Courser in English | ECONOMICS TEACHING AND LEARNING |
Program | Pendidikan Ekonomi |
SKS | 2 SKS |
RPS | 5 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Matakuliah ini membahas mengenai belajar dan pembelajaran ekonomi
Learning OutcomesMahasiswa dapat memahami, menganalisis dan mengevaluasi berbagai konteks yang ada dalam belajar dan pembelajaran yang terkait dengan teori dan dinamikanya
References-
Details ...
Matakuliah ini membahas mengenai belajar dan pembelajaran ekonomi
Learning OutcomesMahasiswa dapat memahami, menganalisis dan mengevaluasi berbagai konteks yang ada dalam belajar dan pembelajaran yang terkait dengan teori dan dinamikanya
References-
Details ...
Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran ini berisi tiga belas (13) pokok bahasan yaitu, (1) Paradigma Belajar, (2) Hakikat Pembelajaran, (3) Kemampuan Pendidik dalam Proses Pembelajaran, (4) Membangun Komunikasi Efektif dalam Proses Pembelajaran, (5) Strategi Menumbuhkan Motivasi dalam Proses Pembelajaran, (6) Tujuan Pembelajaran, (7) Metode Pembelajaran, (8) Pemanfaatan Media dalam Proses Pembelajaran, (9) Evaluasi Pembelajaran, (10) Variasi dalam Proses Pembelajaran, (11) Teknik Umpan Balik dalam Pembelajaran, (12) Keberhasilan, Remidial dan Pengayaan dalam Proses Pembelajaran (13) Pembelajaran Efektif. Setelah mempelajari tiga belas (13) pokok bahasan tersebut mahasiswa diharapkan menguasai pengetahuan tentang belajar dan pembelaran dan mengimplementasikannya dalam proses pembelajaran.
Learning Outcomes- Ranah Sikap
- Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa serta mampu menunjukkan sikap religius
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
- Menghargai keberagaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. Ranah ketrampilan umum
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
- Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal.
2. Ranah Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu mengelola pembelajaran secara mandiri, bermutu, dan terukur.
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
- Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
- Mampu melakukan evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi dengan memanfaatkan teknologi informasi.
3. Ranah Ketrampilan Khusus
- Mampu menganalisis paradigma belajar.
- Mampu menganalisis hakikat pembelajaran.
- Mampu mengidentifikasi kemampuan pendidik dalam proses pembelajaran.
- Mampu membangun komunikasi efektif dalam proses pembelajaran.
- Mampu menumbuhkan strategi motivasi dalam proses pembelajaran.
- Mampu menyebutkan tujuan pembelajaran.
- Mampu mengidentifikasi metode pembelajaran.
- Mampu memanfaatkan media dalam proses pembelajaran.
- Mampu melakukan evaluasi pembelajaran.
- Mampu melakukan variasi dalam proses pembelajaran.
- Mampu membuat teknik umpan balik dalam pembelajaran
- Mampu mengidentifikasi keberhasilan, remidial dan pengayaan dalam proses pembelajaran
- Mampu melakukan pembelajaran yang efektif
4. Ranah Pengetahuan
- Menguasai konsep paradigma belajar.
- Menguasai konsep hakikat pembelajaran.
- Menguasai konsep kemampuan pendidik dalam proses pembelajaran.
- Menguasai pengetahuan komunikasi efektif dalam proses pembelajaran.
- Menguasai konsep strategi motivasi dalam proses pembelajaran.
- Menguasai tujuan pembelajaran.
- Menguasai pengetahuan metode pembelajaran.
- Menguasai pengetahuan tentang media dalam proses pembelajaran.
- Menguasai pengetahuan tentang evaluasi pembelajaran.
- Menguasai pengetahuan tentang variasi dalam proses pembelajaran.
- Menguasai pengetahuan tentang teknik umpan balik dalam pembelajaran
- Menguasai pengetahuan tentang keberhasilan, remidial dan pengayaan dalam proses pembelajaran.
- Menguasai pengetahuan tentang pembelajaran yang efektif
Ahmadi, Abu. 2007. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Darmawan, Deni. 2007. Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Rosda Karya.
Haviland, A.W. 1999. Antropologi. Jakarta: Erlangga.
Koentjaraningrat. 2004. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Jakarta: Djambatan.
Koentjaraningrat. 2009. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.
Miarso, Yusuf Hadi. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Diknas: Pustekkom.
Uno, B. Hamzah & Nina Lamatenggo. 2016. Landasan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Details ...
Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran ini berisi tiga belas (13) pokok bahasan yaitu, (1) Paradigma Belajar, (2) Hakikat Pembelajaran, (3) Kemampuan Pendidik dalam Proses Pembelajaran, (4) Membangun Komunikasi Efektif dalam Proses Pembelajaran, (5) Strategi Menumbuhkan Motivasi dalam Proses Pembelajaran, (6) Tujuan Pembelajaran, (7) Metode Pembelajaran, (8) Pemanfaatan Media dalam Proses Pembelajaran, (9) Evaluasi Pembelajaran, (10) Variasi dalam Proses Pembelajaran, (11) Teknik Umpan Balik dalam Pembelajaran, (12) Keberhasilan, Remidial dan Pengayaan dalam Proses Pembelajaran (13) Pembelajaran Efektif. Setelah mempelajari tiga belas (13) pokok bahasan tersebut mahasiswa diharapkan menguasai pengetahuan tentang belajar dan pembelaran dan mengimplementasikannya dalam proses pembelajaran.
Learning Outcomes- Ranah Sikap
- Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa serta mampu menunjukkan sikap religius
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
- Menghargai keberagaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. Ranah ketrampilan umum
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
- Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal.
2. Ranah Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu mengelola pembelajaran secara mandiri, bermutu, dan terukur.
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
- Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
- Mampu melakukan evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi dengan memanfaatkan teknologi informasi.
3. Ranah Ketrampilan Khusus
- Mampu menganalisis paradigma belajar.
- Mampu menganalisis hakikat pembelajaran.
- Mampu mengidentifikasi kemampuan pendidik dalam proses pembelajaran.
- Mampu membangun komunikasi efektif dalam proses pembelajaran.
- Mampu menumbuhkan strategi motivasi dalam proses pembelajaran.
- Mampu menyebutkan tujuan pembelajaran.
- Mampu mengidentifikasi metode pembelajaran.
- Mampu memanfaatkan media dalam proses pembelajaran.
- Mampu melakukan evaluasi pembelajaran.
- Mampu melakukan variasi dalam proses pembelajaran.
- Mampu membuat teknik umpan balik dalam pembelajaran
- Mampu mengidentifikasi keberhasilan, remidial dan pengayaan dalam proses pembelajaran
- Mampu melakukan pembelajaran yang efektif
4. Ranah Pengetahuan
- Menguasai konsep paradigma belajar.
- Menguasai konsep hakikat pembelajaran.
- Menguasai konsep kemampuan pendidik dalam proses pembelajaran.
- Menguasai pengetahuan komunikasi efektif dalam proses pembelajaran.
- Menguasai konsep strategi motivasi dalam proses pembelajaran.
- Menguasai tujuan pembelajaran.
- Menguasai pengetahuan metode pembelajaran.
- Menguasai pengetahuan tentang media dalam proses pembelajaran.
- Menguasai pengetahuan tentang evaluasi pembelajaran.
- Menguasai pengetahuan tentang variasi dalam proses pembelajaran.
- Menguasai pengetahuan tentang teknik umpan balik dalam pembelajaran
- Menguasai pengetahuan tentang keberhasilan, remidial dan pengayaan dalam proses pembelajaran.
- Menguasai pengetahuan tentang pembelajaran yang efektif
Ahmadi, Abu. 2007. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Darmawan, Deni. 2007. Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Rosda Karya.
Haviland, A.W. 1999. Antropologi. Jakarta: Erlangga.
Koentjaraningrat. 2004. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Jakarta: Djambatan.
Koentjaraningrat. 2009. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.
Miarso, Yusuf Hadi. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Diknas: Pustekkom.
Uno, B. Hamzah & Nina Lamatenggo. 2016. Landasan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Details ...
Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran ini berisi tiga belas (13) pokok bahasan yaitu, (1) Paradigma Belajar, (2) Hakikat Pembelajaran, (3) Kemampuan Pendidik dalam Proses Pembelajaran, (4) Membangun Komunikasi Efektif dalam Proses Pembelajaran, (5) Strategi Menumbuhkan Motivasi dalam Proses Pembelajaran, (6) Tujuan Pembelajaran, (7) Metode Pembelajaran, (8) Pemanfaatan Media dalam Proses Pembelajaran, (9) Evaluasi Pembelajaran, (10) Variasi dalam Proses Pembelajaran, (11) Teknik Umpan Balik dalam Pembelajaran, (12) Keberhasilan, Remidial dan Pengayaan dalam Proses Pembelajaran (13) Pembelajaran Efektif. Setelah mempelajari tiga belas (13) pokok bahasan tersebut mahasiswa diharapkan menguasai pengetahuan tentang belajar dan pembelaran dan mengimplementasikannya dalam proses pembelajaran.
Learning Outcomes- Ranah Sikap
- Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa serta mampu menunjukkan sikap religius
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
- Menghargai keberagaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. Ranah ketrampilan umum
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
- Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal.
2. Ranah Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu mengelola pembelajaran secara mandiri, bermutu, dan terukur.
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
- Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
- Mampu melakukan evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi dengan memanfaatkan teknologi informasi.
3. Ranah Ketrampilan Khusus
- Mampu menganalisis paradigma belajar.
- Mampu menganalisis hakikat pembelajaran.
- Mampu mengidentifikasi kemampuan pendidik dalam proses pembelajaran.
- Mampu membangun komunikasi efektif dalam proses pembelajaran.
- Mampu menumbuhkan strategi motivasi dalam proses pembelajaran.
- Mampu menyebutkan tujuan pembelajaran.
- Mampu mengidentifikasi metode pembelajaran.
- Mampu memanfaatkan media dalam proses pembelajaran.
- Mampu melakukan evaluasi pembelajaran.
- Mampu melakukan variasi dalam proses pembelajaran.
- Mampu membuat teknik umpan balik dalam pembelajaran
- Mampu mengidentifikasi keberhasilan, remidial dan pengayaan dalam proses pembelajaran
- Mampu melakukan pembelajaran yang efektif
4. Ranah Pengetahuan
- Menguasai konsep paradigma belajar.
- Menguasai konsep hakikat pembelajaran.
- Menguasai konsep kemampuan pendidik dalam proses pembelajaran.
- Menguasai pengetahuan komunikasi efektif dalam proses pembelajaran.
- Menguasai konsep strategi motivasi dalam proses pembelajaran.
- Menguasai tujuan pembelajaran.
- Menguasai pengetahuan metode pembelajaran.
- Menguasai pengetahuan tentang media dalam proses pembelajaran.
- Menguasai pengetahuan tentang evaluasi pembelajaran.
- Menguasai pengetahuan tentang variasi dalam proses pembelajaran.
- Menguasai pengetahuan tentang teknik umpan balik dalam pembelajaran
- Menguasai pengetahuan tentang keberhasilan, remidial dan pengayaan dalam proses pembelajaran.
- Menguasai pengetahuan tentang pembelajaran yang efektif
Ahmadi, Abu. 2007. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Darmawan, Deni. 2007. Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Rosda Karya.
Haviland, A.W. 1999. Antropologi. Jakarta: Erlangga.
Koentjaraningrat. 2004. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Jakarta: Djambatan.
Koentjaraningrat. 2009. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.
Miarso, Yusuf Hadi. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Diknas: Pustekkom.
Uno, B. Hamzah & Nina Lamatenggo. 2016. Landasan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Details ...