapkan kaidah antiplagiasi dalam karya tulis sesuai etika akademik dan konsep teoretis kebahasaan
(S8, S11, KU1, KU2, KU5, P1)
CPMK7
Memproduksi karya tulis secara etis sesuai etika akademik dan konsep teroetis kebahasaan
(S8, S11, KU1, KU2, KU3, KU12, KU15, P1)
Diskripsi
Singkat

References

Alwi, Hasan dkk. 2004. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Pusat Bahasa. 2007.                                                      Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.
Mualafina, Rawinda F. dkk. 2022. Menulis Ilmiah Berbasis Kasus. Semarang: UPGRIS Press.
Tim Penyusun. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbud RI.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Menulis diberikan pada mahasiswa PBSI semester 1 dengan beban 2 sks. Mata kuliah ini diberikan dengan tujuan membekali mahasiswa pengetahuan dasar menulis yang dapat diaplikasikan dalam kegiatan menulis dalam konteks ilmiah. Dalam mata kuliah ini ada berbagai teori yang dibahas meliputi konsep menulis dasar, kaidah kepenulisan, kaidah ejaan, kaidah penulisan kalimat dan paragraf, serta etika menulis ilmiah berupa penulisan kutipan

Learning Outcomes

CPL-Prodi yang dibebankan pada MK
CPL – 1
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8)
CPL – 2
Memiliki sikap etis dan estetis, komunikatif, adaptif, dan apresiatif (S11)
CPL – 3
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. Menerapkan
pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1)
CPL – 4
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU2)
CPL – 5
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi,
gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi (KU3)

CPL – 6
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU5)
CPL – 7
Terampil menyusun struktur tulisan yang baik (KK15)
CPL – 8
Terampil berbahasa Indonesia secara tertulis (KK12)
CPL – 9
Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, dan penelitian bahasa dan sastra Indonesia (P1)
Terampil berbahasa Indonesia secara tertulis (KK12)
CPL – 9
Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, dan penelitian bahasa dan sastra Indonesia (P1)


CPLCapaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
CPMK1
Mahasiswa mampu menelaah konsep dasar menulis dan kaidah dalam bahasa tulis secara komunikatif dan sesuai dengan konsep dasar teoretis kebahasan (S11, KU1, P1)

CPMK2
Mahasiswa mampu menerapkan penggunaan ejaan bahasa Indonesia dalam tulisannya sesuai etika akademik dan konsep teoretis dasar kebahasaan.
(S8, KU1, P1)
CPMK3
Mahasiswa mampu menganalisis berbagai kesalahan ejaan bahasa Indonesia yang ditemukan pada karya tulis dalam kehidupan sehari-hari secara etis dan sesuai etika akademik dan konsep teoretis dasar kebahasaan, serta mandiri, bermutu, dan terukur.
(S8, KU1, KU2, KU5, P1)
CPMK4
Mahasiswa mampu menyusun kalimat dengan memperhatikan kaidah kalimat efektif secara etis dan sesuai etika akademik serta konsep dasar kebahasaan
(S8, S11, KU1, KU2, K12, K15, P1)
CPMK5
Mahasiswa mampu memproduksi karya tulis dengan memperhatikan aturan penyusnan paragraf yang kohesi dan koherensi secara estetis dan sesuai etika akademik serta konsep dasar kebahasaan.
(S8, S11, KU1, KU2, KU3, KU12, KU15, P1)
CPMK6
Mahasiswa mampu menerapkan kaidah antiplagiasi dalam karya tulis sesuai etika akademik dan konsep teoretis kebahasaan
(S8, S11, KU1, KU2, KU5, P1)
CPMK7
Memproduksi karya tulis secara etis sesuai etika akademik dan konsep teroetis kebahasaan
(S8, S11, KU1, KU2, KU3, KU12, KU15, P1)
Diskripsi
Singkat

References

Alwi, Hasan dkk. 2004. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Pusat Bahasa. 2007.                                                      Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.
Mualafina, Rawinda F. dkk. 2022. Menulis Ilmiah Berbasis Kasus. Semarang: UPGRIS Press.
Tim Penyusun. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbud RI.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa semester 1 dengan beban 2 SKS. Tujuan dari mata kuliah ini adalah untuk memberikan kemampuan dan keterampilan dasar dalam menulis. 

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Sikap                                      : Memiliki sikap etis dan estetis, komunikatif, adaptif, dan apresiatif.

Keterampilan Umum          : Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

Keterampilan Khusus          : Terampil berbahasa dan bersastra Indonesia dalamkonteksakademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis.Penguasaan Pengetahuan : Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, dan penelitian bahasa dan sastra Indonesia.

References

Tim Penyusun. 2015. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa. 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa semester 1 dengan beban 2 SKS. Tujuan dari mata kuliah ini adalah untuk memberikan kemampuan dan keterampilan dasar dalam menulis. 

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Sikap                                      : Memiliki sikap etis dan estetis, komunikatif, adaptif, dan apresiatif.

Keterampilan Umum          : Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

Keterampilan Khusus          : Terampil berbahasa dan bersastra Indonesia dalamkonteksakademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis.Penguasaan Pengetahuan : Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, dan penelitian bahasa dan sastra Indonesia.

References

Tim Penyusun. 2015. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa. 


Details ...