Courser in English | SCHOOL INTERNSHIP III |
Program | Bimbingan dan Konseling |
SKS | 3 SKS |
RPS | 6 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini merupakan praktik lapangan. Mahasiswa selama 3 (tiga) bulang berada di sekolah latihan sebagai guru BK dengan mempraktikan layanan BK yatu praktik konseling individu, praktik konseling kelompok, praktik bimbingan kelompok dan praktik pemberian layanan informasi dan penguasaan konten. Selain itu mahasiswa juga belajar administrasi BK di sekolah latihan. Semua kegiatan tersebut disupervisi langsung oleh guru pamong dan dipantau oleh dosen pendamping mahasiswa.
Learning Outcomes1. Mahasiswa mampu mempraktikan konseling individu
2. Mahasiswa mampu mempraktikan konseling kelompok
3. Mahasiswa mampu mempraktikan bimbingan kelompok
4. Mahasiswa mampu mempraktikan bimbingan klasikal
References1. Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia. 2. Nurihsan, Juntika Ahmad. 2005. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Refika Aditama. 3. -----------, (2001). Panduan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta. 4. -----------, (2004). Seri Layanan Konseling Layanan Bimbingan Konseling Kelompok. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas IlmuPendidikan Universitas Negeri Padang. 5. Romlah, Tatiek. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang. 6. Sukardi, Ketut Dewa. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Quantum Teaching. 7. Winkel W.S dan Sri Hastuti. Bimbingan dan Konseling di Institusi pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi. 8. Wibowo, Eddy Mungin. 2004. Modul Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Semarang: LPMP
Details ...
Mata kuliah ini merupakan praktik lapangan. Mahasiswa selama 3 (tiga) bulang berada di sekolah latihan sebagai guru BK dengan mempraktikan layanan BK yatu praktik konseling individu, praktik konseling kelompok, praktik bimbingan kelompok dan praktik pemberian layanan informasi dan penguasaan konten. Selain itu mahasiswa juga belajar administrasi BK di sekolah latihan. Semua kegiatan tersebut disupervisi langsung oleh guru pamong dan dipantau oleh dosen pendamping mahasiswa.
Learning Outcomes1. Mahasiswa mampu mempraktikan konseling individu
2. Mahasiswa mampu mempraktikan konseling kelompok
3. Mahasiswa mampu mempraktikan bimbingan kelompok
4. Mahasiswa mampu mempraktikan bimbingan klasikal
References1. Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia. 2. Nurihsan, Juntika Ahmad. 2005. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Refika Aditama. 3. -----------, (2001). Panduan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta. 4. -----------, (2004). Seri Layanan Konseling Layanan Bimbingan Konseling Kelompok. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas IlmuPendidikan Universitas Negeri Padang. 5. Romlah, Tatiek. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang. 6. Sukardi, Ketut Dewa. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Quantum Teaching. 7. Winkel W.S dan Sri Hastuti. Bimbingan dan Konseling di Institusi pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi. 8. Wibowo, Eddy Mungin. 2004. Modul Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Semarang: LPMP
Details ...
Mata kuliah ini merupakan praktik lapangan. Mahasiswa selama 3 (tiga) bulang berada di sekolah latihan sebagai guru BK dengan mempraktikan layanan BK yatu praktik konseling individu, praktik konseling kelompok, praktik bimbingan kelompok dan praktik pemberian layanan informasi dan penguasaan konten. Selain itu mahasiswa juga belajar administrasi BK di sekolah latihan. Semua kegiatan tersebut disupervisi langsung oleh guru pamong dan dipantau oleh dosen pendamping mahasiswa.
Learning Outcomes1. Mahasiswa mampu mempraktikan konseling individu
2. Mahasiswa mampu mempraktikan konseling kelompok
3. Mahasiswa mampu mempraktikan bimbingan kelompok
4. Mahasiswa mampu mempraktikan bimbingan klasikal
References1. Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia. 2. Nurihsan, Juntika Ahmad. 2005. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Refika Aditama. 3. -----------, (2001). Panduan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta. 4. -----------, (2004). Seri Layanan Konseling Layanan Bimbingan Konseling Kelompok. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas IlmuPendidikan Universitas Negeri Padang. 5. Romlah, Tatiek. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang. 6. Sukardi, Ketut Dewa. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Quantum Teaching. 7. Winkel W.S dan Sri Hastuti. Bimbingan dan Konseling di Institusi pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi. 8. Wibowo, Eddy Mungin. 2004. Modul Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Semarang: LPMP
Details ...
1. Mahasiswa mampu mempraktikan konseling individu
2. Mahasiswa mampu mempraktikan konseling kelompok
3. Mahasiswa mampu mempraktikan bimbingan kelompok
4. Mahasiswa mampu mempraktikan bimbingan klasikalReferences
Details ...
1. Mahasiswa mampu mempraktikan konseling individu
2. Mahasiswa mampu mempraktikan konseling kelompok
3. Mahasiswa mampu mempraktikan bimbingan kelompok
4. Mahasiswa mampu mempraktikan bimbingan klasikalReferences
Details ...
1. Mahasiswa mampu mempraktikan konseling individu
2. Mahasiswa mampu mempraktikan konseling kelompok
3. Mahasiswa mampu mempraktikan bimbingan kelompok
4. Mahasiswa mampu mempraktikan bimbingan klasikalReferences
Details ...