Courser in English | - |
Program | Bimbingan dan Konseling |
SKS | 2 SKS |
RPS | 5 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini membahas tentang Konsep dasar keluarga, pengertian, fungsi, peran keluarga; Bentuk-bentuk dan tipe keluarga; Hakikat dan komunikasi dalam keluarga dan perkawinan;Kewajiban masing-masing anggota keluarga; faktor penyebab problematika dalam pengasuhan, Keluarga bahagia; Beragam masalah keluarga; keluarga dengan orang tua tunggal, Konsep dasar bimbingan dan konseling keluarga; Konseling keluarga, definisi, sasaran, proses dan tahapan konseling keluarga, asumsi penanganan, tujuan, kompetensi konseli
Learning OutcomesCPL PRODI yang dibebankan pada MK
Sikap (S)
S1. Memiliki moral, etika dan kepribadan yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya
S2. Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya
Pengetahuan (P)
P1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif tentang kaidah-kaidah filsafat, pendidikan, psikologi, social budaya dan antropologi dalam konteks pengembangan atau mendasari implementasi keilmuan dan praksis bimbingan dan konseling (P1)
P6. Menguasai konsep, landasan dan kerangka teoretik pengubahan perilaku (P6)
P20. Menguasai informasi dan problematic perkembangan masyarakat dalam proses pendidikan dan latar social budayanya
Ketrampilan Umum (KU)
KU 1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
KU 5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasrkan hasil analisis informasi dan data
Ketrampilan Khusus (KK)
KK 1. Terampil membaca buku teks, jurnal, prosiding, majalah dan berbagai sumber informasi lain baik dalam bentuk hard copymaupunsoft copysecara daring maupun luring untuk mendeskripsikan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif, inovatif dan komprehensif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan bidang bimbingan dan konseling .
KK 2. Terampil memadukan temuan-temuan baru ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bidang bimbingan dan konseling, pendidikan, psikologi, sosiologi, sosial budaya dan antropologi, untuk merumuskan pokok-pokok pikiran penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling baik menggunakan maupun tidak menggunakan teknologi informasi dengan tetap menerapkan nilai di latar sosial budaya Indonesia.
KK 34. Terampil menggunakan teori dan problematic perkembangan manusia sasaran layanan bimbingan dan konseling, terutama anak dan remaja dalam proses pendidikan dan latar social budayanya sebagai kerangka pikir (word view) layanan bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya
KK 40. Terampil mengakses berbagai informasi yang relevan dalam rangka analisis kebutuhan
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa mampu:
CPMK1 Mahasiswa mampu menguasai konsep psikologi dan ilmu keluarga secara kritis dan logis untuk mengembangkan dan mengimplementasikan ilmu pengetahuan dalam bidang bimbingan dan konseling dengan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan berdasarkan agama, moral dan etika (S2, P1, P6, KU1, KK1)
CPMK2 Mahasiswa menguasai landasan dan kerangka teoretik perubahan perilaku berdasarkan teori psikologi, bimbingan konseling dan keluarga dengan terampil mengakses berbagai informasi untuk pengambilan keputusan yang tepat dalam konteks penyelesaian masalah dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan (P6, S2, KU5, KK40)
CPMK3 Mahasiswa terampil melaksanakan konsultasi, mediasi, advokasi, dan resolusi konflik dalam menyelenggarakan layanan bimbingan dan konseling khususnya dalam permasalahan keluarga
References- Wilis, S., 2017. Konseling Keluarga (Family Counseling). Bandung : Alfabeta
- Lestari, S., 2012. Psikologi Keluarga. Penanaman nilai dan peanganan konflik dalam keluarga. Jakarta : Prenadamedia Group.
- Ulfiah., 2014. Psikologi Keluarga. Pemahaman hakikat Keluarga & penanganan problematika rumah tangga. Bogor : Ghalia Indonesia.
- Mubarok, A., 2016. Psikologi Keluarga. Malang : Madani
- Geldard, K. & Geldard D., 2011. Konseling Keluarga, Membangun relasi untuk saling memandirikan antar anggota Keluarga.
- Suyati, T., Hartini, T., Ismah, 2019. BK Keluarga. UPGRIS Press
- Handayani, A., 2019. How to raise great family, mengasuh penuh kesadaran. Jakarta : Grasind
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang Konsep dasar keluarga, pengertian, fungsi, peran keluarga; Bentuk-bentuk dan tipe keluarga; Hakikat dan komunikasi dalam keluarga dan perkawinan;Kewajiban masing-masing anggota keluarga; faktor penyebab problematika dalam pengasuhan, Keluarga bahagia; Beragam masalah keluarga; keluarga dengan orang tua tunggal, Konsep dasar bimbingan dan konseling keluarga; Konseling keluarga, definisi, sasaran, proses dan tahapan konseling keluarga, asumsi penanganan, tujuan, kompetensi konseli
Learning OutcomesCPL PRODI yang dibebankan pada MK
Sikap (S)
S1. Memiliki moral, etika dan kepribadan yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya
S2. Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya
Pengetahuan (P)
P1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif tentang kaidah-kaidah filsafat, pendidikan, psikologi, social budaya dan antropologi dalam konteks pengembangan atau mendasari implementasi keilmuan dan praksis bimbingan dan konseling (P1)
P6. Menguasai konsep, landasan dan kerangka teoretik pengubahan perilaku (P6)
P20. Menguasai informasi dan problematic perkembangan masyarakat dalam proses pendidikan dan latar social budayanya
Ketrampilan Umum (KU)
KU 1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
KU 5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasrkan hasil analisis informasi dan data
Ketrampilan Khusus (KK)
KK 1. Terampil membaca buku teks, jurnal, prosiding, majalah dan berbagai sumber informasi lain baik dalam bentuk hard copymaupunsoft copysecara daring maupun luring untuk mendeskripsikan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif, inovatif dan komprehensif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan bidang bimbingan dan konseling .
KK 2. Terampil memadukan temuan-temuan baru ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bidang bimbingan dan konseling, pendidikan, psikologi, sosiologi, sosial budaya dan antropologi, untuk merumuskan pokok-pokok pikiran penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling baik menggunakan maupun tidak menggunakan teknologi informasi dengan tetap menerapkan nilai di latar sosial budaya Indonesia.
KK 34. Terampil menggunakan teori dan problematic perkembangan manusia sasaran layanan bimbingan dan konseling, terutama anak dan remaja dalam proses pendidikan dan latar social budayanya sebagai kerangka pikir (word view) layanan bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya
KK 40. Terampil mengakses berbagai informasi yang relevan dalam rangka analisis kebutuhan
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa mampu:
CPMK1 Mahasiswa mampu menguasai konsep psikologi dan ilmu keluarga secara kritis dan logis untuk mengembangkan dan mengimplementasikan ilmu pengetahuan dalam bidang bimbingan dan konseling dengan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan berdasarkan agama, moral dan etika (S2, P1, P6, KU1, KK1)
CPMK2 Mahasiswa menguasai landasan dan kerangka teoretik perubahan perilaku berdasarkan teori psikologi, bimbingan konseling dan keluarga dengan terampil mengakses berbagai informasi untuk pengambilan keputusan yang tepat dalam konteks penyelesaian masalah dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan (P6, S2, KU5, KK40)
CPMK3 Mahasiswa terampil melaksanakan konsultasi, mediasi, advokasi, dan resolusi konflik dalam menyelenggarakan layanan bimbingan dan konseling khususnya dalam permasalahan keluarga
References- Wilis, S., 2017. Konseling Keluarga (Family Counseling). Bandung : Alfabeta
- Lestari, S., 2012. Psikologi Keluarga. Penanaman nilai dan peanganan konflik dalam keluarga. Jakarta : Prenadamedia Group.
- Ulfiah., 2014. Psikologi Keluarga. Pemahaman hakikat Keluarga & penanganan problematika rumah tangga. Bogor : Ghalia Indonesia.
- Mubarok, A., 2016. Psikologi Keluarga. Malang : Madani
- Geldard, K. & Geldard D., 2011. Konseling Keluarga, Membangun relasi untuk saling memandirikan antar anggota Keluarga.
- Suyati, T., Hartini, T., Ismah, 2019. BK Keluarga. UPGRIS Press
- Handayani, A., 2019. How to raise great family, mengasuh penuh kesadaran. Jakarta : Grasind
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang Konsep dasar keluarga, pengertian, fungsi, peran keluarga; Bentuk-bentuk dan tipe keluarga; Hakikat dan komunikasi dalam keluarga dan perkawinan;Kewajiban masing-masing anggota keluarga; faktor penyebab problematika dalam pengasuhan, Keluarga bahagia; Beragam masalah keluarga; keluarga dengan orang tua tunggal, Konsep dasar bimbingan dan konseling keluarga; Konseling keluarga, definisi, sasaran, proses dan tahapan konseling keluarga, asumsi penanganan, tujuan, kompetensi konseli
Learning OutcomesCPL PRODI yang dibebankan pada MK
Sikap (S)
S1. Memiliki moral, etika dan kepribadan yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya
S2. Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya
Pengetahuan (P)
P1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif tentang kaidah-kaidah filsafat, pendidikan, psikologi, social budaya dan antropologi dalam konteks pengembangan atau mendasari implementasi keilmuan dan praksis bimbingan dan konseling (P1)
P6. Menguasai konsep, landasan dan kerangka teoretik pengubahan perilaku (P6)
P20. Menguasai informasi dan problematic perkembangan masyarakat dalam proses pendidikan dan latar social budayanya
Ketrampilan Umum (KU)
KU 1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
KU 5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasrkan hasil analisis informasi dan data
Ketrampilan Khusus (KK)
KK 1. Terampil membaca buku teks, jurnal, prosiding, majalah dan berbagai sumber informasi lain baik dalam bentuk hard copymaupunsoft copysecara daring maupun luring untuk mendeskripsikan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif, inovatif dan komprehensif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan bidang bimbingan dan konseling .
KK 2. Terampil memadukan temuan-temuan baru ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bidang bimbingan dan konseling, pendidikan, psikologi, sosiologi, sosial budaya dan antropologi, untuk merumuskan pokok-pokok pikiran penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling baik menggunakan maupun tidak menggunakan teknologi informasi dengan tetap menerapkan nilai di latar sosial budaya Indonesia.
KK 34. Terampil menggunakan teori dan problematic perkembangan manusia sasaran layanan bimbingan dan konseling, terutama anak dan remaja dalam proses pendidikan dan latar social budayanya sebagai kerangka pikir (word view) layanan bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya
KK 40. Terampil mengakses berbagai informasi yang relevan dalam rangka analisis kebutuhan
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa mampu:
CPMK1 Mahasiswa mampu menguasai konsep psikologi dan ilmu keluarga secara kritis dan logis untuk mengembangkan dan mengimplementasikan ilmu pengetahuan dalam bidang bimbingan dan konseling dengan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan berdasarkan agama, moral dan etika (S2, P1, P6, KU1, KK1)
CPMK2 Mahasiswa menguasai landasan dan kerangka teoretik perubahan perilaku berdasarkan teori psikologi, bimbingan konseling dan keluarga dengan terampil mengakses berbagai informasi untuk pengambilan keputusan yang tepat dalam konteks penyelesaian masalah dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan (P6, S2, KU5, KK40)
CPMK3 Mahasiswa terampil melaksanakan konsultasi, mediasi, advokasi, dan resolusi konflik dalam menyelenggarakan layanan bimbingan dan konseling khususnya dalam permasalahan keluarga
References- Wilis, S., 2017. Konseling Keluarga (Family Counseling). Bandung : Alfabeta
- Lestari, S., 2012. Psikologi Keluarga. Penanaman nilai dan peanganan konflik dalam keluarga. Jakarta : Prenadamedia Group.
- Ulfiah., 2014. Psikologi Keluarga. Pemahaman hakikat Keluarga & penanganan problematika rumah tangga. Bogor : Ghalia Indonesia.
- Mubarok, A., 2016. Psikologi Keluarga. Malang : Madani
- Geldard, K. & Geldard D., 2011. Konseling Keluarga, Membangun relasi untuk saling memandirikan antar anggota Keluarga.
- Suyati, T., Hartini, T., Ismah, 2019. BK Keluarga. UPGRIS Press
- Handayani, A., 2019. How to raise great family, mengasuh penuh kesadaran. Jakarta : Grasind
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang Konsep dasar keluarga, pengertian, fungsi, peran keluarga; Bentuk-bentuk dan tipe keluarga; Hakikat dan komunikasi dalam keluarga dan perkawinan;Kewajiban masing-masing anggota keluarga; faktor penyebab problematika dalam pengasuhan, Keluarga bahagia; Beragam masalah keluarga; keluarga dengan orang tua tunggal, Konsep dasar bimbingan dan konseling keluarga; Konseling keluarga, definisi, sasaran, proses dan tahapan konseling keluarga, asumsi penanganan, tujuan, kompetensi konseli
Learning OutcomesCPL PRODI yang dibebankan pada MK
Sikap (S)
S1. Memiliki moral, etika dan kepribadan yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya
S2. Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya
Pengetahuan (P)
P1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif tentang kaidah-kaidah filsafat, pendidikan, psikologi, social budaya dan antropologi dalam konteks pengembangan atau mendasari implementasi keilmuan dan praksis bimbingan dan konseling (P1)
P6. Menguasai konsep, landasan dan kerangka teoretik pengubahan perilaku (P6)
P20. Menguasai informasi dan problematic perkembangan masyarakat dalam proses pendidikan dan latar social budayanya
Ketrampilan Umum (KU)
KU 1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
KU 5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasrkan hasil analisis informasi dan data
Ketrampilan Khusus (KK)
KK 1. Terampil membaca buku teks, jurnal, prosiding, majalah dan berbagai sumber informasi lain baik dalam bentuk hard copymaupunsoft copysecara daring maupun luring untuk mendeskripsikan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif, inovatif dan komprehensif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan bidang bimbingan dan konseling .
KK 2. Terampil memadukan temuan-temuan baru ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bidang bimbingan dan konseling, pendidikan, psikologi, sosiologi, sosial budaya dan antropologi, untuk merumuskan pokok-pokok pikiran penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling baik menggunakan maupun tidak menggunakan teknologi informasi dengan tetap menerapkan nilai di latar sosial budaya Indonesia.
KK 34. Terampil menggunakan teori dan problematic perkembangan manusia sasaran layanan bimbingan dan konseling, terutama anak dan remaja dalam proses pendidikan dan latar social budayanya sebagai kerangka pikir (word view) layanan bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya
KK 40. Terampil mengakses berbagai informasi yang relevan dalam rangka analisis kebutuhan
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa mampu:
CPMK1 Mahasiswa mampu menguasai konsep psikologi dan ilmu keluarga secara kritis dan logis untuk mengembangkan dan mengimplementasikan ilmu pengetahuan dalam bidang bimbingan dan konseling dengan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan berdasarkan agama, moral dan etika (S2, P1, P6, KU1, KK1)
CPMK2 Mahasiswa menguasai landasan dan kerangka teoretik perubahan perilaku berdasarkan teori psikologi, bimbingan konseling dan keluarga dengan terampil mengakses berbagai informasi untuk pengambilan keputusan yang tepat dalam konteks penyelesaian masalah dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan (P6, S2, KU5, KK40)
CPMK3 Mahasiswa terampil melaksanakan konsultasi, mediasi, advokasi, dan resolusi konflik dalam menyelenggarakan layanan bimbingan dan konseling khususnya dalam permasalahan keluarga
References- Wilis, S., 2017. Konseling Keluarga (Family Counseling). Bandung : Alfabeta
- Lestari, S., 2012. Psikologi Keluarga. Penanaman nilai dan peanganan konflik dalam keluarga. Jakarta : Prenadamedia Group.
- Ulfiah., 2014. Psikologi Keluarga. Pemahaman hakikat Keluarga & penanganan problematika rumah tangga. Bogor : Ghalia Indonesia.
- Mubarok, A., 2016. Psikologi Keluarga. Malang : Madani
- Geldard, K. & Geldard D., 2011. Konseling Keluarga, Membangun relasi untuk saling memandirikan antar anggota Keluarga.
- Suyati, T., Hartini, T., Ismah, 2019. BK Keluarga. UPGRIS Press
- Handayani, A., 2019. How to raise great family, mengasuh penuh kesadaran. Jakarta : Grasind
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang Konsep dasar keluarga, pengertian, fungsi, peran keluarga; Bentuk-bentuk dan tipe keluarga; Hakikat dan komunikasi dalam keluarga dan perkawinan;Kewajiban masing-masing anggota keluarga; faktor penyebab problematika dalam pengasuhan, Keluarga bahagia; Beragam masalah keluarga; keluarga dengan orang tua tunggal, Konsep dasar bimbingan dan konseling keluarga; Konseling keluarga, definisi, sasaran, proses dan tahapan konseling keluarga, asumsi penanganan, tujuan, kompetensi konseli
Learning OutcomesCPL PRODI yang dibebankan pada MK
Sikap (S)
S1. Memiliki moral, etika dan kepribadan yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya
S2. Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya
Pengetahuan (P)
P1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif tentang kaidah-kaidah filsafat, pendidikan, psikologi, social budaya dan antropologi dalam konteks pengembangan atau mendasari implementasi keilmuan dan praksis bimbingan dan konseling (P1)
P6. Menguasai konsep, landasan dan kerangka teoretik pengubahan perilaku (P6)
P20. Menguasai informasi dan problematic perkembangan masyarakat dalam proses pendidikan dan latar social budayanya
Ketrampilan Umum (KU)
KU 1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
KU 5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasrkan hasil analisis informasi dan data
Ketrampilan Khusus (KK)
KK 1. Terampil membaca buku teks, jurnal, prosiding, majalah dan berbagai sumber informasi lain baik dalam bentuk hard copymaupunsoft copysecara daring maupun luring untuk mendeskripsikan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif, inovatif dan komprehensif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan bidang bimbingan dan konseling .
KK 2. Terampil memadukan temuan-temuan baru ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bidang bimbingan dan konseling, pendidikan, psikologi, sosiologi, sosial budaya dan antropologi, untuk merumuskan pokok-pokok pikiran penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling baik menggunakan maupun tidak menggunakan teknologi informasi dengan tetap menerapkan nilai di latar sosial budaya Indonesia.
KK 34. Terampil menggunakan teori dan problematic perkembangan manusia sasaran layanan bimbingan dan konseling, terutama anak dan remaja dalam proses pendidikan dan latar social budayanya sebagai kerangka pikir (word view) layanan bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya
KK 40. Terampil mengakses berbagai informasi yang relevan dalam rangka analisis kebutuhan
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa mampu:
CPMK1 Mahasiswa mampu menguasai konsep psikologi dan ilmu keluarga secara kritis dan logis untuk mengembangkan dan mengimplementasikan ilmu pengetahuan dalam bidang bimbingan dan konseling dengan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan berdasarkan agama, moral dan etika (S2, P1, P6, KU1, KK1)
CPMK2 Mahasiswa menguasai landasan dan kerangka teoretik perubahan perilaku berdasarkan teori psikologi, bimbingan konseling dan keluarga dengan terampil mengakses berbagai informasi untuk pengambilan keputusan yang tepat dalam konteks penyelesaian masalah dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan (P6, S2, KU5, KK40)
CPMK3 Mahasiswa terampil melaksanakan konsultasi, mediasi, advokasi, dan resolusi konflik dalam menyelenggarakan layanan bimbingan dan konseling khususnya dalam permasalahan keluarga
References- Wilis, S., 2017. Konseling Keluarga (Family Counseling). Bandung : Alfabeta
- Lestari, S., 2012. Psikologi Keluarga. Penanaman nilai dan peanganan konflik dalam keluarga. Jakarta : Prenadamedia Group.
- Ulfiah., 2014. Psikologi Keluarga. Pemahaman hakikat Keluarga & penanganan problematika rumah tangga. Bogor : Ghalia Indonesia.
- Mubarok, A., 2016. Psikologi Keluarga. Malang : Madani
- Geldard, K. & Geldard D., 2011. Konseling Keluarga, Membangun relasi untuk saling memandirikan antar anggota Keluarga.
- Suyati, T., Hartini, T., Ismah, 2019. BK Keluarga. UPGRIS Press
- Handayani, A., 2019. How to raise great family, mengasuh penuh kesadaran. Jakarta : Grasind
Details ...