Courser in English | Indonesian Text Books Review |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
SKS | 2 SKS |
RPS | 23 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Dalam perkuliahan ini dibahas tentang pengertian Buku Teks, hubungan buku teks dengan kurikulum, kriteria Buku Teks Bahasa Indonesia, menelaah buku teks dari segi pendekatan, tujuan, materi, metode, media, dan alat evaluasi.
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami konsep dan mampu praktik berkaitan deengan pengertian buku teks, hubungan buku teks dengan kurikulum, kriteria Buku TeksBahasa Indonesia, menelaah buku teks dari segi pendekatan, tujuan, materi, metode, media, dan alat evaluasi.
ReferencesDAFTAR PUSTAKA:
Depdiknas. 2004. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Bahasa dan Sastra Indonesia SMA dan MA. Jakarta : Depdiknas.
________. 2006. Standar isi.Jakarta : Depdiknas.
Sundjojo, Imam. 1989. Telaah Buku teks untuk SMA. Semarang : IKIP Semarang Press
Swandono. 1987. Kajian Buku Teks SMA. Surakarta : Depdikbud RI, UNS.
Tarigan, Henry Guntur. 1990. Telaah Buku Teks SMA. Bandung : Angkasa.
Beragam buku teks Bahasa Indonesia SD, SMP, SMA, dan SMK
Details ...
Dalam perkuliahan ini dibahas tentang pengertian Buku Teks, hubungan buku teks dengan kurikulum, kriteria Buku Teks Bahasa Indonesia, menelaah buku teks dari segi pendekatan, tujuan, materi, metode, media, dan alat evaluasi.
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami konsep dan mampu praktik berkaitan deengan pengertian buku teks, hubungan buku teks dengan kurikulum, kriteria Buku TeksBahasa Indonesia, menelaah buku teks dari segi pendekatan, tujuan, materi, metode, media, dan alat evaluasi.
ReferencesDAFTAR PUSTAKA:
Depdiknas. 2004. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Bahasa dan Sastra Indonesia SMA dan MA. Jakarta : Depdiknas.
________. 2006. Standar isi.Jakarta : Depdiknas.
Sundjojo, Imam. 1989. Telaah Buku teks untuk SMA. Semarang : IKIP Semarang Press
Swandono. 1987. Kajian Buku Teks SMA. Surakarta : Depdikbud RI, UNS.
Tarigan, Henry Guntur. 1990. Telaah Buku Teks SMA. Bandung : Angkasa.
Beragam buku teks Bahasa Indonesia SD, SMP, SMA, dan SMK
Details ...
Dalam perkuliahan ini dibahas tentang pengertian Buku Teks, hubungan buku teks dengan kurikulum, kriteria Buku Teks Bahasa Indonesia, menelaah buku teks dari segi pendekatan, tujuan, materi, metode, media, dan alat evaluasi.
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami konsep dan mampu praktik berkaitan deengan pengertian buku teks, hubungan buku teks dengan kurikulum, kriteria Buku TeksBahasa Indonesia, menelaah buku teks dari segi pendekatan, tujuan, materi, metode, media, dan alat evaluasi.
ReferencesDAFTAR PUSTAKA:
Depdiknas. 2004. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Bahasa dan Sastra Indonesia SMA dan MA. Jakarta : Depdiknas.
________. 2006. Standar isi.Jakarta : Depdiknas.
Sundjojo, Imam. 1989. Telaah Buku teks untuk SMA. Semarang : IKIP Semarang Press
Swandono. 1987. Kajian Buku Teks SMA. Surakarta : Depdikbud RI, UNS.
Tarigan, Henry Guntur. 1990. Telaah Buku Teks SMA. Bandung : Angkasa.
Beragam buku teks Bahasa Indonesia SD, SMP, SMA, dan SMK
Details ...
Dalam perkuliahan ini dibahas tentang pengertian Buku Teks, hubungan buku teks dengan kurikulum, kriteria Buku Teks Bahasa Indonesia, menelaah buku teks dari segi pendekatan, tujuan, materi, metode, media, dan alat evaluasi.
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami konsep dan mampu praktik berkaitan deengan pengertian buku teks, hubungan buku teks dengan kurikulum, kriteria Buku TeksBahasa Indonesia, menelaah buku teks dari segi pendekatan, tujuan, materi, metode, media, dan alat evaluasi.
ReferencesDAFTAR PUSTAKA:
Depdiknas. 2004. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Bahasa dan Sastra Indonesia SMA dan MA. Jakarta : Depdiknas.
________. 2006. Standar isi.Jakarta : Depdiknas.
Sundjojo, Imam. 1989. Telaah Buku teks untuk SMA. Semarang : IKIP Semarang Press
Swandono. 1987. Kajian Buku Teks SMA. Surakarta : Depdikbud RI, UNS.
Tarigan, Henry Guntur. 1990. Telaah Buku Teks SMA. Bandung : Angkasa.
Beragam buku teks Bahasa Indonesia SD, SMP, SMA, dan SMK
Details ...
Mahasiswa menguasai Pengertian Buku Teks bahasa Indonesia; Jenis Buku Teks bahasa Indonesia; Komponen Telaah Buku Teks bahasa Indonesia; serta terampil menelaah Buku Teks bahasa Indonesia; memberikan Penilaian Telaah Buku Teks bahasa Indonesia.
Learning Outcomes- Memiliki sikap etis dan estetis, komunikatif, adaptif, dan apresiatif dalam menelaah buku teks.
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
- Mampu menganalisis dan menerapkan tentang Pengertian Buku Teks bahasa Indonesia; Jenis Buku Teks bahasa Indonesia; Komponen Telaah Buku Teks bahasa Indonesia; serta terampil menelaah Buku Teks bahasa Indonesia; memberikan Penilaian Telaah Buku Teks bahasa Indonesia
Depdiknas. 2004. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Bahasa dan Sastra Indonesia SMA dan MA. Jakarta : Depdiknas.
________. 2006. Standar isi.Jakarta : Depdiknas.
Sundjojo, Imam. 1989. Telaah Buku teks untuk SMA. Semarang : IKIP Semarang Press
Swandono. 1987. Kajian Buku Teks SMA. Surakarta : Depdikbud RI, UNS.
Tarigan, Henry Guntur. 1990. Telaah Buku Teks SMA. Bandung : Angkasa.
Beragam buku teks Bahasa Indonesia SD, SMP, SMA, dan SMK
Details ...
Mahasiswa menguasai Pengertian Buku Teks bahasa Indonesia; Jenis Buku Teks bahasa Indonesia; Komponen Telaah Buku Teks bahasa Indonesia; serta terampil menelaah Buku Teks bahasa Indonesia; memberikan Penilaian Telaah Buku Teks bahasa Indonesia.
Learning Outcomes- Memiliki sikap etis dan estetis, komunikatif, adaptif, dan apresiatif dalam menelaah buku teks.
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
- Mampu menganalisis dan menerapkan tentang Pengertian Buku Teks bahasa Indonesia; Jenis Buku Teks bahasa Indonesia; Komponen Telaah Buku Teks bahasa Indonesia; serta terampil menelaah Buku Teks bahasa Indonesia; memberikan Penilaian Telaah Buku Teks bahasa Indonesia
Depdiknas. 2004. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Bahasa dan Sastra Indonesia SMA dan MA. Jakarta : Depdiknas.
________. 2006. Standar isi.Jakarta : Depdiknas.
Sundjojo, Imam. 1989. Telaah Buku teks untuk SMA. Semarang : IKIP Semarang Press
Swandono. 1987. Kajian Buku Teks SMA. Surakarta : Depdikbud RI, UNS.
Tarigan, Henry Guntur. 1990. Telaah Buku Teks SMA. Bandung : Angkasa.
Beragam buku teks Bahasa Indonesia SD, SMP, SMA, dan SMK
Details ...
Dalam perkuliahan ini dibahas tentang pengertian Buku Teks, hubungan buku teks dengan kurikulum, kriteria Buku Teks Bahasa Indonesia, menelaah buku teks dari segi pendekatan, tujuan, materi, metode, media, dan alat evaluasi.
Learning OutcomesSikap: Memiliki sikap etis dan estetis, komunikatif, adaptif, dan apresiatif dalam menelaah buku teks.
Keterampilan Umum: Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
Keterampilan Khusus: Mampu menganalisis dan menerapkan tentang pengertian buku teks, hubungan buku teks dengan kurikulum, kriteria buku teksBahasa Indonesia, menelaah buku teks dari segi pendekatan, tujuan, materi, metode, media, dan alat evaluasi.
Penguasaan: Menguasaikonsepteoripengembanganpembelajaranbahasadansastra Indonesia.
Pengetahuan
ReferencesDepdiknas. 2004. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Bahasa dan Sastra Indonesia SMA dan MA. Jakarta : Depdiknas.
________. 2006. Standar isi.Jakarta : Depdiknas.
Sundjojo, Imam. 1989. Telaah Buku teks untuk SMA. Semarang : IKIP Semarang Press
Swandono. 1987. Kajian Buku Teks SMA. Surakarta : Depdikbud RI, UNS.
Tarigan, Henry Guntur. 1990. Telaah Buku Teks SMA. Bandung : Angkasa.
Beragam buku teks Bahasa Indonesia SD, SMP, SMA, dan SMK
Details ...
Dalam perkuliahan ini dibahas tentang pengertian Buku Teks, hubungan buku teks dengan kurikulum, kriteria Buku Teks Bahasa Indonesia, menelaah buku teks dari segi pendekatan, tujuan, materi, metode, media, dan alat evaluasi.
Learning OutcomesSikap: Memiliki sikap etis dan estetis, komunikatif, adaptif, dan apresiatif dalam menelaah buku teks.
Keterampilan Umum: Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
Keterampilan Khusus: Mampu menganalisis dan menerapkan tentang pengertian buku teks, hubungan buku teks dengan kurikulum, kriteria buku teksBahasa Indonesia, menelaah buku teks dari segi pendekatan, tujuan, materi, metode, media, dan alat evaluasi.
Penguasaan: Menguasaikonsepteoripengembanganpembelajaranbahasadansastra Indonesia.
Pengetahuan
ReferencesDepdiknas. 2004. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Bahasa dan Sastra Indonesia SMA dan MA. Jakarta : Depdiknas.
________. 2006. Standar isi.Jakarta : Depdiknas.
Sundjojo, Imam. 1989. Telaah Buku teks untuk SMA. Semarang : IKIP Semarang Press
Swandono. 1987. Kajian Buku Teks SMA. Surakarta : Depdikbud RI, UNS.
Tarigan, Henry Guntur. 1990. Telaah Buku Teks SMA. Bandung : Angkasa.
Beragam buku teks Bahasa Indonesia SD, SMP, SMA, dan SMK
Details ...
Dalam perkuliahan ini dibahas tentang pengertian Buku Teks, hubungan buku teks dengan kurikulum, kriteria Buku Teks Bahasa Indonesia, menelaah buku teks dari segi pendekatan, tujuan, materi, metode, media, dan alat evaluasi.
Learning OutcomesSikap: Memiliki sikap etis dan estetis, komunikatif, adaptif, dan apresiatif dalam menelaah buku teks.
Keterampilan Umum: Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
Keterampilan Khusus: Mampu menganalisis dan menerapkan tentang pengertian buku teks, hubungan buku teks dengan kurikulum, kriteria buku teksBahasa Indonesia, menelaah buku teks dari segi pendekatan, tujuan, materi, metode, media, dan alat evaluasi.
Penguasaan: Menguasaikonsepteoripengembanganpembelajaranbahasadansastra Indonesia.
Pengetahuan
ReferencesDepdiknas. 2004. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Bahasa dan Sastra Indonesia SMA dan MA. Jakarta : Depdiknas.
________. 2006. Standar isi.Jakarta : Depdiknas.
Sundjojo, Imam. 1989. Telaah Buku teks untuk SMA. Semarang : IKIP Semarang Press
Swandono. 1987. Kajian Buku Teks SMA. Surakarta : Depdikbud RI, UNS.
Tarigan, Henry Guntur. 1990. Telaah Buku Teks SMA. Bandung : Angkasa.
Beragam buku teks Bahasa Indonesia SD, SMP, SMA, dan SMK
Details ...