Fisiologi Tumbuhan, Curriculum : 2010


Courser in EnglishPhysiology of Plants
ProgramPendidikan Biologi
SKS3 SKS
RPS5 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Deskripsi Mata Kuliah

Kajian fisiologi tumbuhan membahas proses-proses fisiologi yang terjadi selama hidup tumbuhan dimulai dari kajian tentang air dan apilikasinya dalam proses fisiologi pada tumbuhan; menganalisis sistem tanah  unsur-unsur yang dibutuhkan untuk kehidupan tumbuhan; menganalisis enzim yang membantu proses metabolisme yang terjadi pada bagian-bagian tumbuhan; menganalisis proses fotosintesis yang berfungsi untuk mengasimilasi bahan anorganik menjadi organik; menganalisis proses respirasi yang berfungsi untuk menghasilkan energi di organ fotosintesis dan non fotosintesis; menganalisis asimilasi nitrogen untuk mengubah Nitrogen yang ada di lingkungan menjadi asam amino; menganalisis proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada bagian-bagian tumbuhan; menganalisis respon tumbuhan mencakup gerak pada tumbuhan, fotoperiodisme, dan vernalisasi; serta macam hormon yang mengatur pertumbuhan tumbuhan.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah :

  1. Sikap
  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  3. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  4. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  5. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data
  6. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
  1. Keterampilan Khusus
  1. Mampu menerapkan konsep-konsep biologi dan ilmu Kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEKS sesuai kebutuhan dengan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat
  2. Mampu mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian dan gagasan tentang biologi terkait berbagai alternatif penyelesaian masalah di bidang hortikultura dan bioteknologi yang menjadi tanggung jawab, dan mengevaluasi secara komprehensif
  3. Mampu menganalisis dan mendesain produk hortikultura dan bioteknologi yang inovatif berdasarkan prinsip biologi terapan
  4. Mampu mengelola produk hortikultura dan bioteknologi yang inovatif berdasarkan prinsip biologi terapan
  1. Penguasaan Pengetahuan
  1. Menguasai konsep, prinsip, teori, dan prosedur dasar biologi serta terapannya
  2. Menguasai pengetahuan tentang dasar pengelolaan kewirausahaan serta memahami strategi pengelolaan semua sumber daya secara efektif dan efisien
  3. Menguasai filosofi, konsep, prinsip, metode penelitian biologi khususnya bidang hortikultura dan bioteknologi sesuai prinsip komunikasi ilmiah
  4. Menguasai prinsip TIK yang mendukung proses inovasi pengembangan produk hortikultura dan bioteknologi

References

Referensi

  1. Taiz L and Zeiger E. 2012. Plant Physiology. 5th Ed. Tokyo. The Benjamin/Cumming Publishing Company Inc.
  2. Salisbury FB and CW Ross. 1992. Plant Physiology. 4th Ed. California. Wadsworth Publ. Co


Details ...
Course Descriptions

Deskripsi Mata Kuliah

Kajian fisiologi tumbuhan membahas proses-proses fisiologi yang terjadi selama hidup tumbuhan dimulai dari kajian tentang air dan apilikasinya dalam proses fisiologi pada tumbuhan; menganalisis sistem tanah  unsur-unsur yang dibutuhkan untuk kehidupan tumbuhan; menganalisis enzim yang membantu proses metabolisme yang terjadi pada bagian-bagian tumbuhan; menganalisis proses fotosintesis yang berfungsi untuk mengasimilasi bahan anorganik menjadi organik; menganalisis proses respirasi yang berfungsi untuk menghasilkan energi di organ fotosintesis dan non fotosintesis; menganalisis asimilasi nitrogen untuk mengubah Nitrogen yang ada di lingkungan menjadi asam amino; menganalisis proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada bagian-bagian tumbuhan; menganalisis respon tumbuhan mencakup gerak pada tumbuhan, fotoperiodisme, dan vernalisasi; serta macam hormon yang mengatur pertumbuhan tumbuhan.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah :

  1. Sikap
  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  3. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  4. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  5. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data
  6. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
  1. Keterampilan Khusus
  1. Mampu menerapkan konsep-konsep biologi dan ilmu Kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEKS sesuai kebutuhan dengan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat
  2. Mampu mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian dan gagasan tentang biologi terkait berbagai alternatif penyelesaian masalah di bidang hortikultura dan bioteknologi yang menjadi tanggung jawab, dan mengevaluasi secara komprehensif
  3. Mampu menganalisis dan mendesain produk hortikultura dan bioteknologi yang inovatif berdasarkan prinsip biologi terapan
  4. Mampu mengelola produk hortikultura dan bioteknologi yang inovatif berdasarkan prinsip biologi terapan
  1. Penguasaan Pengetahuan
  1. Menguasai konsep, prinsip, teori, dan prosedur dasar biologi serta terapannya
  2. Menguasai pengetahuan tentang dasar pengelolaan kewirausahaan serta memahami strategi pengelolaan semua sumber daya secara efektif dan efisien
  3. Menguasai filosofi, konsep, prinsip, metode penelitian biologi khususnya bidang hortikultura dan bioteknologi sesuai prinsip komunikasi ilmiah
  4. Menguasai prinsip TIK yang mendukung proses inovasi pengembangan produk hortikultura dan bioteknologi

References

Referensi

  1. Taiz L and Zeiger E. 2012. Plant Physiology. 5th Ed. Tokyo. The Benjamin/Cumming Publishing Company Inc.
  2. Salisbury FB and CW Ross. 1992. Plant Physiology. 4th Ed. California. Wadsworth Publ. Co


Details ...
Course Descriptions

Deskripsi Mata Kuliah

Kajian fisiologi tumbuhan membahas proses-proses fisiologi yang terjadi selama hidup tumbuhan dimulai dari kajian tentang air dan apilikasinya dalam proses fisiologi pada tumbuhan; menganalisis sistem tanah  unsur-unsur yang dibutuhkan untuk kehidupan tumbuhan; menganalisis enzim yang membantu proses metabolisme yang terjadi pada bagian-bagian tumbuhan; menganalisis proses fotosintesis yang berfungsi untuk mengasimilasi bahan anorganik menjadi organik; menganalisis proses respirasi yang berfungsi untuk menghasilkan energi di organ fotosintesis dan non fotosintesis; menganalisis asimilasi nitrogen untuk mengubah Nitrogen yang ada di lingkungan menjadi asam amino; menganalisis proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada bagian-bagian tumbuhan; menganalisis respon tumbuhan mencakup gerak pada tumbuhan, fotoperiodisme, dan vernalisasi; serta macam hormon yang mengatur pertumbuhan tumbuhan.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah :

  1. Sikap
  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  3. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  4. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  5. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data
  6. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
  1. Keterampilan Khusus
  1. Mampu menerapkan konsep-konsep biologi dan ilmu Kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEKS sesuai kebutuhan dengan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat
  2. Mampu mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian dan gagasan tentang biologi terkait berbagai alternatif penyelesaian masalah di bidang hortikultura dan bioteknologi yang menjadi tanggung jawab, dan mengevaluasi secara komprehensif
  3. Mampu menganalisis dan mendesain produk hortikultura dan bioteknologi yang inovatif berdasarkan prinsip biologi terapan
  4. Mampu mengelola produk hortikultura dan bioteknologi yang inovatif berdasarkan prinsip biologi terapan
  1. Penguasaan Pengetahuan
  1. Menguasai konsep, prinsip, teori, dan prosedur dasar biologi serta terapannya
  2. Menguasai pengetahuan tentang dasar pengelolaan kewirausahaan serta memahami strategi pengelolaan semua sumber daya secara efektif dan efisien
  3. Menguasai filosofi, konsep, prinsip, metode penelitian biologi khususnya bidang hortikultura dan bioteknologi sesuai prinsip komunikasi ilmiah
  4. Menguasai prinsip TIK yang mendukung proses inovasi pengembangan produk hortikultura dan bioteknologi

References

Referensi

  1. Taiz L and Zeiger E. 2012. Plant Physiology. 5th Ed. Tokyo. The Benjamin/Cumming Publishing Company Inc.
  2. Salisbury FB and CW Ross. 1992. Plant Physiology. 4th Ed. California. Wadsworth Publ. Co


Details ...
Course Descriptions

Deskripsi Mata Kuliah

Kajian fisiologi tumbuhan membahas proses-proses fisiologi yang terjadi selama hidup tumbuhan dimulai dari kajian tentang air dan apilikasinya dalam proses fisiologi pada tumbuhan; menganalisis sistem tanah  unsur-unsur yang dibutuhkan untuk kehidupan tumbuhan; menganalisis enzim yang membantu proses metabolisme yang terjadi pada bagian-bagian tumbuhan; menganalisis proses fotosintesis yang berfungsi untuk mengasimilasi bahan anorganik menjadi organik; menganalisis proses respirasi yang berfungsi untuk menghasilkan energi di organ fotosintesis dan non fotosintesis; menganalisis asimilasi nitrogen untuk mengubah Nitrogen yang ada di lingkungan menjadi asam amino; menganalisis proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada bagian-bagian tumbuhan; menganalisis respon tumbuhan mencakup gerak pada tumbuhan, fotoperiodisme, dan vernalisasi; serta macam hormon yang mengatur pertumbuhan tumbuhan.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah :

  1. Sikap
  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  3. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  4. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  5. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data
  6. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
  1. Keterampilan Khusus
  1. Mampu menerapkan konsep-konsep biologi dan ilmu Kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEKS sesuai kebutuhan dengan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat
  2. Mampu mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian dan gagasan tentang biologi terkait berbagai alternatif penyelesaian masalah di bidang hortikultura dan bioteknologi yang menjadi tanggung jawab, dan mengevaluasi secara komprehensif
  3. Mampu menganalisis dan mendesain produk hortikultura dan bioteknologi yang inovatif berdasarkan prinsip biologi terapan
  4. Mampu mengelola produk hortikultura dan bioteknologi yang inovatif berdasarkan prinsip biologi terapan
  1. Penguasaan Pengetahuan
  1. Menguasai konsep, prinsip, teori, dan prosedur dasar biologi serta terapannya
  2. Menguasai pengetahuan tentang dasar pengelolaan kewirausahaan serta memahami strategi pengelolaan semua sumber daya secara efektif dan efisien
  3. Menguasai filosofi, konsep, prinsip, metode penelitian biologi khususnya bidang hortikultura dan bioteknologi sesuai prinsip komunikasi ilmiah
  4. Menguasai prinsip TIK yang mendukung proses inovasi pengembangan produk hortikultura dan bioteknologi

References

Referensi

  1. Taiz L and Zeiger E. 2012. Plant Physiology. 5th Ed. Tokyo. The Benjamin/Cumming Publishing Company Inc.
  2. Salisbury FB and CW Ross. 1992. Plant Physiology. 4th Ed. California. Wadsworth Publ. Co


Details ...
Course Descriptions

Deskripsi Mata Kuliah

Kajian fisiologi tumbuhan membahas proses-proses fisiologi yang terjadi selama hidup tumbuhan dimulai dari kajian tentang air dan apilikasinya dalam proses fisiologi pada tumbuhan; menganalisis sistem tanah  unsur-unsur yang dibutuhkan untuk kehidupan tumbuhan; menganalisis enzim yang membantu proses metabolisme yang terjadi pada bagian-bagian tumbuhan; menganalisis proses fotosintesis yang berfungsi untuk mengasimilasi bahan anorganik menjadi organik; menganalisis proses respirasi yang berfungsi untuk menghasilkan energi di organ fotosintesis dan non fotosintesis; menganalisis asimilasi nitrogen untuk mengubah Nitrogen yang ada di lingkungan menjadi asam amino; menganalisis proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada bagian-bagian tumbuhan; menganalisis respon tumbuhan mencakup gerak pada tumbuhan, fotoperiodisme, dan vernalisasi; serta macam hormon yang mengatur pertumbuhan tumbuhan.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah :

  1. Sikap
  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  3. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  4. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  5. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data
  6. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
  1. Keterampilan Khusus
  1. Mampu menerapkan konsep-konsep biologi dan ilmu Kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEKS sesuai kebutuhan dengan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat
  2. Mampu mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian dan gagasan tentang biologi terkait berbagai alternatif penyelesaian masalah di bidang hortikultura dan bioteknologi yang menjadi tanggung jawab, dan mengevaluasi secara komprehensif
  3. Mampu menganalisis dan mendesain produk hortikultura dan bioteknologi yang inovatif berdasarkan prinsip biologi terapan
  4. Mampu mengelola produk hortikultura dan bioteknologi yang inovatif berdasarkan prinsip biologi terapan
  1. Penguasaan Pengetahuan
  1. Menguasai konsep, prinsip, teori, dan prosedur dasar biologi serta terapannya
  2. Menguasai pengetahuan tentang dasar pengelolaan kewirausahaan serta memahami strategi pengelolaan semua sumber daya secara efektif dan efisien
  3. Menguasai filosofi, konsep, prinsip, metode penelitian biologi khususnya bidang hortikultura dan bioteknologi sesuai prinsip komunikasi ilmiah
  4. Menguasai prinsip TIK yang mendukung proses inovasi pengembangan produk hortikultura dan bioteknologi

References

Referensi

  1. Taiz L and Zeiger E. 2012. Plant Physiology. 5th Ed. Tokyo. The Benjamin/Cumming Publishing Company Inc.
  2. Salisbury FB and CW Ross. 1992. Plant Physiology. 4th Ed. California. Wadsworth Publ. Co


Details ...