Courser in English | Educational Foundation |
Program | Pendidikan Biologi |
SKS | 2 SKS |
RPS | 18 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah landasan kependidikan merupakan mata kuliah dasar universitas dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Biologi dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon guru/pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru/pendidik profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru/pendidik tentang: (1) Hakikat Pendidikan dan Landasan Filosofis Pendidikan, (2) Landasan Yuridis dan Historis Pendidikan, (3) Landasan Psikologis Pendidikan, (4) Landasan Sosial dan Budaya Pendidikan, (5) Landasan Moral dan Religius Pendidikan, (6) Pendidikan sebagai Sistem, (7) Standar dan Mutu Pendidikan, dan (9) Permasalahan-permasalahan Pendidikan dan Solusinya.
Learning Outcomes1. Menganalisis hakikat, prinsip, dan kedudukan landasan pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran dengan penuh kesungguhan
2. Mengimplementasikan konsep landasan pendidikan untuk mengidentifikasi komponen pendidikan sebagai sistem dengan dilandasi nilai-nilai akademik
3. Menganalisis implementasi standar, mutu, dan kebijakan pendidikan dengan penuh tanggungjawab
4. Menganalisis peran dan tanggung jawab organisasi sekolah serta penanaman pendidikan karakter dengan penuh tanggungjawab
5. Mengevaluasi kelemahan dan kelebihan sistem pendidikan di berbagai negara secara bertanggung jawab
6. Merumuskan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK) pada pendidikan sains abad 21 dengan pemikiran yang logis, kritis, dan sistematis.
ReferencesTim Landasan Kependidikan Universitas PGRI Semarang. 2017. Landasan Kependidikan. Semarang: UPT Penerbitan Universitas PGRI Semarang.
Soegeng Ysh., A.Y. 2017. Kapita Selekta Landasan Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Details ...
Mata kuliah landasan kependidikan merupakan mata kuliah dasar universitas dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Biologi dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon guru/pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru/pendidik profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru/pendidik tentang: (1) Hakikat Pendidikan dan Landasan Filosofis Pendidikan, (2) Landasan Yuridis dan Historis Pendidikan, (3) Landasan Psikologis Pendidikan, (4) Landasan Sosial dan Budaya Pendidikan, (5) Landasan Moral dan Religius Pendidikan, (6) Pendidikan sebagai Sistem, (7) Standar dan Mutu Pendidikan, dan (9) Permasalahan-permasalahan Pendidikan dan Solusinya.
Learning Outcomes1. Menganalisis hakikat, prinsip, dan kedudukan landasan pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran dengan penuh kesungguhan
2. Mengimplementasikan konsep landasan pendidikan untuk mengidentifikasi komponen pendidikan sebagai sistem dengan dilandasi nilai-nilai akademik
3. Menganalisis implementasi standar, mutu, dan kebijakan pendidikan dengan penuh tanggungjawab
4. Menganalisis peran dan tanggung jawab organisasi sekolah serta penanaman pendidikan karakter dengan penuh tanggungjawab
5. Mengevaluasi kelemahan dan kelebihan sistem pendidikan di berbagai negara secara bertanggung jawab
6. Merumuskan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK) pada pendidikan sains abad 21 dengan pemikiran yang logis, kritis, dan sistematis.
ReferencesTim Landasan Kependidikan Universitas PGRI Semarang. 2017. Landasan Kependidikan. Semarang: UPT Penerbitan Universitas PGRI Semarang.
Soegeng Ysh., A.Y. 2017. Kapita Selekta Landasan Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Details ...
Mata kuliah landasan kependidikan merupakan mata kuliah dasar universitas dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Biologi dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon guru/pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru/pendidik profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru/pendidik tentang: (1) Hakikat Pendidikan dan Landasan Filosofis Pendidikan, (2) Landasan Yuridis dan Historis Pendidikan, (3) Landasan Psikologis Pendidikan, (4) Landasan Sosial dan Budaya Pendidikan, (5) Landasan Moral dan Religius Pendidikan, (6) Pendidikan sebagai Sistem, (7) Standar dan Mutu Pendidikan, dan (9) Permasalahan-permasalahan Pendidikan dan Solusinya.
Learning Outcomes1. Menganalisis hakikat, prinsip, dan kedudukan landasan pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran dengan penuh kesungguhan
2. Mengimplementasikan konsep landasan pendidikan untuk mengidentifikasi komponen pendidikan sebagai sistem dengan dilandasi nilai-nilai akademik
3. Menganalisis implementasi standar, mutu, dan kebijakan pendidikan dengan penuh tanggungjawab
4. Menganalisis peran dan tanggung jawab organisasi sekolah serta penanaman pendidikan karakter dengan penuh tanggungjawab
5. Mengevaluasi kelemahan dan kelebihan sistem pendidikan di berbagai negara secara bertanggung jawab
6. Merumuskan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK) pada pendidikan sains abad 21 dengan pemikiran yang logis, kritis, dan sistematis.
ReferencesTim Landasan Kependidikan Universitas PGRI Semarang. 2017. Landasan Kependidikan. Semarang: UPT Penerbitan Universitas PGRI Semarang.
Soegeng Ysh., A.Y. 2017. Kapita Selekta Landasan Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Details ...
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon guru/pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru/pendidik profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru/pendidik tentang: (1) Hakikat Pendidikan dan Landasan Filosofis Pendidikan, (2) Landasan Yuridis dan Historis Pendidikan, (3) Landasan Psikologis Pendidikan, (4) Landasan Sosial dan Budaya Pendidikan, (5) Landasan Moral dan Religius Pendidikan, (6) Pendidikan sebagai Sistem, (7) Standar dan Mutu Pendidikan, dan (9) Permasalahan-permasalahan Pendidikan dan Solusinya.
Learning Outcomes
4. Penguasaan Pengetahuan a. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar b. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar |
Tim Landasan Kependidikan Universitas PGRI Semarang. 2017. Landasan Kependidikan. Semarang: UPT Penerbitan Universitas PGRI Semarang. Soegeng Ysh., A.Y. 2017. Kapita Selekta Landasan Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama. |
Details ...
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon guru/pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru/pendidik profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru/pendidik tentang: (1) Hakikat Pendidikan dan Landasan Filosofis Pendidikan, (2) Landasan Yuridis dan Historis Pendidikan, (3) Landasan Psikologis Pendidikan, (4) Landasan Sosial dan Budaya Pendidikan, (5) Landasan Moral dan Religius Pendidikan, (6) Pendidikan sebagai Sistem, (7) Standar dan Mutu Pendidikan, dan (9) Permasalahan-permasalahan Pendidikan dan Solusinya.
Learning Outcomes
4. Penguasaan Pengetahuan a. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar b. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar |
Tim Landasan Kependidikan Universitas PGRI Semarang. 2017. Landasan Kependidikan. Semarang: UPT Penerbitan Universitas PGRI Semarang. Soegeng Ysh., A.Y. 2017. Kapita Selekta Landasan Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama. |
Details ...
Mata kuliah Manajemen Kelas merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib di tempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Biologi dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini membahas tentang hakikat dan tujuan pendidikan, landasan pendidikan, sistem pendidikan nasional, pendidikan dan sekolah, pendidikan sains di sekolah dan masyarakat, pendidikan sains dan lifeskill abad 21, pendidikan karakter dan kajian pendidikan di berbagai negara.
Learning Outcomes-
References-
Details ...
Mata kuliah Manajemen Kelas merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib di tempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Biologi dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini membahas tentang hakikat dan tujuan pendidikan, landasan pendidikan, sistem pendidikan nasional, pendidikan dan sekolah, pendidikan sains di sekolah dan masyarakat, pendidikan sains dan lifeskill abad 21, pendidikan karakter dan kajian pendidikan di berbagai negara.
Learning Outcomes-
References-
Details ...
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon guru/pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru/pendidik profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru/pendidik tentang: (1) Hakikat Pendidikan dan Landasan Filosofis Pendidikan, (2) Landasan Yuridis dan Historis Pendidikan, (3) Landasan Psikologis Pendidikan, (4) Landasan Sosial dan Budaya Pendidikan, (5) Landasan Moral dan Religius Pendidikan, (6) Pendidikan sebagai Sistem, (7) Standar dan Mutu Pendidikan, dan (9) Permasalahan-permasalahan Pendidikan dan Solusinya
Learning Outcomes
4. Penguasaan Pengetahuan a. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar b. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar |
Tim Landasan Kependidikan Universitas PGRI Semarang. 2017. Landasan Kependidikan. Semarang: UPT Penerbitan Universitas PGRI Semarang. |
Soegeng Ysh., A.Y. 2017. Kapita Selekta Landasan Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
Details ...
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon guru/pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru/pendidik profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru/pendidik tentang: (1) Hakikat Pendidikan dan Landasan Filosofis Pendidikan, (2) Landasan Yuridis dan Historis Pendidikan, (3) Landasan Psikologis Pendidikan, (4) Landasan Sosial dan Budaya Pendidikan, (5) Landasan Moral dan Religius Pendidikan, (6) Pendidikan sebagai Sistem, (7) Standar dan Mutu Pendidikan, dan (9) Permasalahan-permasalahan Pendidikan dan Solusinya
Learning Outcomes- Sikap
- bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
- berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
- Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Keterampilan Khusus
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar
4. Penguasaan Pengetahuan
a. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
b. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar
ReferencesTim Landasan Kependidikan Universitas PGRI Semarang. 2017. Landasan Kependidikan. Semarang: UPT Penerbitan Universitas PGRI Semarang.
Soegeng Ysh., A.Y. 2017. Kapita Selekta Landasan Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
Details ...
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon guru/pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru/pendidik profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru/pendidik tentang: (1) Hakikat Pendidikan dan Landasan Filosofis Pendidikan, (2) Landasan Yuridis dan Historis Pendidikan, (3) Landasan Psikologis Pendidikan, (4) Landasan Sosial dan Budaya Pendidikan, (5) Landasan Moral dan Religius Pendidikan, (6) Pendidikan sebagai Sistem, (7) Standar dan Mutu Pendidikan, dan (9) Permasalahan-permasalahan Pendidikan dan Solusinya
Learning Outcomes- Sikap
- bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
- berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
- Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Keterampilan Khusus
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar
4. Penguasaan Pengetahuan
a. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
b. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar
ReferencesTim Landasan Kependidikan Universitas PGRI Semarang. 2017. Landasan Kependidikan. Semarang: UPT Penerbitan Universitas PGRI Semarang.
Soegeng Ysh., A.Y. 2017. Kapita Selekta Landasan Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
Details ...
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon guru/pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru/pendidik profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru/pendidik tentang: (1) Hakikat Pendidikan dan Landasan Filosofis Pendidikan, (2) Landasan Yuridis dan Historis Pendidikan, (3) Landasan Psikologis Pendidikan, (4) Landasan Sosial dan Budaya Pendidikan, (5) Landasan Moral dan Religius Pendidikan, (6) Pendidikan sebagai Sistem, (7) Standar dan Mutu Pendidikan, dan (9) Permasalahan-permasalahan Pendidikan dan Solusinya
Learning Outcomes- Sikap
- bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
- berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
- Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Keterampilan Khusus
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar
4. Penguasaan Pengetahuan
a. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
b. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar
ReferencesTim Landasan Kependidikan Universitas PGRI Semarang. 2017. Landasan Kependidikan. Semarang: UPT Penerbitan Universitas PGRI Semarang.
Soegeng Ysh., A.Y. 2017. Kapita Selekta Landasan Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
Details ...
Mata kuliah Landasan Kependidikan merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib di tempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Biologi dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini membahas tentang hakikat dan tujuan pendidikan, landasan pendidikan, sistem pendidikan nasional, pendidikan dan sekolah, pendidikan sains di sekolah dan masyarakat, pendidikan sains dan lifeskill abad 21, pendidikan karakter dan kajian pendidikan di berbagai negara
Learning OutcomesSikap
1. Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious
2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
3. Bekerjasama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
4. Menginternaliasi nilai, norma, dan etika akademik
5. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
6. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul
Pengetahuan
1. Mampu menerapkan konsep-konsep biologi dan ilmu kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEK sesuai dengan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat.
2. Mampu menerapkan pedagogi spesifik untuk membelajarkan konsep biologi dengan mempertimbangkan sifat karakteristik, konsep, dan pedagogi yang tepat.
3. Mampu merencanakan dan menerapkan pembelajaran biologi yang mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi.
4. Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggungjawab, dan mengevaluasi secara komprehensif.
Keterampilan Umum
1. mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
4. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
5. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.
6. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
7. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
References
Kusdaryani, W. 2010. Landasan Pendidikan. Semarang: Universitas PGRI Semarang.
Samani, Muchlas. 2014. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Rosdakarya
Sudharto. 2010. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: Universitas PGRI Semarang.
Details ...