Drama, Curriculum : 2015


Courser in EnglishDrama
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SKS2 SKS
RPS17 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah drama merupakan mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa semester 4.

Di dalam mata kuliah tersebut, mahasiswa mendapatkan materi mengenai hakikat drama, struktur drama, jenis-jenis drama, dramaturgi dan aplikasinya, serta produksi pementasan drama.

Perkuliahan dilakukan selama 18 kali, terbagi menjadi 2 jenis, yaitu perkuliahan teori dan perkuliahan praktik.

Oleh karena itu, penilaian dilakukan dalam dua jenis, yaitu penilaian teori dan penilaian praktik.

Tugas akhir yang diberikan kepada mahasiswa berupa pementasan drama, baik yang dilakukan secara individu maupun kelompok.

Learning Outcomes

Sikap

Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan dalam bidang drama secara mandiri
Keterampilan Umum

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam bidang drama

Keterampilan Khusus

Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang drama sesuai dengan bidang keahliannya secara mandiri, berkualitas, dan terukur

Penguasaan Pengetahuan 

Menguasai konsep-konsep dasar drama dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis

References

Endraswara, Suwardi. 2011. Metode Pembelajaran Drama. Yogyakarta: FBS Universitas Negeri Yogyakarta.

Harjito. 2006. Melek Sastra: untuk 17 Tahun Ke-atas. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.

Hasanuddin. 1996. Drama Karya dalam Dua Dimensi: Kajian Teori, Sejarah, dan Analisis. Bandung: Angkasa.

Leksono, Widyo. 2007. Pembelajaran Teater untuk Remaja. Semarang: CV Cipta Prima Nusantara.

Set, Sony dan Sita Sidharta. 2003. Menjadi Penulis Skenario Profesional. Jakarta: PT Grasindo.

Soetarno. 1982. Peristiwa Sastra Indonesia. Surakarta: Widya Duta.

Suharianto. 2005. Dasar-Dasar Teori Sastra. Semarang: Rumah Indonesia.

Tambayong, Yapi. 2000. Seni Akting: Catatan-Catatan Dasar Seni Kreatif Seorang Aktor. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wiyanto, Asul. 2005. Kesusastraan Sekolah: Penunjang Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP dan SMA. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

————. 2007. Terampil Bermain Drama. Jakarta: Grasindo.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah drama merupakan mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa semester 4.

Di dalam mata kuliah tersebut, mahasiswa mendapatkan materi mengenai hakikat drama, struktur drama, jenis-jenis drama, dramaturgi dan aplikasinya, serta produksi pementasan drama.

Perkuliahan dilakukan selama 18 kali, terbagi menjadi 2 jenis, yaitu perkuliahan teori dan perkuliahan praktik.

Oleh karena itu, penilaian dilakukan dalam dua jenis, yaitu penilaian teori dan penilaian praktik.

Tugas akhir yang diberikan kepada mahasiswa berupa pementasan drama, baik yang dilakukan secara individu maupun kelompok.

Learning Outcomes

Sikap

Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan dalam bidang drama secara mandiri
Keterampilan Umum

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam bidang drama

Keterampilan Khusus

Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang drama sesuai dengan bidang keahliannya secara mandiri, berkualitas, dan terukur

Penguasaan Pengetahuan 

Menguasai konsep-konsep dasar drama dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis

References

Endraswara, Suwardi. 2011. Metode Pembelajaran Drama. Yogyakarta: FBS Universitas Negeri Yogyakarta.

Harjito. 2006. Melek Sastra: untuk 17 Tahun Ke-atas. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.

Hasanuddin. 1996. Drama Karya dalam Dua Dimensi: Kajian Teori, Sejarah, dan Analisis. Bandung: Angkasa.

Leksono, Widyo. 2007. Pembelajaran Teater untuk Remaja. Semarang: CV Cipta Prima Nusantara.

Set, Sony dan Sita Sidharta. 2003. Menjadi Penulis Skenario Profesional. Jakarta: PT Grasindo.

Soetarno. 1982. Peristiwa Sastra Indonesia. Surakarta: Widya Duta.

Suharianto. 2005. Dasar-Dasar Teori Sastra. Semarang: Rumah Indonesia.

Tambayong, Yapi. 2000. Seni Akting: Catatan-Catatan Dasar Seni Kreatif Seorang Aktor. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wiyanto, Asul. 2005. Kesusastraan Sekolah: Penunjang Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP dan SMA. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

————. 2007. Terampil Bermain Drama. Jakarta: Grasindo.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah drama merupakan mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa semester 4.

Di dalam mata kuliah tersebut, mahasiswa mendapatkan materi mengenai hakikat drama, struktur drama, jenis-jenis drama, dramaturgi dan aplikasinya, serta produksi pementasan drama.

Perkuliahan dilakukan selama 18 kali, terbagi menjadi 2 jenis, yaitu perkuliahan teori dan perkuliahan praktik.

Oleh karena itu, penilaian dilakukan dalam dua jenis, yaitu penilaian teori dan penilaian praktik.

Tugas akhir yang diberikan kepada mahasiswa berupa pementasan drama, baik yang dilakukan secara individu maupun kelompok.

Learning Outcomes

Sikap

Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan dalam bidang drama secara mandiri
Keterampilan Umum

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam bidang drama

Keterampilan Khusus

Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang drama sesuai dengan bidang keahliannya secara mandiri, berkualitas, dan terukur

Penguasaan Pengetahuan 

Menguasai konsep-konsep dasar drama dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis

 

References

Endraswara, Suwardi. 2011. Metode Pembelajaran Drama. Yogyakarta: FBS Universitas Negeri Yogyakarta.

Harjito. 2006. Melek Sastra: untuk 17 Tahun Ke-atas. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.

Hasanuddin. 1996. Drama Karya dalam Dua Dimensi: Kajian Teori, Sejarah, dan Analisis. Bandung: Angkasa.

Leksono, Widyo. 2007. Pembelajaran Teater untuk Remaja. Semarang: CV Cipta Prima Nusantara.

Set, Sony dan Sita Sidharta. 2003. Menjadi Penulis Skenario Profesional. Jakarta: PT Grasindo.

Soetarno. 1982. Peristiwa Sastra Indonesia. Surakarta: Widya Duta.

Suharianto. 2005. Dasar-Dasar Teori Sastra. Semarang: Rumah Indonesia.

Tambayong, Yapi. 2000. Seni Akting: Catatan-Catatan Dasar Seni Kreatif Seorang Aktor. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wiyanto, Asul. 2005. Kesusastraan Sekolah: Penunjang Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP dan SMA. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

————. 2007. Terampil Bermain Drama. Jakarta: Grasindo.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah drama merupakan mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa semester 4.

Di dalam mata kuliah tersebut, mahasiswa mendapatkan materi mengenai hakikat drama, struktur drama, jenis-jenis drama, dramaturgi dan aplikasinya, serta produksi pementasan drama.

Perkuliahan dilakukan selama 18 kali, terbagi menjadi 2 jenis, yaitu perkuliahan teori dan perkuliahan praktik.

Oleh karena itu, penilaian dilakukan dalam dua jenis, yaitu penilaian teori dan penilaian praktik.

Tugas akhir yang diberikan kepada mahasiswa berupa pementasan drama, baik yang dilakukan secara individu maupun kelompok.

Learning Outcomes

Sikap

Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan dalam bidang drama secara mandiri
Keterampilan Umum

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam bidang drama

Keterampilan Khusus

Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang drama sesuai dengan bidang keahliannya secara mandiri, berkualitas, dan terukur

Penguasaan Pengetahuan 

Menguasai konsep-konsep dasar drama dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis

 

References

Endraswara, Suwardi. 2011. Metode Pembelajaran Drama. Yogyakarta: FBS Universitas Negeri Yogyakarta.

Harjito. 2006. Melek Sastra: untuk 17 Tahun Ke-atas. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.

Hasanuddin. 1996. Drama Karya dalam Dua Dimensi: Kajian Teori, Sejarah, dan Analisis. Bandung: Angkasa.

Leksono, Widyo. 2007. Pembelajaran Teater untuk Remaja. Semarang: CV Cipta Prima Nusantara.

Set, Sony dan Sita Sidharta. 2003. Menjadi Penulis Skenario Profesional. Jakarta: PT Grasindo.

Soetarno. 1982. Peristiwa Sastra Indonesia. Surakarta: Widya Duta.

Suharianto. 2005. Dasar-Dasar Teori Sastra. Semarang: Rumah Indonesia.

Tambayong, Yapi. 2000. Seni Akting: Catatan-Catatan Dasar Seni Kreatif Seorang Aktor. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wiyanto, Asul. 2005. Kesusastraan Sekolah: Penunjang Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP dan SMA. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

————. 2007. Terampil Bermain Drama. Jakarta: Grasindo.


Details ...
Course Descriptions

Di dalam mata kuliah tersebut, mahasiswa mendapatkan materi mengenai hakikat drama, struktur drama, jenis-jenis drama, dramaturgi dan aplikasinya, serta produksi pementasan drama.

Perkuliahan dilakukan selama 18 kali, terbagi menjadi 2 jenis, yaitu perkuliahan teori dan perkuliahan praktik.

Oleh karena itu, penilaian dilakukan dalam dua jenis, yaitu penilaian teori dan penilaian praktik.

Tugas akhir yang diberikan kepada mahasiswa berupa pementasan drama, baik yang dilakukan secara individu maupun kelompok.

Learning Outcomes

 

Sikap

Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan dalam bidang drama secara mandiri

Keterampilan Umum

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam bidang drama

Keterampilan Khusus

Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang drama sesuai dengan bidang keahliannya secara mandiri, berkualitas, dan terukur

Penguasaan Pengetahuan 

Menguasai konsep-konsep dasar drama dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis

References

Endraswara, Suwardi. 2011. Metode Pembelajaran Drama. Yogyakarta: FBS Universitas Negeri Yogyakarta.

Harjito. 2006. Melek Sastra: untuk 17 Tahun Ke-atas. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.

Hasanuddin. 1996. Drama Karya dalam Dua Dimensi: Kajian Teori, Sejarah, dan Analisis. Bandung: Angkasa.

Leksono, Widyo. 2007. Pembelajaran Teater untuk Remaja. Semarang: CV Cipta Prima Nusantara.

Set, Sony dan Sita Sidharta. 2003. Menjadi Penulis Skenario Profesional. Jakarta: PT Grasindo.

Soetarno. 1982. Peristiwa Sastra Indonesia. Surakarta: Widya Duta.

Suharianto. 2005. Dasar-Dasar Teori Sastra. Semarang: Rumah Indonesia.

Tambayong, Yapi. 2000. Seni Akting: Catatan-Catatan Dasar Seni Kreatif Seorang Aktor. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wiyanto, Asul. 2005. Kesusastraan Sekolah: Penunjang Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP dan SMA. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

————. 2007. Terampil Bermain Drama. Jakarta: Grasindo.


Details ...
Course Descriptions

Di dalam mata kuliah tersebut, mahasiswa mendapatkan materi mengenai hakikat drama, struktur drama, jenis-jenis drama, dramaturgi dan aplikasinya, serta produksi pementasan drama.

Perkuliahan dilakukan selama 18 kali, terbagi menjadi 2 jenis, yaitu perkuliahan teori dan perkuliahan praktik.

Oleh karena itu, penilaian dilakukan dalam dua jenis, yaitu penilaian teori dan penilaian praktik.

Tugas akhir yang diberikan kepada mahasiswa berupa pementasan drama, baik yang dilakukan secara individu maupun kelompok.

Learning Outcomes

 

Sikap

Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan dalam bidang drama secara mandiri

Keterampilan Umum

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam bidang drama

Keterampilan Khusus

Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang drama sesuai dengan bidang keahliannya secara mandiri, berkualitas, dan terukur

Penguasaan Pengetahuan 

Menguasai konsep-konsep dasar drama dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis

References

Endraswara, Suwardi. 2011. Metode Pembelajaran Drama. Yogyakarta: FBS Universitas Negeri Yogyakarta.

Harjito. 2006. Melek Sastra: untuk 17 Tahun Ke-atas. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.

Hasanuddin. 1996. Drama Karya dalam Dua Dimensi: Kajian Teori, Sejarah, dan Analisis. Bandung: Angkasa.

Leksono, Widyo. 2007. Pembelajaran Teater untuk Remaja. Semarang: CV Cipta Prima Nusantara.

Set, Sony dan Sita Sidharta. 2003. Menjadi Penulis Skenario Profesional. Jakarta: PT Grasindo.

Soetarno. 1982. Peristiwa Sastra Indonesia. Surakarta: Widya Duta.

Suharianto. 2005. Dasar-Dasar Teori Sastra. Semarang: Rumah Indonesia.

Tambayong, Yapi. 2000. Seni Akting: Catatan-Catatan Dasar Seni Kreatif Seorang Aktor. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wiyanto, Asul. 2005. Kesusastraan Sekolah: Penunjang Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP dan SMA. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

————. 2007. Terampil Bermain Drama. Jakarta: Grasindo.


Details ...
Course Descriptions

Di dalam mata kuliah tersebut, mahasiswa mendapatkan materi mengenai hakikat drama, struktur drama, jenis-jenis drama, dramaturgi dan aplikasinya, serta produksi pementasan drama.

Perkuliahan dilakukan selama 18 kali, terbagi menjadi 2 jenis, yaitu perkuliahan teori dan perkuliahan praktik.

Oleh karena itu, penilaian dilakukan dalam dua jenis, yaitu penilaian teori dan penilaian praktik.

Tugas akhir yang diberikan kepada mahasiswa berupa pementasan drama, baik yang dilakukan secara individu maupun kelompok.

Learning Outcomes

 

Sikap

Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan dalam bidang drama secara mandiri

Keterampilan Umum

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam bidang drama

Keterampilan Khusus

Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang drama sesuai dengan bidang keahliannya secara mandiri, berkualitas, dan terukur

Penguasaan Pengetahuan 

Menguasai konsep-konsep dasar drama dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis

References

Endraswara, Suwardi. 2011. Metode Pembelajaran Drama. Yogyakarta: FBS Universitas Negeri Yogyakarta.

Harjito. 2006. Melek Sastra: untuk 17 Tahun Ke-atas. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.

Hasanuddin. 1996. Drama Karya dalam Dua Dimensi: Kajian Teori, Sejarah, dan Analisis. Bandung: Angkasa.

Leksono, Widyo. 2007. Pembelajaran Teater untuk Remaja. Semarang: CV Cipta Prima Nusantara.

Set, Sony dan Sita Sidharta. 2003. Menjadi Penulis Skenario Profesional. Jakarta: PT Grasindo.

Soetarno. 1982. Peristiwa Sastra Indonesia. Surakarta: Widya Duta.

Suharianto. 2005. Dasar-Dasar Teori Sastra. Semarang: Rumah Indonesia.

Tambayong, Yapi. 2000. Seni Akting: Catatan-Catatan Dasar Seni Kreatif Seorang Aktor. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wiyanto, Asul. 2005. Kesusastraan Sekolah: Penunjang Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP dan SMA. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

————. 2007. Terampil Bermain Drama. Jakarta: Grasindo.


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan dibahas pengertian drama, sejarah drama, konsepsi drama, klasifikasi drama, struktur drama, teknik penyutradaraan dan peran, perlengkapan pementasan serta dimensi drama. Selain itu dilatih mementaskan drama dan mengajarkan drama. Pada akhir perkuliahan secara berkelompok, mahasiswa melakukan pementasan drama dan menampilkan model pembelajaran drama. Sebagai penunjang apresiasi, mahasiswa menonton pergelaran drama, membahasnya di kelas, dan mengundang dramawan ke kelas untuk berdialog seputar apresiasi drama

Learning Outcomes

Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan pengertian drama, sejarah drama, konsepsi drama, klasifikasi drama, struktur drama, teknik penyutradaraan dan peran, perlengkapan pementasan serta dimensi drama. Selain itu mahasiswa mampu mementaskan drama dan mengajarkan drama.

References

Harymawan. 1988. Dramaturgi. Bandung: Remaja Rosdakarya. Hasanudin. 1998. Drama Karya dalam Dua Dimensi Kajian Teori, Sejarah dan Analisis. Bandung: Angkasa Luxemburg, dkk. 1984. Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta: Gramedia. Waluyo, Herman. 2001. Drama Teori dan Pengajarannya. Yogyakarta: Hanindita


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan dibahas pengertian drama, sejarah drama, konsepsi drama, klasifikasi drama, struktur drama, teknik penyutradaraan dan peran, perlengkapan pementasan serta dimensi drama. Selain itu dilatih mementaskan drama dan mengajarkan drama. Pada akhir perkuliahan secara berkelompok, mahasiswa melakukan pementasan drama dan menampilkan model pembelajaran drama. Sebagai penunjang apresiasi, mahasiswa menonton pergelaran drama, membahasnya di kelas, dan mengundang dramawan ke kelas untuk berdialog seputar apresiasi drama

Learning Outcomes

Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan pengertian drama, sejarah drama, konsepsi drama, klasifikasi drama, struktur drama, teknik penyutradaraan dan peran, perlengkapan pementasan serta dimensi drama. Selain itu mahasiswa mampu mementaskan drama dan mengajarkan drama.

References

Harymawan. 1988. Dramaturgi. Bandung: Remaja Rosdakarya. Hasanudin. 1998. Drama Karya dalam Dua Dimensi Kajian Teori, Sejarah dan Analisis. Bandung: Angkasa Luxemburg, dkk. 1984. Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta: Gramedia. Waluyo, Herman. 2001. Drama Teori dan Pengajarannya. Yogyakarta: Hanindita


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan dibahas pengertian drama, sejarah drama, konsepsi drama, klasifikasi drama, struktur drama, teknik penyutradaraan dan peran, perlengkapan pementasan serta dimensi drama. Selain itu dilatih mementaskan drama dan mengajarkan drama. Pada akhir perkuliahan secara berkelompok, mahasiswa melakukan pementasan drama dan menampilkan model pembelajaran drama. Sebagai penunjang apresiasi, mahasiswa menonton pergelaran drama, membahasnya di kelas, dan mengundang dramawan ke kelas untuk berdialog seputar apresiasi drama

Learning Outcomes

Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan pengertian drama, sejarah drama, konsepsi drama, klasifikasi drama, struktur drama, teknik penyutradaraan dan peran, perlengkapan pementasan serta dimensi drama. Selain itu mahasiswa mampu mementaskan drama dan mengajarkan drama.

References

Harymawan. 1988. Dramaturgi. Bandung: Remaja Rosdakarya. Hasanudin. 1998. Drama Karya dalam Dua Dimensi Kajian Teori, Sejarah dan Analisis. Bandung: Angkasa Luxemburg, dkk. 1984. Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta: Gramedia. Waluyo, Herman. 2001. Drama Teori dan Pengajarannya. Yogyakarta: Hanindita


Details ...
Course Descriptions

mampu menulis naskah drama dan mementaskannya

Learning Outcomes

Menunjukkan sikap dan tanggung jawab dalam menulis naskah drama dan mementaskannya

References

-


Details ...
Course Descriptions

mampu menulis naskah drama dan mementaskannya

Learning Outcomes

Menunjukkan sikap dan tanggung jawab dalam menulis naskah drama dan mementaskannya

References

-


Details ...