Courser in English | Systemic Functional Grammar |
Program | Pendidikan Bahasa Inggris |
SKS | 2 SKS |
RPS | 10 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
membekali mahasiswa dengan teori tata bahasa dan mengaplikasikan teori itu untuk menganalisis dan menginterprestasikan teks alamiah yang akan di hadapi dalam konteks akademik dan kehidupan sosial sebenarnya.
Learning Outcomes-
ReferencesBerdasarkan KKNI Level 6, setelah mengikuti program pembelajaran pada mata kuliah ini, mahasiswa mampu: mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
Berdasarkan learning outcome, setelah mengikuti program pembelajaran pada mata kuliah ini, mahasiswa mampu: menggunakan Bahasa Inggris secara lisan dan tulisan untuk mendukung pengembangan bahasa Internasional
Details ...
membekali mahasiswa dengan teori tata bahasa dan mengaplikasikan teori itu untuk menganalisis dan menginterprestasikan teks alamiah yang akan di hadapi dalam konteks akademik dan kehidupan sosial sebenarnya.
Learning Outcomes-
ReferencesBerdasarkan KKNI Level 6, setelah mengikuti program pembelajaran pada mata kuliah ini, mahasiswa mampu: mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
Berdasarkan learning outcome, setelah mengikuti program pembelajaran pada mata kuliah ini, mahasiswa mampu: menggunakan Bahasa Inggris secara lisan dan tulisan untuk mendukung pengembangan bahasa Internasional
Details ...
membekali mahasiswa dengan teori tata bahasa dan mengaplikasikan teori itu untuk menganalisis dan menginterprestasikan teks alamiah yang akan di hadapi dalam konteks akademik dan kehidupan sosial sebenarnya.
Learning Outcomes-
ReferencesBerdasarkan KKNI Level 6, setelah mengikuti program pembelajaran pada mata kuliah ini, mahasiswa mampu: mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
Berdasarkan learning outcome, setelah mengikuti program pembelajaran pada mata kuliah ini, mahasiswa mampu: menggunakan Bahasa Inggris secara lisan dan tulisan untuk mendukung pengembangan bahasa Internasional
Details ...
membekali mahasiswa dengan teori tata bahasa dan mengaplikasikan teori itu untuk menganalisis dan menginterprestasikan teks alamiah yang akan di hadapi dalam konteks akademik dan kehidupan sosial sebenarnya.
Learning Outcomes-
ReferencesBerdasarkan KKNI Level 6, setelah mengikuti program pembelajaran pada mata kuliah ini, mahasiswa mampu: mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
Berdasarkan learning outcome, setelah mengikuti program pembelajaran pada mata kuliah ini, mahasiswa mampu: menggunakan Bahasa Inggris secara lisan dan tulisan untuk mendukung pengembangan bahasa Internasional
Details ...
membekali mahasiswa dengan teori tata bahasa dan mengaplikasikan teori itu untuk menganalisis dan menginterprestasikan teks alamiah yang akan di hadapi dalam konteks akademik dan kehidupan sosial sebenarnya.
Learning Outcomes
Berdasarkan KKNI Level 6, setelah mengikuti program pembelajaran pada mata kuliah ini, mahasiswa mampu: mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi. Berdasarkan learning outcome, setelah mengikuti program pembelajaran pada mata kuliah ini, mahasiswa mampu: menggunakan Bahasa Inggris secara lisan dan tulisan untuk mendukung pengembangan bahasa Internasional
Details ...
membekali mahasiswa dengan teori tata bahasa dan mengaplikasikan teori itu untuk menganalisis dan menginterprestasikan teks alamiah yang akan di hadapi dalam konteks akademik dan kehidupan sosial sebenarnya.
Learning Outcomes
Berdasarkan KKNI Level 6, setelah mengikuti program pembelajaran pada mata kuliah ini, mahasiswa mampu: mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi. Berdasarkan learning outcome, setelah mengikuti program pembelajaran pada mata kuliah ini, mahasiswa mampu: menggunakan Bahasa Inggris secara lisan dan tulisan untuk mendukung pengembangan bahasa Internasional
Details ...
membekali mahasiswa dengan teori tata bahasa dan mengaplikasikan teori itu untuk menganalisis dan menginterprestasikan teks alamiah yang akan di hadapi dalam konteks akademik dan kehidupan sosial sebenarnya.
Learning Outcomes
Berdasarkan KKNI Level 6, setelah mengikuti program pembelajaran pada mata kuliah ini, mahasiswa mampu: mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi. Berdasarkan learning outcome, setelah mengikuti program pembelajaran pada mata kuliah ini, mahasiswa mampu: menggunakan Bahasa Inggris secara lisan dan tulisan untuk mendukung pengembangan bahasa Internasional
Details ...
membekali mahasiswa dengan teori tata bahasa dan mengaplikasikan teori itu untuk menganalisis dan menginterprestasikan teks alamiah yang akan di hadapi dalam konteks akademik dan kehidupan sosial sebenarnya.
Learning Outcomes
Berdasarkan KKNI Level 6, setelah mengikuti program pembelajaran pada mata kuliah ini, mahasiswa mampu: mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi. Berdasarkan learning outcome, setelah mengikuti program pembelajaran pada mata kuliah ini, mahasiswa mampu: menggunakan Bahasa Inggris secara lisan dan tulisan untuk mendukung pengembangan bahasa Internasional
Details ...
membekali mahasiswa dengan teori tata bahasa dan mengaplikasikan teori itu untuk menganalisis dan menginterprestasikan teks alamiah yang akan di hadapi dalam konteks akademik dan kehidupan sosial sebenarnya.
Learning Outcomes
Berdasarkan KKNI Level 6, setelah mengikuti program pembelajaran pada mata kuliah ini, mahasiswa mampu: mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi. Berdasarkan learning outcome, setelah mengikuti program pembelajaran pada mata kuliah ini, mahasiswa mampu: menggunakan Bahasa Inggris secara lisan dan tulisan untuk mendukung pengembangan bahasa Internasional
Details ...
This course gives a brief description about a comprehensive picture of the English clause together with its interfacings along all dimensions of its environment with the basic competence in comprehending the important aspects of functional grammar, genre and grammar, text and context, grammar, context-text connection, and genre, clause as message, theme and rheme, theme and mood, theme and text, theme and text development, clause as an exchange, mood and its elements, clause as representation, transitivity and its semantic categories, and clauses and clause complexes. It is considered as compulsory subject for 5Th Semester students majoring in English Language Education .
Learning Outcomes
- Differentiate traditional (formal) Grammar and Functional Grammar, describe about context –text connection
- Differentiate genre and register.
- Describe the clause as message
- Identify theme and rheme, theme and mood, theme and text, theme and text development
- Describe the clause as message, identify theme and rheme, theme and mood, theme and text, theme and text development
- Describe the clause as an exchange., Identify and analyze the mood element, residue and mood types in clauses
- Describe the clause as representation; identify and analyze circumstances and processes
- Describe extra participants and causation in clauses and texts
- Describe Language Levels and Ranks
- Describe Meaning within and beyond clauses
- Identify Metafunction
- Differentiate clause vs sentence; Recognize clause boundaries;Identify and create clause complexes
References
RESOURCES AND REFERENCES
- Gerot, Linda and Wignell Peter, 1994, Making Sense of Functional Grammar, Gerd Stabler, AEE, Australia
- Halliday, M.A.K., 1994, An Introduction to Functional Grammar, Edward Arnold, Second Edition.
- Martin, J.R. et al, 1997, Working with Functional Grammar, Arnold.
- Cook,Guy.1990.Discourse.Oxford University Press.
- Hatch,E.1992.Discourse & Language Education. Cambridge: CUP.
- Renkema,Jan.1993.Discourse Studies. An Introductory Text Book. Amsterdam: John Benjamin
Details ...