Courser in English | LABWORK OF TEST INDIVIDUAL UNDERSTANDING |
Program | Bimbingan dan Konseling |
SKS | 2 SKS |
RPS | 21 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini membekali mahasiswa agar mampu memahami potensi, bakat, minat atau kemampuan dari peserta didik melalui pengenalan terhadap alat tes psikologi serta mampu menyikapi hasil pengukuran psikologis untuk mengembangkan diri siswa/ peserta didik.
Learning OutcomesMahasiswa setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mampu :
- Memahami kondisi psikologis siswa secara komprehensif terkait potensi, bakat, minat atau kemampuan dari peserta didik melalui pengenalan terhadap alat tes psikologi
- Menyikapi hasil pemeriksaan/ pengukuran psikologis pada siswa sebagai peserta didik sesuai dengan perannya sebagai seorang konselor/ guru pembimbing.
- Mahasiswa mampu melkaukan, menginterpretasi dan melaporkan hasil praktek
- Merancang/ mengkonstruksi program dan media layanan yang akan diberikan kepada siswa sesuai dengan kondisi psikologis setiap siswa
Alat Tes Psikologi
Buku Panduan Skoring
Details ...
Mata kuliah ini membekali mahasiswa agar mampu memahami potensi, bakat, minat atau kemampuan dari peserta didik melalui pengenalan terhadap alat tes psikologi serta mampu menyikapi hasil pengukuran psikologis untuk mengembangkan diri siswa/ peserta didik.
Learning OutcomesMahasiswa setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mampu :
- Memahami kondisi psikologis siswa secara komprehensif terkait potensi, bakat, minat atau kemampuan dari peserta didik melalui pengenalan terhadap alat tes psikologi
- Menyikapi hasil pemeriksaan/ pengukuran psikologis pada siswa sebagai peserta didik sesuai dengan perannya sebagai seorang konselor/ guru pembimbing.
- Mahasiswa mampu melkaukan, menginterpretasi dan melaporkan hasil praktek
- Merancang/ mengkonstruksi program dan media layanan yang akan diberikan kepada siswa sesuai dengan kondisi psikologis setiap siswa
Alat Tes Psikologi
Buku Panduan Skoring
Details ...
Mata kuliah ini membekali mahasiswa agar mampu memahami potensi, bakat, minat atau kemampuan dari peserta didik melalui pengenalan terhadap alat tes psikologi serta mampu menyikapi hasil pengukuran psikologis untuk mengembangkan diri siswa/ peserta didik.
Learning OutcomesMahasiswa setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mampu :
- Memahami kondisi psikologis siswa secara komprehensif terkait potensi, bakat, minat atau kemampuan dari peserta didik melalui pengenalan terhadap alat tes psikologi
- Menyikapi hasil pemeriksaan/ pengukuran psikologis pada siswa sebagai peserta didik sesuai dengan perannya sebagai seorang konselor/ guru pembimbing.
- Mahasiswa mampu melkaukan, menginterpretasi dan melaporkan hasil praktek
- Merancang/ mengkonstruksi program dan media layanan yang akan diberikan kepada siswa sesuai dengan kondisi psikologis setiap siswa
Alat Tes Psikologi
Buku Panduan Skoring
Details ...
Mata kuliah ini membekali mahasiswa agar mampu memahami potensi, bakat, minat atau kemampuan dari peserta didik melalui pengenalan terhadap alat tes psikologi serta mampu menyikapi hasil pengukuran psikologis untuk mengembangkan diri siswa/ peserta didik.
Learning OutcomesMahasiswa setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mampu :
- Memahami kondisi psikologis siswa secara komprehensif terkait potensi, bakat, minat atau kemampuan dari peserta didik melalui pengenalan terhadap alat tes psikologi
- Menyikapi hasil pemeriksaan/ pengukuran psikologis pada siswa sebagai peserta didik sesuai dengan perannya sebagai seorang konselor/ guru pembimbing.
- Mahasiswa mampu melkaukan, menginterpretasi dan melaporkan hasil praktek
- Merancang/ mengkonstruksi program dan media layanan yang akan diberikan kepada siswa sesuai dengan kondisi psikologis setiap siswa
Alat Tes Psikologi
Buku Panduan Skoring
Details ...
Mata kuliah ini membekali mahasiswa agar mampu memahami potensi, bakat, minat atau kemampuan dari peserta didik melalui pengenalan terhadap alat tes psikologi serta mampu menyikapi hasil pengukuran psikologis untuk mengembangkan diri siswa/ peserta didik.
Learning OutcomesMahasiswa setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mampu :
- Memahami kondisi psikologis siswa secara komprehensif terkait potensi, bakat, minat atau kemampuan dari peserta didik melalui pengenalan terhadap alat tes psikologi
- Menyikapi hasil pemeriksaan/ pengukuran psikologis pada siswa sebagai peserta didik sesuai dengan perannya sebagai seorang konselor/ guru pembimbing.
- Mahasiswa mampu melkaukan, menginterpretasi dan melaporkan hasil praktek
- Merancang/ mengkonstruksi program dan media layanan yang akan diberikan kepada siswa sesuai dengan kondisi psikologis setiap siswa
Alat Tes Psikologi
Buku Panduan Skoring
Details ...
Mata kuliah Apilikasi Pemahaman Individu Teknik Tes ini merupakan matakuliah wajib yang ditempuh mahasiswa program studi bimbingan dan konseling dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji tentang perbedaan individu, ditinjau dari aspek kecerdasan, bakat, minat, serta kepribadian. Setelah selesai mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mampu untuk memahami dan menguasai pemanfaatan alat tes psikologi sesuai dengan kompetensi dan ranah keilmuan BK, mampu menyikapi hasil tes psikologi pada peserta didik sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Serta mampu merancang/mengkonstruksi program layanan yang akan diberikan kepada siswa sesuai dengan kondisi psikologis setiap siswa.
Learning Outcomes
CPMK1 |
Menguasai konsep dan prosedur pemanfaatan alat tes psikologi dalam ranah keilmuan BK sesuai dengan tanggung jawab dan etika profesi. |
CPMK2 |
Menguasai konsep, metode serta prosedur pelaksanaan asesmen tes untuk mengetahui potensi peserta didik |
CPMK3 |
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam menentukan penyelesaikan masalah di bidang keahliannya sesuai dengan nilai, norma dan etika akademik berdasarkan hasil informasi dan data yang diperoleh. |
CPMK4 |
Menguasai konsep penyusunan dan perancangan program layanan sesuai kebutuhan peserta didik. |
Sikap (S) |
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S5) Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S6) Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8) |
Pengetahuan (P) |
Menguasai konsep, prosedur pengembangan dan penggunaan instrumen, teknologi informasi dan multimedia untuk keperluan layanan bimbingan dan konseling (P13) Menguasai kaidah konsep, metode dan prosedur analisis kebutuhan dalam kerangka pengembangan layanan bimbingan dan konseling (P22)
Menguasai teori konsep, metode dan prosedur manajemen pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preserveratif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan(P5) Menguasai pendekatan, prosedur, metode dan teknik bimbingan secara individual, kelompok dan klasikal maupun antar kelas(P8) Menguasai prosedur merancang dan melaksanakan strategi konsultasi, kolaborasi, mediasi, advokasi, dan resolusi konflik dan penguatan jaringan dalam pelayanan bimbingan dan konseling(P26) |
Ketrampilan Umum (KU) |
mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1) Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahlianya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU 5)
|
Ketrampilan Khusus (KK) |
Terampil menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan.(KK 7) Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan (KK 8) Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan (KK 10) Terampil melakukan diagnosis dan prognosis terhadap masalah yang dialami oleh sasaran layanan dalam perspektif optimalisasi perkembangannya (KK 12) Terampil menggunakan teknik-teknik nontesting dan testing dalam memahami secara mendalam terhadap sasaran pelayanan bimbingan dan konseling (peserta didik/konseli) dalam suatu kerangka pikir teori tertentuk (KK 38) Terampil mengumpulkan dan menganalisis data sampai mendeskripsikan kondisi dan kebutuhan sasaran (peserta didik dan/konseli) yang akan dilayani (KK 39) Terampil mengakses berbagai informasi yang relevan dalam rangka analisis kebutuhan (KK 40) Terampil merepresentasikan data, memilih dan menggunakan data hasil analisis kebutuhan untuk mengambil keputusan berupa penetapan arah, tujuan, prosedur dan pendekatan pelayanan bimbingan dan konseling dalam jalur, jenjang dan jenis pendidikan yang relevan (KK 41) Terampil mengambil keputusan atas dasar informasi dan data hasil analisis kebutuhan yang relevan dalam bentuk perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program layanan bimbingan dan konseling di berbagai jenis dan jenjang pendidikan (KK 43) Mampu melakukan need asesmen dan membuat instrumen untuk mengidentifikasi kebutuhan dan masalah yang akan diselesaikan dengan program pelatihan (KK 44) Terampil mengkomunikasikan hasil-hasil kinerjanya kepada pihak-pihak terkait dalam kolaborasi internal (siswa, guru, orang tua), dan eksternal (pemangku pendidikan, profesi lain, masyarakat) (KK 49)
|
- Anne Anastasi dan Susan Urbina, 2006. Tes Psikologi:PT. Index
- Robert M. Kaplan & Dennis P. Saccuzzo. 2005. Psychological Testing: Principle, Applications & Issues. 6th edition. Singapore: Thomson.
- Dewa ketut Sukardi dan Desak P.E.2009. Analisis Tes Psikologi Teori dan Praktek. Jakarta;PT. Rineka Cipta
- Susilo Raharjo dan Edris Zamroni. 2019.Teori dan Praktik Pemahaman Individu teknik Testing. Jakarta; Prenada Media
- Manual Petunjuk Penyelenggaraan Tes Psikologi
- Ki Fudyartanta. 2005. Pengantar Psikodiagnostik . Jakarta: Pustaka Pelajar
- Diah Karmiyati & Cahyaning Suryaningrum. 200. Pengantar Psikologi Proyektif. Malang:UMM Press
Details ...
Mata kuliah Apilikasi Pemahaman Individu Teknik Tes ini merupakan matakuliah wajib yang ditempuh mahasiswa program studi bimbingan dan konseling dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji tentang perbedaan individu, ditinjau dari aspek kecerdasan, bakat, minat, serta kepribadian. Setelah selesai mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mampu untuk memahami dan menguasai pemanfaatan alat tes psikologi sesuai dengan kompetensi dan ranah keilmuan BK, mampu menyikapi hasil tes psikologi pada peserta didik sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Serta mampu merancang/mengkonstruksi program layanan yang akan diberikan kepada siswa sesuai dengan kondisi psikologis setiap siswa.
Learning Outcomes
CPMK1 |
Menguasai konsep dan prosedur pemanfaatan alat tes psikologi dalam ranah keilmuan BK sesuai dengan tanggung jawab dan etika profesi. |
CPMK2 |
Menguasai konsep, metode serta prosedur pelaksanaan asesmen tes untuk mengetahui potensi peserta didik |
CPMK3 |
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam menentukan penyelesaikan masalah di bidang keahliannya sesuai dengan nilai, norma dan etika akademik berdasarkan hasil informasi dan data yang diperoleh. |
CPMK4 |
Menguasai konsep penyusunan dan perancangan program layanan sesuai kebutuhan peserta didik. |
Sikap (S) |
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S5) Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S6) Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8) |
Pengetahuan (P) |
Menguasai konsep, prosedur pengembangan dan penggunaan instrumen, teknologi informasi dan multimedia untuk keperluan layanan bimbingan dan konseling (P13) Menguasai kaidah konsep, metode dan prosedur analisis kebutuhan dalam kerangka pengembangan layanan bimbingan dan konseling (P22)
Menguasai teori konsep, metode dan prosedur manajemen pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preserveratif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan(P5) Menguasai pendekatan, prosedur, metode dan teknik bimbingan secara individual, kelompok dan klasikal maupun antar kelas(P8) Menguasai prosedur merancang dan melaksanakan strategi konsultasi, kolaborasi, mediasi, advokasi, dan resolusi konflik dan penguatan jaringan dalam pelayanan bimbingan dan konseling(P26) |
Ketrampilan Umum (KU) |
mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1) Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahlianya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU 5)
|
Ketrampilan Khusus (KK) |
Terampil menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan.(KK 7) Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan (KK 8) Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan (KK 10) Terampil melakukan diagnosis dan prognosis terhadap masalah yang dialami oleh sasaran layanan dalam perspektif optimalisasi perkembangannya (KK 12) Terampil menggunakan teknik-teknik nontesting dan testing dalam memahami secara mendalam terhadap sasaran pelayanan bimbingan dan konseling (peserta didik/konseli) dalam suatu kerangka pikir teori tertentuk (KK 38) Terampil mengumpulkan dan menganalisis data sampai mendeskripsikan kondisi dan kebutuhan sasaran (peserta didik dan/konseli) yang akan dilayani (KK 39) Terampil mengakses berbagai informasi yang relevan dalam rangka analisis kebutuhan (KK 40) Terampil merepresentasikan data, memilih dan menggunakan data hasil analisis kebutuhan untuk mengambil keputusan berupa penetapan arah, tujuan, prosedur dan pendekatan pelayanan bimbingan dan konseling dalam jalur, jenjang dan jenis pendidikan yang relevan (KK 41) Terampil mengambil keputusan atas dasar informasi dan data hasil analisis kebutuhan yang relevan dalam bentuk perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program layanan bimbingan dan konseling di berbagai jenis dan jenjang pendidikan (KK 43) Mampu melakukan need asesmen dan membuat instrumen untuk mengidentifikasi kebutuhan dan masalah yang akan diselesaikan dengan program pelatihan (KK 44) Terampil mengkomunikasikan hasil-hasil kinerjanya kepada pihak-pihak terkait dalam kolaborasi internal (siswa, guru, orang tua), dan eksternal (pemangku pendidikan, profesi lain, masyarakat) (KK 49)
|
- Anne Anastasi dan Susan Urbina, 2006. Tes Psikologi:PT. Index
- Robert M. Kaplan & Dennis P. Saccuzzo. 2005. Psychological Testing: Principle, Applications & Issues. 6th edition. Singapore: Thomson.
- Dewa ketut Sukardi dan Desak P.E.2009. Analisis Tes Psikologi Teori dan Praktek. Jakarta;PT. Rineka Cipta
- Susilo Raharjo dan Edris Zamroni. 2019.Teori dan Praktik Pemahaman Individu teknik Testing. Jakarta; Prenada Media
- Manual Petunjuk Penyelenggaraan Tes Psikologi
- Ki Fudyartanta. 2005. Pengantar Psikodiagnostik . Jakarta: Pustaka Pelajar
- Diah Karmiyati & Cahyaning Suryaningrum. 200. Pengantar Psikologi Proyektif. Malang:UMM Press
Details ...
Mata kuliah Apilikasi Pemahaman Individu Teknik Tes ini merupakan matakuliah wajib yang ditempuh mahasiswa program studi bimbingan dan konseling dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji tentang perbedaan individu, ditinjau dari aspek kecerdasan, bakat, minat, serta kepribadian. Setelah selesai mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mampu untuk memahami dan menguasai pemanfaatan alat tes psikologi sesuai dengan kompetensi dan ranah keilmuan BK, mampu menyikapi hasil tes psikologi pada peserta didik sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Serta mampu merancang/mengkonstruksi program layanan yang akan diberikan kepada siswa sesuai dengan kondisi psikologis setiap siswa.
Learning Outcomes
CPMK1 |
Menguasai konsep dan prosedur pemanfaatan alat tes psikologi dalam ranah keilmuan BK sesuai dengan tanggung jawab dan etika profesi. |
CPMK2 |
Menguasai konsep, metode serta prosedur pelaksanaan asesmen tes untuk mengetahui potensi peserta didik |
CPMK3 |
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam menentukan penyelesaikan masalah di bidang keahliannya sesuai dengan nilai, norma dan etika akademik berdasarkan hasil informasi dan data yang diperoleh. |
CPMK4 |
Menguasai konsep penyusunan dan perancangan program layanan sesuai kebutuhan peserta didik. |
Sikap (S) |
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S5) Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S6) Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8) |
Pengetahuan (P) |
Menguasai konsep, prosedur pengembangan dan penggunaan instrumen, teknologi informasi dan multimedia untuk keperluan layanan bimbingan dan konseling (P13) Menguasai kaidah konsep, metode dan prosedur analisis kebutuhan dalam kerangka pengembangan layanan bimbingan dan konseling (P22)
Menguasai teori konsep, metode dan prosedur manajemen pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preserveratif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan(P5) Menguasai pendekatan, prosedur, metode dan teknik bimbingan secara individual, kelompok dan klasikal maupun antar kelas(P8) Menguasai prosedur merancang dan melaksanakan strategi konsultasi, kolaborasi, mediasi, advokasi, dan resolusi konflik dan penguatan jaringan dalam pelayanan bimbingan dan konseling(P26) |
Ketrampilan Umum (KU) |
mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1) Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahlianya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU 5)
|
Ketrampilan Khusus (KK) |
Terampil menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan.(KK 7) Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan (KK 8) Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan (KK 10) Terampil melakukan diagnosis dan prognosis terhadap masalah yang dialami oleh sasaran layanan dalam perspektif optimalisasi perkembangannya (KK 12) Terampil menggunakan teknik-teknik nontesting dan testing dalam memahami secara mendalam terhadap sasaran pelayanan bimbingan dan konseling (peserta didik/konseli) dalam suatu kerangka pikir teori tertentuk (KK 38) Terampil mengumpulkan dan menganalisis data sampai mendeskripsikan kondisi dan kebutuhan sasaran (peserta didik dan/konseli) yang akan dilayani (KK 39) Terampil mengakses berbagai informasi yang relevan dalam rangka analisis kebutuhan (KK 40) Terampil merepresentasikan data, memilih dan menggunakan data hasil analisis kebutuhan untuk mengambil keputusan berupa penetapan arah, tujuan, prosedur dan pendekatan pelayanan bimbingan dan konseling dalam jalur, jenjang dan jenis pendidikan yang relevan (KK 41) Terampil mengambil keputusan atas dasar informasi dan data hasil analisis kebutuhan yang relevan dalam bentuk perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program layanan bimbingan dan konseling di berbagai jenis dan jenjang pendidikan (KK 43) Mampu melakukan need asesmen dan membuat instrumen untuk mengidentifikasi kebutuhan dan masalah yang akan diselesaikan dengan program pelatihan (KK 44) Terampil mengkomunikasikan hasil-hasil kinerjanya kepada pihak-pihak terkait dalam kolaborasi internal (siswa, guru, orang tua), dan eksternal (pemangku pendidikan, profesi lain, masyarakat) (KK 49)
|
- Anne Anastasi dan Susan Urbina, 2006. Tes Psikologi:PT. Index
- Robert M. Kaplan & Dennis P. Saccuzzo. 2005. Psychological Testing: Principle, Applications & Issues. 6th edition. Singapore: Thomson.
- Dewa ketut Sukardi dan Desak P.E.2009. Analisis Tes Psikologi Teori dan Praktek. Jakarta;PT. Rineka Cipta
- Susilo Raharjo dan Edris Zamroni. 2019.Teori dan Praktik Pemahaman Individu teknik Testing. Jakarta; Prenada Media
- Manual Petunjuk Penyelenggaraan Tes Psikologi
- Ki Fudyartanta. 2005. Pengantar Psikodiagnostik . Jakarta: Pustaka Pelajar
- Diah Karmiyati & Cahyaning Suryaningrum. 200. Pengantar Psikologi Proyektif. Malang:UMM Press
Details ...
Mata kuliah Apilikasi Pemahaman Individu Teknik Tes ini merupakan matakuliah wajib yang ditempuh mahasiswa program studi bimbingan dan konseling dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji tentang perbedaan individu, ditinjau dari aspek kecerdasan, bakat, minat, serta kepribadian. Setelah selesai mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mampu untuk memahami dan menguasai pemanfaatan alat tes psikologi sesuai dengan kompetensi dan ranah keilmuan BK, mampu menyikapi hasil tes psikologi pada peserta didik sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Serta mampu merancang/mengkonstruksi program layanan yang akan diberikan kepada siswa sesuai dengan kondisi psikologis setiap siswa.
Learning Outcomes
CPMK1 |
Menguasai konsep dan prosedur pemanfaatan alat tes psikologi dalam ranah keilmuan BK sesuai dengan tanggung jawab dan etika profesi. |
CPMK2 |
Menguasai konsep, metode serta prosedur pelaksanaan asesmen tes untuk mengetahui potensi peserta didik |
CPMK3 |
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam menentukan penyelesaikan masalah di bidang keahliannya sesuai dengan nilai, norma dan etika akademik berdasarkan hasil informasi dan data yang diperoleh. |
CPMK4 |
Menguasai konsep penyusunan dan perancangan program layanan sesuai kebutuhan peserta didik. |
Sikap (S) |
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S5) Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S6) Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8) |
Pengetahuan (P) |
Menguasai konsep, prosedur pengembangan dan penggunaan instrumen, teknologi informasi dan multimedia untuk keperluan layanan bimbingan dan konseling (P13) Menguasai kaidah konsep, metode dan prosedur analisis kebutuhan dalam kerangka pengembangan layanan bimbingan dan konseling (P22)
Menguasai teori konsep, metode dan prosedur manajemen pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preserveratif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan(P5) Menguasai pendekatan, prosedur, metode dan teknik bimbingan secara individual, kelompok dan klasikal maupun antar kelas(P8) Menguasai prosedur merancang dan melaksanakan strategi konsultasi, kolaborasi, mediasi, advokasi, dan resolusi konflik dan penguatan jaringan dalam pelayanan bimbingan dan konseling(P26) |
Ketrampilan Umum (KU) |
mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1) Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahlianya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU 5)
|
Ketrampilan Khusus (KK) |
Terampil menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan.(KK 7) Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan (KK 8) Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan (KK 10) Terampil melakukan diagnosis dan prognosis terhadap masalah yang dialami oleh sasaran layanan dalam perspektif optimalisasi perkembangannya (KK 12) Terampil menggunakan teknik-teknik nontesting dan testing dalam memahami secara mendalam terhadap sasaran pelayanan bimbingan dan konseling (peserta didik/konseli) dalam suatu kerangka pikir teori tertentuk (KK 38) Terampil mengumpulkan dan menganalisis data sampai mendeskripsikan kondisi dan kebutuhan sasaran (peserta didik dan/konseli) yang akan dilayani (KK 39) Terampil mengakses berbagai informasi yang relevan dalam rangka analisis kebutuhan (KK 40) Terampil merepresentasikan data, memilih dan menggunakan data hasil analisis kebutuhan untuk mengambil keputusan berupa penetapan arah, tujuan, prosedur dan pendekatan pelayanan bimbingan dan konseling dalam jalur, jenjang dan jenis pendidikan yang relevan (KK 41) Terampil mengambil keputusan atas dasar informasi dan data hasil analisis kebutuhan yang relevan dalam bentuk perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program layanan bimbingan dan konseling di berbagai jenis dan jenjang pendidikan (KK 43) Mampu melakukan need asesmen dan membuat instrumen untuk mengidentifikasi kebutuhan dan masalah yang akan diselesaikan dengan program pelatihan (KK 44) Terampil mengkomunikasikan hasil-hasil kinerjanya kepada pihak-pihak terkait dalam kolaborasi internal (siswa, guru, orang tua), dan eksternal (pemangku pendidikan, profesi lain, masyarakat) (KK 49)
|
- Anne Anastasi dan Susan Urbina, 2006. Tes Psikologi:PT. Index
- Robert M. Kaplan & Dennis P. Saccuzzo. 2005. Psychological Testing: Principle, Applications & Issues. 6th edition. Singapore: Thomson.
- Dewa ketut Sukardi dan Desak P.E.2009. Analisis Tes Psikologi Teori dan Praktek. Jakarta;PT. Rineka Cipta
- Susilo Raharjo dan Edris Zamroni. 2019.Teori dan Praktik Pemahaman Individu teknik Testing. Jakarta; Prenada Media
- Manual Petunjuk Penyelenggaraan Tes Psikologi
- Ki Fudyartanta. 2005. Pengantar Psikodiagnostik . Jakarta: Pustaka Pelajar
- Diah Karmiyati & Cahyaning Suryaningrum. 200. Pengantar Psikologi Proyektif. Malang:UMM Press
Details ...
Matakuliah ini berisi pengenalan alat - alat tes psikologi sebagai upaya untuk memahami diri dan konseli. Materi yang diberikan berupa tes inteligensi, tes bakat minat, tes kepribadian, tes kecerdasan majemuk.
Learning Outcomesmahasiswa mampu memahami berbagai macam alat tes atau psikotes serta mampu menyusun rancangan program berdasarkan dari hasil psikotes yang telah dilakukan.
ReferencesSusan Urbina. Tes Psikologi
Details ...
Matakuliah ini berisi pengenalan alat - alat tes psikologi sebagai upaya untuk memahami diri dan konseli. Materi yang diberikan berupa tes inteligensi, tes bakat minat, tes kepribadian, tes kecerdasan majemuk.
Learning Outcomesmahasiswa mampu memahami berbagai macam alat tes atau psikotes serta mampu menyusun rancangan program berdasarkan dari hasil psikotes yang telah dilakukan.
ReferencesSusan Urbina. Tes Psikologi
Details ...
Matakuliah ini berisi pengenalan alat - alat tes psikologi sebagai upaya untuk memahami diri dan konseli. Materi yang diberikan berupa tes inteligensi, tes bakat minat, tes kepribadian, tes kecerdasan majemuk.
Learning Outcomesmahasiswa mampu memahami berbagai macam alat tes atau psikotes serta mampu menyusun rancangan program berdasarkan dari hasil psikotes yang telah dilakukan.
ReferencesSusan Urbina. Tes Psikologi
Details ...