Courser in English | Basic Chemistry |
Program | Pendidikan Fisika |
SKS | 3 SKS |
RPS | 2 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata Kuliah ini merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa Pendidikan Fisika. Hasil yang diharapkan dari perkuliahan ini adalah mahasiswa menguasai h. Materi perkuliahan terdiri dari : struktur atom, sistem periodik unsur, struktur molekul, stoikiometri, larutan, energetika kimia, kinetika kimia, kesetimbangan kimia, kimia inti, dan kimia karbon . Dalam perkuliahan ini dibahas juga tentang keterkaitan Kimia Dasar sebagai bahan penyusunan pembelajaran IPA Terpadu serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari – hari. Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi dan pemecahan masalah. Beberapa informasi yang dijadikan bahan pertimbangan keberhasilan mahasiswa dalam perkuliahan ini adalah kehadiran, partisipasi selama perkuliahan, tugas, makalah, UTS dan UAS.
Learning Outcomes
1. Pengetahuan |
: |
Menguasai pemikiran logis, kritis, sistematis dan terbarukan dari keilmuan kimia yang meliputi: Menguasai hakekat sains dan bagaimana sains (khususnya kimia) dikembangkan |
2. Keterampilan |
: |
Mampu mengkaji pemikiran logis kritis, sistematis, dan terbarukan dari keilmuan kimia melalui inkuiri untuk kepentingan pembelajaran dan pengembangan diri. |
3. Sikap |
: |
|
- Wajib : 1. Chang, Raymond, 2005, Kimia Dasar: Konsep-konsep Inti Jilid 1 & 2. Edisi ketiga. Penerbit Erlangga, Jakarta (Topik sesuai materi per pertemuan di atas)
2. Harto Nuroso, dkk, Kimia Dasar, 2010, IKIP PGRI Semarang
- Disarankan: 1. John W Hill, Ralph H Petrucci, Prentice Hall, General Chemistry, New Jersey, 1999
2. Brady, JE, General Chemistry, Principle and Structure, 5 th , John Wiley and Sons Inc, 1993.
Details ...
Mata Kuliah ini merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa Pendidikan Fisika. Hasil yang diharapkan dari perkuliahan ini adalah mahasiswa menguasai h. Materi perkuliahan terdiri dari : struktur atom, sistem periodik unsur, struktur molekul, stoikiometri, larutan, energetika kimia, kinetika kimia, kesetimbangan kimia, kimia inti, dan kimia karbon . Dalam perkuliahan ini dibahas juga tentang keterkaitan Kimia Dasar sebagai bahan penyusunan pembelajaran IPA Terpadu serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari – hari. Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi dan pemecahan masalah. Beberapa informasi yang dijadikan bahan pertimbangan keberhasilan mahasiswa dalam perkuliahan ini adalah kehadiran, partisipasi selama perkuliahan, tugas, makalah, UTS dan UAS.
Learning Outcomes
1. Pengetahuan |
: |
Menguasai pemikiran logis, kritis, sistematis dan terbarukan dari keilmuan kimia yang meliputi: Menguasai hakekat sains dan bagaimana sains (khususnya kimia) dikembangkan |
2. Keterampilan |
: |
Mampu mengkaji pemikiran logis kritis, sistematis, dan terbarukan dari keilmuan kimia melalui inkuiri untuk kepentingan pembelajaran dan pengembangan diri. |
3. Sikap |
: |
|
- Wajib : 1. Chang, Raymond, 2005, Kimia Dasar: Konsep-konsep Inti Jilid 1 & 2. Edisi ketiga. Penerbit Erlangga, Jakarta (Topik sesuai materi per pertemuan di atas)
2. Harto Nuroso, dkk, Kimia Dasar, 2010, IKIP PGRI Semarang
- Disarankan: 1. John W Hill, Ralph H Petrucci, Prentice Hall, General Chemistry, New Jersey, 1999
2. Brady, JE, General Chemistry, Principle and Structure, 5 th , John Wiley and Sons Inc, 1993.
Details ...