Biologi Sel, Curriculum : 2015


Courser in EnglishCELLULAR BIOLOGY
ProgramPendidikan Biologi
SKS2 SKS
RPS18 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan, pengertian dan pemahaman mengenai struktur, fungsi dan aktivitas-aktivitas yang ada di dalam sel. Kajian – kajian biologi sel dimulai dari (1) pemahaman tentang perkembangan keilmuan biologi sel, evolusi, sejarah penemuan sel, dan konsep dasar sel; (2) bagaimana mempelajari sel dan konsep hidup dan mati; (3) struktur dan komponen penyusun sel prokariot dan eukariot; (4) jenis sel berdasarkan tingkat kekompleksannya; (5) struktur sel hewan dan tumbuhan secara umum; (6) struktur, fungsi dan aktifitas sistem endomembran (meliputi: membran nukleus, retikulum endoplasma, aparatus golgi, lisosom, peroksisom, glioksisom, vakuola dan membran plasma); (7) struktur, fungsi dan aktifitas sistem non endomembran; (8) Siklus sel; (9) Mitosis dan Meiosis; (10) sistem komunikasi interseluler akan meliputi kontak antar sel, baik sel hewan maupun sel tumbuhan; (11) apoptosis.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Lulusan                              :

1. Sikap

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  3. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  4. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  5. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  6. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni

 

  1. Keterampilan Khusus
  1. Mampu menerapkan konsep-konsep biologi dan ilmu Kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEKS sesuai kebutuhan dengan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat
  2. Mampu memecahkan permasalahan pendidikan biologi melalui penelitian ilmiah dengan memanfaatkan kemajuan IPTEKS sesuai konteks sekolah, perkembangan peserta didik dan isu isu pendidikan terkini
  1. Penguasaan Pengetahuan
  1. Menguasai konsep, prinsip, teori, dan prosedur dasar biologi serta terapannya

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah                      :

  1. Sikap
  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  3. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  4. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  5. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  6. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu  menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Biologi Sel yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Biologi Sel yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  1. Keterampilan Khusus
  1. Mampu  menerapkan  konsep-konsep Biologi Sel dan ilmu Kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEKS sesuai kebutuhan dengan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat
  2. Mampu  memecahkan permasalahan pendidikan biologi di bidang Biologi Sel melalui penelitian ilmiah dengan memanfaatkan kemajuan IPTEKS sesuai konteks sekolah, perkembangan peserta didik dan isu isu pendidikan terkini
  1. Penguasaan Pengetahuan
  1. Menguasai konsep, prinsip, teori, dan prosedur dasar Biologi Sel serta terapannya

References

Thorpe, N.O., (1984), Cell Biology, John Willey, New York

Siergar A., (1990), Biologi Sel, ITB, Bandung.

Djamhur W., (1986) Biologi Sel, UT, Jakarta

Sheller P., (1980) Cell Biology, Struktur Biochemistryand Function, John Willey & Son, New York

Alberts, B.,D. Bray, J. Lewis, M. Raff, K. Roberts, J.D. Watson, 1989, Molecular Biology of The Cell 2nd ed

., Garland Publ., Inc, New York.

Cell Biology

Cell Biology Journal

Nature Journal


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan, pengertian dan pemahaman mengenai struktur, fungsi dan aktivitas-aktivitas yang ada di dalam sel. Kajian – kajian biologi sel dimulai dari (1) pemahaman tentang perkembangan keilmuan biologi sel, evolusi, sejarah penemuan sel, dan konsep dasar sel; (2) bagaimana mempelajari sel dan konsep hidup dan mati; (3) struktur dan komponen penyusun sel prokariot dan eukariot; (4) jenis sel berdasarkan tingkat kekompleksannya; (5) struktur sel hewan dan tumbuhan secara umum; (6) struktur, fungsi dan aktifitas sistem endomembran (meliputi: membran nukleus, retikulum endoplasma, aparatus golgi, lisosom, peroksisom, glioksisom, vakuola dan membran plasma); (7) struktur, fungsi dan aktifitas sistem non endomembran; (8) Siklus sel; (9) Mitosis dan Meiosis; (10) sistem komunikasi interseluler akan meliputi kontak antar sel, baik sel hewan maupun sel tumbuhan; (11) apoptosis.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Lulusan                              :

1. Sikap

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  3. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  4. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  5. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  6. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni

 

  1. Keterampilan Khusus
  1. Mampu menerapkan konsep-konsep biologi dan ilmu Kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEKS sesuai kebutuhan dengan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat
  2. Mampu memecahkan permasalahan pendidikan biologi melalui penelitian ilmiah dengan memanfaatkan kemajuan IPTEKS sesuai konteks sekolah, perkembangan peserta didik dan isu isu pendidikan terkini
  1. Penguasaan Pengetahuan
  1. Menguasai konsep, prinsip, teori, dan prosedur dasar biologi serta terapannya

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah                      :

  1. Sikap
  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  3. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  4. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  5. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  6. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu  menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Biologi Sel yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Biologi Sel yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  1. Keterampilan Khusus
  1. Mampu  menerapkan  konsep-konsep Biologi Sel dan ilmu Kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEKS sesuai kebutuhan dengan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat
  2. Mampu  memecahkan permasalahan pendidikan biologi di bidang Biologi Sel melalui penelitian ilmiah dengan memanfaatkan kemajuan IPTEKS sesuai konteks sekolah, perkembangan peserta didik dan isu isu pendidikan terkini
  1. Penguasaan Pengetahuan
  1. Menguasai konsep, prinsip, teori, dan prosedur dasar Biologi Sel serta terapannya

References

Thorpe, N.O., (1984), Cell Biology, John Willey, New York

Siergar A., (1990), Biologi Sel, ITB, Bandung.

Djamhur W., (1986) Biologi Sel, UT, Jakarta

Sheller P., (1980) Cell Biology, Struktur Biochemistryand Function, John Willey & Son, New York

Alberts, B.,D. Bray, J. Lewis, M. Raff, K. Roberts, J.D. Watson, 1989, Molecular Biology of The Cell 2nd ed

., Garland Publ., Inc, New York.

Cell Biology

Cell Biology Journal

Nature Journal


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan, pengertian dan pemahaman mengenai struktur, fungsi dan aktivitas-aktivitas yang ada di dalam sel. Kajian – kajian biologi sel dimulai dari (1) pemahaman tentang perkembangan keilmuan biologi sel, evolusi, sejarah penemuan sel, dan konsep dasar sel; (2) bagaimana mempelajari sel dan konsep hidup dan mati; (3) struktur dan komponen penyusun sel prokariot dan eukariot; (4) jenis sel berdasarkan tingkat kekompleksannya; (5) struktur sel hewan dan tumbuhan secara umum; (6) struktur, fungsi dan aktifitas sistem endomembran (meliputi: membran nukleus, retikulum endoplasma, aparatus golgi, lisosom, peroksisom, glioksisom, vakuola dan membran plasma); (7) struktur, fungsi dan aktifitas sistem non endomembran; (8) Siklus sel; (9) Mitosis dan Meiosis; (10) sistem komunikasi interseluler akan meliputi kontak antar sel, baik sel hewan maupun sel tumbuhan; (11) apoptosis.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Lulusan                              :

1. Sikap

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  3. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  4. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  5. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  6. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni

 

  1. Keterampilan Khusus
  1. Mampu menerapkan konsep-konsep biologi dan ilmu Kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEKS sesuai kebutuhan dengan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat
  2. Mampu memecahkan permasalahan pendidikan biologi melalui penelitian ilmiah dengan memanfaatkan kemajuan IPTEKS sesuai konteks sekolah, perkembangan peserta didik dan isu isu pendidikan terkini
  1. Penguasaan Pengetahuan
  1. Menguasai konsep, prinsip, teori, dan prosedur dasar biologi serta terapannya

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah                      :

  1. Sikap
  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  3. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  4. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  5. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  6. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu  menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Biologi Sel yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Biologi Sel yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  1. Keterampilan Khusus
  1. Mampu  menerapkan  konsep-konsep Biologi Sel dan ilmu Kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEKS sesuai kebutuhan dengan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat
  2. Mampu  memecahkan permasalahan pendidikan biologi di bidang Biologi Sel melalui penelitian ilmiah dengan memanfaatkan kemajuan IPTEKS sesuai konteks sekolah, perkembangan peserta didik dan isu isu pendidikan terkini
  1. Penguasaan Pengetahuan
  1. Menguasai konsep, prinsip, teori, dan prosedur dasar Biologi Sel serta terapannya

References

Thorpe, N.O., (1984), Cell Biology, John Willey, New York

Siergar A., (1990), Biologi Sel, ITB, Bandung.

Djamhur W., (1986) Biologi Sel, UT, Jakarta

Sheller P., (1980) Cell Biology, Struktur Biochemistryand Function, John Willey & Son, New York

Alberts, B.,D. Bray, J. Lewis, M. Raff, K. Roberts, J.D. Watson, 1989, Molecular Biology of The Cell 2nd ed

., Garland Publ., Inc, New York.

Cell Biology

Cell Biology Journal

Nature Journal


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan, pengertian dan pemahaman mengenai struktur, fungsi dan aktivitas-aktivitas yang ada di dalam sel. Kajian – kajian biologi sel dimulai dari (1) pemahaman tentang perkembangan keilmuan biologi sel, evolusi, sejarah penemuan sel, dan konsep dasar sel; (2) bagaimana mempelajari sel dan konsep hidup dan mati; (3) struktur dan komponen penyusun sel prokariot dan eukariot; (4) jenis sel berdasarkan tingkat kekompleksannya; (5) struktur sel hewan dan tumbuhan secara umum; (6) struktur, fungsi dan aktifitas sistem endomembran (meliputi: membran nukleus, retikulum endoplasma, aparatus golgi, lisosom, peroksisom, glioksisom, vakuola dan membran plasma); (7) struktur, fungsi dan aktifitas sistem non endomembran; (8) Siklus sel; (9) Mitosis dan Meiosis; (10) sistem komunikasi interseluler akan meliputi kontak antar sel, baik sel hewan maupun sel tumbuhan; (11) apoptosis.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Lulusan                              :

1. Sikap

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  3. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  4. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  5. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  6. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni

 

  1. Keterampilan Khusus
  1. Mampu menerapkan konsep-konsep biologi dan ilmu Kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEKS sesuai kebutuhan dengan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat
  2. Mampu memecahkan permasalahan pendidikan biologi melalui penelitian ilmiah dengan memanfaatkan kemajuan IPTEKS sesuai konteks sekolah, perkembangan peserta didik dan isu isu pendidikan terkini
  1. Penguasaan Pengetahuan
  1. Menguasai konsep, prinsip, teori, dan prosedur dasar biologi serta terapannya

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah                      :

  1. Sikap
  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  3. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  4. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  5. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  6. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu  menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Biologi Sel yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Biologi Sel yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  1. Keterampilan Khusus
  1. Mampu  menerapkan  konsep-konsep Biologi Sel dan ilmu Kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEKS sesuai kebutuhan dengan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat
  2. Mampu  memecahkan permasalahan pendidikan biologi di bidang Biologi Sel melalui penelitian ilmiah dengan memanfaatkan kemajuan IPTEKS sesuai konteks sekolah, perkembangan peserta didik dan isu isu pendidikan terkini
  1. Penguasaan Pengetahuan

Menguasai konsep, prinsip, teori, dan prosedur dasar Biologi Sel serta terapannya

References

Thorpe, N.O., (1984), Cell Biology, John Willey, New York

Siergar A., (1990), Biologi Sel, ITB, Bandung.

Djamhur W., (1986) Biologi Sel, UT, Jakarta

Sheller P., (1980) Cell Biology, Struktur Biochemistryand Function, John Willey & Son, New York

Alberts, B.,D. Bray, J. Lewis, M. Raff, K. Roberts, J.D. Watson, 1989, Molecular Biology of The Cell 2nd ed

., Garland Publ., Inc, New York.

Cell Biology

Cell Biology Journal

Nature Journal


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan, pengertian dan pemahaman mengenai struktur, fungsi dan aktivitas-aktivitas yang ada di dalam sel. Kajian – kajian biologi sel dimulai dari (1) pemahaman tentang perkembangan keilmuan biologi sel, evolusi, sejarah penemuan sel, dan konsep dasar sel; (2) bagaimana mempelajari sel dan konsep hidup dan mati; (3) struktur dan komponen penyusun sel prokariot dan eukariot; (4) jenis sel berdasarkan tingkat kekompleksannya; (5) struktur sel hewan dan tumbuhan secara umum; (6) struktur, fungsi dan aktifitas sistem endomembran (meliputi: membran nukleus, retikulum endoplasma, aparatus golgi, lisosom, peroksisom, glioksisom, vakuola dan membran plasma); (7) struktur, fungsi dan aktifitas sistem non endomembran; (8) Siklus sel; (9) Mitosis dan Meiosis; (10) sistem komunikasi interseluler akan meliputi kontak antar sel, baik sel hewan maupun sel tumbuhan; (11) apoptosis.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Lulusan                              :

1. Sikap

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  3. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  4. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  5. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  6. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni

 

  1. Keterampilan Khusus
  1. Mampu menerapkan konsep-konsep biologi dan ilmu Kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEKS sesuai kebutuhan dengan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat
  2. Mampu memecahkan permasalahan pendidikan biologi melalui penelitian ilmiah dengan memanfaatkan kemajuan IPTEKS sesuai konteks sekolah, perkembangan peserta didik dan isu isu pendidikan terkini
  1. Penguasaan Pengetahuan
  1. Menguasai konsep, prinsip, teori, dan prosedur dasar biologi serta terapannya

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah                      :

  1. Sikap
  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  3. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  4. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  5. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  6. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu  menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Biologi Sel yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Biologi Sel yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  1. Keterampilan Khusus
  1. Mampu  menerapkan  konsep-konsep Biologi Sel dan ilmu Kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEKS sesuai kebutuhan dengan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat
  2. Mampu  memecahkan permasalahan pendidikan biologi di bidang Biologi Sel melalui penelitian ilmiah dengan memanfaatkan kemajuan IPTEKS sesuai konteks sekolah, perkembangan peserta didik dan isu isu pendidikan terkini
  1. Penguasaan Pengetahuan

Menguasai konsep, prinsip, teori, dan prosedur dasar Biologi Sel serta terapannya

References

Thorpe, N.O., (1984), Cell Biology, John Willey, New York

Siergar A., (1990), Biologi Sel, ITB, Bandung.

Djamhur W., (1986) Biologi Sel, UT, Jakarta

Sheller P., (1980) Cell Biology, Struktur Biochemistryand Function, John Willey & Son, New York

Alberts, B.,D. Bray, J. Lewis, M. Raff, K. Roberts, J.D. Watson, 1989, Molecular Biology of The Cell 2nd ed

., Garland Publ., Inc, New York.

Cell Biology

Cell Biology Journal

Nature Journal


Details ...