Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia, Curriculum : 2015


Courser in EnglishIndonesian Text Books Review
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SKS2 SKS
RPS23 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini dibahas tentang pengertian Buku Teks, hubungan buku teks dengan kurikulum, kriteria Buku Teks Bahasa Indonesia, menelaah buku teks dari segi pendekatan, tujuan, materi, metode, media, dan alat evaluasi.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu memahami konsep dan mampu praktik berkaitan deengan pengertian buku teks, hubungan buku teks dengan kurikulum, kriteria Buku TeksBahasa Indonesia, menelaah buku teks dari segi pendekatan, tujuan, materi, metode, media, dan alat evaluasi.

References

DAFTAR PUSTAKA:

Depdiknas. 2004. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Bahasa dan Sastra Indonesia SMA dan MA. Jakarta : Depdiknas.

________. 2006. Standar isi.Jakarta : Depdiknas.

Sundjojo, Imam. 1989. Telaah Buku teks untuk SMA. Semarang : IKIP Semarang Press

Swandono. 1987. Kajian Buku Teks SMA. Surakarta : Depdikbud RI, UNS.

Tarigan, Henry Guntur. 1990. Telaah Buku Teks SMA. Bandung : Angkasa.

Beragam buku teks Bahasa Indonesia SD, SMP, SMA, dan SMK


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini dibahas tentang pengertian Buku Teks, hubungan buku teks dengan kurikulum, kriteria Buku Teks Bahasa Indonesia, menelaah buku teks dari segi pendekatan, tujuan, materi, metode, media, dan alat evaluasi.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu memahami konsep dan mampu praktik berkaitan deengan pengertian buku teks, hubungan buku teks dengan kurikulum, kriteria Buku TeksBahasa Indonesia, menelaah buku teks dari segi pendekatan, tujuan, materi, metode, media, dan alat evaluasi.

References

DAFTAR PUSTAKA:

Depdiknas. 2004. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Bahasa dan Sastra Indonesia SMA dan MA. Jakarta : Depdiknas.

________. 2006. Standar isi.Jakarta : Depdiknas.

Sundjojo, Imam. 1989. Telaah Buku teks untuk SMA. Semarang : IKIP Semarang Press

Swandono. 1987. Kajian Buku Teks SMA. Surakarta : Depdikbud RI, UNS.

Tarigan, Henry Guntur. 1990. Telaah Buku Teks SMA. Bandung : Angkasa.

Beragam buku teks Bahasa Indonesia SD, SMP, SMA, dan SMK


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini dibahas tentang pengertian Buku Teks, hubungan buku teks dengan kurikulum, kriteria Buku Teks Bahasa Indonesia, menelaah buku teks dari segi pendekatan, tujuan, materi, metode, media, dan alat evaluasi.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu memahami konsep dan mampu praktik berkaitan deengan pengertian buku teks, hubungan buku teks dengan kurikulum, kriteria Buku TeksBahasa Indonesia, menelaah buku teks dari segi pendekatan, tujuan, materi, metode, media, dan alat evaluasi.

References

DAFTAR PUSTAKA:

Depdiknas. 2004. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Bahasa dan Sastra Indonesia SMA dan MA. Jakarta : Depdiknas.

________. 2006. Standar isi.Jakarta : Depdiknas.

Sundjojo, Imam. 1989. Telaah Buku teks untuk SMA. Semarang : IKIP Semarang Press

Swandono. 1987. Kajian Buku Teks SMA. Surakarta : Depdikbud RI, UNS.

Tarigan, Henry Guntur. 1990. Telaah Buku Teks SMA. Bandung : Angkasa.

Beragam buku teks Bahasa Indonesia SD, SMP, SMA, dan SMK


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini dibahas tentang pengertian Buku Teks, hubungan buku teks dengan kurikulum, kriteria Buku Teks Bahasa Indonesia, menelaah buku teks dari segi pendekatan, tujuan, materi, metode, media, dan alat evaluasi.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu memahami konsep dan mampu praktik berkaitan deengan pengertian buku teks, hubungan buku teks dengan kurikulum, kriteria Buku TeksBahasa Indonesia, menelaah buku teks dari segi pendekatan, tujuan, materi, metode, media, dan alat evaluasi.

References

DAFTAR PUSTAKA:

Depdiknas. 2004. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Bahasa dan Sastra Indonesia SMA dan MA. Jakarta : Depdiknas.

________. 2006. Standar isi.Jakarta : Depdiknas.

Sundjojo, Imam. 1989. Telaah Buku teks untuk SMA. Semarang : IKIP Semarang Press

Swandono. 1987. Kajian Buku Teks SMA. Surakarta : Depdikbud RI, UNS.

Tarigan, Henry Guntur. 1990. Telaah Buku Teks SMA. Bandung : Angkasa.

Beragam buku teks Bahasa Indonesia SD, SMP, SMA, dan SMK


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa menguasai Pengertian Buku Teks bahasa Indonesia; Jenis Buku Teks bahasa Indonesia; Komponen Telaah Buku Teks bahasa Indonesia; serta terampil menelaah Buku Teks bahasa Indonesia; memberikan Penilaian Telaah Buku Teks bahasa Indonesia.

Learning Outcomes

  1. Memiliki sikap etis dan estetis, komunikatif, adaptif, dan apresiatif dalam menelaah buku teks.
  2. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
  3. Mampu menganalisis dan menerapkan tentang  Pengertian Buku Teks bahasa Indonesia; Jenis Buku Teks bahasa Indonesia; Komponen Telaah Buku Teks bahasa Indonesia; serta terampil menelaah Buku Teks bahasa Indonesia; memberikan Penilaian Telaah Buku Teks bahasa Indonesia

References

Depdiknas. 2004. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Bahasa dan Sastra Indonesia SMA dan MA. Jakarta : Depdiknas.

________. 2006. Standar isi.Jakarta : Depdiknas.

Sundjojo, Imam. 1989. Telaah Buku teks untuk SMA. Semarang : IKIP Semarang Press

Swandono. 1987. Kajian Buku Teks SMA. Surakarta : Depdikbud RI, UNS.

Tarigan, Henry Guntur. 1990. Telaah Buku Teks SMA. Bandung : Angkasa.

Beragam buku teks Bahasa Indonesia SD, SMP, SMA, dan SMK


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa menguasai Pengertian Buku Teks bahasa Indonesia; Jenis Buku Teks bahasa Indonesia; Komponen Telaah Buku Teks bahasa Indonesia; serta terampil menelaah Buku Teks bahasa Indonesia; memberikan Penilaian Telaah Buku Teks bahasa Indonesia.

Learning Outcomes

  1. Memiliki sikap etis dan estetis, komunikatif, adaptif, dan apresiatif dalam menelaah buku teks.
  2. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
  3. Mampu menganalisis dan menerapkan tentang  Pengertian Buku Teks bahasa Indonesia; Jenis Buku Teks bahasa Indonesia; Komponen Telaah Buku Teks bahasa Indonesia; serta terampil menelaah Buku Teks bahasa Indonesia; memberikan Penilaian Telaah Buku Teks bahasa Indonesia

References

Depdiknas. 2004. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Bahasa dan Sastra Indonesia SMA dan MA. Jakarta : Depdiknas.

________. 2006. Standar isi.Jakarta : Depdiknas.

Sundjojo, Imam. 1989. Telaah Buku teks untuk SMA. Semarang : IKIP Semarang Press

Swandono. 1987. Kajian Buku Teks SMA. Surakarta : Depdikbud RI, UNS.

Tarigan, Henry Guntur. 1990. Telaah Buku Teks SMA. Bandung : Angkasa.

Beragam buku teks Bahasa Indonesia SD, SMP, SMA, dan SMK


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini dibahas tentang pengertian Buku Teks, hubungan buku teks dengan kurikulum, kriteria Buku Teks Bahasa Indonesia, menelaah buku teks dari segi pendekatan, tujuan, materi, metode, media, dan alat evaluasi.

Learning Outcomes

Sikap: Memiliki sikap etis dan estetis, komunikatif, adaptif, dan apresiatif dalam menelaah buku teks.          

Keterampilan Umum: Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri

Keterampilan Khusus:  Mampu menganalisis dan menerapkan tentang pengertian buku teks, hubungan buku teks dengan kurikulum, kriteria buku teksBahasa Indonesia, menelaah buku teks dari segi pendekatan, tujuan, materi, metode, media, dan alat evaluasi.        

Penguasaan: Menguasaikonsepteoripengembanganpembelajaranbahasadansastra Indonesia.

 

Pengetahuan 

References

Depdiknas. 2004. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Bahasa dan Sastra Indonesia SMA dan MA. Jakarta : Depdiknas.

________. 2006. Standar isi.Jakarta : Depdiknas.

Sundjojo, Imam. 1989. Telaah Buku teks untuk SMA. Semarang : IKIP Semarang Press

Swandono. 1987. Kajian Buku Teks SMA. Surakarta : Depdikbud RI, UNS.

Tarigan, Henry Guntur. 1990. Telaah Buku Teks SMA. Bandung : Angkasa.

Beragam buku teks Bahasa Indonesia SD, SMP, SMA, dan SMK


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini dibahas tentang pengertian Buku Teks, hubungan buku teks dengan kurikulum, kriteria Buku Teks Bahasa Indonesia, menelaah buku teks dari segi pendekatan, tujuan, materi, metode, media, dan alat evaluasi.

Learning Outcomes

Sikap: Memiliki sikap etis dan estetis, komunikatif, adaptif, dan apresiatif dalam menelaah buku teks.          

Keterampilan Umum: Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri

Keterampilan Khusus:  Mampu menganalisis dan menerapkan tentang pengertian buku teks, hubungan buku teks dengan kurikulum, kriteria buku teksBahasa Indonesia, menelaah buku teks dari segi pendekatan, tujuan, materi, metode, media, dan alat evaluasi.        

Penguasaan: Menguasaikonsepteoripengembanganpembelajaranbahasadansastra Indonesia.

 

Pengetahuan 

References

Depdiknas. 2004. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Bahasa dan Sastra Indonesia SMA dan MA. Jakarta : Depdiknas.

________. 2006. Standar isi.Jakarta : Depdiknas.

Sundjojo, Imam. 1989. Telaah Buku teks untuk SMA. Semarang : IKIP Semarang Press

Swandono. 1987. Kajian Buku Teks SMA. Surakarta : Depdikbud RI, UNS.

Tarigan, Henry Guntur. 1990. Telaah Buku Teks SMA. Bandung : Angkasa.

Beragam buku teks Bahasa Indonesia SD, SMP, SMA, dan SMK


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini dibahas tentang pengertian Buku Teks, hubungan buku teks dengan kurikulum, kriteria Buku Teks Bahasa Indonesia, menelaah buku teks dari segi pendekatan, tujuan, materi, metode, media, dan alat evaluasi.

Learning Outcomes

Sikap: Memiliki sikap etis dan estetis, komunikatif, adaptif, dan apresiatif dalam menelaah buku teks.          

Keterampilan Umum: Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri

Keterampilan Khusus:  Mampu menganalisis dan menerapkan tentang pengertian buku teks, hubungan buku teks dengan kurikulum, kriteria buku teksBahasa Indonesia, menelaah buku teks dari segi pendekatan, tujuan, materi, metode, media, dan alat evaluasi.        

Penguasaan: Menguasaikonsepteoripengembanganpembelajaranbahasadansastra Indonesia.

 

Pengetahuan 

References

Depdiknas. 2004. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Bahasa dan Sastra Indonesia SMA dan MA. Jakarta : Depdiknas.

________. 2006. Standar isi.Jakarta : Depdiknas.

Sundjojo, Imam. 1989. Telaah Buku teks untuk SMA. Semarang : IKIP Semarang Press

Swandono. 1987. Kajian Buku Teks SMA. Surakarta : Depdikbud RI, UNS.

Tarigan, Henry Guntur. 1990. Telaah Buku Teks SMA. Bandung : Angkasa.

Beragam buku teks Bahasa Indonesia SD, SMP, SMA, dan SMK


Details ...