Pendidikan Pancasila, Curriculum : 2015


Courser in EnglishPANCASILA EDUCATION
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS2 SKS
RPS18 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada semua program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah Pendidikan Pancasila menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika politik, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai Paradigma dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah MKU Pendidikan Pancasila:

  1. Menjelaskan landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila.
  2. Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai karya besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan ideologi besar dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia

Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan kekaryaan, kemasyarakatan, kebangsaan, dan kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis pada mereka dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

References

  1. Alhaj dan Patria, 1998. BMP. Pendidikan Pancasila. Penerbit Karunika
  2. Bakry Noor M, 1998, Pancasila Yuridis Kenegaraan, Liberty, Yogyakarta.
  3. Bakry, Noor M.S. (1994). Orientasi Filsafat Pancasila. Yogyakarta: Libert
  4. Kaelan (2016). Pendidikan Pancasila Edisi Reformasi. Yogyakarta: Penerbit Paradigma
  5. Ketetapan-Ketetapan MPR RI dalam Sidang Istimewa tahun 1998
  6. Moh. Mahfud, 1998, Pancasila Sebagai Paradigma Pembaharuan Tatanan Hukum, dalam Jurnal Pancasila no. 32 Tahun II, Desember 1998, Pusat Studi Pancasila UGM, Yogyakarta
  7. Soeprapto, Sri (1997). Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: LP-3-UGM
  8. Undang-Undang Dasar 1945 beserta Amandemen


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada semua program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah Pendidikan Pancasila menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika politik, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai Paradigma dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menjelaskan landasan dan tujuan pendidikan Pancasila, Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai Karya Besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan Ideologi Besar Dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik , Pancasila dalam Konteks Ketatanegaaraan Republik Indonesia, Mendiskripsikan Pancasila sebagai Paradigma dalam kehidupan Kekaryaan, Kemasyarakatan, Kebangsaan,  dan Kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila

References

  1. Heru  Santosa,  dkk.  2002.  Sari  Pendidikan  Pancasila,  Yogyakarta: Penerbit Tiara Wacana
  2. Magins Suseno, Etka Politik, Jakarta: Gramedia
  3. Syafrudin Bahar, dkkk. (ed.). 1995.
  4. Risalah Sidang-sidang BPUPKI –PPKI 28 Mei – 22 Agustus 1945, Jakarta: Sekretariat Negara R.I.
  5. Undang-Undang Dasar R. I Tahun 1945 (Setelah Amandemen I-IV)
  6. Undang-Undang R.I Nomor 12 Tahun 2003 tentang Partai Politik UUD 1945; sebelum dan sesudah amandemen
  7. Kaelan, M.S Pendidikan Pancasila,
  8. C.S.T. Kansil, dkk    Sejarah Perjuangan Pergerakan Kebangsaan Indonesia
  9. Lasiyo dan Yuwono Pengantar Filsafat,
  10. Oetojo Oesman dan Alfian Pancasila sebagai Idiologi


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada semua program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata Kuliah Pendidikan Pancasila menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraa Republik Indonesia dan Pancasila sebagai Paradigma dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa akan dapat:

  1. Menjelaskan landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila
  2. Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai karya besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan ideologi besar dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik, Pancasila dalam konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia
  3. Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan kekaryaan, kemasyarakatan, kebangsaan dan kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbbuhkan sikap demokratis pada mereka dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

References

1. Heru santosa, dkk. 2002. Sari Pendidikan Pancasila, Yogyakarata: Penerbit Tiara Wacana

2. Magins Suseno, Etika Politik, Jakarta: Gramedia.

3. Syafrudin Bahar, dkk  (ed).  1995. Risalah Sidang-sidang BPUPKI-PPKI 28 Mei-22 Agustus 1945, Jakarta: Sekretaiat Negara RI

4. Undang-Undang dasar RI Tahun 1945 (setelah Amandemen I-IV)

5. Undang-Undang RI Nomor 12 tahun 2003 tentang Partai Politik UUD 1945, sebelum dan sesudah Amandemen

6. Kaelan (2014). Pendidikan Pancasila Edisi Reformasi. Yogyakarta: Penerbit Paradigma

7. C.S.T. Kansil, dkk. Sejarah Perjuangan Pergerakan Kebangsaan Indonesia

8.  Lisiyo dan Yuwono., Pengantar Filsafat

9. Oetoyo Oesman dan Alfian. Pancasila sebagai Ideologi

10. Tambahan: Pedoman Pendidikan UPGRIS 2019/2020


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada semua mahasiswa program studi di UPGRIS. Mata kuliah ini membahas tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila dalam konteks sejarah perjuangan bangsa Indonesia, Pancasila sebagai sistem filsafat, Pancasila sebagai etika politik dan ideologi nasional, Pancasila dalam konteks Ketatanegaraan RI dan Pancasila sebagai paradigma kehidupan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa akan dapat:

  1. Menjelaskan landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila
  2. Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai karya besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan ideologi besar dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik, Pancasila dalam konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia.
  3. Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan kekaryaan, kemasyarakatan, kebangsaan dan kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis pada mereka dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

References

1. Bakry, Noor M.S. (1994). Orientasi Filsafat Pancasila. Yogyakarta: Libert

2. Kaelan (2014). Pendidikan Pancasila Edisi Reformasi. Yogyakarta: Penerbit Paradigma

3. Soeprapto, Sri (1997). Pendidikan Pancasila Untuk Pergutruan Tinggi. Yogyakarta: LP-3-UGM

4. Alhaj dan Patria, 1998. BMP. Pendidikan Pancasila. Penerbit: Karunika

5. Bakry Noor M.S. 1998. Pancasila Yuridis Kenegaraan. Liberty, Yogyakarta

6. Moh. Mahfud, 1998. Pancasila sebagai Paradigma Pembaharuan Tatanan Hukum, dalam Jurnal Pancasila no.32 Tahun II, Desember 1998. Pusat Studi Pancasila UGM, Yogyakarta

7.  Undang-Undang Dasar 1945 beserta Amandemen

8. Ketetapan-ketetapan MPR-RI dalam Sidang Istimewa tahun 1998

9. Tambahan: Pedoman Pendidikan UPGRIS 2017/2018


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada semua mahasiswa program studi di UPGRIS. Mata kuliah ini membahas tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila dalam konteks sejarah perjuangan bangsa Indonesia, Pancasila sebagai sistem filsafat, Pancasila sebagai etika politik dan ideologi nasional, Pancasila dalam konteks Ketatanegaraan RI dan Pancasila sebagai paradigma kehidupan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa akan dapat:

  1. Menjelaskan landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila
  2. Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai karya besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan ideologi besar dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik, Pancasila dalam konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia.
  3. Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan kekaryaan, kemasyarakatan, kebangsaan dan kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis pada mereka dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

References

1. Bakry, Noor M.S. (1994). Orientasi Filsafat Pancasila. Yogyakarta: Libert

2. Kaelan (2014). Pendidikan Pancasila Edisi Reformasi. Yogyakarta: Penerbit Paradigma

3. Soeprapto, Sri (1997). Pendidikan Pancasila Untuk Pergutruan Tinggi. Yogyakarta: LP-3-UGM

4. Alhaj dan Patria, 1998. BMP. Pendidikan Pancasila. Penerbit: Karunika

5. Bakry Noor M.S. 1998. Pancasila Yuridis Kenegaraan. Liberty, Yogyakarta

6. Moh. Mahfud, 1998. Pancasila sebagai Paradigma Pembaharuan Tatanan Hukum, dalam Jurnal Pancasila no.32 Tahun II, Desember 1998. Pusat Studi Pancasila UGM, Yogyakarta

7.  Undang-Undang Dasar 1945 beserta Amandemen

8. Ketetapan-ketetapan MPR-RI dalam Sidang Istimewa tahun 1998

9. Tambahan: Pedoman Pendidikan UPGRIS 2017/2018


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada semua mahasiswa program studi di UPGRIS. Mata kuliah ini membahas tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila dalam konteks sejarah perjuangan bangsa Indonesia, Pancasila sebagai sistem filsafat, Pancasila sebagai etika politik dan ideologi nasional, Pancasila dalam konteks Ketatanegaraan RI dan Pancasila sebagai paradigma kehidupan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa akan dapat:

  1. Menjelaskan landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila
  2. Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai karya besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan ideologi besar dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik, Pancasila dalam konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia.
  3. Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan kekaryaan, kemasyarakatan, kebangsaan dan kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis pada mereka dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

References

1. Bakry, Noor M.S. (1994). Orientasi Filsafat Pancasila. Yogyakarta: Libert

2. Kaelan (2014). Pendidikan Pancasila Edisi Reformasi. Yogyakarta: Penerbit Paradigma

3. Soeprapto, Sri (1997). Pendidikan Pancasila Untuk Pergutruan Tinggi. Yogyakarta: LP-3-UGM

4. Alhaj dan Patria, 1998. BMP. Pendidikan Pancasila. Penerbit: Karunika

5. Bakry Noor M.S. 1998. Pancasila Yuridis Kenegaraan. Liberty, Yogyakarta

6. Moh. Mahfud, 1998. Pancasila sebagai Paradigma Pembaharuan Tatanan Hukum, dalam Jurnal Pancasila no.32 Tahun II, Desember 1998. Pusat Studi Pancasila UGM, Yogyakarta

7.  Undang-Undang Dasar 1945 beserta Amandemen

8. Ketetapan-ketetapan MPR-RI dalam Sidang Istimewa tahun 1998

9. Tambahan: Pedoman Pendidikan UPGRIS 2017/2018


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada semua mahasiswa program studi di UPGRIS. Mata kuliah ini membahas tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila dalam konteks sejarah perjuangan bangsa Indonesia, Pancasila sebagai sistem filsafat, Pancasila sebagai etika politik dan ideologi nasional, Pancasila dalam konteks Ketatanegaraan RI dan Pancasila sebagai paradigma kehidupan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa akan dapat:

  1. Menjelaskan landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila
  2. Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai karya besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan ideologi besar dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik, Pancasila dalam konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia.
  3. Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan kekaryaan, kemasyarakatan, kebangsaan dan kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis pada mereka dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

References

1. Bakry, Noor M.S. (1994). Orientasi Filsafat Pancasila. Yogyakarta: Libert

2. Kaelan (2014). Pendidikan Pancasila Edisi Reformasi. Yogyakarta: Penerbit Paradigma

3. Soeprapto, Sri (1997). Pendidikan Pancasila Untuk Pergutruan Tinggi. Yogyakarta: LP-3-UGM

4. Alhaj dan Patria, 1998. BMP. Pendidikan Pancasila. Penerbit: Karunika

5. Bakry Noor M.S. 1998. Pancasila Yuridis Kenegaraan. Liberty, Yogyakarta

6. Moh. Mahfud, 1998. Pancasila sebagai Paradigma Pembaharuan Tatanan Hukum, dalam Jurnal Pancasila no.32 Tahun II, Desember 1998. Pusat Studi Pancasila UGM, Yogyakarta

7.  Undang-Undang Dasar 1945 beserta Amandemen

8. Ketetapan-ketetapan MPR-RI dalam Sidang Istimewa tahun 1998

9. Tambahan: Pedoman Pendidikan UPGRIS 2017/2018


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada semua mahasiswa program studi di UPGRIS. Mata kuliah ini membahas tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila dalam konteks sejarah perjuangan bangsa Indonesia, Pancasila sebagai sistem filsafat, Pancasila sebagai etika politik dan ideologi nasional, Pancasila dalam konteks Ketatanegaraan RI dan Pancasila sebagai paradigma kehidupan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa akan dapat:

  1. Menjelaskan landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila
  2. Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai karya besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan ideologi besar dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik, Pancasila dalam konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia.
  3. Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan kekaryaan, kemasyarakatan, kebangsaan dan kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis pada mereka dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

References

1. Bakry, Noor M.S. (1994). Orientasi Filsafat Pancasila. Yogyakarta: Libert

2. Kaelan (2014). Pendidikan Pancasila Edisi Reformasi. Yogyakarta: Penerbit Paradigma

3. Soeprapto, Sri (1997). Pendidikan Pancasila Untuk Pergutruan Tinggi. Yogyakarta: LP-3-UGM

4. Alhaj dan Patria, 1998. BMP. Pendidikan Pancasila. Penerbit: Karunika

5. Bakry Noor M.S. 1998. Pancasila Yuridis Kenegaraan. Liberty, Yogyakarta

6. Moh. Mahfud, 1998. Pancasila sebagai Paradigma Pembaharuan Tatanan Hukum, dalam Jurnal Pancasila no.32 Tahun II, Desember 1998. Pusat Studi Pancasila UGM, Yogyakarta

7.  Undang-Undang Dasar 1945 beserta Amandemen

8. Ketetapan-ketetapan MPR-RI dalam Sidang Istimewa tahun 1998

9. Tambahan: Pedoman Pendidikan UPGRIS 2017/2018


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada semua mahasiswa program studi di UPGRIS. Mata kuliah ini membahas tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila dalam konteks sejarah perjuangan bangsa Indonesia, Pancasila sebagai sistem filsafat, Pancasila sebagai etika politik dan ideologi nasional,, Pancasila dalam konteks Ketatanegaraan RI dan Pancasila sebagai paradigma kehidupan dalam bermasyarakat, berbangsa ddn bernegara

Learning Outcomes

1. Memiliki kemampuan analisis, berfikir rasional, bersikap kritis dalam menghadapi persoalan-persoalan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan benegara

2. Memiliki kemampuan dan tanggung jawab intelektual dalam mengenali masalah-masalah dan memberikan solusi berdasarkan nilai-nilai Pancasila

3. Mampu menjelaskan dasar-dasar kebenaran bahwa Pancasila adalah ideologi yang sesuai bagi bangsa Indonesia yang majemuk (Bhinneka Tunggal Ika)

4. Mampu mengimplementasikan dan melestarikan nilai-nilai Pancasila dalam realitas kkehidupan

5. Memiliki karakter ilmuwan dan proffesional Pancasilais yang memiliki komitmen atas kelangsungan hidup dan kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia

References

1. Bakry Noor M.S. (1994). Orientasi Filsafat Pancasila. Yogyakarta: Libert

2. Kaelan (2014). Pendidikan Pancasila Edisi Reformasi. Yogyakarta: Penerbit Paradigma

3. Soeprapto, Sri (1997). Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: LP-3-UGM

4. Alhaj dan Patria, 1998. BMP. Pendidikan Pancasila. Penerbit: Karunika

5. Bakry Noor M.S. 1998. Pancasila Yuridis Kenegaraan. Liberty, Yogyakarta

6. Moh. Mahfud, 1998. Pancasila sebagai Paradigma Pembaharuan Tatanan Hukum, dalam Jurnal Pancasila No. 32 Tahun II, Desember 1998 Pusat Studi Pancasila UGM, Yogyakarta

7. Undang-Undang Dasar 1945 beserta Amandemen

8. Ketetapan-ketetapan MPR-RI dalam Sidang Istimewa tahun 1998

9. Tambahan: Pedoman Pendidikan UPGRIS 2016/2017


Details ...