Seminar Pendidikan Ekonomi, Curriculum : 2017


Courser in EnglishECONOMICS EDUCATION SEMINAR
ProgramPendidikan Ekonomi
SKS2 SKS
RPS9 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini tentang hakikat Seminar Pendidikan Ekonomi, pedoman penulisan skripsi, pembimbingan penyusunan proposal skripsi, kisi-kisi penelitian, penyusunan instrumen penelitian, seminar proposal

Learning Outcomes

Mahasiswa memiliki seperangkat pengetahuan, sikap, dan keterampilan sehingga mampu menyusun proposal penelitian bidang, pendidikan bidang keahlian bisnis dan  manajemen, dan atau ekonomi terapan. Menyusun instrumen penelitian, berkontribusi dala peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa , bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini tentang hakikat Seminar Pendidikan Ekonomi, pedoman penulisan skripsi, pembimbingan penyusunan proposal skripsi, kisi-kisi penelitian, penyusunan instrumen penelitian, seminar proposal

Learning Outcomes

Mahasiswa memiliki seperangkat pengetahuan, sikap, dan keterampilan sehingga mampu menyusun proposal penelitian bidang, pendidikan bidang keahlian bisnis dan  manajemen, dan atau ekonomi terapan. Menyusun instrumen penelitian, berkontribusi dala peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa , bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini berisi tentang Hakikat Seminar Pendidikan Ekonomi, pedoman penulisan skripsi, pembimbingan penyusunan proposal skripsi, Penulisan proposal skripsi, penyusunan kisi – kisi penelitian, penyusunan instrumen penelitian, seminar propos

Learning Outcomes

Mahasiswa memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga mampu:

Menyusun proposal penelitian pendidikan bidang keahlian bisnis dan manajemen dan/atau ekonomi terapan. Menyusun instrumen penelitian.

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila.

 

References

Pedoman Skripsi Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Semarang.

Format penilaian proposal skripsi

Format penilaian presentasi proposal skripsi

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan Permendikbud Nomor 70 Tahun 2013 tentang Kurikulum SMK

Buku – buku, jurnal terkait dengan pendidikan, dan pembelajaran.

Buku – buku dan jurnal terkait dengan ilmu ekonomi dan ekonomi terapan

 


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini berisi tentang Hakikat Seminar Pendidikan Ekonomi, pedoman penulisan skripsi, pembimbingan penyusunan proposal skripsi, Penulisan proposal skripsi, penyusunan kisi – kisi penelitian, penyusunan instrumen penelitian, seminar propos

Learning Outcomes

Mahasiswa memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga mampu:

Menyusun proposal penelitian pendidikan bidang keahlian bisnis dan manajemen dan/atau ekonomi terapan. Menyusun instrumen penelitian.

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila.

 

References

Pedoman Skripsi Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Semarang.

Format penilaian proposal skripsi

Format penilaian presentasi proposal skripsi

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan Permendikbud Nomor 70 Tahun 2013 tentang Kurikulum SMK

Buku – buku, jurnal terkait dengan pendidikan, dan pembelajaran.

Buku – buku dan jurnal terkait dengan ilmu ekonomi dan ekonomi terapan

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Seminar Pendidikan Ekonomi merupakan mata kuliah  wajib ditempuh bagi  mahasiswa  program studi S1 Pendidikan Ekonomi dengan  bobot 3 sks. Mata kuliah ini mengkaji Hakikat Seminar Pendidikan Ekonomi; Persiapan Seminar; Penilaian Seminar; Paparan Proposal Penelitian; Revisi Propsal Hasil Seminar.

Learning Outcomes

Menganalisis hakikat, kedudukan, tijuan, dan  manfaat  Seminar Pendidikan Ekonomi berdasarkan nilai, norma, dan etika akademik; (S8, P4, KU1, KK1, KK4).

Mengimplementasikan konsep untuk  menyusun persiapan seminar  sesuai bidang keahlian pendidikan ekonomi dan ekonimi terapan secara mandiri dan penuh tanggung jawab (S9, P6,  KU3, KK6).

Menganalisis proposal penelitian mengacu instrumen penelitian dengan penuh tanggung jawab dan mandiri sesuai bidang pendidikan ekonomi dan ekonomi terapan.  (S8, S9, P3, P6, KU3, KK7, KK10).

Mengevaluasi proposal teman sejawat mengacu instrumen penilaian secara mandiri sesuai bidang keahlian pendidikan ekonomi dan ekonomi terapan  (S9, S10, P6, P7, KU10, KK3, KK6, KK10).

Menguasai isi, terampil mengkomunikasikan, dan mampu mempertanggungjawabkan  proposal penelitian dalam diskusi kelompok sesuai bidang keahlian pendidikan ekonomi dan ekonomi terapan secara  (S9, S10, P3, P6, KU3, KU10, KK8, KK10).

Menyusun proposal skripsi dengan pemikiran yang logis, kritis, dan sistematis sesuai bidang keahlian pendidikan ekonomi dan ekonomi terapan tepat waktu (P6, KU1, KK10, KK11).

References

  1. Anderson, L.W. et  al. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.
  2. Arikunto, Suharsimi (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Revisi IV, Rieneka Cipta, Jakarta
  3. Krathwohl, D.R. et al.(1964). A Taxonomy of Educational Objectives.Handbook 2 Affectie Domain. New Tork: Oxford Press.
  4. Anonim (2019) ….., Pedoman Penulisan Skripsi FPIPSKR Universitas PGRI Semarang,
  5. Popham, W. J. (2011). Classroom Assessment: What Teachers Need to Know.  Fourth edition. Boston: Allyn and Bacon.
  6. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
  7. Miles , Hubernan dan Saldana. (2014). Qualitative Data Analysis
  8. Stiggins, R.J. (1994). Student-Centered Classroom Assessment. New York: Macmillan College Publishing Company.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Seminar Pendidikan Ekonomi merupakan mata kuliah  wajib ditempuh bagi  mahasiswa  program studi S1 Pendidikan Ekonomi dengan  bobot 3 sks. Mata kuliah ini mengkaji Hakikat Seminar Pendidikan Ekonomi; Persiapan Seminar; Penilaian Seminar; Paparan Proposal Penelitian; Revisi Propsal Hasil Seminar.

Learning Outcomes

Menganalisis hakikat, kedudukan, tijuan, dan  manfaat  Seminar Pendidikan Ekonomi berdasarkan nilai, norma, dan etika akademik; (S8, P4, KU1, KK1, KK4).

Mengimplementasikan konsep untuk  menyusun persiapan seminar  sesuai bidang keahlian pendidikan ekonomi dan ekonimi terapan secara mandiri dan penuh tanggung jawab (S9, P6,  KU3, KK6).

Menganalisis proposal penelitian mengacu instrumen penelitian dengan penuh tanggung jawab dan mandiri sesuai bidang pendidikan ekonomi dan ekonomi terapan.  (S8, S9, P3, P6, KU3, KK7, KK10).

Mengevaluasi proposal teman sejawat mengacu instrumen penilaian secara mandiri sesuai bidang keahlian pendidikan ekonomi dan ekonomi terapan  (S9, S10, P6, P7, KU10, KK3, KK6, KK10).

Menguasai isi, terampil mengkomunikasikan, dan mampu mempertanggungjawabkan  proposal penelitian dalam diskusi kelompok sesuai bidang keahlian pendidikan ekonomi dan ekonomi terapan secara  (S9, S10, P3, P6, KU3, KU10, KK8, KK10).

Menyusun proposal skripsi dengan pemikiran yang logis, kritis, dan sistematis sesuai bidang keahlian pendidikan ekonomi dan ekonomi terapan tepat waktu (P6, KU1, KK10, KK11).

References

  1. Anderson, L.W. et  al. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.
  2. Arikunto, Suharsimi (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Revisi IV, Rieneka Cipta, Jakarta
  3. Krathwohl, D.R. et al.(1964). A Taxonomy of Educational Objectives.Handbook 2 Affectie Domain. New Tork: Oxford Press.
  4. Anonim (2019) ….., Pedoman Penulisan Skripsi FPIPSKR Universitas PGRI Semarang,
  5. Popham, W. J. (2011). Classroom Assessment: What Teachers Need to Know.  Fourth edition. Boston: Allyn and Bacon.
  6. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
  7. Miles , Hubernan dan Saldana. (2014). Qualitative Data Analysis
  8. Stiggins, R.J. (1994). Student-Centered Classroom Assessment. New York: Macmillan College Publishing Company.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Seminar Pendidikan Ekonomi merupakan mata kuliah  wajib ditempuh bagi  mahasiswa  program studi S1 Pendidikan Ekonomi dengan  bobot 3 sks. Mata kuliah ini mengkaji Hakikat Seminar Pendidikan Ekonomi; Persiapan Seminar; Penilaian Seminar; Paparan Proposal Penelitian; Revisi Propsal Hasil Seminar.

Learning Outcomes

Menganalisis hakikat, kedudukan, tijuan, dan  manfaat  Seminar Pendidikan Ekonomi berdasarkan nilai, norma, dan etika akademik; (S8, P4, KU1, KK1, KK4).

Mengimplementasikan konsep untuk  menyusun persiapan seminar  sesuai bidang keahlian pendidikan ekonomi dan ekonimi terapan secara mandiri dan penuh tanggung jawab (S9, P6,  KU3, KK6).

Menganalisis proposal penelitian mengacu instrumen penelitian dengan penuh tanggung jawab dan mandiri sesuai bidang pendidikan ekonomi dan ekonomi terapan.  (S8, S9, P3, P6, KU3, KK7, KK10).

Mengevaluasi proposal teman sejawat mengacu instrumen penilaian secara mandiri sesuai bidang keahlian pendidikan ekonomi dan ekonomi terapan  (S9, S10, P6, P7, KU10, KK3, KK6, KK10).

Menguasai isi, terampil mengkomunikasikan, dan mampu mempertanggungjawabkan  proposal penelitian dalam diskusi kelompok sesuai bidang keahlian pendidikan ekonomi dan ekonomi terapan secara  (S9, S10, P3, P6, KU3, KU10, KK8, KK10).

Menyusun proposal skripsi dengan pemikiran yang logis, kritis, dan sistematis sesuai bidang keahlian pendidikan ekonomi dan ekonomi terapan tepat waktu (P6, KU1, KK10, KK11).

References

  1. Anderson, L.W. et  al. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.
  2. Arikunto, Suharsimi (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Revisi IV, Rieneka Cipta, Jakarta
  3. Krathwohl, D.R. et al.(1964). A Taxonomy of Educational Objectives.Handbook 2 Affectie Domain. New Tork: Oxford Press.
  4. Anonim (2019) ….., Pedoman Penulisan Skripsi FPIPSKR Universitas PGRI Semarang,
  5. Popham, W. J. (2011). Classroom Assessment: What Teachers Need to Know.  Fourth edition. Boston: Allyn and Bacon.
  6. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
  7. Miles , Hubernan dan Saldana. (2014). Qualitative Data Analysis
  8. Stiggins, R.J. (1994). Student-Centered Classroom Assessment. New York: Macmillan College Publishing Company.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Seminar Pendidikan Ekonomi merupakan mata kuliah  wajib ditempuh bagi  mahasiswa  program studi S1 Pendidikan Ekonomi dengan  bobot 3 sks. Mata kuliah ini mengkaji Hakikat Seminar Pendidikan Ekonomi; Persiapan Seminar; Penilaian Seminar; Paparan Proposal Penelitian; Revisi Propsal Hasil Seminar.

Learning Outcomes

Menganalisis hakikat, kedudukan, tijuan, dan  manfaat  Seminar Pendidikan Ekonomi berdasarkan nilai, norma, dan etika akademik; (S8, P4, KU1, KK1, KK4).

Mengimplementasikan konsep untuk  menyusun persiapan seminar  sesuai bidang keahlian pendidikan ekonomi dan ekonimi terapan secara mandiri dan penuh tanggung jawab (S9, P6,  KU3, KK6).

Menganalisis proposal penelitian mengacu instrumen penelitian dengan penuh tanggung jawab dan mandiri sesuai bidang pendidikan ekonomi dan ekonomi terapan.  (S8, S9, P3, P6, KU3, KK7, KK10).

Mengevaluasi proposal teman sejawat mengacu instrumen penilaian secara mandiri sesuai bidang keahlian pendidikan ekonomi dan ekonomi terapan  (S9, S10, P6, P7, KU10, KK3, KK6, KK10).

Menguasai isi, terampil mengkomunikasikan, dan mampu mempertanggungjawabkan  proposal penelitian dalam diskusi kelompok sesuai bidang keahlian pendidikan ekonomi dan ekonomi terapan secara  (S9, S10, P3, P6, KU3, KU10, KK8, KK10).

Menyusun proposal skripsi dengan pemikiran yang logis, kritis, dan sistematis sesuai bidang keahlian pendidikan ekonomi dan ekonomi terapan tepat waktu (P6, KU1, KK10, KK11).

References

  1. Anderson, L.W. et  al. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.
  2. Arikunto, Suharsimi (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Revisi IV, Rieneka Cipta, Jakarta
  3. Krathwohl, D.R. et al.(1964). A Taxonomy of Educational Objectives.Handbook 2 Affectie Domain. New Tork: Oxford Press.
  4. Anonim (2019) ….., Pedoman Penulisan Skripsi FPIPSKR Universitas PGRI Semarang,
  5. Popham, W. J. (2011). Classroom Assessment: What Teachers Need to Know.  Fourth edition. Boston: Allyn and Bacon.
  6. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
  7. Miles , Hubernan dan Saldana. (2014). Qualitative Data Analysis
  8. Stiggins, R.J. (1994). Student-Centered Classroom Assessment. New York: Macmillan College Publishing Company.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Seminar Pendidikan Ekonomi merupakan mata kuliah  wajib ditempuh bagi  mahasiswa  program studi S1 Pendidikan Ekonomi dengan  bobot 3 sks. Mata kuliah ini mengkaji Hakikat Seminar Pendidikan Ekonomi; Persiapan Seminar; Penilaian Seminar; Paparan Proposal Penelitian; Revisi Propsal Hasil Seminar.

Learning Outcomes

Menganalisis hakikat, kedudukan, tijuan, dan  manfaat  Seminar Pendidikan Ekonomi berdasarkan nilai, norma, dan etika akademik; (S8, P4, KU1, KK1, KK4).

Mengimplementasikan konsep untuk  menyusun persiapan seminar  sesuai bidang keahlian pendidikan ekonomi dan ekonimi terapan secara mandiri dan penuh tanggung jawab (S9, P6,  KU3, KK6).

Menganalisis proposal penelitian mengacu instrumen penelitian dengan penuh tanggung jawab dan mandiri sesuai bidang pendidikan ekonomi dan ekonomi terapan.  (S8, S9, P3, P6, KU3, KK7, KK10).

Mengevaluasi proposal teman sejawat mengacu instrumen penilaian secara mandiri sesuai bidang keahlian pendidikan ekonomi dan ekonomi terapan  (S9, S10, P6, P7, KU10, KK3, KK6, KK10).

Menguasai isi, terampil mengkomunikasikan, dan mampu mempertanggungjawabkan  proposal penelitian dalam diskusi kelompok sesuai bidang keahlian pendidikan ekonomi dan ekonomi terapan secara  (S9, S10, P3, P6, KU3, KU10, KK8, KK10).

Menyusun proposal skripsi dengan pemikiran yang logis, kritis, dan sistematis sesuai bidang keahlian pendidikan ekonomi dan ekonomi terapan tepat waktu (P6, KU1, KK10, KK11).

References

  1. Anderson, L.W. et  al. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.
  2. Arikunto, Suharsimi (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Revisi IV, Rieneka Cipta, Jakarta
  3. Krathwohl, D.R. et al.(1964). A Taxonomy of Educational Objectives.Handbook 2 Affectie Domain. New Tork: Oxford Press.
  4. Anonim (2019) ….., Pedoman Penulisan Skripsi FPIPSKR Universitas PGRI Semarang,
  5. Popham, W. J. (2011). Classroom Assessment: What Teachers Need to Know.  Fourth edition. Boston: Allyn and Bacon.
  6. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
  7. Miles , Hubernan dan Saldana. (2014). Qualitative Data Analysis
  8. Stiggins, R.J. (1994). Student-Centered Classroom Assessment. New York: Macmillan College Publishing Company.


Details ...