Bimbingan dan Konseling Perkembangan, Curriculum : 2020


Courser in EnglishDEVELOPMENTAL GUIDANCE AND COUNSELING
ProgramBimbingan dan Konseling
SKS2 SKS
RPS3 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah BK Perkembangan ini merupakan matakuliah wajib yang ditempuh mahasiswa program studi bimbingan dan konseling dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini berisi tentang hakikat BK Perkembangan; tujuan, fungsi, dan asumsi BK Perkembangan; Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik (SKKPD) dalam layanan BK di SD, SKKPD di SMP, SKKPD di SMA/SMK, program BK Perkembangan, strategi layanan dasar dalam BK BK Perkembangan, strategi layanan responsif dalam BK BK Perkembangan, strategi perencanaan individual dalam BK BK Perkembangan dan strategi dukungan sistem dalam BK Perkembangan.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu memformulasikan 

  1. Hakikat BK Perkembangan.
  2. Tujuan, Fungsi dan Asumsi BK Perkembangan.
  3. Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik (SKKPD) dalam layanan BK di SD.
  4. Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik (SKKPD) dalam layanan BK di SMP.
  5. Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik (SKKPD) dalam layanan BK di SMA/SMK.
  6. Program BK Perkembangan.
  7. Strategi layanan dasar dalam BK Perkembangan.
  8. Strategi layanan responsif dalam BK Perkembangan.
  9. Strategi perencanaan individual dalam BK Perkembangan.
  10.  Strategi dukungan sistem dalam BK Perkembangan.

References

Utama

 

  1. Ahman (2013). Konsep Dasar Bimbingan Konseling Perkembangan. Jakarta : Rajagrafindo
  2.  Depdiknas. 2008. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling Dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta : Depdiknas.
  3. American School Counselor Association. (2012). ASCA national model: A framework for school counseling programs. American School Counselor Association.

Pendukung

 

  1. Jurnal.
  2. Artikel


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah BK Perkembangan ini merupakan matakuliah wajib yang ditempuh mahasiswa program studi bimbingan dan konseling dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini berisi tentang hakikat BK Perkembangan; tujuan, fungsi, dan asumsi BK Perkembangan; Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik (SKKPD) dalam layanan BK di SD, SKKPD di SMP, SKKPD di SMA/SMK, program BK Perkembangan, strategi layanan dasar dalam BK BK Perkembangan, strategi layanan responsif dalam BK BK Perkembangan, strategi perencanaan individual dalam BK BK Perkembangan dan strategi dukungan sistem dalam BK Perkembangan.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu memformulasikan 

  1. Hakikat BK Perkembangan.
  2. Tujuan, Fungsi dan Asumsi BK Perkembangan.
  3. Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik (SKKPD) dalam layanan BK di SD.
  4. Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik (SKKPD) dalam layanan BK di SMP.
  5. Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik (SKKPD) dalam layanan BK di SMA/SMK.
  6. Program BK Perkembangan.
  7. Strategi layanan dasar dalam BK Perkembangan.
  8. Strategi layanan responsif dalam BK Perkembangan.
  9. Strategi perencanaan individual dalam BK Perkembangan.
  10.  Strategi dukungan sistem dalam BK Perkembangan.

References

Utama

 

  1. Ahman (2013). Konsep Dasar Bimbingan Konseling Perkembangan. Jakarta : Rajagrafindo
  2.  Depdiknas. 2008. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling Dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta : Depdiknas.
  3. American School Counselor Association. (2012). ASCA national model: A framework for school counseling programs. American School Counselor Association.

Pendukung

 

  1. Jurnal.
  2. Artikel


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah BK Perkembangan ini merupakan matakuliah wajib yang ditempuh mahasiswa program studi bimbingan dan konseling dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini berisi tentang hakikat BK Perkembangan; tujuan, fungsi, dan asumsi BK Perkembangan; Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik (SKKPD) dalam layanan BK di SD, SKKPD di SMP, SKKPD di SMA/SMK, program BK Perkembangan, strategi layanan dasar dalam BK BK Perkembangan, strategi layanan responsif dalam BK BK Perkembangan, strategi perencanaan individual dalam BK BK Perkembangan dan strategi dukungan sistem dalam BK Perkembangan.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu memformulasikan 

  1. Hakikat BK Perkembangan.
  2. Tujuan, Fungsi dan Asumsi BK Perkembangan.
  3. Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik (SKKPD) dalam layanan BK di SD.
  4. Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik (SKKPD) dalam layanan BK di SMP.
  5. Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik (SKKPD) dalam layanan BK di SMA/SMK.
  6. Program BK Perkembangan.
  7. Strategi layanan dasar dalam BK Perkembangan.
  8. Strategi layanan responsif dalam BK Perkembangan.
  9. Strategi perencanaan individual dalam BK Perkembangan.
  10.  Strategi dukungan sistem dalam BK Perkembangan.

References

Utama

 

  1. Ahman (2013). Konsep Dasar Bimbingan Konseling Perkembangan. Jakarta : Rajagrafindo
  2.  Depdiknas. 2008. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling Dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta : Depdiknas.
  3. American School Counselor Association. (2012). ASCA national model: A framework for school counseling programs. American School Counselor Association.

Pendukung

 

  1. Jurnal.
  2. Artikel


Details ...