Courser in English | Learner's Development |
Program | Pendidikan Biologi |
SKS | 2 SKS |
RPS | 7 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
- Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) cakupan konsep perkembangan: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan dan (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.
Setelah mempelajari Perkembangan Peserta Didik, mahasiswa diharapkan mampu:
- Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentag perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir utuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah
- Menggambarkan aplikasi konsep dan prisip perkembangan anak terhadap proses belajar megajar. Dengan menguasai kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa sebagai calon guru dapat:
- Mengembangkan wawasan kependidikan dalam merancang da memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan
- Mendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas pendidikan di sekolah
1. Soetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada
2. Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya
3. Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
4.Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
5. John, W. Santrock. 2002. LIFE-SPAN DEVELOPMENT (Perkembangan Masa Hidup). Jakarta: ERLANGGA.
Details ...
- Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) cakupan konsep perkembangan: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan dan (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.
Setelah mempelajari Perkembangan Peserta Didik, mahasiswa diharapkan mampu:
- Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentag perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir utuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah
- Menggambarkan aplikasi konsep dan prisip perkembangan anak terhadap proses belajar megajar. Dengan menguasai kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa sebagai calon guru dapat:
- Mengembangkan wawasan kependidikan dalam merancang da memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan
- Mendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas pendidikan di sekolah
1. Soetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada
2. Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya
3. Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
4.Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
5. John, W. Santrock. 2002. LIFE-SPAN DEVELOPMENT (Perkembangan Masa Hidup). Jakarta: ERLANGGA.
Details ...
- Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) cakupan konsep perkembangan: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan dan (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.
Setelah mempelajari Perkembangan Peserta Didik, mahasiswa diharapkan mampu:
- Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentag perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir utuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah
- Menggambarkan aplikasi konsep dan prisip perkembangan anak terhadap proses belajar megajar. Dengan menguasai kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa sebagai calon guru dapat:
- Mengembangkan wawasan kependidikan dalam merancang da memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan
- Mendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas pendidikan di sekolah
Details ...
- Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) cakupan konsep perkembangan: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan dan (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.
Setelah mempelajari Perkembangan Peserta Didik, mahasiswa diharapkan mampu:
- Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentag perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir utuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah
- Menggambarkan aplikasi konsep dan prisip perkembangan anak terhadap proses belajar megajar. Dengan menguasai kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa sebagai calon guru dapat:
- Mengembangkan wawasan kependidikan dalam merancang da memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan
- Mendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas pendidikan di sekolah
Details ...
Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan diantarkan pada pemahaman tentang : (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) cakupan konsep perkembangan: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan dan (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup : (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual;(5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.
Learning OutcomesSetelah mempelajari Perkembangan Peserta Didik, mahasiswa diharapkan mampu:
- Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentag perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir utuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah
- Menggambarkan aplikasi konsep dan prisip perkembangan anak terhadap proses belajar megajar. Dengan menguasai kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa sebagai calon guru dapat:
- Mengembangkan wawasan kependidikan dalam merancang da memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan
- Mendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas pendidikan di sekolah
Soetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada
b.Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya
c. Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
d.Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
e. John, W. Santrock. 2002. LIFE-SPAN DEVELOPMENT (Perkembangan Masa Hidup). Jakarta: ERLANGGA.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan diantarkan pada pemahaman tentang : (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) cakupan konsep perkembangan: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan dan (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup : (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual;(5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.
Learning OutcomesSetelah mempelajari Perkembangan Peserta Didik, mahasiswa diharapkan mampu:
- Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentag perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir utuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah
- Menggambarkan aplikasi konsep dan prisip perkembangan anak terhadap proses belajar megajar. Dengan menguasai kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa sebagai calon guru dapat:
- Mengembangkan wawasan kependidikan dalam merancang da memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan
- Mendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas pendidikan di sekolah
Soetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada
b.Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya
c. Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
d.Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
e. John, W. Santrock. 2002. LIFE-SPAN DEVELOPMENT (Perkembangan Masa Hidup). Jakarta: ERLANGGA.
Details ...
- Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) cakupan konsep perkembangan: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan dan (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.
Setelah mempelajari Perkembangan Peserta Didik, mahasiswa diharapkan mampu:
- Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentag perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir utuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah
- Menggambarkan aplikasi konsep dan prisip perkembangan anak terhadap proses belajar megajar. Dengan menguasai kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa sebagai calon guru dapat:
- Mengembangkan wawasan kependidikan dalam merancang da memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan
- Mendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas pendidikan di sekolah
References
John, W. Santrock. 2002. LIFE-SPAN DEVELOPMENT (Perkembangan Masa Hidup). Jakarta: ERLANGGA.
Details ...
- Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) cakupan konsep perkembangan: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan dan (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.
Setelah mempelajari Perkembangan Peserta Didik, mahasiswa diharapkan mampu:
- Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentag perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir utuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah
- Menggambarkan aplikasi konsep dan prisip perkembangan anak terhadap proses belajar megajar. Dengan menguasai kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa sebagai calon guru dapat:
- Mengembangkan wawasan kependidikan dalam merancang da memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan
- Mendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas pendidikan di sekolah
References
John, W. Santrock. 2002. LIFE-SPAN DEVELOPMENT (Perkembangan Masa Hidup). Jakarta: ERLANGGA.
Details ...
- Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) cakupan konsep perkembangan: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan dan (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.
Setelah mempelajari Perkembangan Peserta Didik, mahasiswa diharapkan mampu:
- Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentag perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir utuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah
- Menggambarkan aplikasi konsep dan prisip perkembangan anak terhadap proses belajar megajar. Dengan menguasai kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa sebagai calon guru dapat:
- Mengembangkan wawasan kependidikan dalam merancang da memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan
- Mendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas pendidikan di sekolah
References
John, W. Santrock. 2002. LIFE-SPAN DEVELOPMENT (Perkembangan Masa Hidup). Jakarta: ERLANGGA.
Details ...