Courser in English | CHARACTERISTICS OF ELEMENTARY EDUCATION LEARNERS |
Program | Pendidikan Dasar |
SKS | 3 SKS |
RPS | 3 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini membahas tentang (1) konsep perkembangan, peserta didik; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan; (3) konsep dan tugas perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan; (4) karakteristik perkembangan psiko-fisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan psikomotorik, (b) kognitif, (c) sosiomosional, (d) moral dan religi, (5) periode pueral, (6) kemampuan awal peserta didik , dan (6) diagnosa kesulitasn belajar.
Learning Outcomes
Selesai mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan dan mengaplikasikan dalam pendidikan tentang (1) konsep perkembangan, peserta didik; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan; (3) konsep dan tugas perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan; (4) karakteristik perkembangan psiko-fisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan psikomotorik, (b) kognitif, (c) sosiomosional, (d) moral dan religi, (5) periode pueral, (6) kemampuan awal peserta didik, dan (6) diagnosa kesulitasn belajar.
ReferencesAbin Syamsuddin M. 2001. Psikologi Kependidikan. Bandung : Rosda Karya.
Alfin, Jauharoti. 2015. Analisis Karakteristik Siswa Pada Tingkat Sekolah Dasar. Prosiding Halaqoh Nasional & Seminar Internasional Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Surabaya: UIN Sunan Ampel.
Fatimah, Enung. 2006. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Havighaurst, R.I. 1972. Developmental Task and Education. New York.
Hurlock, E.B. 1980. Developmental Psychology. Mekay A Life Span Approach. New Delhi : Tata McGraw-Hill Publishing Co.Ltd.
Kottman, Muro. 1995. Guidance and Counseling in the Elementary and Middle Schools (A Practical Approach). USA: Wm.C Brown Communications, Inc
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang (1) konsep perkembangan, peserta didik; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan; (3) konsep dan tugas perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan; (4) karakteristik perkembangan psiko-fisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan psikomotorik, (b) kognitif, (c) sosiomosional, (d) moral dan religi, (5) periode pueral, (6) kemampuan awal peserta didik , dan (6) diagnosa kesulitasn belajar.
Learning Outcomes
Selesai mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan dan mengaplikasikan dalam pendidikan tentang (1) konsep perkembangan, peserta didik; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan; (3) konsep dan tugas perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan; (4) karakteristik perkembangan psiko-fisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan psikomotorik, (b) kognitif, (c) sosiomosional, (d) moral dan religi, (5) periode pueral, (6) kemampuan awal peserta didik, dan (6) diagnosa kesulitasn belajar.
ReferencesAbin Syamsuddin M. 2001. Psikologi Kependidikan. Bandung : Rosda Karya.
Alfin, Jauharoti. 2015. Analisis Karakteristik Siswa Pada Tingkat Sekolah Dasar. Prosiding Halaqoh Nasional & Seminar Internasional Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Surabaya: UIN Sunan Ampel.
Fatimah, Enung. 2006. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Havighaurst, R.I. 1972. Developmental Task and Education. New York.
Hurlock, E.B. 1980. Developmental Psychology. Mekay A Life Span Approach. New Delhi : Tata McGraw-Hill Publishing Co.Ltd.
Kottman, Muro. 1995. Guidance and Counseling in the Elementary and Middle Schools (A Practical Approach). USA: Wm.C Brown Communications, Inc
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang (1) konsep perkembangan, peserta didik; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan; (3) konsep dan tugas perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan; (4) karakteristik perkembangan psiko-fisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan psikomotorik, (b) kognitif, (c) sosiomosional, (d) moral dan religi, (5) periode pueral, (6) kemampuan awal peserta didik , dan (6) diagnosa kesulitasn belajar.
Learning Outcomes
Selesai mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan dan mengaplikasikan dalam pendidikan tentang (1) konsep perkembangan, peserta didik; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan; (3) konsep dan tugas perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan; (4) karakteristik perkembangan psiko-fisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan psikomotorik, (b) kognitif, (c) sosiomosional, (d) moral dan religi, (5) periode pueral, (6) kemampuan awal peserta didik, dan (6) diagnosa kesulitasn belajar.
ReferencesAbin Syamsuddin M. 2001. Psikologi Kependidikan. Bandung : Rosda Karya.
Alfin, Jauharoti. 2015. Analisis Karakteristik Siswa Pada Tingkat Sekolah Dasar. Prosiding Halaqoh Nasional & Seminar Internasional Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Surabaya: UIN Sunan Ampel.
Fatimah, Enung. 2006. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Havighaurst, R.I. 1972. Developmental Task and Education. New York.
Hurlock, E.B. 1980. Developmental Psychology. Mekay A Life Span Approach. New Delhi : Tata McGraw-Hill Publishing Co.Ltd.
Kottman, Muro. 1995. Guidance and Counseling in the Elementary and Middle Schools (A Practical Approach). USA: Wm.C Brown Communications, Inc
Details ...