Bimbingan dan Konseling Keluarga, Curriculum : 2015


Courser in EnglishFAMILY GUIDANCE AND COUNSELING
ProgramBimbingan dan Konseling
SKS2 SKS
RPS14 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi berisi tentang Konsep dasar keluarga, pengertian, fungsi, peran keluarga; Bentuk-bentuk dan tipe keluarga; Hakikat dan komunikasi dalam keluarga dan perkawinan; Kewajiban masing-masing anggota keluarga; faktor penyebab problematika dalam pengasuhan, Keluarga bahagia; Beragam masalah keluarga; Konsep dasar bimbingan dan konseling keluarga; Konseling keluarga, definisi, sasaran, proses dan tahapan konseling keluarga, asumsi penanganan, tujuan, kompetensi konseling keluarga; Jenis-jenis konseling keluarga; Konseling pernikahan; Teori-teori konseling; Aplikasi teori-teori konseling dalam konseling keluarga.

 

 

 

 

Learning Outcomes

Sikap dan Tata Nilai

Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila;

Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.;

Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat.

 

Penguasaan pengetahuan

Menguasai kaidah-kaidah, metode dan prosedur penjaminan mutu dalam layanan bimbingan dan konseling keluarga

Menguasai falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan dengan pelayanan bimbingan dan konseling bk keluarga

Menguasai materi dan metode pelayanan bimbingan yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling keluarga

Menguasai konsep, metode dan prosedur statistik untuk keperluan praksis layanan bimbingan dan konseling keluarga

Menguasai konsep, prosedur pengembangan dan penggunaan instrumen, teknologi informasi dan multimedia untuk keperluan layanan bimbingan dan konseling

 

KeterampilanUmum

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur yang relevan dengan konseling keluarga

 

 

Keterampilan Khusus

Terampil menerapkan kaidah-kaidah, metode dan prosedur penjaminan mutu dalam layanan bimbingan dan konseling keluarga

Terampil  melaksanakan  berbagai  program  layanan  bimbingan  dan  konseling  keluarga  konseling  komprehensif  yang  memandirikan,  program bimbingandan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preservatif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan

Terampil menggunakan konsep, metode dan prosedur statistik untuk keperluan praksis layanan bimbingan dan konseling keluarga

 

 

 

 

 

References

1. Wilis, S., 2017. Konseling Keluarga (Family Counseling). Bandung :  Alfabeta
2. Lestari, S., 2012. Psikologi Keluarga. Penanaman nilai dan peanganan konflik dalam keluarga. Jakarta : Prenadamedia Group.
3.Ulfiah., 2014. Psikologi Keluarga. Pemahaman hakikat Keluarga & penanganan problematika rumah tangga. Bogor : Ghalia Indonesia.
4.Mubarok, A., 2016. Psikologi Keluarga. Malang : Madani
5. Geldard, K. & Geldard D., 2011. Konseling Keluarga, Membangun relasi untuk saling memandirikan antar anggota Keluarga
6. Suyati, T., Hartini, T., Ismah, 2019. BK Keluarga.
7. Handayani, A., 2019. How to raise great family, mengasuh penuh kesadaran. Jakarta : Grasindo


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi berisi tentang Konsep dasar keluarga, pengertian, fungsi, peran keluarga; Bentuk-bentuk dan tipe keluarga; Hakikat dan komunikasi dalam keluarga dan perkawinan; Kewajiban masing-masing anggota keluarga; faktor penyebab problematika dalam pengasuhan, Keluarga bahagia; Beragam masalah keluarga; Konsep dasar bimbingan dan konseling keluarga; Konseling keluarga, definisi, sasaran, proses dan tahapan konseling keluarga, asumsi penanganan, tujuan, kompetensi konseling keluarga; Jenis-jenis konseling keluarga; Konseling pernikahan; Teori-teori konseling; Aplikasi teori-teori konseling dalam konseling keluarga.

 

 

 

 

Learning Outcomes

Sikap dan Tata Nilai

Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila;

Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.;

Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat.

 

Penguasaan pengetahuan

Menguasai kaidah-kaidah, metode dan prosedur penjaminan mutu dalam layanan bimbingan dan konseling keluarga

Menguasai falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan dengan pelayanan bimbingan dan konseling bk keluarga

Menguasai materi dan metode pelayanan bimbingan yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling keluarga

Menguasai konsep, metode dan prosedur statistik untuk keperluan praksis layanan bimbingan dan konseling keluarga

Menguasai konsep, prosedur pengembangan dan penggunaan instrumen, teknologi informasi dan multimedia untuk keperluan layanan bimbingan dan konseling

 

KeterampilanUmum

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur yang relevan dengan konseling keluarga

 

 

Keterampilan Khusus

Terampil menerapkan kaidah-kaidah, metode dan prosedur penjaminan mutu dalam layanan bimbingan dan konseling keluarga

Terampil  melaksanakan  berbagai  program  layanan  bimbingan  dan  konseling  keluarga  konseling  komprehensif  yang  memandirikan,  program bimbingandan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preservatif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan

Terampil menggunakan konsep, metode dan prosedur statistik untuk keperluan praksis layanan bimbingan dan konseling keluarga

 

 

 

 

 

References

1. Wilis, S., 2017. Konseling Keluarga (Family Counseling). Bandung :  Alfabeta
2. Lestari, S., 2012. Psikologi Keluarga. Penanaman nilai dan peanganan konflik dalam keluarga. Jakarta : Prenadamedia Group.
3.Ulfiah., 2014. Psikologi Keluarga. Pemahaman hakikat Keluarga & penanganan problematika rumah tangga. Bogor : Ghalia Indonesia.
4.Mubarok, A., 2016. Psikologi Keluarga. Malang : Madani
5. Geldard, K. & Geldard D., 2011. Konseling Keluarga, Membangun relasi untuk saling memandirikan antar anggota Keluarga
6. Suyati, T., Hartini, T., Ismah, 2019. BK Keluarga.
7. Handayani, A., 2019. How to raise great family, mengasuh penuh kesadaran. Jakarta : Grasindo


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi berisi tentang Konsep dasar keluarga, pengertian, fungsi, peran keluarga; Bentuk-bentuk dan tipe keluarga; Hakikat dan komunikasi dalam keluarga dan perkawinan; Kewajiban masing-masing anggota keluarga; faktor penyebab problematika dalam pengasuhan, Keluarga bahagia; Beragam masalah keluarga; Konsep dasar bimbingan dan konseling keluarga; Konseling keluarga, definisi, sasaran, proses dan tahapan konseling keluarga, asumsi penanganan, tujuan, kompetensi konseling keluarga; Jenis-jenis konseling keluarga; Konseling pernikahan; Teori-teori konseling; Aplikasi teori-teori konseling dalam konseling keluarga.

 

 

 

 

Learning Outcomes

Sikap dan Tata Nilai

Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila;

Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.;

Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat.

 

Penguasaan pengetahuan

Menguasai kaidah-kaidah, metode dan prosedur penjaminan mutu dalam layanan bimbingan dan konseling keluarga

Menguasai falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan dengan pelayanan bimbingan dan konseling bk keluarga

Menguasai materi dan metode pelayanan bimbingan yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling keluarga

Menguasai konsep, metode dan prosedur statistik untuk keperluan praksis layanan bimbingan dan konseling keluarga

Menguasai konsep, prosedur pengembangan dan penggunaan instrumen, teknologi informasi dan multimedia untuk keperluan layanan bimbingan dan konseling

 

KeterampilanUmum

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur yang relevan dengan konseling keluarga

 

 

Keterampilan Khusus

Terampil menerapkan kaidah-kaidah, metode dan prosedur penjaminan mutu dalam layanan bimbingan dan konseling keluarga

Terampil  melaksanakan  berbagai  program  layanan  bimbingan  dan  konseling  keluarga  konseling  komprehensif  yang  memandirikan,  program bimbingandan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preservatif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan

Terampil menggunakan konsep, metode dan prosedur statistik untuk keperluan praksis layanan bimbingan dan konseling keluarga

 

 

 

 

 

References

1. Wilis, S., 2017. Konseling Keluarga (Family Counseling). Bandung :  Alfabeta
2. Lestari, S., 2012. Psikologi Keluarga. Penanaman nilai dan peanganan konflik dalam keluarga. Jakarta : Prenadamedia Group.
3.Ulfiah., 2014. Psikologi Keluarga. Pemahaman hakikat Keluarga & penanganan problematika rumah tangga. Bogor : Ghalia Indonesia.
4.Mubarok, A., 2016. Psikologi Keluarga. Malang : Madani
5. Geldard, K. & Geldard D., 2011. Konseling Keluarga, Membangun relasi untuk saling memandirikan antar anggota Keluarga
6. Suyati, T., Hartini, T., Ismah, 2019. BK Keluarga.
7. Handayani, A., 2019. How to raise great family, mengasuh penuh kesadaran. Jakarta : Grasindo


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi berisi tentang Konsep dasar keluarga, pengertian, fungsi, peran keluarga; Bentuk-bentuk dan tipe keluarga; Hakikat dan komunikasi dalam keluarga dan perkawinan; Kewajiban masing-masing anggota keluarga; faktor penyebab problematika dalam pengasuhan, Keluarga bahagia; Beragam masalah keluarga; Konsep dasar bimbingan dan konseling keluarga; Konseling keluarga, definisi, sasaran, proses dan tahapan konseling keluarga, asumsi penanganan, tujuan, kompetensi konseling keluarga; Jenis-jenis konseling keluarga; Konseling pernikahan; Teori-teori konseling; Aplikasi teori-teori konseling dalam konseling keluarga.

 

 

 

 

Learning Outcomes

Sikap dan Tata Nilai

Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila;

Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.;

Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat.

 

Penguasaan pengetahuan

Menguasai kaidah-kaidah, metode dan prosedur penjaminan mutu dalam layanan bimbingan dan konseling keluarga

Menguasai falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan dengan pelayanan bimbingan dan konseling bk keluarga

Menguasai materi dan metode pelayanan bimbingan yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling keluarga

Menguasai konsep, metode dan prosedur statistik untuk keperluan praksis layanan bimbingan dan konseling keluarga

Menguasai konsep, prosedur pengembangan dan penggunaan instrumen, teknologi informasi dan multimedia untuk keperluan layanan bimbingan dan konseling

 

KeterampilanUmum

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur yang relevan dengan konseling keluarga

 

 

Keterampilan Khusus

Terampil menerapkan kaidah-kaidah, metode dan prosedur penjaminan mutu dalam layanan bimbingan dan konseling keluarga

Terampil  melaksanakan  berbagai  program  layanan  bimbingan  dan  konseling  keluarga  konseling  komprehensif  yang  memandirikan,  program bimbingandan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preservatif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan

Terampil menggunakan konsep, metode dan prosedur statistik untuk keperluan praksis layanan bimbingan dan konseling keluarga

 

 

 

 

 

References

1. Wilis, S., 2017. Konseling Keluarga (Family Counseling). Bandung :  Alfabeta
2. Lestari, S., 2012. Psikologi Keluarga. Penanaman nilai dan peanganan konflik dalam keluarga. Jakarta : Prenadamedia Group.
3.Ulfiah., 2014. Psikologi Keluarga. Pemahaman hakikat Keluarga & penanganan problematika rumah tangga. Bogor : Ghalia Indonesia.
4.Mubarok, A., 2016. Psikologi Keluarga. Malang : Madani
5. Geldard, K. & Geldard D., 2011. Konseling Keluarga, Membangun relasi untuk saling memandirikan antar anggota Keluarga
6. Suyati, T., Hartini, T., Ismah, 2019. BK Keluarga.
7. Handayani, A., 2019. How to raise great family, mengasuh penuh kesadaran. Jakarta : Grasindo


Details ...
Course Descriptions

  • Mata kuliah ini berisi berisi tentang Konsep dasar keluarga, pengertian, fungsi, peran keluarga; Bentuk-bentuk dan tipe keluarga; Hakikat dan komunikasi dalam keluarga dan perkawinan; Karakteristik keluarga atau orang tua; Kewajiban masing-masing anggota keluarga; Keluarga bahagia; Beragam masalah keluarga; Konsep dasar bimbingan dan konseling keluarga; Konseling keluarga, definisi, sasaran, proses dan tahapan konseling keluarga, asumsi penanganan, tujuan, kompetensi konseling keluarga; Jenis-jenis konseling keluarga; Konseling pernikahan; Teori-teori konseling; Aplikasi teori-teori konseling dalam konseling keluarga.

 

Learning Outcomes

Sikap dan Tata Nilai

Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila;

Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.;

Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat.

 

Penguasaan pengetahuan

Menguasai kaidah-kaidah, metode dan prosedur penjaminan mutu dalam layanan bimbingan dan konseling keluarga

Menguasai falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan dengan pelayanan bimbingan dan konseling bk keluarga

Menguasai materi dan metode pelayanan bimbingan yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling keluarga

Menguasai konsep, metode dan prosedur statistik untuk keperluan praksis layanan bimbingan dan konseling keluarga

Menguasai konsep, prosedur pengembangan dan penggunaan instrumen, teknologi informasi dan multimedia untuk keperluan layanan bimbingan dan konseling

 

Keterampilan Umum

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur yang relevan dengan konseling keluarga

 

Keterampilan Khusus

Terampil menerapkan kaidah-kaidah, metode dan prosedur penjaminan mutu dalam layanan bimbingan dan konseling keluarga

Terampil  melaksanakan  berbagai  program  layanan  bimbingan  dan  konseling  keluarga  konseling  komprehensif  yang  memandirikan,  program bimbingandan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preservatif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan

References

  • Lestari, S., 2012. Psikologi Keluarga. Penanaman nilai dan peanganan konflik dalam keluarga. Jakarta : Prenadamedia Group.
  • Mubarok, A., 2016. Psikologi Keluarga. Malang : Madani
  • Ulfiah., 2014. Psikologi Keluarga. Pemahaman hakikat Keluarga & penanganan problematika rumah tangga. Bogor : Ghalia Indonesia.
  • Wilis, S., 2017. Konseling Keluarga (Family Counseling). Bandung :  Alfabeta


Details ...
Course Descriptions

  • Mata kuliah ini berisi berisi tentang Konsep dasar keluarga, pengertian, fungsi, peran keluarga; Bentuk-bentuk dan tipe keluarga; Hakikat dan komunikasi dalam keluarga dan perkawinan; Karakteristik keluarga atau orang tua; Kewajiban masing-masing anggota keluarga; Keluarga bahagia; Beragam masalah keluarga; Konsep dasar bimbingan dan konseling keluarga; Konseling keluarga, definisi, sasaran, proses dan tahapan konseling keluarga, asumsi penanganan, tujuan, kompetensi konseling keluarga; Jenis-jenis konseling keluarga; Konseling pernikahan; Teori-teori konseling; Aplikasi teori-teori konseling dalam konseling keluarga.

 

Learning Outcomes

Sikap dan Tata Nilai

Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila;

Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.;

Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat.

 

Penguasaan pengetahuan

Menguasai kaidah-kaidah, metode dan prosedur penjaminan mutu dalam layanan bimbingan dan konseling keluarga

Menguasai falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan dengan pelayanan bimbingan dan konseling bk keluarga

Menguasai materi dan metode pelayanan bimbingan yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling keluarga

Menguasai konsep, metode dan prosedur statistik untuk keperluan praksis layanan bimbingan dan konseling keluarga

Menguasai konsep, prosedur pengembangan dan penggunaan instrumen, teknologi informasi dan multimedia untuk keperluan layanan bimbingan dan konseling

 

Keterampilan Umum

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur yang relevan dengan konseling keluarga

 

Keterampilan Khusus

Terampil menerapkan kaidah-kaidah, metode dan prosedur penjaminan mutu dalam layanan bimbingan dan konseling keluarga

Terampil  melaksanakan  berbagai  program  layanan  bimbingan  dan  konseling  keluarga  konseling  komprehensif  yang  memandirikan,  program bimbingandan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preservatif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan

References

  • Lestari, S., 2012. Psikologi Keluarga. Penanaman nilai dan peanganan konflik dalam keluarga. Jakarta : Prenadamedia Group.
  • Mubarok, A., 2016. Psikologi Keluarga. Malang : Madani
  • Ulfiah., 2014. Psikologi Keluarga. Pemahaman hakikat Keluarga & penanganan problematika rumah tangga. Bogor : Ghalia Indonesia.
  • Wilis, S., 2017. Konseling Keluarga (Family Counseling). Bandung :  Alfabeta


Details ...
Course Descriptions

  • Mata kuliah ini berisi berisi tentang Konsep dasar keluarga, pengertian, fungsi, peran keluarga; Bentuk-bentuk dan tipe keluarga; Hakikat dan komunikasi dalam keluarga dan perkawinan; Karakteristik keluarga atau orang tua; Kewajiban masing-masing anggota keluarga; Keluarga bahagia; Beragam masalah keluarga; Konsep dasar bimbingan dan konseling keluarga; Konseling keluarga, definisi, sasaran, proses dan tahapan konseling keluarga, asumsi penanganan, tujuan, kompetensi konseling keluarga; Jenis-jenis konseling keluarga; Konseling pernikahan; Teori-teori konseling; Aplikasi teori-teori konseling dalam konseling keluarga.

 

Learning Outcomes

Sikap dan Tata Nilai

Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila;

Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.;

Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat.

 

Penguasaan pengetahuan

Menguasai kaidah-kaidah, metode dan prosedur penjaminan mutu dalam layanan bimbingan dan konseling keluarga

Menguasai falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan dengan pelayanan bimbingan dan konseling bk keluarga

Menguasai materi dan metode pelayanan bimbingan yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling keluarga

Menguasai konsep, metode dan prosedur statistik untuk keperluan praksis layanan bimbingan dan konseling keluarga

Menguasai konsep, prosedur pengembangan dan penggunaan instrumen, teknologi informasi dan multimedia untuk keperluan layanan bimbingan dan konseling

 

Keterampilan Umum

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur yang relevan dengan konseling keluarga

 

Keterampilan Khusus

Terampil menerapkan kaidah-kaidah, metode dan prosedur penjaminan mutu dalam layanan bimbingan dan konseling keluarga

Terampil  melaksanakan  berbagai  program  layanan  bimbingan  dan  konseling  keluarga  konseling  komprehensif  yang  memandirikan,  program bimbingandan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preservatif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan

References

  • Lestari, S., 2012. Psikologi Keluarga. Penanaman nilai dan peanganan konflik dalam keluarga. Jakarta : Prenadamedia Group.
  • Mubarok, A., 2016. Psikologi Keluarga. Malang : Madani
  • Ulfiah., 2014. Psikologi Keluarga. Pemahaman hakikat Keluarga & penanganan problematika rumah tangga. Bogor : Ghalia Indonesia.
  • Wilis, S., 2017. Konseling Keluarga (Family Counseling). Bandung :  Alfabeta


Details ...
Course Descriptions

  • Mata kuliah ini berisi berisi tentang Konsep dasar keluarga, pengertian, fungsi, peran keluarga; Bentuk-bentuk dan tipe keluarga; Hakikat dan komunikasi dalam keluarga dan perkawinan; Karakteristik keluarga atau orang tua; Kewajiban masing-masing anggota keluarga; Keluarga bahagia; Beragam masalah keluarga; Konsep dasar bimbingan dan konseling keluarga; Konseling keluarga, definisi, sasaran, proses dan tahapan konseling keluarga, asumsi penanganan, tujuan, kompetensi konseling keluarga; Jenis-jenis konseling keluarga; Konseling pernikahan; Teori-teori konseling; Aplikasi teori-teori konseling dalam konseling keluarga.

 

Learning Outcomes

Sikap dan Tata Nilai

Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila;

Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.;

Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat.

 

Penguasaan pengetahuan

Menguasai kaidah-kaidah, metode dan prosedur penjaminan mutu dalam layanan bimbingan dan konseling keluarga

Menguasai falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan dengan pelayanan bimbingan dan konseling bk keluarga

Menguasai materi dan metode pelayanan bimbingan yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling keluarga

Menguasai konsep, metode dan prosedur statistik untuk keperluan praksis layanan bimbingan dan konseling keluarga

Menguasai konsep, prosedur pengembangan dan penggunaan instrumen, teknologi informasi dan multimedia untuk keperluan layanan bimbingan dan konseling

 

Keterampilan Umum

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur yang relevan dengan konseling keluarga

 

Keterampilan Khusus

Terampil menerapkan kaidah-kaidah, metode dan prosedur penjaminan mutu dalam layanan bimbingan dan konseling keluarga

Terampil  melaksanakan  berbagai  program  layanan  bimbingan  dan  konseling  keluarga  konseling  komprehensif  yang  memandirikan,  program bimbingandan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preservatif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan

References

  • Lestari, S., 2012. Psikologi Keluarga. Penanaman nilai dan peanganan konflik dalam keluarga. Jakarta : Prenadamedia Group.
  • Mubarok, A., 2016. Psikologi Keluarga. Malang : Madani
  • Ulfiah., 2014. Psikologi Keluarga. Pemahaman hakikat Keluarga & penanganan problematika rumah tangga. Bogor : Ghalia Indonesia.
  • Wilis, S., 2017. Konseling Keluarga (Family Counseling). Bandung :  Alfabeta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi berisi tentang Konsep dasar Konseling Keluarga, Jenis tipe keluarga dan sistem keluarga, Hakikat dan komunikasi dalam keluarga dan perkawinan, Bentuk dan tipe keluarga, Kegiatan pendekatan dan kewajiban keluarga, Jenis layanan BK Keluarga, Mengembangkan kecerdasan intelegensi, emosi sosial anak dalam keluarga, Faktor penyebab dan problematik dalam pengasuhan, Kedudukan layanan BK bagi keluarga di sekolah, Pendidikan agama dalam perkawinan, Teknik layanan BK Keluarga, Jenis masalah dan model pendekatan dalam konseling keluarga, Peran keluarga dalam pembangunan karakter bangsa.

Learning Outcomes

Sikap dan Tata Nilai

Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila;

Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.;

Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat.

 

Penguasaan pengetahuan

Menguasai kaidah-kaidah, metode dan prosedur penjaminan mutu dalam layanan bimbingan dan konseling keluarga

Menguasai falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan dengan pelayanan bimbingan dan konseling bk keluarga

Menguasai materi dan metode pelayanan bimbingan yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling keluarga

Menguasai konsep, metode dan prosedur statistik untuk keperluan praksis layanan bimbingan dan konseling keluarga

Menguasai konsep, prosedur pengembangan dan penggunaan instrumen, teknologi informasi dan multimedia untuk keperluan layanan bimbingan dan konseling

 

Keterampilan Umum

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur yang relevan dengan konseling keluarga

 

Keterampilan Khusus

Terampil menerapkan kaidah-kaidah, metode dan prosedur penjaminan mutu dalam layanan bimbingan dan konseling keluarga

Terampil  melaksanakan  berbagai  program  layanan  bimbingan  dan  konseling  keluarga  konseling  komprehensif  yang  memandirikan,  program bimbingandan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preservatif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan

References

Corey, G. 1997. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: Eresco.

Djamarah, S.B. 2004. Pola Komunikasi Orangtua dan Anak Dalam Keluarga: Sebuah Perspektif Pendidikan Islam. Jakarta: Rineka Cipta. Jones, Richard Nelson. 2011. Teori dan Praktek Konseling dan Terapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mc. Leod, John. 2003. Pengantar Konseling Teori dan Study Kasus. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Pujosuwarno, S. 1994. Bimbingan dan Konseling Keluarga. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.

Shochib, M. 2000. Pola Orangtua: Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: Rineka Cipta. Soelaeman, M.I. 1994. Pendidikan dalam Keluarga. Bandung: Alfabeta.

Willis, S. 2009. Konseling Keluarga (Family Counseling). Bandung: Alfabeta.

Geldard, K & Geldard, D.2011.  Konseling Keluarga. Diterjemahkan oleh Saut Pasaribu. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Lestari, S. 2012. Psikologi Keluarga. Jakarta : Prenadamedia Group.

Brooks, Jane. 2011. The Process of Parenting. Diterjemahkan oleh Rahmat Fajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi berisi tentang Konsep dasar Konseling Keluarga, Jenis tipe keluarga dan sistem keluarga, Hakikat dan komunikasi dalam keluarga dan perkawinan, Bentuk dan tipe keluarga, Kegiatan pendekatan dan kewajiban keluarga, Jenis layanan BK Keluarga, Mengembangkan kecerdasan intelegensi, emosi sosial anak dalam keluarga, Faktor penyebab dan problematik dalam pengasuhan, Kedudukan layanan BK bagi keluarga di sekolah, Pendidikan agama dalam perkawinan, Teknik layanan BK Keluarga, Jenis masalah dan model pendekatan dalam konseling keluarga, Peran keluarga dalam pembangunan karakter bangsa.

Learning Outcomes

Sikap dan Tata Nilai

Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila;

Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.;

Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat.

 

Penguasaan pengetahuan

Menguasai kaidah-kaidah, metode dan prosedur penjaminan mutu dalam layanan bimbingan dan konseling keluarga

Menguasai falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan dengan pelayanan bimbingan dan konseling bk keluarga

Menguasai materi dan metode pelayanan bimbingan yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling keluarga

Menguasai konsep, metode dan prosedur statistik untuk keperluan praksis layanan bimbingan dan konseling keluarga

Menguasai konsep, prosedur pengembangan dan penggunaan instrumen, teknologi informasi dan multimedia untuk keperluan layanan bimbingan dan konseling

 

Keterampilan Umum

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur yang relevan dengan konseling keluarga

 

Keterampilan Khusus

Terampil menerapkan kaidah-kaidah, metode dan prosedur penjaminan mutu dalam layanan bimbingan dan konseling keluarga

Terampil  melaksanakan  berbagai  program  layanan  bimbingan  dan  konseling  keluarga  konseling  komprehensif  yang  memandirikan,  program bimbingandan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preservatif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan

References

Corey, G. 1997. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: Eresco.

Djamarah, S.B. 2004. Pola Komunikasi Orangtua dan Anak Dalam Keluarga: Sebuah Perspektif Pendidikan Islam. Jakarta: Rineka Cipta. Jones, Richard Nelson. 2011. Teori dan Praktek Konseling dan Terapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mc. Leod, John. 2003. Pengantar Konseling Teori dan Study Kasus. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Pujosuwarno, S. 1994. Bimbingan dan Konseling Keluarga. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.

Shochib, M. 2000. Pola Orangtua: Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: Rineka Cipta. Soelaeman, M.I. 1994. Pendidikan dalam Keluarga. Bandung: Alfabeta.

Willis, S. 2009. Konseling Keluarga (Family Counseling). Bandung: Alfabeta.

Geldard, K & Geldard, D.2011.  Konseling Keluarga. Diterjemahkan oleh Saut Pasaribu. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Lestari, S. 2012. Psikologi Keluarga. Jakarta : Prenadamedia Group.

Brooks, Jane. 2011. The Process of Parenting. Diterjemahkan oleh Rahmat Fajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi berisi tentang Konsep dasar Konseling Keluarga, Jenis tipe keluarga dan sistem keluarga, Hakikat dan komunikasi dalam keluarga dan perkawinan, Bentuk dan tipe keluarga, Kegiatan pendekatan dan kewajiban keluarga, Jenis layanan BK Keluarga, Mengembangkan kecerdasan intelegensi, emosi sosial anak dalam keluarga, Faktor penyebab dan problematik dalam pengasuhan, Kedudukan layanan BK bagi keluarga di sekolah, Pendidikan agama dalam perkawinan, Teknik layanan BK Keluarga, Jenis masalah dan model pendekatan dalam konseling keluarga, Peran keluarga dalam pembangunan karakter bangsa.

Learning Outcomes

Sikap dan Tata Nilai

Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila;

Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.;

Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat.

 

Penguasaan pengetahuan

Menguasai kaidah-kaidah, metode dan prosedur penjaminan mutu dalam layanan bimbingan dan konseling keluarga

Menguasai falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan dengan pelayanan bimbingan dan konseling bk keluarga

Menguasai materi dan metode pelayanan bimbingan yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling keluarga

Menguasai konsep, metode dan prosedur statistik untuk keperluan praksis layanan bimbingan dan konseling keluarga

Menguasai konsep, prosedur pengembangan dan penggunaan instrumen, teknologi informasi dan multimedia untuk keperluan layanan bimbingan dan konseling

 

Keterampilan Umum

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur yang relevan dengan konseling keluarga

 

Keterampilan Khusus

Terampil menerapkan kaidah-kaidah, metode dan prosedur penjaminan mutu dalam layanan bimbingan dan konseling keluarga

Terampil  melaksanakan  berbagai  program  layanan  bimbingan  dan  konseling  keluarga  konseling  komprehensif  yang  memandirikan,  program bimbingandan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preservatif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan

References

Corey, G. 1997. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: Eresco.

Djamarah, S.B. 2004. Pola Komunikasi Orangtua dan Anak Dalam Keluarga: Sebuah Perspektif Pendidikan Islam. Jakarta: Rineka Cipta. Jones, Richard Nelson. 2011. Teori dan Praktek Konseling dan Terapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mc. Leod, John. 2003. Pengantar Konseling Teori dan Study Kasus. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Pujosuwarno, S. 1994. Bimbingan dan Konseling Keluarga. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.

Shochib, M. 2000. Pola Orangtua: Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: Rineka Cipta. Soelaeman, M.I. 1994. Pendidikan dalam Keluarga. Bandung: Alfabeta.

Willis, S. 2009. Konseling Keluarga (Family Counseling). Bandung: Alfabeta.

Geldard, K & Geldard, D.2011.  Konseling Keluarga. Diterjemahkan oleh Saut Pasaribu. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Lestari, S. 2012. Psikologi Keluarga. Jakarta : Prenadamedia Group.

 

Brooks, Jane. 2011. The Process of Parenting. Diterjemahkan oleh Rahmat Fajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi berisi tentang Konsep dasar Konseling Keluarga, Jenis tipe keluarga dan sistem keluarga, Hakikat dan komunikasi dalam keluarga dan perkawinan, Bentuk dan tipe keluarga, Kegiatan pendekatan dan kewajiban keluarga, Jenis layanan BK Keluarga, Mengembangkan kecerdasan intelegensi, emosi sosial anak dalam keluarga, Faktor penyebab dan problematik dalam pengasuhan, Kedudukan layanan BK bagi keluarga di sekolah, Pendidikan agama dalam perkawinan, Teknik layanan BK Keluarga, Jenis masalah dan model pendekatan dalam konseling keluarga, Peran keluarga dalam pembangunan karakter bangsa.

Learning Outcomes

Sikap dan Tata Nilai

Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila;

Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.;

Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat.

 

Penguasaan pengetahuan

Menguasai kaidah-kaidah, metode dan prosedur penjaminan mutu dalam layanan bimbingan dan konseling keluarga

Menguasai falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan dengan pelayanan bimbingan dan konseling bk keluarga

Menguasai materi dan metode pelayanan bimbingan yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling keluarga

Menguasai konsep, metode dan prosedur statistik untuk keperluan praksis layanan bimbingan dan konseling keluarga

Menguasai konsep, prosedur pengembangan dan penggunaan instrumen, teknologi informasi dan multimedia untuk keperluan layanan bimbingan dan konseling

 

Keterampilan Umum

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur yang relevan dengan konseling keluarga

 

Keterampilan Khusus

Terampil menerapkan kaidah-kaidah, metode dan prosedur penjaminan mutu dalam layanan bimbingan dan konseling keluarga

Terampil  melaksanakan  berbagai  program  layanan  bimbingan  dan  konseling  keluarga  konseling  komprehensif  yang  memandirikan,  program bimbingandan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preservatif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan

References

Corey, G. 1997. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: Eresco.

Djamarah, S.B. 2004. Pola Komunikasi Orangtua dan Anak Dalam Keluarga: Sebuah Perspektif Pendidikan Islam. Jakarta: Rineka Cipta. Jones, Richard Nelson. 2011. Teori dan Praktek Konseling dan Terapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mc. Leod, John. 2003. Pengantar Konseling Teori dan Study Kasus. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Pujosuwarno, S. 1994. Bimbingan dan Konseling Keluarga. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.

Shochib, M. 2000. Pola Orangtua: Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: Rineka Cipta. Soelaeman, M.I. 1994. Pendidikan dalam Keluarga. Bandung: Alfabeta.

Willis, S. 2009. Konseling Keluarga (Family Counseling). Bandung: Alfabeta.

Geldard, K & Geldard, D.2011.  Konseling Keluarga. Diterjemahkan oleh Saut Pasaribu. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Lestari, S. 2012. Psikologi Keluarga. Jakarta : Prenadamedia Group.

 

Brooks, Jane. 2011. The Process of Parenting. Diterjemahkan oleh Rahmat Fajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar


Details ...