Courser in English | BUSINESS COMMUNICATION |
Program | Pendidikan Ekonomi |
SKS | 3 SKS |
RPS | 2 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata Kuliah (MK) ini bertujuan membahas tentang komunikasi bisnis, mencakup pengertian, bentuk dasar proses, cara mengelola dan jenis-jenis dalam komunikasi bisnis serta mempelajari penulisan pesan- pesan bisnis, komunikasi dalam kegiatan bisnis meliputi melamar pekerjaan, wawancara kerja, negosiasi, ketrampilan berbicara di depan umum (presentasi), rapat bisnis dan pembuatan laporan bisnis serta pentingnya penggunaan teknologi informasi dalam mendukung kegiatan komunikasi bisnis baik komunikasi sebagai individu (personal) maupun dalam perusahaan. Selain itu juga diajarkan tentang norma-norma komunikasi yang baik untuk mendukung berbagai kegiatan bisnis baik dalam tingkat lokal, nasional maupun global. Selain itu MK ini juga memberikan wawasan dan pengetahuan tentang berbagai kasus dalam lingkup komunikasi yang terkait dengan kegiatan bisnis di Indonesia (case study) dan proses penyelesaian masalah tersebut.
Learning Outcomes1. Dasar- dasar Komunikasi
2. Komunikasi Antar Pribadi dan Lintas Budaya
3. Komunikasi Dalam Organisasi
4. Penulisan Pesan-pesan Bisnis
5. Korespondensi Bisnis
6. Pesan Rutin dan Pesan Positif
7. Pesan Negatif dan Pesan Persuasif
8. Komunikasi Melamar Pekerjaan (Surat Lamaran dan CV)
9. Komunikasi Melamar Pekerjaan (Wawancara)
10. Negosiasi
11. Rapat Bisnis
12. Laporan Bisnis
13. Public Speaking I (Persiapan dan Perencanaan Presentasi)
14. Public Speaking II (Pelaksanaan) dan Prakte
ReferencesBudiman, C. Hartati, Komunikasi Bisnis Efektif, Tangerang, Pustaka Mandiri: 2011
Purwanto Joko, Komunikasi Bisnis, Jakarta : Erlangga 2013
Locker, Kaczmarek, Business Communication, McGrawwHill Inc New York 2013
Details ...
Mata kuliah ini mendiskusikan berbagai hal mengenai komunikasi di dunia bisnis atau dapat disebut dunia kerja. Banyak konsep yang perlu dipahami sebelum mahasiswa dapat terjun di dunia kerja agar mampu berkompetisi dengan rekan kerja. Penggunaan tekonologi dalam berkomunikasi juga dijelaskan dalam mata kuliah ini untuk memenuhi kebutuhan akan pasar dunia kerja
Learning OutcomesMahasiswa diharapkan mampu memahami, menjelaskan, mendiskusikan, mengaplikasikan dan menganalisis berbagai hal dalam komunikasi bisnis khususnya di era digital.
ReferencesGuffey , Mary Ellen & Loewy, Dana. 2013. Essentials of Business CommunicationNinth Edition. Cengage Learning products are represented in
Canada by Nelson Education, Ltd.
Guffey , Mary Ellen & Loewy, Dana. 2016. Essentials of Business Communication, Tenth edition. Cengage Learning products are represented in
Canada by Nelson Education, Ltd
Purwanto, Djoko. 2011. Komunikasi Bisnis. Edisi:4. Erlangga
Details ...