Kimia Dasar, Curriculum : 2015


Courser in EnglishFUNDAMENTAL CHEMISTRY
ProgramPendidikan Fisika
SKS3 SKS
RPS4 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata Kuliah ini merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa Pendidikan Fisika. Hasil yang diharapkan dari perkuliahan ini adalah mahasiswa menguasai h. Materi perkuliahan terdiri dari : struktur atom, sistem periodik unsur, struktur molekul, stoikiometri, larutan, energetika kimia, kinetika kimia, kesetimbangan kimia, kimia inti, dan kimia karbon . Dalam perkuliahan ini dibahas juga tentang keterkaitan Kimia Dasar sebagai bahan penyusunan pembelajaran IPA di SMP serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari – hari. Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi dan pemecahan masalah. Beberapa informasi yang dijadikan bahan pertimbangan keberhasilan mahasiswa dalam perkuliahan ini adalah kehadiran, partisipasi selama perkuliahan, tugas, makalah, UTS dan UAS.

Learning Outcomes

Setelah mempelajari Kimia Dasar, mahasiswa diharapkan mampu:

Sikap:

  • Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan bernegara.
  • Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan fisika secara mandiri

 

Pengetahuan:

  • menguasai konsep teoretis pedagogi dan konsep pengetahuan dalam bidang studi Fisika yang sesuai dengan lingkup tugasnya
  • menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai model/metode pembelajaran khususnya yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill)
  • Menguasai pengetahuan faktual fungsi dan manfaat teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan fisika

Keterampilan khusus:

  • Mampu mengaplikasikan keterampilan proses sains dalam: 

 

Keterampilan Umum:

  • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/ atau teknologi sesuai dengan bidang pendidikan fisika.

References

  1. Bird, Tony, 1993, Kimia Fisik Untuk Universitas (terjemah), Jakarta: PT. Gramedia
  2. Chang, Raymond, , Kimia Dasar Jilid 1, Jakarta : Erlangga
  3. Chang, Raymond, , Kimia Dasar Jilid 2, Jakarta : Erlangga
  4. Fessenden dan Fessenden, 1995, Kimia Organik Jilid I (terjemah), Jakarta: Erlangga
  5. Fessenden dan Fessenden, 1995, Kimia Organik Jilid II (terjemah), Jakarta: Erlangga
  6. Kasmadi, IS, Luhbanjono, Gatot, 1991, Diktat Kuliah Kimia Dasar II, Semarang: FMIPA IKIP Semarang
  7. Nuroso, Harto, Siti Patonah, Pratjojo, Suyono W, 2010, Kimia Dasar, Semarang : IKIP PGRI Semarang Press
  8. Sastrohamidjoyo, Hardjono, 2005, Kimia Dasar, Yogyakarta: Gajah Mada Press
  9. Sukardjo, 1990, Kimia Anorganik, Yogyakarta: Rineka Cipta
  10. Syukri, 1999, Kimia Dasar 1, Bandung: Penerbit ITB
  11. Syukri, 1999, Kimia Dasar 2, Bandung: Penerbit ITB

Syukri, 1999, Kimia Dasar 3,


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa Pendidikan Fisika. Hasil yang diharapkan dari perkuliahan ini adalah mahasiswa menguasai h. Materi perkuliahan terdiri dari : struktur atom, sistem periodik unsur, struktur molekul, stoikiometri, larutan, energetika kimia, kinetika kimia, kesetimbangan kimia, kimia inti, dan kimia karbon . Dalam perkuliahan ini dibahas juga tentang keterkaitan Kimia Dasar sebagai bahan penyusunan pembelajaran IPA Terpadu serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari – hari. Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi dan pemecahan masalah. Beberapa informasi yang dijadikan bahan pertimbangan keberhasilan mahasiswa dalam perkuliahan ini adalah kehadiran, partisipasi selama perkuliahan, tugas, makalah, UTS dan UAS.

Learning Outcomes

Mahasiswa menguasai Ilmu Kimia, kajian kritis, dan penerapannya dalam kehidupan sehari – hari

References

  1. Bird, Tony, 1993, Kimia Fisik Untuk Universitas (terjemah), Jakarta: PT. Gramedia
  2. Chang, Raymond, , Kimia Dasar Jilid 1, Jakarta : Erlangga
  3. Chang, Raymond, , Kimia Dasar Jilid 2, Jakarta : Erlangga
  4. Fessenden dan Fessenden, 1995, Kimia Organik Jilid I (terjemah), Jakarta: Erlangga
  5. Fessenden dan Fessenden, 1995, Kimia Organik Jilid II (terjemah), Jakarta: Erlangga
  6. Kasmadi, IS, Luhbanjono, Gatot, 1991, Diktat Kuliah Kimia Dasar II, Semarang: FMIPA IKIP Semarang
  7. Nuroso, Harto, Siti Patonah, Pratjojo, Suyono W, 2010, Kimia Dasar, Semarang : IKIP PGRI Semarang Press
  8. Sastrohamidjoyo, Hardjono, 2005, Kimia Dasar, Yogyakarta: Gajah Mada Press
  9. Sukardjo, 1990, Kimia Anorganik, Yogyakarta: Rineka Cipta
  10. Syukri, 1999, Kimia Dasar 1, Bandung: Penerbit ITB
  11. Syukri, 1999, Kimia Dasar 2, Bandung: Penerbit ITB
  12. Syukri, 1999, Kimia Dasar 3, Bandung: Penerbit ITB


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa Pendidikan Fisika. Hasil yang diharapkan dari perkuliahan ini adalah mahasiswa menguasai h. Materi perkuliahan terdiri dari : struktur atom, sistem periodik unsur, struktur molekul, stoikiometri, larutan, energetika kimia, kinetika kimia, kesetimbangan kimia, kimia inti, dan kimia karbon . Dalam perkuliahan ini dibahas juga tentang keterkaitan Kimia Dasar sebagai bahan penyusunan pembelajaran IPA di SMP serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari – hari. Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi dan pemecahan masalah. Beberapa informasi yang dijadikan bahan pertimbangan keberhasilan mahasiswa dalam perkuliahan ini adalah kehadiran, partisipasi selama perkuliahan, tugas, makalah, UTS dan UAS.

Learning Outcomes

Setelah mempelajari Kimia Dasar, mahasiswa diharapkan mampu:

Sikap:

  • Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan bernegara.
  • Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan fisika secara mandiri

 

Pengetahuan:

  • menguasai konsep teoretis pedagogi dan konsep pengetahuan dalam bidang studi Fisika yang sesuai dengan lingkup tugasnya
  • menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai model/metode pembelajaran khususnya yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill)
  • Menguasai pengetahuan faktual fungsi dan manfaat teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan fisika

Keterampilan khusus:

  • Mampu mengaplikasikan keterampilan proses sains dalam: 

 

Keterampilan Umum:

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/ atau teknologi sesuai dengan bidang pendidikan fisika

References

  1. Bird, Tony, 1993, Kimia Fisik Untuk Universitas (terjemah), Jakarta: PT. Gramedia
  2. Chang, Raymond, , Kimia Dasar Jilid 1, Jakarta : Erlangga
  3. Chang, Raymond, , Kimia Dasar Jilid 2, Jakarta : Erlangga
  4. Fessenden dan Fessenden, 1995, Kimia Organik Jilid I (terjemah), Jakarta: Erlangga
  5. Fessenden dan Fessenden, 1995, Kimia Organik Jilid II (terjemah), Jakarta: Erlangga
  6. Kasmadi, IS, Luhbanjono, Gatot, 1991, Diktat Kuliah Kimia Dasar II, Semarang: FMIPA IKIP Semarang
  7. Nuroso, Harto, Siti Patonah, Pratjojo, Suyono W, 2010, Kimia Dasar, Semarang : IKIP PGRI Semarang Press
  8. Sastrohamidjoyo, Hardjono, 2005, Kimia Dasar, Yogyakarta: Gajah Mada Press
  9. Sukardjo, 1990, Kimia Anorganik, Yogyakarta: Rineka Cipta
  10. Syukri, 1999, Kimia Dasar 1, Bandung: Penerbit ITB
  11. Syukri, 1999, Kimia Dasar 2, Bandung: Penerbit ITB
  12. Syukri, 1999, Kimia Dasar 3, Bandung: Penerbit ITB


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa Pendidikan Fisika. Hasil yang diharapkan dari perkuliahan ini adalah mahasiswa menguasai h. Materi perkuliahan terdiri dari : struktur atom, sistem periodik unsur, struktur molekul, stoikiometri, larutan, energetika kimia, kinetika kimia, kesetimbangan kimia, kimia inti, dan kimia karbon . Dalam perkuliahan ini dibahas juga tentang keterkaitan Kimia Dasar sebagai bahan penyusunan pembelajaran IPA di SMP serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari – hari. Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi dan pemecahan masalah. Beberapa informasi yang dijadikan bahan pertimbangan keberhasilan mahasiswa dalam perkuliahan ini adalah kehadiran, partisipasi selama perkuliahan, tugas, makalah, UTS dan UAS.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah   :  Setelah mempelajari Kimia Dasar, mahasiswa diharapkan mampu:

Sikap:

  • Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan bernegara.
  • Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan fisika secara mandiri

 

Pengetahuan:

  • menguasai konsep teoretis pedagogi dan konsep pengetahuan dalam bidang studi Fisika yang sesuai dengan lingkup tugasnya
  • menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai model/metode pembelajaran khususnya yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill)
  • Menguasai pengetahuan faktual fungsi dan manfaat teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan fisika

Keterampilan khusus:

  • Mampu mengaplikasikan keterampilan proses sains dalam: 

 

Keterampilan Umum:

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/ atau teknologi sesuai dengan bidang pendidikan fisika.

References

  1. Bird, Tony, 1993, Kimia Fisik Untuk Universitas (terjemah), Jakarta: PT. Gramedia
  2. Chang, Raymond, , Kimia Dasar Jilid 1, Jakarta : Erlangga
  3. Chang, Raymond, , Kimia Dasar Jilid 2, Jakarta : Erlangga
  4. Fessenden dan Fessenden, 1995, Kimia Organik Jilid I (terjemah), Jakarta: Erlangga
  5. Fessenden dan Fessenden, 1995, Kimia Organik Jilid II (terjemah), Jakarta: Erlangga
  6. Kasmadi, IS, Luhbanjono, Gatot, 1991, Diktat Kuliah Kimia Dasar II, Semarang: FMIPA IKIP Semarang
  7. Nuroso, Harto, Siti Patonah, Pratjojo, Suyono W, 2010, Kimia Dasar, Semarang : IKIP PGRI Semarang Press
  8. Sastrohamidjoyo, Hardjono, 2005, Kimia Dasar, Yogyakarta: Gajah Mada Press
  9. Sukardjo, 1990, Kimia Anorganik, Yogyakarta: Rineka Cipta
  10. Syukri, 1999, Kimia Dasar 1, Bandung: Penerbit ITB
  11. Syukri, 1999, Kimia Dasar 2, Bandung: Penerbit ITB
  12. Syukri, 1999, Kimia Dasar 3, Bandung: Penerbit ITB


Details ...