Courser in English | ECONOMICS CURRICULUM AND TEXTBOOKS |
Program | Pendidikan Ekonomi |
SKS | 3 SKS |
RPS | 1 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata Kuliah kurikulum dan Buku Teks Ekonomi berisi delapan (8) pokok bahasan yaitu, (1) Konsep Dasar Kurikulum, (2) Pendekatan dan model-model pengembangan kurikulum, (3) landasan pengembangan kurikulum, (4) Pengorganisasi Kurikulum (5) perkembangan kurikulum di Indonesia, (6) Evaluasi Kurikulum, (7) peranan guru dan pengembangan kurikulum. (8) Buku Teks Ekonomi. Melalui pemahanan secara rasional mengenai delapan (8) pokok bahasan tersebut mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan dalam Buku Teks Mata Pelajaran Dasar Bidang Keahlian dan Bahan Ajar.
Learning OutcomesRanah Sikap Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa serta mampu menunjukkan sikap religius Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegaram dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa. Menghargai keberagaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. Ranah ketrampilan umum Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan. Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal. Ranah Keterampilan Umum Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya Mampu mengelola pembelajaran secara mandiri, bermutu, dan terukur. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesauan pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya. Mampu melakukan evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri. Mampu mendokumnetasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi dengan memanfaatkan teknologi informasi. Ranah Ketrampilan Khusus Mendeskripsikan Konsep Dasar Kurikulum . Mendeskripsikan pendekatan dan model pengembangan kurikulum Menjelaskan landasan pengembangan kurikulum. Menjelaskan pengorganisasi kurikulum Menjelaskan perkembangan kurikulum di Indonesia Mendeskripsikan proses evaluasi kurikulum Menganalisis peran guru dan pengembangan kurikulum Menganalisis Buku Teks Ekonomi Merancang Buku Teks Ekonomi Ranah Pengetahuan Menguasai konsep teoritis tentang Konsep Dasar Kurikulum Menguasai konsep teoritis tentang pendekatan dan model pengembangan kurikulum Menguasai konsep teoritis tentang landasan pengembangan kurikulum. Menguasai konsep teoritis tentang pengorganisasi kurikulum Menguasai pengetahuan teoritis tentang perkembangan kurikulum di Indonesia Menguasai pengetahuan teoritis tentang proses evaluasi kurikulum Menguasai pengetahuan teoritis tentang teoritis tentang pengembangan Buku Teks Menguasai pengetahuan teoritis tentang merancang Buku Teks
ReferencesUndang – Undang nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Undang – Undang nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru Peraturan Pemerintah Nomor 9 Tahun 2017 Tentang Guru Permendikbud No 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah dan Lampirannya Permendikbud No 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah dan Lampirannya Permendikbud No 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah dan Lampirannya Permendikbud No 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan dan Lampirannya Permendikbud No 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah dan Lampiran Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Peratutan Menteri Perindustrian Indonesia Nomor: 03/M-IND/ PER/I/2017 tentang Pedoman Pengembangan dan Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Berbasis Kompetensi yang Link and Match dengan Industri Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 389 Tahun 2013 tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Kategori Jasa Profesional, Ilmiah Dan Teknis, Golongan Pokok Kegiatan Kantor Pusat Dan Konsultasi Manajemen, Golongan Konsultasi Manajemen, Sub Golongan Konsultasi Manajemen Area Kerja Pemasaran Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Nomor : 130/D/KEP/KR/2017 Tentang Struktur Kurikulum Pendidikan Menengah Kejuruan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Nomor : 330/D/KEP/KR/2017 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Muatan Nasional (A), Muatan Kewilayahan (B), Dasar Bidang Keahlian (C1), Dasar Program Keahlian (C2), dan Kompetensi Keahlian (C3) Nasution. 2005. Asas-asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara Sanjaya,Wina. 2013.Kurikulum dan Pembelajaran.Jakarta:Kencana Prenada Media Group. Sukmadinata, Nana S.2012. Pengembangan Kurikulum.Bandung:PT Remaja Rosdakarya Widyastono, Herry. 2014. Pengembangan Kurikulum di Era Otonomi Daerah. Jakarta: Bumi Aksara.
Details ...