Courser in English | DETECTION AND STIMULATION OF CHILD'S GROWTH AND DEVELOPMENT |
Program | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SKS | 3 SKS |
RPS | 14 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata Kuliah ini berisi tentang bagaimana seorang guru bisa mendeteksi tumbuh kembang anak didiknya sekaligus untuk memberikan stimulasi yang tepat.
Learning OutcomesAgar guru PAUD dapat memberikan perlakuan yang tepat pada anak didiknya
References-
Details ...
Mata Kuliah ini berisi tentang bagaimana seorang guru bisa mendeteksi tumbuh kembang anak didiknya sekaligus untuk memberikan stimulasi yang tepat.
Learning OutcomesAgar guru PAUD dapat memberikan perlakuan yang tepat pada anak didiknya
References-
Details ...
- Mata kuliah Deteksi dan Stimulasi Tumbuh Kembang Anak merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru – Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dengan bobot 3 SKS.
- Mata kuliah ini mengkaji (a) Tumbuh Kembang Anak; (b) Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak; (c) Deteksi Dini Penyimpangan Perkembangan; (d) Kegiatan Deteksi dan Stimulasi Tumbuh Kembang Anak; (e) Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak; (f) Rujukan Dini Tumbuh Kembang Anak; (g) Gangguan Tumbuh Kembang Anak; (h) Gangguan Bicara dan Bahasa; (i) Cerebal Palsy; (j) Down Syndrom; (k) Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas (GPPH); (l) Gangguan Autisme; (m) Gangguan Kecemasan.
- Luaran dari mata kuliah ini adalah Bahan Ajar Deteksi dan Stimulasi Tumbuh Kembang Anak.
CPMK |
|
Setelah menempuh mata kuliah Deteksi dan Stimulasi Tumbuh Kembang Anak, mahasiswa diharapkan mampu: |
|
CPMK-1 |
Mengidentifikasi Tumbuh Kembang Anak; Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak, serta menjelaskan materi secara jelas (S-1, S-5; P-6, P-7, P-1, P-8, P-9; KU-1, KU-5, KU-9; KK-1, KK-2, KK-7, KK-14). |
CPMK-2 |
Mengemukakan Deteksi Dini Penyimpangan Perkembangan; Kegiatan Deteksi dan Stimulasi Tumbuh Kembang Anak, serta membedakan secara tepat (S-2, S-6, S-9; P-1, P-2, P-5; KU-1, KU-8, KU-9; KK-1, KK-5, KK-8, KK-12). |
CPMK-3 |
Menganalisis Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak; Rujukan Dini Tumbuh Kembang Anak, serta menemukan contoh secara tepat (S-2, S-5; S-8; P-2, P-4, P-7; KU-1, KU-3, KU-7; KK-1, KK-2, KK-14; KK-19). |
CPMK-4 |
Mengklasifikasikan Gangguan Tumbuh Kembang Anak; Gangguan Bicara dan Bahasa, serta menemukan contoh secara tepat (S-6, S-8. S-9; P-1, P-8, P-9; KU-1, KU-8, KU-9; KK-2, KK-8, KK-14, KK-19). |
CPMK-5 |
Membedakan Cerebal Palsy; Down Syndrom; Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas (GPPH), serta memberikan contoh secara benar (S-5; S-6, S-8; P-1, P-8, P-9; KU-1, KU-3; KU-5, KU-7; KK-3, KK-8, KK-14, KK-19). |
CPMK-6 |
Menguraikan Gangguan Autisme; Gangguan Kecemasan, serta memberikan contoh dengan penuh tanggung jawab (S-4, S-8, S-9; P-6, P-8, P-9; KU-1, KU-5, KU-8; KU-9; KK-1, KK-2, KK-5, KK-14, KK-19). |
-
https://www.academia.edu/8387386/STIMULASI_DETEKSI_INTERVENSI_DINI_TUMBUH_KEMBANG.
-
Alimin, Z. (2004). Reorientasi Pemahaman Konsep Pendidikan Khusus Pendidikan Kebutuhan Khusus dan Implikasinya terhadap Layanan Pendidikan. Jurnal Asesmen dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus. Vol.3 No 1 (52-63).
-
Brown, E. K. (2008). Learning Disabilities: Understanding the Problem and Managing the Challenges. North America: Langon Street Press.
-
Chamidah, A. N., Pertiwi, K. R. (2017). Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: UNY Press.
-
Departemen Kesehatan RI. 2009. Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak di Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar
-
http://e-cinta.com/uploads/resource/Buku_SDIDTK_Bab_I-V.pdf.
-
Ginanjar, A. S. (2008). Panduan Praktis Mendidik Anak Autis: Menjadi Orangtua Istimewa. Jakarta: Dian Rakyat.
-
Hidayat, D. S., Wawan. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus “Tunalaras”. Jakarta: Luxima.
-
Hidayat, A. AS., Suwandi, A. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus “Tunanetra”. Jakarta: Luxima.
-
Kemis, R. A. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus “Tunagrahita”. Jakarta: Luxima.
-
Mangunsong, F. (2014). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus: Jilid Kesatu. Depok: LPSP3 UI.
-
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2008 Tentang Standar Proses Pendidikan Khusus Tunanetra, Tunarungu, Tunagrahita, Tunadaksa, dan Tunalaras. 2008. Jakarta: Republik Indonesia.
-
Putranto, B. (2015). Tips Menangani Siswa Yang Membutuhkan Perhatian Khsusus: Ragam Sifat dan Karakter Siswa “Spesial” dan Cara Menanganinya. Yogyakarta: Diva Press.
-
Rashid, N. (2012). Assessment of Stress and Coping of Parents of Disabled Children: Parental Stress and Coping of Children with Disabilities. Germany: Lambert Academic Publishing.
-
Sunardi. (1997). Kecenderungan dalam Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Dikjed Dikti.
Details ...
- Mata kuliah Deteksi dan Stimulasi Tumbuh Kembang Anak merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru – Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dengan bobot 3 SKS.
- Mata kuliah ini mengkaji (a) Tumbuh Kembang Anak; (b) Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak; (c) Deteksi Dini Penyimpangan Perkembangan; (d) Kegiatan Deteksi dan Stimulasi Tumbuh Kembang Anak; (e) Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak; (f) Rujukan Dini Tumbuh Kembang Anak; (g) Gangguan Tumbuh Kembang Anak; (h) Gangguan Bicara dan Bahasa; (i) Cerebal Palsy; (j) Down Syndrom; (k) Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas (GPPH); (l) Gangguan Autisme; (m) Gangguan Kecemasan.
- Luaran dari mata kuliah ini adalah Bahan Ajar Deteksi dan Stimulasi Tumbuh Kembang Anak.
CPMK |
|
Setelah menempuh mata kuliah Deteksi dan Stimulasi Tumbuh Kembang Anak, mahasiswa diharapkan mampu: |
|
CPMK-1 |
Mengidentifikasi Tumbuh Kembang Anak; Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak, serta menjelaskan materi secara jelas (S-1, S-5; P-6, P-7, P-1, P-8, P-9; KU-1, KU-5, KU-9; KK-1, KK-2, KK-7, KK-14). |
CPMK-2 |
Mengemukakan Deteksi Dini Penyimpangan Perkembangan; Kegiatan Deteksi dan Stimulasi Tumbuh Kembang Anak, serta membedakan secara tepat (S-2, S-6, S-9; P-1, P-2, P-5; KU-1, KU-8, KU-9; KK-1, KK-5, KK-8, KK-12). |
CPMK-3 |
Menganalisis Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak; Rujukan Dini Tumbuh Kembang Anak, serta menemukan contoh secara tepat (S-2, S-5; S-8; P-2, P-4, P-7; KU-1, KU-3, KU-7; KK-1, KK-2, KK-14; KK-19). |
CPMK-4 |
Mengklasifikasikan Gangguan Tumbuh Kembang Anak; Gangguan Bicara dan Bahasa, serta menemukan contoh secara tepat (S-6, S-8. S-9; P-1, P-8, P-9; KU-1, KU-8, KU-9; KK-2, KK-8, KK-14, KK-19). |
CPMK-5 |
Membedakan Cerebal Palsy; Down Syndrom; Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas (GPPH), serta memberikan contoh secara benar (S-5; S-6, S-8; P-1, P-8, P-9; KU-1, KU-3; KU-5, KU-7; KK-3, KK-8, KK-14, KK-19). |
CPMK-6 |
Menguraikan Gangguan Autisme; Gangguan Kecemasan, serta memberikan contoh dengan penuh tanggung jawab (S-4, S-8, S-9; P-6, P-8, P-9; KU-1, KU-5, KU-8; KU-9; KK-1, KK-2, KK-5, KK-14, KK-19). |
-
https://www.academia.edu/8387386/STIMULASI_DETEKSI_INTERVENSI_DINI_TUMBUH_KEMBANG.
-
Alimin, Z. (2004). Reorientasi Pemahaman Konsep Pendidikan Khusus Pendidikan Kebutuhan Khusus dan Implikasinya terhadap Layanan Pendidikan. Jurnal Asesmen dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus. Vol.3 No 1 (52-63).
-
Brown, E. K. (2008). Learning Disabilities: Understanding the Problem and Managing the Challenges. North America: Langon Street Press.
-
Chamidah, A. N., Pertiwi, K. R. (2017). Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: UNY Press.
-
Departemen Kesehatan RI. 2009. Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak di Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar
-
http://e-cinta.com/uploads/resource/Buku_SDIDTK_Bab_I-V.pdf.
-
Ginanjar, A. S. (2008). Panduan Praktis Mendidik Anak Autis: Menjadi Orangtua Istimewa. Jakarta: Dian Rakyat.
-
Hidayat, D. S., Wawan. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus “Tunalaras”. Jakarta: Luxima.
-
Hidayat, A. AS., Suwandi, A. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus “Tunanetra”. Jakarta: Luxima.
-
Kemis, R. A. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus “Tunagrahita”. Jakarta: Luxima.
-
Mangunsong, F. (2014). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus: Jilid Kesatu. Depok: LPSP3 UI.
-
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2008 Tentang Standar Proses Pendidikan Khusus Tunanetra, Tunarungu, Tunagrahita, Tunadaksa, dan Tunalaras. 2008. Jakarta: Republik Indonesia.
-
Putranto, B. (2015). Tips Menangani Siswa Yang Membutuhkan Perhatian Khsusus: Ragam Sifat dan Karakter Siswa “Spesial” dan Cara Menanganinya. Yogyakarta: Diva Press.
-
Rashid, N. (2012). Assessment of Stress and Coping of Parents of Disabled Children: Parental Stress and Coping of Children with Disabilities. Germany: Lambert Academic Publishing.
-
Sunardi. (1997). Kecenderungan dalam Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Dikjed Dikti.
Details ...
- Mata kuliah Deteksi dan Stimulasi Tumbuh Kembang Anak merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru – Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dengan bobot 3 SKS.
- Mata kuliah ini mengkaji (a) Tumbuh Kembang Anak; (b) Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak; (c) Deteksi Dini Penyimpangan Perkembangan; (d) Kegiatan Deteksi dan Stimulasi Tumbuh Kembang Anak; (e) Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak; (f) Rujukan Dini Tumbuh Kembang Anak; (g) Gangguan Tumbuh Kembang Anak; (h) Gangguan Bicara dan Bahasa; (i) Cerebal Palsy; (j) Down Syndrom; (k) Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas (GPPH); (l) Gangguan Autisme; (m) Gangguan Kecemasan.
- Luaran dari mata kuliah ini adalah Bahan Ajar Deteksi dan Stimulasi Tumbuh Kembang Anak.
CPMK |
|
Setelah menempuh mata kuliah Deteksi dan Stimulasi Tumbuh Kembang Anak, mahasiswa diharapkan mampu: |
|
CPMK-1 |
Mengidentifikasi Tumbuh Kembang Anak; Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak, serta menjelaskan materi secara jelas (S-1, S-5; P-6, P-7, P-1, P-8, P-9; KU-1, KU-5, KU-9; KK-1, KK-2, KK-7, KK-14). |
CPMK-2 |
Mengemukakan Deteksi Dini Penyimpangan Perkembangan; Kegiatan Deteksi dan Stimulasi Tumbuh Kembang Anak, serta membedakan secara tepat (S-2, S-6, S-9; P-1, P-2, P-5; KU-1, KU-8, KU-9; KK-1, KK-5, KK-8, KK-12). |
CPMK-3 |
Menganalisis Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak; Rujukan Dini Tumbuh Kembang Anak, serta menemukan contoh secara tepat (S-2, S-5; S-8; P-2, P-4, P-7; KU-1, KU-3, KU-7; KK-1, KK-2, KK-14; KK-19). |
CPMK-4 |
Mengklasifikasikan Gangguan Tumbuh Kembang Anak; Gangguan Bicara dan Bahasa, serta menemukan contoh secara tepat (S-6, S-8. S-9; P-1, P-8, P-9; KU-1, KU-8, KU-9; KK-2, KK-8, KK-14, KK-19). |
CPMK-5 |
Membedakan Cerebal Palsy; Down Syndrom; Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas (GPPH), serta memberikan contoh secara benar (S-5; S-6, S-8; P-1, P-8, P-9; KU-1, KU-3; KU-5, KU-7; KK-3, KK-8, KK-14, KK-19). |
CPMK-6 |
Menguraikan Gangguan Autisme; Gangguan Kecemasan, serta memberikan contoh dengan penuh tanggung jawab (S-4, S-8, S-9; P-6, P-8, P-9; KU-1, KU-5, KU-8; KU-9; KK-1, KK-2, KK-5, KK-14, KK-19). |
-
https://www.academia.edu/8387386/STIMULASI_DETEKSI_INTERVENSI_DINI_TUMBUH_KEMBANG.
-
Alimin, Z. (2004). Reorientasi Pemahaman Konsep Pendidikan Khusus Pendidikan Kebutuhan Khusus dan Implikasinya terhadap Layanan Pendidikan. Jurnal Asesmen dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus. Vol.3 No 1 (52-63).
-
Brown, E. K. (2008). Learning Disabilities: Understanding the Problem and Managing the Challenges. North America: Langon Street Press.
-
Chamidah, A. N., Pertiwi, K. R. (2017). Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: UNY Press.
-
Departemen Kesehatan RI. 2009. Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak di Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar
-
http://e-cinta.com/uploads/resource/Buku_SDIDTK_Bab_I-V.pdf.
-
Ginanjar, A. S. (2008). Panduan Praktis Mendidik Anak Autis: Menjadi Orangtua Istimewa. Jakarta: Dian Rakyat.
-
Hidayat, D. S., Wawan. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus “Tunalaras”. Jakarta: Luxima.
-
Hidayat, A. AS., Suwandi, A. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus “Tunanetra”. Jakarta: Luxima.
-
Kemis, R. A. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus “Tunagrahita”. Jakarta: Luxima.
-
Mangunsong, F. (2014). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus: Jilid Kesatu. Depok: LPSP3 UI.
-
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2008 Tentang Standar Proses Pendidikan Khusus Tunanetra, Tunarungu, Tunagrahita, Tunadaksa, dan Tunalaras. 2008. Jakarta: Republik Indonesia.
-
Putranto, B. (2015). Tips Menangani Siswa Yang Membutuhkan Perhatian Khsusus: Ragam Sifat dan Karakter Siswa “Spesial” dan Cara Menanganinya. Yogyakarta: Diva Press.
-
Rashid, N. (2012). Assessment of Stress and Coping of Parents of Disabled Children: Parental Stress and Coping of Children with Disabilities. Germany: Lambert Academic Publishing.
-
Sunardi. (1997). Kecenderungan dalam Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Dikjed Dikti.
Details ...
- Mata kuliah Deteksi dan Stimulasi Tumbuh Kembang Anak merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru – Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dengan bobot 3 SKS.
- Mata kuliah ini mengkaji (a) Tumbuh Kembang Anak; (b) Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak; (c) Deteksi Dini Penyimpangan Perkembangan; (d) Kegiatan Deteksi dan Stimulasi Tumbuh Kembang Anak; (e) Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak; (f) Rujukan Dini Tumbuh Kembang Anak; (g) Gangguan Tumbuh Kembang Anak; (h) Gangguan Bicara dan Bahasa; (i) Cerebal Palsy; (j) Down Syndrom; (k) Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas (GPPH); (l) Gangguan Autisme; (m) Gangguan Kecemasan.
- Luaran dari mata kuliah ini adalah Bahan Ajar Deteksi dan Stimulasi Tumbuh Kembang Anak.
CPMK |
|
Setelah menempuh mata kuliah Deteksi dan Stimulasi Tumbuh Kembang Anak, mahasiswa diharapkan mampu: |
|
CPMK-1 |
Mengidentifikasi Tumbuh Kembang Anak; Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak, serta menjelaskan materi secara jelas (S-1, S-5; P-6, P-7, P-1, P-8, P-9; KU-1, KU-5, KU-9; KK-1, KK-2, KK-7, KK-14). |
CPMK-2 |
Mengemukakan Deteksi Dini Penyimpangan Perkembangan; Kegiatan Deteksi dan Stimulasi Tumbuh Kembang Anak, serta membedakan secara tepat (S-2, S-6, S-9; P-1, P-2, P-5; KU-1, KU-8, KU-9; KK-1, KK-5, KK-8, KK-12). |
CPMK-3 |
Menganalisis Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak; Rujukan Dini Tumbuh Kembang Anak, serta menemukan contoh secara tepat (S-2, S-5; S-8; P-2, P-4, P-7; KU-1, KU-3, KU-7; KK-1, KK-2, KK-14; KK-19). |
CPMK-4 |
Mengklasifikasikan Gangguan Tumbuh Kembang Anak; Gangguan Bicara dan Bahasa, serta menemukan contoh secara tepat (S-6, S-8. S-9; P-1, P-8, P-9; KU-1, KU-8, KU-9; KK-2, KK-8, KK-14, KK-19). |
CPMK-5 |
Membedakan Cerebal Palsy; Down Syndrom; Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas (GPPH), serta memberikan contoh secara benar (S-5; S-6, S-8; P-1, P-8, P-9; KU-1, KU-3; KU-5, KU-7; KK-3, KK-8, KK-14, KK-19). |
CPMK-6 |
Menguraikan Gangguan Autisme; Gangguan Kecemasan, serta memberikan contoh dengan penuh tanggung jawab (S-4, S-8, S-9; P-6, P-8, P-9; KU-1, KU-5, KU-8; KU-9; KK-1, KK-2, KK-5, KK-14, KK-19). |
-
https://www.academia.edu/8387386/STIMULASI_DETEKSI_INTERVENSI_DINI_TUMBUH_KEMBANG.
-
Alimin, Z. (2004). Reorientasi Pemahaman Konsep Pendidikan Khusus Pendidikan Kebutuhan Khusus dan Implikasinya terhadap Layanan Pendidikan. Jurnal Asesmen dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus. Vol.3 No 1 (52-63).
-
Brown, E. K. (2008). Learning Disabilities: Understanding the Problem and Managing the Challenges. North America: Langon Street Press.
-
Chamidah, A. N., Pertiwi, K. R. (2017). Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: UNY Press.
-
Departemen Kesehatan RI. 2009. Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak di Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar
-
http://e-cinta.com/uploads/resource/Buku_SDIDTK_Bab_I-V.pdf.
-
Ginanjar, A. S. (2008). Panduan Praktis Mendidik Anak Autis: Menjadi Orangtua Istimewa. Jakarta: Dian Rakyat.
-
Hidayat, D. S., Wawan. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus “Tunalaras”. Jakarta: Luxima.
-
Hidayat, A. AS., Suwandi, A. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus “Tunanetra”. Jakarta: Luxima.
-
Kemis, R. A. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus “Tunagrahita”. Jakarta: Luxima.
-
Mangunsong, F. (2014). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus: Jilid Kesatu. Depok: LPSP3 UI.
-
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2008 Tentang Standar Proses Pendidikan Khusus Tunanetra, Tunarungu, Tunagrahita, Tunadaksa, dan Tunalaras. 2008. Jakarta: Republik Indonesia.
-
Putranto, B. (2015). Tips Menangani Siswa Yang Membutuhkan Perhatian Khsusus: Ragam Sifat dan Karakter Siswa “Spesial” dan Cara Menanganinya. Yogyakarta: Diva Press.
-
Rashid, N. (2012). Assessment of Stress and Coping of Parents of Disabled Children: Parental Stress and Coping of Children with Disabilities. Germany: Lambert Academic Publishing.
-
Sunardi. (1997). Kecenderungan dalam Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Dikjed Dikti.
Details ...
- Mata kuliah Deteksi dan Stimulasi Tumbuh Kembang Anak merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru – Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dengan bobot 3 SKS.
- Mata kuliah ini mengkaji (a) Tumbuh Kembang Anak; (b) Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak; (c) Deteksi Dini Penyimpangan Perkembangan; (d) Kegiatan Deteksi dan Stimulasi Tumbuh Kembang Anak; (e) Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak; (f) Rujukan Dini Tumbuh Kembang Anak; (g) Gangguan Tumbuh Kembang Anak; (h) Gangguan Bicara dan Bahasa; (i) Cerebal Palsy; (j) Down Syndrom; (k) Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas (GPPH); (l) Gangguan Autisme; (m) Gangguan Kecemasan.
- Luaran dari mata kuliah ini adalah Bahan Ajar Deteksi dan Stimulasi Tumbuh Kembang Anak.
CPMK |
|
Setelah menempuh mata kuliah Deteksi dan Stimulasi Tumbuh Kembang Anak, mahasiswa diharapkan mampu: |
|
CPMK-1 |
Mengidentifikasi Tumbuh Kembang Anak; Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak, serta menjelaskan materi secara jelas (S-1, S-5; P-6, P-7, P-1, P-8, P-9; KU-1, KU-5, KU-9; KK-1, KK-2, KK-7, KK-14). |
CPMK-2 |
Mengemukakan Deteksi Dini Penyimpangan Perkembangan; Kegiatan Deteksi dan Stimulasi Tumbuh Kembang Anak, serta membedakan secara tepat (S-2, S-6, S-9; P-1, P-2, P-5; KU-1, KU-8, KU-9; KK-1, KK-5, KK-8, KK-12). |
CPMK-3 |
Menganalisis Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak; Rujukan Dini Tumbuh Kembang Anak, serta menemukan contoh secara tepat (S-2, S-5; S-8; P-2, P-4, P-7; KU-1, KU-3, KU-7; KK-1, KK-2, KK-14; KK-19). |
CPMK-4 |
Mengklasifikasikan Gangguan Tumbuh Kembang Anak; Gangguan Bicara dan Bahasa, serta menemukan contoh secara tepat (S-6, S-8. S-9; P-1, P-8, P-9; KU-1, KU-8, KU-9; KK-2, KK-8, KK-14, KK-19). |
CPMK-5 |
Membedakan Cerebal Palsy; Down Syndrom; Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas (GPPH), serta memberikan contoh secara benar (S-5; S-6, S-8; P-1, P-8, P-9; KU-1, KU-3; KU-5, KU-7; KK-3, KK-8, KK-14, KK-19). |
CPMK-6 |
Menguraikan Gangguan Autisme; Gangguan Kecemasan, serta memberikan contoh dengan penuh tanggung jawab (S-4, S-8, S-9; P-6, P-8, P-9; KU-1, KU-5, KU-8; KU-9; KK-1, KK-2, KK-5, KK-14, KK-19). |
-
https://www.academia.edu/8387386/STIMULASI_DETEKSI_INTERVENSI_DINI_TUMBUH_KEMBANG.
-
Alimin, Z. (2004). Reorientasi Pemahaman Konsep Pendidikan Khusus Pendidikan Kebutuhan Khusus dan Implikasinya terhadap Layanan Pendidikan. Jurnal Asesmen dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus. Vol.3 No 1 (52-63).
-
Brown, E. K. (2008). Learning Disabilities: Understanding the Problem and Managing the Challenges. North America: Langon Street Press.
-
Chamidah, A. N., Pertiwi, K. R. (2017). Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: UNY Press.
-
Departemen Kesehatan RI. 2009. Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak di Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar
-
http://e-cinta.com/uploads/resource/Buku_SDIDTK_Bab_I-V.pdf.
-
Ginanjar, A. S. (2008). Panduan Praktis Mendidik Anak Autis: Menjadi Orangtua Istimewa. Jakarta: Dian Rakyat.
-
Hidayat, D. S., Wawan. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus “Tunalaras”. Jakarta: Luxima.
-
Hidayat, A. AS., Suwandi, A. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus “Tunanetra”. Jakarta: Luxima.
-
Kemis, R. A. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus “Tunagrahita”. Jakarta: Luxima.
-
Mangunsong, F. (2014). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus: Jilid Kesatu. Depok: LPSP3 UI.
-
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2008 Tentang Standar Proses Pendidikan Khusus Tunanetra, Tunarungu, Tunagrahita, Tunadaksa, dan Tunalaras. 2008. Jakarta: Republik Indonesia.
-
Putranto, B. (2015). Tips Menangani Siswa Yang Membutuhkan Perhatian Khsusus: Ragam Sifat dan Karakter Siswa “Spesial” dan Cara Menanganinya. Yogyakarta: Diva Press.
-
Rashid, N. (2012). Assessment of Stress and Coping of Parents of Disabled Children: Parental Stress and Coping of Children with Disabilities. Germany: Lambert Academic Publishing.
-
Sunardi. (1997). Kecenderungan dalam Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Dikjed Dikti.
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang Tumbuh Kembang Anak; Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak; Deteksi Dini Penyimpangan Perkembangan; Kegiatan Deteksi dan Stimulasi Tumbuh Kembang Anak; Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak; Rujukan Dini Tumbuh Kembang Anak; Gangguan (Kelainan) Tumbuh Kembang Anak; Gangguan Bicara dan Bahasa; Cerebral Palsy; Down Sindrom; Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas (GPPH); Gangguan Autisme; Gangguan Kecemasan.
Learning OutcomesMahasiswa dapat menerapkan dan mengimplementasikan Deteksi dan Stimulasi Tumbuh Kembang Anak ke dalam Rencana Pembelajaran PAUD.
References- https://www.academia.edu/8387386/STIMULASI_DETEKSI_INTERVENSI_DINI_TUMBUH_KEMBANG
- Alimin, Z. 2004. Reorientasi Pemahaman Konsep Pendidikan Khusus Pendidikan Kebutuhan Khusus dan Implikasinya terhadap Layanan Pendidikan. Jurnal Asesmen dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus, Vol. 3, No. 1 (52-63).
- Brown, Etta, K. 2008. Learning Disabilities: Understanding The Problem and Managing The Challenges. North America: Langon Street Press.
- Chamidah, Atien Nur., Pertiwi, Kartika, Ratna. 2017. Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: UNY Press.
- Departemen Kesehatan RI. 2009. Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak di Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar.
- http://www.depkes.go.id/development/site/jkn/index.php?view=print&cid=1141&id=119%-anak-yang-mengikuti-sdidtk-mengalami-kelainan-tumbuh-kembang
- http://www.depkes.go.id/article/print/1137/pelayanan-stimulasi-deteksi-intervensi-dini-tumbuh-kembang-anak.html
- http://e-cinta.com/uploads/resource/Buku_SDIDTK_Bab_I-V.pdf
- Ginanjar, Adriana, S. 2008. Panduan Praktis Mendidik Anak Autis: Menjadi Orangtua Istimewa. Jakarta: Dian Rakyat.
- Hidayat, Deden Saeful., Wawan. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus “Tunalaras”. Jakarta: Luxima .
- Hidayat, Asep AS., Suwandi, Ate. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus “Tunanetra”. Jakarta: Luxima.
- Kemis., Rosnawati, Ati. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus “Tunagrahita”. Jakarta: Luxima.
- Mangunsong, Frieda. 2014. Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus: Jilid Kesatu. Depok: LPSP3 UI.
- Putranto, Bambang. 2015. Tips Menangani Siswa Yang Membutuhkan Perhatian Khsusus: Ragam Sifat dan Karakter Siswa “Spesial“ dan Cara Menanganinya. Yogyakarta: Diva Press.
- Rashid, Naila. 2012. Assessment of Stress and Coping of Parents of Disabled Children: Parental Stress and Coping of Children With Disabilities. Germany: Lambert Academic Publishing.
- dr. Soedjatmiko, SpA (K), M.Si. 2009. Materi Presentasi pada “Pelatihan Program Kesehatan Balita bagi Penangggung Jawab Program Kesehatan Anak”. Bogor. Stimulasi Deteksi dan Intervensi Dini Gangguan Tumbuh Kembang Balita.
- Sunardi. 1997. Kecenderungan dalam Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Dikjed Dikti.
Details ...
- Mata kuliah Tumbuh Kembang Anak merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru–Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dengan bobot 3 SKS.
- Mata kuliah ini mengkaji (a) Kontrak Perkuliahan, (b) Tumbuh Kembang Anak, (c) Perspektive Rentang Hidup (The Life-Span Perspective), (d) Sifat Alami Anak (The Nature of Child Development), (e) Awal Biologis (Biological Beginnings), (f) Awal Perkembangan Fisik dan Perkembangan Persepsi (Physical Development Beginnings and Perceptual Development Beginnings), (g) Perkembangan Kehamilan dan Masa Kelahiran (Prenatal Development and Birth), (h) Perkembangan Fisik di Masa Bayi (Physical Development in Infancy), (i) UTS, (j) Perkembangan Kognitif di Masa Bayi (Cognitive Development in Infancy), (k) Perkembangan Sosio-Emosional di Masa Bayi (Socioemotional Development in Infancy), (l) Anak Usia Dini (Early Childhood), (m) Perkembangan Fisik Pada Anak Usia Dini (Physical Development in Early Childhood), (n) Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini (Cognitive Development in Early Childhood), (o) Perkembangan Sosio-Emosional Pada Anak Usia Dini (Socioemotional Development in Early Childhood), dan (p) UAS
- Luaran dari mata kuliah ini adalah Bahan Ajar Tumbuh Kembang Anak.
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious.
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
- Memahami landasan agama, filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan.
- Menguasai konsep, instrumentasi, dan praksis psikologi pendidikan.
- Menguasai teori belajar dan pembelajaran anak usia dini.
- Menguasai tujuan, isi, pengalaman belajar, dan penilaian dalam kurikulum satuan pendidikan anak usia dini.
- Menguasai konsep dan metode keilmuan yang menaungi substansi bidang kajian pendidikan anak usia dini.
- Menguasai wawasan sosio kultural.
- Menguasai wawasan ilmu pengetahuan dan teknologi.
- Memahami kajian bidang Ilmu Pendidikan Anak Usia Dini, Filsafat Pendidikan, Pendidikan Khusus, Kurikulum, Psikologi Perkembangan, Psikologi Pendidikan, Neurosains dan Neurolinguistik.
- Memahami kajian landasan keilmuan PAUD, kurikulum, perkembangan anak, kajian konten pembelajaran, beragam model pembelajaran anak usia dini dan asesmen.
- Mampu mengelola penyelenggaraan di lembaga PAUD secara professional.
Utama
Santrock, J. W. (2019). Life-Span Development: Seventeenth Edition. New York: McGraw Hill.
Pendukung
1. Brown, E. K. (2008). Learning Disabilities: Understanding the Problem and Managing the Challenges. North America: Langon Street Press.
2. Chamidah, A. N & Pertiwi, K. R. (2017). Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: UNY Press.
3. Hidayat, D. S., & Wawan. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus “Tunalaras”. Jakarta: Luxima.
4. Hidayat, A. AS., & Suwandi, A. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus “Tunanetra”. Jakarta: Luxima.
5. Kemis, R. A. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus “Tunagrahita”. Jakarta: Luxima.
6. Putranto, B. (2015). Tips Menangani Siswa Yang Membutuhkan Perhatian Khsusus: Ragam Sifat dan Karakter Siswa “Spesial” dan Cara Menanganinya. Yogyakarta: Diva Press.
7. Rashid, N. (2012). Assessment of Stress and Coping of Parents of Disabled Children: Parental Stress and Coping of Children with Disabilities. Germany: Lambert Academic Publishing.
8. Santrock, J. W. (2011). Child Development: Thirteenth Edition. New York: McGraw Hill.
9. Santrock, J. W. (2013). Life-Span Development: Fourteenth Edition. New York: McGraw Hill.
10. Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STTPA) Nomor 137 Tahun 2014.
Details ...
- Mata kuliah Tumbuh Kembang Anak merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru–Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dengan bobot 3 SKS.
- Mata kuliah ini mengkaji (a) Kontrak Perkuliahan, (b) Tumbuh Kembang Anak, (c) Perspektive Rentang Hidup (The Life-Span Perspective), (d) Sifat Alami Anak (The Nature of Child Development), (e) Awal Biologis (Biological Beginnings), (f) Awal Perkembangan Fisik dan Perkembangan Persepsi (Physical Development Beginnings and Perceptual Development Beginnings), (g) Perkembangan Kehamilan dan Masa Kelahiran (Prenatal Development and Birth), (h) Perkembangan Fisik di Masa Bayi (Physical Development in Infancy), (i) UTS, (j) Perkembangan Kognitif di Masa Bayi (Cognitive Development in Infancy), (k) Perkembangan Sosio-Emosional di Masa Bayi (Socioemotional Development in Infancy), (l) Anak Usia Dini (Early Childhood), (m) Perkembangan Fisik Pada Anak Usia Dini (Physical Development in Early Childhood), (n) Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini (Cognitive Development in Early Childhood), (o) Perkembangan Sosio-Emosional Pada Anak Usia Dini (Socioemotional Development in Early Childhood), dan (p) UAS
- Luaran dari mata kuliah ini adalah Bahan Ajar Tumbuh Kembang Anak.
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious.
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
- Memahami landasan agama, filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan.
- Menguasai konsep, instrumentasi, dan praksis psikologi pendidikan.
- Menguasai teori belajar dan pembelajaran anak usia dini.
- Menguasai tujuan, isi, pengalaman belajar, dan penilaian dalam kurikulum satuan pendidikan anak usia dini.
- Menguasai konsep dan metode keilmuan yang menaungi substansi bidang kajian pendidikan anak usia dini.
- Menguasai wawasan sosio kultural.
- Menguasai wawasan ilmu pengetahuan dan teknologi.
- Memahami kajian bidang Ilmu Pendidikan Anak Usia Dini, Filsafat Pendidikan, Pendidikan Khusus, Kurikulum, Psikologi Perkembangan, Psikologi Pendidikan, Neurosains dan Neurolinguistik.
- Memahami kajian landasan keilmuan PAUD, kurikulum, perkembangan anak, kajian konten pembelajaran, beragam model pembelajaran anak usia dini dan asesmen.
- Mampu mengelola penyelenggaraan di lembaga PAUD secara professional.
Utama
Santrock, J. W. (2019). Life-Span Development: Seventeenth Edition. New York: McGraw Hill.
Pendukung
1. Brown, E. K. (2008). Learning Disabilities: Understanding the Problem and Managing the Challenges. North America: Langon Street Press.
2. Chamidah, A. N & Pertiwi, K. R. (2017). Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: UNY Press.
3. Hidayat, D. S., & Wawan. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus “Tunalaras”. Jakarta: Luxima.
4. Hidayat, A. AS., & Suwandi, A. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus “Tunanetra”. Jakarta: Luxima.
5. Kemis, R. A. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus “Tunagrahita”. Jakarta: Luxima.
6. Putranto, B. (2015). Tips Menangani Siswa Yang Membutuhkan Perhatian Khsusus: Ragam Sifat dan Karakter Siswa “Spesial” dan Cara Menanganinya. Yogyakarta: Diva Press.
7. Rashid, N. (2012). Assessment of Stress and Coping of Parents of Disabled Children: Parental Stress and Coping of Children with Disabilities. Germany: Lambert Academic Publishing.
8. Santrock, J. W. (2011). Child Development: Thirteenth Edition. New York: McGraw Hill.
9. Santrock, J. W. (2013). Life-Span Development: Fourteenth Edition. New York: McGraw Hill.
10. Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STTPA) Nomor 137 Tahun 2014.
Details ...
Mata kuliah diteksi dini tumbuh kembang anak ini membahas ciri-ciri tumbuh kembang anak,
penilaian pertumbuhan dan perkembangan, karakteristik penilaian pertumbuhan dan
perkembangan, nutrisi ibu hamil, bermain dan alat permainan anak, bina keluarga dan balita,
fungsi cinta dan kasih sayang, upaya meningkatkan kualitas tumbuh kembang anak,
kependudukan dan keluarga berencana, strategi kelangsungan hidup anak, pokok-pokok
pikiran IDAI serta perlakuan salah pada anak
mahasiswa mampu memahami ciri-ciri tumbuh kembang anak,
penilaian pertumbuhan dan perkembangan, karakteristik penilaian pertumbuhan dan
perkembangan, nutrisi ibu hamil, bermain dan alat permainan anak, bina keluarga dan balita,
fungsi cinta dan kasih sayang, upaya meningkatkan kualitas tumbuh kembang anak,
kependudukan dan keluarga berencana, strategi kelangsungan hidup anak, pokok-pokok
pikiran IDAI serta perlakuan salah pada anak
Ebrahim GJ.(1982). Child Health in Changing Environment. London : Macmilan.
Mubiar Agustin dan Uyu Wahyudin.(2011).Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini.Bandung
Refika Aditama.
Soetjiningsih.(1995). Tumbuh Kembang Anak . Denpasar : FK UNUD
Details ...
Mata kuliah diteksi dini tumbuh kembang anak ini membahas ciri-ciri tumbuh kembang anak,
penilaian pertumbuhan dan perkembangan, karakteristik penilaian pertumbuhan dan
perkembangan, nutrisi ibu hamil, bermain dan alat permainan anak, bina keluarga dan balita,
fungsi cinta dan kasih sayang, upaya meningkatkan kualitas tumbuh kembang anak,
kependudukan dan keluarga berencana, strategi kelangsungan hidup anak, pokok-pokok
pikiran IDAI serta perlakuan salah pada anak
mahasiswa mampu memahami ciri-ciri tumbuh kembang anak,
penilaian pertumbuhan dan perkembangan, karakteristik penilaian pertumbuhan dan
perkembangan, nutrisi ibu hamil, bermain dan alat permainan anak, bina keluarga dan balita,
fungsi cinta dan kasih sayang, upaya meningkatkan kualitas tumbuh kembang anak,
kependudukan dan keluarga berencana, strategi kelangsungan hidup anak, pokok-pokok
pikiran IDAI serta perlakuan salah pada anak
Ebrahim GJ.(1982). Child Health in Changing Environment. London : Macmilan.
Mubiar Agustin dan Uyu Wahyudin.(2011).Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini.Bandung
Refika Aditama.
Soetjiningsih.(1995). Tumbuh Kembang Anak . Denpasar : FK UNUD
Details ...