Courser in English | COMMUNITY EDUCATION AND DEVELOPMENT |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 13 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini mengkaji masyarakat tradisional dan budayanya, masyarakat Indonesia sebelum penjajahan, masyarakat Indonesia selama penjajahan, masyarakat setelah kemerdekaan, perubahan-perubahan yang terjadi di masyarakat, proses perubahan yang terjadi pada masyarakat IPTEK dan pengaruhnya, lingkungan sosial dan budaya, pengaruh perubahan sosial dan budaya bagi kehidupan masyarakat.
Learning OutcomesMemahami konsep dasar perkembangan masyarakat budaya pada masa berburu dan mengumpulkan makanan, masyarakat Indonesia sebelum penjajahan, setelah kemerdekaan, perubahan-perubahan yang terjadi di masyarakat serta proses perubahan pada masyarakat Indonesia, perkembangan IPTEK dan manusia serta pengaruh sosial dan budaya bagi kehidupan masyarakat.
References- Depdiknas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama, 2002. Pendekatan Konstektual (Contexual Teaching and Learning). Jakarta.
- Hatimah, I. 2003. Strategi dan Metode Pembelajaran. Bandung : Andira.
- --------------.2012. Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
- Knowles, M. 1975. Self Directed Learning. Chicago : Follet Publishing Company.
- Sudjana, D. 2000. Strategi Pembelajaran. Bandung : Falah Production.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji masyarakat tradisional dan budayanya, masyarakat Indonesia sebelum penjajahan, masyarakat Indonesia selama penjajahan, masyarakat setelah kemerdekaan, perubahan-perubahan yang terjadi di masyarakat, proses perubahan yang terjadi pada masyarakat IPTEK dan pengaruhnya, lingkungan sosial dan budaya, pengaruh perubahan sosial dan budaya bagi kehidupan masyarakat.
Learning OutcomesMemahami konsep dasar perkembangan masyarakat budaya pada masa berburu dan mengumpulkan makanan, masyarakat Indonesia sebelum penjajahan, setelah kemerdekaan, perubahan-perubahan yang terjadi di masyarakat serta proses perubahan pada masyarakat Indonesia, perkembangan IPTEK dan manusia serta pengaruh sosial dan budaya bagi kehidupan masyarakat.
References- Depdiknas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama, 2002. Pendekatan Konstektual (Contexual Teaching and Learning). Jakarta.
- Hatimah, I. 2003. Strategi dan Metode Pembelajaran. Bandung : Andira.
- --------------.2012. Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
- Knowles, M. 1975. Self Directed Learning. Chicago : Follet Publishing Company.
- Sudjana, D. 2000. Strategi Pembelajaran. Bandung : Falah Production.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji masyarakat tradisional dan budayanya, masyarakat Indonesia sebelum penjajahan, masyarakat Indonesia selama penjajahan, masyarakat setelah kemerdekaan, perubahan-perubahan yang terjadi di masyarakat, proses perubahan yang terjadi pada masyarakat IPTEK dan pengaruhnya, lingkungan sosial dan budaya, pengaruh perubahan sosial dan budaya bagi kehidupan masyarakat.
Learning OutcomesMemahami konsep dasar perkembangan masyarakat budaya pada masa berburu dan mengumpulkan makanan, masyarakat Indonesia sebelum penjajahan, setelah kemerdekaan, perubahan-perubahan yang terjadi di masyarakat serta proses perubahan pada masyarakat Indonesia, perkembangan IPTEK dan manusia serta pengaruh sosial dan budaya bagi kehidupan masyarakat.
References- Depdiknas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama, 2002. Pendekatan Konstektual (Contexual Teaching and Learning). Jakarta.
- Hatimah, I. 2003. Strategi dan Metode Pembelajaran. Bandung : Andira.
- --------------.2012. Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
- Knowles, M. 1975. Self Directed Learning. Chicago : Follet Publishing Company.
- Sudjana, D. 2000. Strategi Pembelajaran. Bandung : Falah Production.
Details ...
Matakuliah ini merupakan mata kuliah yang memberi bekal keterampilan kepada mahasiswa dalam berkehidupan sosial serta memberikan kontribusi dalam masrakat di lingkungannya dalam bentuk pengaplikasian konsep-konsep metodik pedagogik yang mereka pelajari dalam masyarakat
Learning Outcomes- Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan konsep pendidikan dan perkembangan kemasyarakatan.
- Memiliki kemampuan melakukan praktek pembinaan atau pembimbingan pada salah satu program pendidikan di masyarakat
Hatimah, Ihat, dkk. 2007. Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan. Jakarta: UT
Masyarakat Indonesia dalam dinamika (2000)
Mutakin (2006) Individu, Masyarakat dan Perubahan Sosial . Bandung: FPIPS UPI
Mutakin (2008) Hakekat Manusia dalam Dinamika Sosial Budaya. Bandung : PPS UPI
Soedjatmoko (1988) Masalah Sosial Budaya tahun 2000. Yogjakarta : Penerbit TW
Susanto, Astrid (1999) Masyarakat Indonesia Memasuki Abad 21 . Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Details ...
Matakuliah ini merupakan mata kuliah yang memberi bekal keterampilan kepada mahasiswa dalam berkehidupan sosial serta memberikan kontribusi dalam masrakat di lingkungannya dalam bentuk pengaplikasian konsep-konsep metodik pedagogik yang mereka pelajari dalam masyarakat
Learning Outcomes- Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan konsep pendidikan dan perkembangan kemasyarakatan.
- Memiliki kemampuan melakukan praktek pembinaan atau pembimbingan pada salah satu program pendidikan di masyarakat
Hatimah, Ihat, dkk. 2007. Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan. Jakarta: UT
Masyarakat Indonesia dalam dinamika (2000)
Mutakin (2006) Individu, Masyarakat dan Perubahan Sosial . Bandung: FPIPS UPI
Mutakin (2008) Hakekat Manusia dalam Dinamika Sosial Budaya. Bandung : PPS UPI
Soedjatmoko (1988) Masalah Sosial Budaya tahun 2000. Yogjakarta : Penerbit TW
Susanto, Astrid (1999) Masyarakat Indonesia Memasuki Abad 21 . Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Details ...
Matakuliah ini merupakan mata kuliah yang memberi bekal keterampilan kepada mahasiswa dalam berkehidupan sosial serta memberikan kontribusi dalam masrakat di lingkungannya dalam bentuk pengaplikasian konsep-konsep metodik pedagogik yang mereka pelajari dalam masyarakat
Learning Outcomes- Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan konsep pendidikan dan perkembangan kemasyarakatan.
- Memiliki kemampuan melakukan praktek pembinaan atau pembimbingan pada salah satu program pendidikan di masyarakat
Hatimah, Ihat, dkk. 2007. Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan. Jakarta: UT
Masyarakat Indonesia dalam dinamika (2000)
Mutakin (2006) Individu, Masyarakat dan Perubahan Sosial . Bandung: FPIPS UPI
Mutakin (2008) Hakekat Manusia dalam Dinamika Sosial Budaya. Bandung : PPS UPI
Soedjatmoko (1988) Masalah Sosial Budaya tahun 2000. Yogjakarta : Penerbit TW
Susanto, Astrid (1999) Masyarakat Indonesia Memasuki Abad 21 . Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Details ...
Matakuliah ini merupakan mata kuliah yang memberi bekal keterampilan kepada mahasiswa dalam berkehidupan sosial serta memberikan kontribusi dalam masrakat di lingkungannya dalam bentuk pengaplikasian konsep-konsep metodik pedagogik yang mereka pelajari dalam masyarakat
Learning Outcomes- Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan konsep pendidikan dan perkembangan kemasyarakatan.
- Memiliki kemampuan melakukan praktek pembinaan atau pembimbingan pada salah satu program pendidikan di masyarakat
Hatimah, Ihat, dkk. 2007. Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan. Jakarta: UT
Masyarakat Indonesia dalam dinamika (2000)
Mutakin (2006) Individu, Masyarakat dan Perubahan Sosial . Bandung: FPIPS UPI
Mutakin (2008) Hakekat Manusia dalam Dinamika Sosial Budaya. Bandung : PPS UPI
Soedjatmoko (1988) Masalah Sosial Budaya tahun 2000. Yogjakarta : Penerbit TW
Susanto, Astrid (1999) Masyarakat Indonesia Memasuki Abad 21 . Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Details ...
Matakuliah ini merupakan mata kuliah yang memberi bekal keterampilan kepada mahasiswa dalam berkehidupan sosial serta memberikan kontribusi dalam masrakat di lingkungannya dalam bentuk pengaplikasian konsep-konsep metodik pedagogik yang mereka pelajari dalam masyarakat
Learning Outcomes- Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan konsep pendidikan dan perkembangan kemasyarakatan.
- Memiliki kemampuan melakukan praktek pembinaan atau pembimbingan pada salah satu program pendidikan di masyarakat
Hatimah, Ihat, dkk. 2007. Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan. Jakarta: UT
Masyarakat Indonesia dalam dinamika (2000)
Mutakin (2006) Individu, Masyarakat dan Perubahan Sosial . Bandung: FPIPS UPI
Mutakin (2008) Hakekat Manusia dalam Dinamika Sosial Budaya. Bandung : PPS UPI
Soedjatmoko (1988) Masalah Sosial Budaya tahun 2000. Yogjakarta : Penerbit TW
Susanto, Astrid (1999) Masyarakat Indonesia Memasuki Abad 21 . Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Details ...
Matakuliah ini merupakan mata kuliah yang memberi bekal keterampilan kepada mahasiswa dalam berkehidupan sosial serta memberikan kontribusi dalam masrakat di lingkungannya dalam bentuk pengaplikasian konsep-konsep metodik pedagogik yang mereka pelajari dalam masyarakat
Learning Outcomes- Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan konsep pendidikan dan perkembangan kemasyarakatan.
- Memiliki kemampuan melakukan praktek pembinaan atau pembimbingan pada salah satu program pendidikan di masyarakat
Hatimah, Ihat, dkk. 2007. Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan. Jakarta: UT
Masyarakat Indonesia dalam dinamika (2000)
Mutakin (2006) Individu, Masyarakat dan Perubahan Sosial . Bandung: FPIPS UPI
Mutakin (2008) Hakekat Manusia dalam Dinamika Sosial Budaya. Bandung : PPS UPI
Soedjatmoko (1988) Masalah Sosial Budaya tahun 2000. Yogjakarta : Penerbit TW
Susanto, Astrid (1999) Masyarakat Indonesia Memasuki Abad 21 . Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Details ...
Matakuliah ini merupakan mata kuliah yang memberi bekal keterampilan kepada mahasiswa dalam berkehidupan sosial serta memberikan kontribusi dalam masrakat di lingkungannya dalam bentuk pengaplikasian konsep-konsep metodik pedagogik yang mereka pelajari dalam masyarakat
Learning Outcomes- Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan konsep pendidikan dan perkembangan kemasyarakatan.
- Memiliki kemampuan melakukan praktek pembinaan atau pembimbingan pada salah satu program pendidikan di masyarakat
Hatimah, Ihat, dkk. 2007. Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan. Jakarta: UT
Masyarakat Indonesia dalam dinamika (2000)
Mutakin (2006) Individu, Masyarakat dan Perubahan Sosial . Bandung: FPIPS UPI
Mutakin (2008) Hakekat Manusia dalam Dinamika Sosial Budaya. Bandung : PPS UPI
Soedjatmoko (1988) Masalah Sosial Budaya tahun 2000. Yogjakarta : Penerbit TW
Susanto, Astrid (1999) Masyarakat Indonesia Memasuki Abad 21 . Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Details ...
Matakuliah ini merupakan mata kuliah yang memberi bekal keterampilan kepada mahasiswa dalam berkehidupan sosial serta memberikan kontribusi dalam masrakat di lingkungannya dalam bentuk pengaplikasian konsep-konsep metodik pedagogik yang mereka pelajari dalam masyarakat
Learning Outcomes- Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan konsep pendidikan dan perkembangan kemasyarakatan.
- Memiliki kemampuan melakukan praktek pembinaan atau pembimbingan pada salah satu program pendidikan di masyarakat
Hatimah, Ihat, dkk. 2007. Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan. Jakarta: UT
Masyarakat Indonesia dalam dinamika (2000)
Mutakin (2006) Individu, Masyarakat dan Perubahan Sosial . Bandung: FPIPS UPI
Mutakin (2008) Hakekat Manusia dalam Dinamika Sosial Budaya. Bandung : PPS UPI
Soedjatmoko (1988) Masalah Sosial Budaya tahun 2000. Yogjakarta : Penerbit TW
Susanto, Astrid (1999) Masyarakat Indonesia Memasuki Abad 21 . Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Details ...
Matakuliah ini merupakan mata kuliah yang memberi bekal keterampilan kepada mahasiswa dalam berkehidupan sosial serta memberikan kontribusi dalam masrakat di lingkungannya dalam bentuk pengaplikasian konsep-konsep metodik pedagogik yang mereka pelajari dalam masyarakat
Learning Outcomes- Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan konsep pendidikan dan perkembangan kemasyarakatan.
- Memiliki kemampuan melakukan praktek pembinaan atau pembimbingan pada salah satu program pendidikan di masyarakat
Hatimah, Ihat, dkk. 2007. Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan. Jakarta: UT
Masyarakat Indonesia dalam dinamika (2000)
Mutakin (2006) Individu, Masyarakat dan Perubahan Sosial . Bandung: FPIPS UPI
Mutakin (2008) Hakekat Manusia dalam Dinamika Sosial Budaya. Bandung : PPS UPI
Soedjatmoko (1988) Masalah Sosial Budaya tahun 2000. Yogjakarta : Penerbit TW
Susanto, Astrid (1999) Masyarakat Indonesia Memasuki Abad 21 . Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Details ...