Courser in English | SEMINAR ON LANGUAGE AND LITERATURE EDUCATION |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S2 |
SKS | 2 SKS |
RPS | 6 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Perkuliahan ini membahas pokok masalah seminar pendidikan bahasa dan sastra yang berkenaan dengan landasan pengajaran bahasa dan sastra, aspek pengajaran bahasa dan sastra, kurikulum pengajaran bahasa dan sastra, siswa yang mempelajari bahasa dan sastra, metode pengajaran bahasa dan sastra, analisis kesalahan bahasa, uji bahasa dan sastra, buku pelajaran bahasa dan sastra, serta guru bahasa dan sastra.
Learning OutcomesCapaian pembelajaran perkuliahan ini adalah mahasiswa mampu mengembangkan kemampuan dalam menemukan dan memilih pokok-pokok masalah yang terdapat dalam kenyataan kehidupan bahasa, sastra dan pengajarannnya, serta meneliti dan membahasnya dengan menggunakan teori-teori yang relevan untuk menemukan pemecahannya dan menyampaikannya dalam kegiatan seminar pendidikan bahasa dan sastra
References-
Details ...
Mata kuliah mengenai prinsip-prinsip dan prosedur presentasi proposal dan laporan hasil penelitian ilmiah, sebagai pengantar dasar dalam menulis tesis.
Learning Outcomesmampu mepresentasikan prinsip-prinsip dan prosedur presentasi proposal serta laporan hasil penelitian ilmiah, sebagai pengantar dasar dalam menulis tesis.
References-
Details ...
Perkuliahan ini membahas pokok masalah yang berkenaan dengan landasan pengajaran bahasa dan sastra, aspek pengajaran bahasa dan sastra, kurikulum pengajaran bahasa dan sastra, siswa yang mempelajari bahasa dan sastra, metode pengajaran bahasa dan sastra, analisis kesalahan bahasa, uji bahasa dan sastra, buku pelajaran bahasa dan sastra, serta guru bahasa dan sastra.
Learning Outcomesuntuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam menemukan dan memilih pokok-pokok masalah yang terdapat dalam kenyataan kehidupan bahasa, sastra dan pengajarannnya, serta meneliti dan membahasnya dengan menggunakan teori-teori yang relevan untuk menemukan pemecahannya.
ReferencesLyons, John. 1971. Introduction to Theoritical Linguistics. London: Gambridge at the University Press.
Mackey, W.F. 1971. Language Teaching Analys. London: Longmans
McLaughlin, Barry. 1982. Children’s Second Language Learning. Washington: The Center for Applied Linguist ics.
.Rusyana, Yus. 1985. Bahasa dan sastra dalam Gamitan Pendidikan. Bandung: CV Dipenogoro.
Details ...
Perkuliahan ini membahas pokok masalah seminar pendidikan bahasa dan sastra yang berkenaan dengan landasan pengajaran bahasa dan sastra, aspek pengajaran bahasa dan sastra, kurikulum pengajaran bahasa dan sastra, siswa yang mempelajari bahasa dan sastra, metode pengajaran bahasa dan sastra, analisis kesalahan bahasa, uji bahasa dan sastra, buku pelajaran bahasa dan sastra, serta guru bahasa dan sastra.
Learning OutcomesCapaian pembelajaran perkuliahan ini adalah mahasiswa mampu mengembangkan kemampuan dalam menemukan dan memilih pokok-pokok masalah yang terdapat dalam kenyataan kehidupan bahasa, sastra dan pengajarannnya, serta meneliti dan membahasnya dengan menggunakan teori-teori yang relevan untuk menemukan pemecahannya dan menyampaikannya dalam kegiatan seminar pendidikan bahasa dan sastra
ReferencesLyons, John. 1971. Introduction to Theoritical Linguistics. London: Gambridge at the University Press.
Mackey, W.F. 1971. Language Teaching Analys. London: Longmans
McLaughlin, Barry. 1982. Children’s Second Language Learning. Washington: The Center for Applied Linguist ics.
.Rusyana, Yus. 1985. Bahasa dan sastra dalam Gamitan Pendidikan. Bandung: CV Dipenogoro.
Bennet, W.A., 1968. Aspect of Language Teaching. Cambridge at the University Press.
Bernard, Harold W. 1978. Evaluation Techniques for Classroom Teachers. New York: McGraw Hill Book Company.
Gage, N.L. (Ed). 1967. Handbook of Research of Teaching. Chicago: Rand McNelly & Co.
Lyons, John. 1971. Introduction to Theoritical Linguistics. London: Gambridge at the University Press.
Mackey, W.F. 1971. Language Teaching Analys. London: Longmans.
Bennet, W.A., 1968. Aspect of Language Teaching. Cambridge at the University Press.
Bernard, Harold W. 1978. Evaluation Techniques for Classroom Teachers. New York: McGraw Hill Book Company.
Bloom, Benyamin S. 1967. Testing Cognitive Ability and Achievement. Dalam N.L. Gage (Ed). Handbook of Research on Teaching. Chicago: Rand Micnelly & Co
Mackey, W.F. 1971. Language Teaching Analys. London: Longmans
McLaughlin, Barry. 1982. Children’s Second Language Learning. Washington: The Center for Applied Linguistics.
Nehls, Dietrich (Ed.). 1979. Studies in Contrastive Linguistics and error Analysis. Heidelberg: Julius Groos Verlag.
Osgood, Charles E. & Thomas A. Sebeok. 1965. Psycolinguistics. Bloomington: Indiana University Press.
Rusyana, Yus. 1985. Bahasa dan sastra dalam Gamitan Pendidikan. Bandung: CV Dipenogoro.
Osgood, Charles E. & Thomas A. Sebeok. 1965. Psycolinguistics. Bloomington: Indiana University Press.
Rusyana, Yus. 1985. Bahasa dan sastra dalam Gamitan Pendidikan. Bandung: CV Dipenogoro.
Stern, H.H. 1967. Foreign Languages in Primary Education. London: Oxford University Press.
Bernard, Harold W. 1978. Evaluation Techniques for Classroom Teachers. New York: McGraw Hill Book Company.
Bloom, Benyamin S. 1967. Testing Cognitive Ability and Achievement. Dalam N.L. Gage (Ed). Handbook of Research on Teaching. Chicago: Rand Micnelly & Co.
Teeuw, A. 1984. Sastra dan Ilmu Sastra. Jakarta: Pustaka Jaya.
Wellek, Renee, and Austin Warren. 1965. Theory of Literature. New Jersey: Harcourt.
Wellek, Renne. 1976. Concept of Criticsm. New Heaven: Yale University Press.
Daiches, David. 1969. A Critical Approach to Litelature. London: Longman.
Elizabeth & Tom Burn (Eds.) 1973. Sociology of Litelature & Drama. Baltimore: Penguin Books Inc.
Richard, I.A. 1956. Practical Criticsm. London: Routledge & Kegan Paul.
Teeuw, A. 1984. Sastra dan Ilmu Sastra. Jakarta: Pustaka Jaya
Cortius, Jan Brandt. 1968. Introduction to the Comparative Study of Literature. New York: Random House.
Daiches, David. 1969. A Critical Approach to Litelature. London: Longman.
Details ...
Perkuliahan ini membahas pokok masalah seminar pendidikan bahasa dan sastra yang berkenaan dengan landasan pengajaran bahasa dan sastra, aspek pengajaran bahasa dan sastra, kurikulum pengajaran bahasa dan sastra, siswa yang mempelajari bahasa dan sastra, metode pengajaran bahasa dan sastra, analisis kesalahan bahasa, uji bahasa dan sastra, buku pelajaran bahasa dan sastra, serta guru bahasa dan sastra.
Learning OutcomesCapaian pembelajaran perkuliahan ini adalah mahasiswa mampu mengembangkan kemampuan dalam menemukan dan memilih pokok-pokok masalah yang terdapat dalam kenyataan kehidupan bahasa, sastra dan pengajarannnya, serta meneliti dan membahasnya dengan menggunakan teori-teori yang relevan untuk menemukan pemecahannya dan menyampaikannya dalam kegiatan seminar pendidikan bahasa dan sastra
References-
Details ...